Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

cara menghemat energi daya listrik di rumah murah nanti pada saat membayar tagihan listrik
Bismillahirrohmanirrohim

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat dibutuhkan saat ini, sama seperti energi Bahan bakar Minyak atau BBM. Namun yang membedakan antara listrik dan BBM adalah kelangkaan BBM yang sulit di prediksikan. Listrik merupakan sumber daya alam yang tidak terbatas.

Lantas kenapa listrik berbayar? hal ini karena cara membangkitkan energi listrik diperlukan biaya operasional yang tinggi. Mungkin untuk beberapa tahun kedepan ketika cara kerja pembangkit listrik lebih efektif dan efisien biaya tagihan listrik akan semakin murah.

Dikarenakan biaya listrik saat ini cukup mahal namun kebutuhan terhadap energi listrik sangatlah sentral pada kehidupan, sehingga sobat membutuhkan info bagaimana cara menghemat energi listrik agar tidak terlalu memakan biaya perbulannya, Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghemat energi listrik agar murah. Berikut ini beberapa cara menghemat energi listrik yang dapat anda lakukan dengan mudah :

Gunakan alat listrik jika perlu saja
Alat listrik yang terus hidup meskipun tidak dibutuhkan akan tetap menyedot energi listrik karena alat listrik tersebut tidak tahu bahwa sobat sudah tidak memerlukannya lagi. sehingga sebaiknya gunakan alat listrik dengan bijak.

Buka Pintu dan jendela pada siang hari agar peran lampu dapat digantikan
hal ini mungkin agak ribet, namun tidak ada salahnya sobat melakukan hal tersebut karena selain dapat mengurahi biaya tagihan listrik, rumah sobat juga akan lebih sehat karena sirkulasi udara yang berjalan baik.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Bijak dalam menggunakan AC (air Conditioner)
Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang, dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda. ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sobat tidak perlu menyalakan AC. Juga Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Gunakan Penampung air Pompa air
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100% Untuk menghidupkan sebuah pompa air, pada awalnya pompa akan memakan listrik tinggi sebelum akhirnya biasa atau dalam bahasa teknisinya disebut starting. Sehingga bila pompa air mati dan hidup secara terus menerus dan diulang tentu akan membuat daya listrik terpakai semakin besar.

Oleh sebab itu menggunakan penampung air akan sangat berpengaruh pada biaya tagihan listrik bulanan anda. Dengan adanya penampung air untuk pompa air tentu meminimalisir hidup matinya pompa air.

baca selengkapnya : cara memasang otomatis pada pompa air

Saya rasa dengan mempraktekan metode penghematan diatas sudah cukup untuk mengurangi pemakanan daya listrik dirumah sobat. Namun bagi sobat yang masih menginginkan daya listrik rumah bisa tersaring lagi, beberapa tips dibawah ini bisa sobat praketkan :

Berikut ini beberapa Tips pintar menghemat Energi listrik gaya para Teknisi

Pasanglah Pembatas daya yang bercabang

sobat mungkin pernah dengar atau pernah melihat pengalaman orang lain bahwa rumah yang berdaya 900VA lebih boros dibandingkan rumah yang memiliki daya 450VA meskipun dalam pemakaian tidak jauh berbeda satu sama lain.

Kenapa bisa demikian?

hal ini karena dengan pembatas daya 450VA tidak mungkin konsumsi daya listrik pada rumah melebihi 450watt karena jika lebih maka MCB akan memutus arus listrik tersebut. begitupun pada rumah dengan daya listrik 1200VA tentu akan lebih boros dibanding dengan daya 900VA.

Selain itu, dengan kapasitas daya yang besar, Kepekaan MCB pada beban lebih suatu alat listrik menjadi semakin lambat sehingga bila terjadi kerusakan pada alat listrik rumah contohnya saja Pompa air, sehingga pompa air tersebut menjadi cepat panas dan daya listrik yang dikonsumsi seharusnya 125watt menjadi 400watt, MCB 900VA keatas tidak akan Trip karena masih jauh dari batas beban maksimal penggunaan listrik pada rumah anda.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
http://hanakko.com/
All hasil tanpa di sadari kerusakana pada alat listrik tersebut, biaya tagihan listrik menjadi lebih besar tiap bulannya. Dengan hadirnya pembatas daya listrik bercabang yang dipasang untuk membagikan pembatas daya besar ke kecil dan menambah kepekaan MCB bisa sangat membantu memangkas biaya tagihan listrik tiap bulannya hingga 50%.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Pembatas daya yang bisa sobat gunakan adalah MCB (Miniatur Circuit Breaker) yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memutus daya bila beban berlebihan atau bila arus lebih dari batas arus yang tertera pada bagan MCB.

Rumah-rumah besar telah banyak mengaplikasikan gaya ini untuk mengatur pengeluaran listriknya. Pembatas daya bercabang ini dalam bahasa Teknisinya disebut PHB (Panel Hubung Bagi) bagan ini berfungsi untuk membatasi tiap konsumsi daya tiap ruangan sekaligus menjadi kontrol kelistrikan pada rumah.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
Contoh pemasangan PHB atau Pembatas daya misalnya dengan memasang MCB 450VA pada ruang tengah dengan konsumsi daya ruangan tersebut TV dan Alat elektronik lain, kemudian pasar MCB 450VA khusus untuk pompa air rumah. dan lain sebagainya.

Memilih barang-barang elektronik yang tepat sehingga tidak terlalu boros listrik

Pemilihan barang elektronik yang tepat merupakan salah satu cara cerdik yang bisa dilakukan oleh sobat, salah satu barang elektronik yang harus sobat pilih adalah lampu hemat energi karena perbedaan pemakanan daya lampu hemat energi serta lampu pijar atau bohlam lumayan besar sehingga sebaiknya Gunakan lampu hemat energi atau yang memiliki sistem LED.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
baca juga : 12 macam lampu listrik

Begitupun pada jenis barang elektronik lain seperti TV dan Layar Monitor, sebaiknya gunakan TV dan Monitor komputer yang sudah LED karena jenis LED lebih irit dibandeng LCD. baca selengkapnya : Proses pembentukan cahaya lampu LED

Selain itu, hampir seluruh barang elektronik rumah tangga seperti kipas angin, pompa air, kulkas dan lain-lain memiliki kapasitas daya yang berbeda, semakin besar peralatan elektronik tersebut, biasanya daya yang diperlukan juga akan sangat besar, Oleh sebab itu, sangat penting untuk bisa memilih barang elektronik yang tepat untuk kebutuhan sobat.

baca selengkapnya : Tips memilih Pompa air sesuai kebutuhan

Mengurangi Penggunaan Benda elektronik Pemanas

Barang elektronik yang memakan daya besar adalah benda elektronik yang menghasilkan panas semisal Setrika listrik, Dispenser, Rice Cooker dan lain-lain. Jadi sebisa mungkin jangan gunakan alat-alat ini terus menerus karena akan memakan cukup banyak daya listrik. Matikan barang-barang elektronik berheater tersebut bila tidak diperlukan atau Ganti dengan alternatif lain.
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

Tips memasak nasi menggunakan Rice cooker agar Irit listrik adalah dengan langsung memberi air panas pada saat proses menanak nasi menggunakan Rice cooker, hal ini akan mempercepat Proses penanakan nasi sehingga biaya listrik juga akan lebih terpangkas.

selain tips memasak, pada setrika listrik sebaiknya anda atur panas setrika listrik agar tidak terlalu panas, dengan demikian biaya tagihan listrik akan lebih terpangkas.

Mencabut Steker dari stop kontak bila alat elektronik tersebut sudah tidak digunakan

Apakah sobat pernah membiarkan charger HP dibiarkan terhubung dengan stop kontak meskipun tidak sedang mencharger HP, kemudian pada saat akan di cabut ternyata charger Hp tersebut terasa Hangat....

Hal ini karena meskipun tidak terhubung dengan Hp namun charger tersebut tetap menyedot daya listrik sehingga tanpa disadari biaya tagihan listrik rumah anda menjadi semakin membengkak. Mungkin tidak pernah sobat sadari, akan tetapi, bila banyak charger Hp, charger laptop, steker TV, dan steker alat elektronik lain terhubung terus-menerus pada stop kontak akan menaikan biaya tagihan listrik bulanan sobat.

Jadi sebaiknya setelah digunakan, copot steker alat-alat elektronik tersebut....

Membuat Pembangkit listrik sendiri

Hal ini mungkin terlihat sulit bagi sobat yang hanya menginginkan menghemat energi listrik secara sederhana saja. Namun sebagaimana Judul diatas bahwa Tips ini merupakan tips yang selalu dicoba praktekan oleh para teknisi.

Yah dengan menggunakan pembangkit listrik sendiri tentu biaya tagihan listrik PLN akan menurun bahkan bisa tidak ada tagihan sama sekali atau turun 100% karena memang kita tidak menggunakan listrik dari PLN melainkan listrik buatan sendiri.

Sobat bisa menggunakan pembangkit listrik Tenaga Surya sebagai energi cadangan dirumah karena cara kerja pembangkit listrik tenaga matahari ini sangatlah sederhana, Namun memerlukan modal yang cukup besar dan perawatan yang sangat ekstra. baca selengkapnya : cara kerja panel surya atau PLTS
Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%
http://pasangpanelsurya-murah.blogspot.co.id
selain itu, sobat juga bisa memanfaatkan energi angin, air ataupun energi lain yang berpotensi bisa menghasilkan listrik. Tentu dengan syarat sobat paham betul bagaimana cara membangkitkan energi listrik. bagi sobat yang penasaran bisa buka langsung : bagaimana cara membuat pembangkit listrik sederhana

Menggunakan saklar Dimmer

bagi anda yang belum tahu, saklar adalah alat yang digunakan untuk memutus dan menghubungkan arus listrik, biasanya pada lampu untuk memadamkan dan menghidupkannya. Saklar dimmer merupakan jenis saklar yang dapat memutus, menghubungkan sekaligus mengatur terang redupnya sebuah lampu.

Tentu dengan Mengatur lampu agar tidak terlalu terang bisa sangat membantu menurunkan Energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan lampu. Sehingga anda bisa menggunakan jenis saklar Dimmer ini sebagai alternatif menghemat energi listrik sekaligus mengatur kekuatan cahaya lampu.

bagi sobat yang penasaran dan berencana membeli saklar ini bisa langsung ke : harga dan spesifikasi saklar dimmer lengkap

Nah itulah beberapa Tips atau cara agar sobat bisa menghemat energi listrik dari mulai melakukan kegiatan yang bisa dilakukan setiap harinya hingga cara-cara yang cukup sulit dilakukan namun sangat efektif untuk menurunkan biaya tagihan listrik.

Demikian Ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu memecahkan masalah sobat. Mohon maaf bila ada salah kata toh saya juga masih belajar, kesalahanan ada pada diri saya dan kebenaran hanya milik Allah subhanahu wa ta'ala

2 Responses to "Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100% "

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL