Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan salah! Begini Tips memilih Pompa Air Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Tips memilih Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda 

Bismillahirohmanirohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Tips memilih Pompa air berdasarkan kebutuhan sobat. Ingat dan tandai berdasarkan kebutuhan Sobat!
 

Alasan saya menulis artikel ini adalah sebagai bahan pertimbangan sobat yang hendak membeli baru atau bekas pompa air. Karena pemilihan pompa air yang cermat, dapat menghasilkan berbagai keuntungan, apa sajakah keuntungan tersebut? 

Simak dan baca terus artikel ini sampai selesai 

insyaAllah dapat membantu 

 ...baik lanjutkan

Apa yang harus di pertimbangan dalam memilih Pompa air?

Pompa air itu sangat bermacam- macam sesuai dengan kategori dan daya yang sobat butuhkan, oleh karena itu jangan sampai salah memilih pompa air, karena ada beberapa hal yang perlu sobat pertimbangkan sebelum memilih pompa air untuk keperluan antaranya : 
  1. Pompa air mau digunakan untuk apa
  2. Kondisi di daerah anda seperti apa
  3. Kedalaman sumber air anda sedalam apa
  4. Daya listrik di rumah berapa watt
  5. Kualitas Pompa air
  6. Pertimbangkan juga budget sobat
Pertimbangan diatas sangatlah penting dan jangan sampai anda lewatkan. Apalagi bagi anda yang hendak membeli Pompa air. Saran saya baca terlebih dahulu artikel ini sampai selesai agar nggak menyesal di kemudian hari.

Tips 1 Perhatikan nanti Pompa air mau digunakan untuk apa

Tips 1 Perhatikan nanti Pompa air mau digunakan untuk apa

Fungsi utama pompa air adalah untuk menghisap dan mendorong air. Namun kadang masing-masing jenis pompa air memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri sehingga kita harus menyesuaikan pekerjaan kita dengan pompa air akan di beli.

Misalnya, Jika anda ingin menggunakan pompa air untuk pengairan kolam ikan yang besar, saya sarankan untuk menggunakan pompa air bensin/diesel karena memiliki kapasitas untuk menyedot air dengan debit yang sangat tinggi.

Namun jika penggunaan pompa air untuk perumahan biasa, yaitu menghisap air dari sumber air ke penampungan, bisa menggunakan pompa air listrik.

Pompa air yang selama ini kita kenal.

Tips 2 Perhatikan juga daerah anda akan menggunakan pompa air

Masing-masing daerah memiliki kedalaman sumber air dan tekstur tanah yang berbeda-beda. Sehingga akan memerlukan pompa air yang berbeda pula. Perhatikan juga di daerah tersebut apakah ada sumber listrik atau tidak?

Jika di suatu daerah tidak ada sumber listrik namun anda ingin mempompa air, sobat bisa menggunakan pompa bensin atau pompa air DC yang di kombinasikan dengan panel surya. Cara ini cocok untuk daerah perkebunan.
Tips memilih pompa air untuk perkebunan


Namun jika sobat berada di daerah perumahan padat penduduk dengan lahan sempit, maka saya sarankan untuk membuat sumur bor dengan kombinasi pompa rendam (submersible Pump). 

wah, banyak juga yah jenis-jenis pompa air. Apakah sobat belum mengenal jenis pompa air yang digunakan? jika sobat belum mengenal macam-macam pompa, saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu : Diantara Jenis-Jenis Pompa Air Ini, Mana Yang terbaik Untuk Digunakan Di Rumah?

Jika sudah membaca, mari lanjutkan pembahasan ini

Tips 3 Perhatikan Kedalaman air 

Nah, untuk tips memilih pomp air ke 3 ini lebih diutamakan pemilihan pompa untuk kebutuhan rumahan yang paling banyak digunakan. Maka jenis pompa air seperti apakah yang paling cocok dipilih sesuai dengan kondisi rumah anda? simak uraian Tips-tips berikutnya. 

Kedalam air adalah faktor utama yang harus sobat pertimbangkan dalam memilih pompa air untuk kebutuhan rumah tangga. Sebelum membeli Pompa air baru atau bekas. 

Salah memilih pompa air karena tanpa mempertimbangkan kedalaman air adalah kesalahan besar. Karena bila saja kedalam sumur lebih dalam dibanding kapasitas kemampuan Pompa air itu sendiri, justru akan merusak Pompa air dan air pun tidak akan mampu terangkat atau terhisap.

Maksud dari kedalaman air bukan berarti dalamnya sumur, namun jarak antara pompa air yang akan disimpan menuju ke permukaan air. Meskipun Sumur dirumah sobat memiliki kedalaman 100 M namun sobat tidak perlu menggunakan Pompa air dengan tarikan kuat dan dalam (JET PUMP) untuk menariknya apabila jarak dari Lokasi Pompa air ke permukaan air hanya 4 Meter saja. 

Cukup menggunakan Pompa air sumur dangkal. Berikut contohnya :

Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda

Standarisasi Pompa air berdasarkan kedalamnnya

Jika air sumur sobat hanya pada kedalaman 3 – 8 meter atau bisa dibilang dangkal, maka alangkah baiknya menggunakan Pompa air berjenis Pompa air sumur dangkal yang paling banyak dipasaran dan berpariasi dalam berbagai Model seperi Shimizu, panasonic, dan Sanyo.
Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda
Sementara untuk kedalaman air yang melebihi 8 sampai dengan 10 meter, sebaiknya sobat gunakan pompa air berjenis Semi jet Pump, karena tarikannya sedikit lebih unggul dibanding pompa air sumur dangkal atau yang biasa 

 “Kenapa demikian?” 

Perbedaan antara semi jet pump dan pompa air sumur dangkal terdapat bagian sistem penghisapannya tepatnya pada bagian Impeller Boleh dibaca Cara Kerja Pompa air | Memahami Kenapa bisa berputar dan menghisap air
Jangan salah Pilih! Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda
Jika kedalaman sumur sobat lebih dari 10 meter atau sampai 30 meter atau bahkan 50 meter, maka gunakan pompa air berjenis spesialis sumur dalam yaitu JET PUMP 
Jangan salah Pilih! Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda
Kenapa juga pompa air jet PUMP bisa menghisap lebih dalam dibanding Pompa air lain Baca Alasan kenapa Pomp air JET PUMP daya hisap lebih kuat dibanding Pompa biasa
http://wiklist.blogspot.co.id/2016/04/pompa-air-mari-kita-bahas-cara-kerja.html
 
Selain Pomp air Jet pump, ada Opsi lain untuk sumur berkedalam lebih dari 14 meter yaitu dengan menggunakan Pompa air celup (Submersible Pump), yaitu Pompa air yang direndamkan kedalam air, sehingga pipa yang dibutuhkan hanya untuk daya dorong saja.

Jangan salah Pilih! Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda
Pompa air ini semakin diminati akhir-akhir ini karena keunggulannya yang tahan air (dicelupkan malah) dan daya dorong yang cukup memuaskan yaitu sekitar 30 sampai 50 meter. 


Sudah jelas bukan, bahwa Faktor kedalaman air adalah faktor utama. Saran saya, sesuaikan pembelian Pompa air dengan kedalaman permukaan air 

 “lalu timbul pertanyaan yang baru!” 
Kenapa tidak pilih saja langsung jet pump, biar baik sumur dangkal atau dalam bisa terhisap? 
Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas maka simak Tips memilih poin 4 ini 

Tips 4 Perhatikan daya listrik

Semakin kuat daya hisap sebuah pompa air, maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Misalnya saja pada Pompa air Jet Pump rata rata lebih dari 250 watt – 500 watt untuk stabil, dan 500 sampai 900 watt untuk starting. Yang tentunya sangat memboroskan daya listrik dan tentu akan memakan biaya pembayaran yang lebih Boros Pula.

Maka sebaiknya untuk sobat yang memiliki sumur dangkal tidak ada salahnya untuk berhemat dengan membeli pompa air sumur dangkal yang tentu memiliki daya lebih rendah dibanding Jet pump yang memiliki daya lebih tinggi. 

Meskipun daya hisap lebih lemah, namun efektif dan efisien untuk sumur dangkal.

Berikut spesifikasi Pompa air berdasarkan daya Listrik 

Pada Gambar diatas menujukan Semakin kuat daya dorong dan daya hisap Pompa air akan semakin besar daya yang dibutuhkan.

Catatan
Semoga gambar statistika diatas dapat membantu sobat untuk mempertimbangkan kedalaman dan daya listrik sesuai dengan kedalaman sumur dan daya listrik yang ada dirumah sobat 
Coba saja perhatikan Poin paling akhir. Pompa air Jet Pump Merk Shimizu PC 502 BIT yang berkapasitas total head (jarak penuh antara sember air dan penampungan) adalah 100 M dengan daya 500 Watt stabil dan kemungkinan 1000 W untuk starting.

Selain 4 faktor diatas tentu ada faktor yang paling penting dibanding ke-4 Tips sebelumnya Yaitu 

Tips 5 Perhatikan Faktor harga yang menentukan kualitas

Untuk membeli sebuah pompa air tentunya sobat harus sesuaikan dengan budget yang sobat punya, semakin bagus kualitas Pompa air, semakin dalam daya hisapnya maka Budget yang harus sobat keluarkan juga tentu akan semakin besar. 

Apa yang dimaksud dengan kualitas barang? 

Kualitas barang meliputi :
  • bahan – bahan yang dipakai, kualitas lilitan Motor, Jenis dan tipe lilitan Motor (apakah Tembaga murni atau alumunium)
  • kelengkapan komponen (seperti pressure switch dan penghitungan tekanan air)
  • banyak faktor lain seperti mudahnya mencari suku cadang yang diperlukan 
a. Bahan yang dipakai 

Pada pompa air yang berkualitas biasanya menggunakan komponen yang lebih kuat dan tahan lama. 
Misalnya pada bagian Impeller. Impeller yang digunakan untuk Pompa air berkualitas biasanya menggunakan bahan sejenis logam seperti stanless dan membuat Impeller tidak mudah patah.

Sebaliknya, untuk pompa air biasa, biasanya impeller menggunakan bahan berupa plastik dan membuat Impeller mudah patah dan retak. (khusus semi jet dan jet Pump

b. Jenis dan Tipe lilitan 

Lilitan Motor listrik yang baik adalah lilitan yang menggunakan Tembaga yang berkualitas sehingga Motor listrik akan lebih dingin dan rentan terbakar dan rusak karena kosleting.

Biasanya Pompa air yang MURAH memiliki lilitan Alumunium yang berdampak pada motor listrik pompa air lebih cepat panas sehingga cepat rusak dan harus dililit ulang dengan mengganti dengan tembaga yang akan lebih awet.

C. Kelengkapan Komponen


Semakin lengkap kapasitas Pompa air, maka akan semakin mahal harga jaulnya pula misalnya pada Pompa air Merk sanyo Tipe PD H600 yang memiliki kelengkapan yang sangat meumpuni Selain dilengkapi Pressure switch, Pompa air ini juga dilengkapi dengan pelindung dan tabung tekanan air dan masih banyak keunggulan lain dari Pompa air ini

 “Mau tahu harga dari Pompa air tersebut??” 

 Harganya adalah Rp. 10.200.000 

Untuk sobat yang ingin mengetahui data harga silahkan baca uraian :

berikut Berikut Merk Pompa air dari kelas atas sampai kelas bawah :
  1. Merk Kelas atas dan mahal Sanyo, Grundfos, Pedrola, dan Hitachi 
  2. Merk menengah Shimizu, wasser, panasonic, DAB, dan MultiPro
  3. Merk termurah Merk kurang dikenal.

Info Harga Pompa air untuk mempermudah pemilihannya

Untuk faktor daya hisap sudah dijelaskan diatas dan berikut harga Pompa air yang saya dapat disitus rajaharga.com 

Pompa air Merk sanyo

  • Sanyo PWH137C dengan harga kisaran Rp. 430.000
  • Sanyo PH 137A dengan harga kisaran Rp. 560.000
  • Sanyo PWH236 dengan harga kisaran Rp. 635.000
  • Sanyo PH236A dengan harga kisaran Rp. 750.000
  • Sanyo PH175C dengan harga kisaran Rp. 1.750.000
  • Sanyo PH130 dengan harga kisaran Rp. 1.275.000
  • Sanyo PH250B dengan harga kisaran Rp. 3.325.000
  • Sanyo PH258JP dengan harga kisaran Rp. 5.000.000
  • Sanyo PDH 255 JP dengan harga kisaran Rp. 5.700.000
  • Sanyo PDH-405JP dengan harga kisaran Rp. 8.500.000
  • Sanyo PD H600 dengan harga kisaran Rp. 10.200.000
  • => Daftar Harga dan Spesifikasi Pompa air Merk Sanyo diulas lengkap

Pompa air Merk Grundfos

  • Grundfos JPC 4 dengan harga kisaran Rp. 2.999.000
  • Grundfos NS 13-18T Basic dengan harga kisaran Rp. 2.849.000
  • Grundfos JPC 3 dengan harga kisaran Rp. 2.649.000
  • Grundfos Unilift CC7A dengan harga kisaran Rp. 3.950.000
  • Grundfos NF 30-18M dengan harga kisaran Rp. 4.749.000
  • Grundfos CMB 1-36 dengan harga kisaran Rp. 4.400.000
  • Grundfos NF Basic 30 18T dengan harga kisaran Rp. 5.049.000
  • Grundfos CMB 5-28 dengan harga kisaran Rp. 5.049.000 
  • Grundfos Unilift CC9A dengan harga kisaran Rp. 5.100.000
  • Grundfos CM PT 5-3 dengan harga kisaran Rp. 5.399.000
  • Grundfos JD Basic 7 dengan harga kisaran Rp. 6,749.000
  • Grundfos NF basic 30-30T dengan harga kisaran Rp. 7.499.000
  • Grundfos CM 10-3 dengan harga kisaran Rp. 8.980.000
  • => Daftar harga dan spesifikasi pompa air merk GrundFos lebih detail

Pompa air Merk Hitachi

  • Hitachi WT-P150GX dengan harga kisaran Rp. 1.500.000
  • Hitachi WM – P130GX dengan harga kisaran Rp. 2.000.000
  • Hitachi WT-P 250 GX dengan harga kisaran Rp. 2.990.000
  • Hitachi WT-PS 250 GX dengan harga kisaran Rp. 3.900.000
  • Hitachi DT-P 300 GX dengan harga kisaran Rp. 4.600.000
  • Hitachi DT-PS 300 GX dengan harga kisaran Rp. 5.500.000
  • => Daftar harga dan spesifikasi pompa air merk Hitachi lebih detail

Pompa air Merk Shimizu

  • Shimizu PS 128 BIT dengan harga kisaran Rp. 375.000
  • Shimizu PS135E dengan harga kisaran Rp. 450.000
  • Shimizu PS 130 BIT dengan harga kisaran Rp. 525.000
  • Shimizu JET 108 BIT dengan harga kisaran Rp. 650.000
  • Shimizu JET 100 BIT dengan harga kisaran Rp. 700.000
  • Shimizu ZPS 15-9-140 dengan harga kisaran Rp. 770.000
  • Shimizu PS 103 BIT dengan harga kisaran Rp. 800.000
  • Shimizu PS 226 BIT dengan harga kisaran 825.000
  • Shimizu PS 230 BIT dengan harga kisaran Rp. 900.000
  • Shimizu JET 400 BIT dengan harga kisaran Rp. 1.200.000
  • Shimizu PC268 BIT dengan harga kisaran Rp. 1.600.000
  • Shimizu PC 250 BIT dengan harga kisaran Rp. 2.250.000
  • Shimizu PC 502 BIT dengan harga kisaran Rp. 2.950.000
  • => Spesifikasi & Harga 15 Tipe Pompa Air Shimizu Paling Lengkap

Pompa air Merk wasser

  • Wasser WD 131 EA dengan harga kisaran Rp. 400.000
  • Wasser WD 80 EF dengan harga kisaran Rp. 425.000
  • Wasser WD 101 E dengan harga kisaran Rp. 435.000
  • Wasser WD101 EAF dengan harga kisaran Rp. 570.000
  • Wasser Booster PB 60 EA dengan harga kisaran Rp. 650.000
  • Wasser WD 200 EA dengan harga kisaran Rp. 750.000
  • Wasser PW 251 EA dengan harga kisaran Rp. 1.300.000
  • Wasser PC 255 EA dengan harga kisaran Rp. 1.575.000
  • Wasser PBMH90 – 3EA dengan harga kisaran Rp. 2.520.000 
  • => Daftar harga dan spesifikasi Pompa air Merk Wasser paling lengkap

Pompa air Panasonic 

  • Panasonic GL-75JXK dengan harga kisaran Rp. 350.000
  • Panasonic GL – 75JAK dengan harga kisaran Rp. 515.000
  • Panasonic GP – 200JXK dengan harga kisaran Rp.625.000
  • Panasonic GA-130JACK dengan harga kisaran Rp. 850.000
  • Panasonic GF-255HCX dengan harga kisaran Rp. 3.100.000 
  • => Daftar harga dan spesifikasi Pompa air Merk Panasonic paling lengkap

Pada uraian harga diatas silahkan sobat pilih manakah pompa air yang cocok sesuai dengan budget sobat. Namun, bila budget sobat benar – benar sedikit atau sobat ingin menghemat biaya yang dikeluarkan saya sarankan beli saja yang bekas namun berkualitas

Boleh diingat Bekas Berkualitas Seperti ini Teorinya :
Jangan salah Pilih! Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda

“Kenapa demikian?” Dalam segi kualitas bahan tentu Pompa air kelas menengah dan kelas atas jauh lebih baik dibanding kelas bawah yang lebih sering menggunakan bahan baku yang mudah rusak yang tentu bertujuan agar membeli baru lagi

Untuk sobat yang hendak membeli Pompa air bekas namun berkualitas dapat kunjungi berbagai Toko Pompa air bekas, atau berbagai tempat service pompa air yang tentu harganya akan lebih murah dibanding yang baru.

Bagi sobat yang ingin lebih menghemat daya pengeluaran sobat, maka carilah pompa air bermerk berkualitas di tempat rongsokan atau tukang loa. Tentu pompa air tersebut rusak namun dapat sobat perbaiki sendiri dengan mudah.


Saran saya, lakukan opsi pembelian pompa air bekas namun berkualitas dengan mempertimbangkan 3 faktor diatas yaitu :
  • Kegunaan Pompa nantinya
  • Kondisi di lingkungan anda
  • Faktor kedalaman air
  • Faktor Daya Listrik
  • Faktor Harga yang menentukan kualitas

 ...Tips Hemat dalam memilih Pompa air

 Untuk sobat yang memiliki sumur dalam namun ingin berhemat, saya sedikit memberikan tips yang sebenarnya, tips ini sudah sering digunakan oleh orang-orang yang bersipat sama seperti sobat... hehe.

Lihat Gambar
Jangan salah Pilih! Tips Cerdik memilih Jenis Pompa Air yang sesuai dengan kebutuhan anda
Pemasangan Pompa air dekat dengan sumber air dapat memudahkan Pompa air untuk menghisap dan mendorong air 

Namun, ada beberapa kekurangan dari sistem penempatan Pompa air seperti pada gambar antara lain : 
  • - Sulit dalam hal pemeriksaan dan pengecekan Pompa air 
  • - Khawatir kebanjiran bila air sumur naik 
Untuk solusi dari kekurangan diatas lakukan langkah ini : 
  • - Gunakan Pipa Pleksibel atau selang yang seukuran dengan kapasitas Pompa pada bagian OutPut atau keluaran 
  • - Gunakan tali pada permukaan dudukan Pompa 
Kedua hal tersebut dapat memudahkan Pompa air untuk pemeriksaan dan pengangkatan bila terjadi banjir.

Demikian artikel kali ini mengenai Tips memilih Pompa air yang sesuai kebutuhan saya buat, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat Kami butuh bantuan sobat, dengan melakukan share pada berbagai jejaring sosial yang ada insyaAlloh sobat sudah membantu kami

tonton juga video terbaru dari kelistrikanku TV mengenai tips memilih pompa air


29 komentar untuk "Jangan salah! Begini Tips memilih Pompa Air Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda"

  1. kebetulan Ane pengen beli pompa air,Cocok buat referensi :D

    BalasHapus
  2. terima kasih agan, infonya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Mantap kali infonya, Terimakasih Banyak gan...

    BalasHapus
  4. Yes ok banget info rinci dan jelas. Dengan bahasan dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Info yang sangat berguna bagi kehidupan sepanjang masa dari generasi ke generasi tanpa henti.
    Selama info ini dibutuhkan orang, selama itu pula pahala dan berkah terus mengalir deras kepada penulisnya.
    Terimakasih, selamat berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, meskipun blm sempet saya baca semuanya
      ada penggalan artikel ini yg sudah menjawab permasalahan yg sedang saya alami saat ini..
      Syukron. dan terimakasih kpd penulis

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Makasih informasinya, sangat membantu

    BalasHapus
  7. Makasih buat infonya pak πŸ‘

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat dan cukup rinci

    BalasHapus
  9. apakah daya dorong pompa juga dipertimbangkan?

    BalasHapus
  10. Makasih gan untuk bahan referensinya. oiya mau nanya sedikit, saran dari agan untuk kedalaman 30+ itu menggunakan type mesin menengah atau kelas atas yg recomend di type apa gan?

    Maaf nubi bgt untuk hal ini 😟

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung budget juga sob,, kalo sobat mampu membeli yg mahal, bisa pilih yg mahal karena harga tidak akan menipu kualitas

      Hapus
  11. Numpang pak,kalo sumur dangkal kedalaman 7m,terus tanki di ketinggian 15m,tapi jaraknya sekitar 120m dg kemiringan 45 derajat itu pake pompa jenis apa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu pompa air yang mampu mendorong air cukup jauh, semi jet sepertinya pilihan yg cocok

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Mas pompa air saya baru, merk wasser pw 120 jet (semi jet pump). Jarak foot klep ke pompa tsb 6 mter, tp air tdk mau ngangkat. Kmdian sy akali wasser sy gantung di tengang sumur shg jarak mjd 4 meter, dan baru bs mengangkat air.

    Pdahal sblmnya sy pakai sanyo air dangkal pwh 137c bs ngangkat air.

    Kenapa ya mas? Pdhl semi jet pump hrsnya kan mampu mghsap air yg lbh dalam drpd pompa air biasa. Pgennya waktu yg dibtuhkn utk memenuhi tandon air agr lbh cepat, tp malah kecewa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya tipe semi jet juga bisa mengangkat air dengan jarak 6 meter, coba perhatikan cara pemasangan pompa air, jangan sampai ada kebocoran,

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://berkahsedotwcjogja.com/
    . Sukses selalu

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Om..permisi mau nanyak..jika jarak rmh saya ke sumurnya jauh sekitar 80m/posisi jg vertikal dan posisi toren ada d lantai 2 rmh saya
    ..kira2 rekomendasi pompa air yg cocok apa ya om?mojon solusinya..trimsπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini Pompa terbaik dan paling di rekomendasikan oleh para tukang service adalah submersible Pump (pompa tanam)

      Hapus