Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Rangkaian Kendali Motor Listrik 3 fasa

Bismillahirrohmanirrohim
Rangkaian kendali motor listrik 3 fasa


Menyusun Rangkaian Listrik merupakan kegiatan yang sangat amat menyenangkan. Silahkan sobat coba sendiri. Bisa membuat sebuah benda bergerak dengan settingan rangkaian listrik yang sudah kita tentukan sebelumnya sangatlah mengasikan.

Dan Artikel ini harus sobat lalui bila mana ingin mencoba membuat rangkaian seperti itu.

Tahapan ini merupakan tahapan lanjutan mengenai pembahasan dasar listrik dan instalasi yang sebelumnya saya sudah bahas. Jadi saya harap sebelum sobat mempelajari bagian ini sobat bisa membaca artikel sebelumnya itu. OK

Tapi saya yakin sih bahwa sobat ini sudah membacanya atau tidak perlu membacanya karena sudah paham kalau soal dasar-dasar listrik dan instalasi, jadi gak perlu baca-baca bagian itu lagi. Ok mari lanjutkan.

Mengenal Rangkaian Kendali Motor Listrik 3 Fasa

Rangkaian kendali motor listrik 3 fasa adalah upaya-upaya mengendalikan kerja motor listrik agar sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Misalnya kita ingin membuat rangkaian motor listrik agar bisa hidup dan mati diwaktu yang dibutuhkan, maka kita buat rangkaiannya dengan menggunakan timer.

Dalam Rangkaian Kendali Motor listrik 3 fasa kita akan di perkenalkan dengan sebuah listrik yaitu 3 fasa. Loh jenis listrik apa lagi tuh?

Dalam menghidupkan motor listrik3 fasa, kita membutuhkan bukan 1 fasa tapi 3 fasa tanpa Netral.

Bagaimana sistem kelistrikannya ?

Pada motor listrik 3 fasa kita akan diperkenalkan dengan 6 kontak hubung, yaitu uvw-xyz

ini gambar aslinya :
Rangkaian kendali motor listrik 3 fasa
sumber : youtube Surya Guna channel
ini gambar buatannya :
Rangkaian kendali motor listrik 3 fasa
karena memiliki kontak hubung yang banyak, kita jadi gak usah bingung lagi dengan 3 fasa yang masuk ke motor listrik. menghubungkan 3 fasa listrik ke motor listrik bisa di lihat pada gambar, kontak hubung U untuk fasa R, kontak V untuk fasa S dan kontak W untuk fasa T.
waduh 3 fasa, saklarnya sebesar apa yah, untuk bisa menghidupkan dan mematikan motor listrik dengan 3 fasa ? 
inilah yang akan kita pelajari sekarang sob, bagaimana menghidupkan motor listrik 3 fasa dengan rangkaian kendali. Bukan hanya sekedar menghidupkan dan mematikan motor listrik saja, kita juga bisa memvariasikan gerakan dari motor listrik 3 fasa ini dengan mempelajari rangkaian kendali ini.

mari kita mulai :


BAB 1 Komponen yang dibutuhkan untuk Rangkaian 3 fasa



MCB 3 Fasa

MCB merupakan alat yang digunakan sebagai pengaman Rangkaian bila mana terjadi hubung singkat pada rangkaian atau beban lebih pada motor listrik 3 fasa.

Kontaktor Magnet

Kontaktor magnet adalah komponen yang berfungsi mengubah kontak NO (terbuka) menjadi NC (tertutup) dan NC menjadi NO dengan menggunakan Koil magnet.

Note...
Karena komponen ini di nilai komponen sangat penting pada rangkaian kendali motor listrik, sobat bisa membacanya lebih lengkap di : Kontaktor magnet

Push Button

Push Button pada rangkaian kendali merupakan jenis benda yang berfungsi sebagai saklar untuk menghidupkan dan mematikan kontaktor magnet.

sebetulnya kita sudah bisa membuat rangkaian kendali motor listrik dengan ketiga komponen diatas, namun hanya yang sederhana dan tidak benar-benar safety. Untuk membuat rangkaian kendali motor listrik 3 fasa yang lebih baik dan lebih rumit lagi kita membutuhkan alat pendukung lainnya.

Baca BAB 1 : 36 jenis alat dan bahan untuk membuat rangkaian kendali panel BOX


BAB 2 NO dan NC pada Rangkaian kendali


Dalam sebuah rangkaian kita akan mengenai kontak hubung. Kontak hubung merupakan area pada komponen yang berfungsi sebagai tempat masuknya kabel listrik. Bisanya pada kontak hubung terdapat dua kontak yaitu kontak masuk dan kontak keluar.
(gambar kontak hubung)
Nah, dalam kontak masuk keluar tersebut biasanya di tandai dengan nomor. Misalnya 1&3. 2&4 dan lain-lain.

Pada kontak hubung tersebut terdapat dua fungsi yaitu NO dan NC yang akan kita bahas sama-sama di sini. OK

NO (Normaly Open) Maksudnya, kontak hubung tersebut dalam kondisi belum aktif kontak hubungnya terputus. Yang akan terhubung bila sudah terhubung bila komponen tersebut diaktifkan.

NC (Normaly Close) maksudnya, kontak hubung tersebut dalam kondisi belum aktif kontak hubung terhubung. Yang akan terputus bila komponen tersebut diaktifkan.

Baca BAB 2 : Mengenal NO dan NC pada rangkaian kendali


BAB 3 Rangkaian Kendali motor listrik 3 Fasa 1 arah putaran


Rangkaian paling dasar ini mudah-mudahan memberikan gambaran pada sobat yang ingin mulai belajar membuat rangkaian kendali motor listrik.

Untuk membuat rangkaian ini kita hanya membutuhkan 3 komponen dasar seperti yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu MCB, Kontaktor magnet dan juga 2 buah Push button yaitu Stop & start.
(gambar rangkaian kendali motor 1 arah putaran)

baca BAB 3 Rangkaian kendali motor listrik 3 fasa 1 arah putaran paling sederhana


BAB 4 Membaca Gambar Rangkaian Kendali


kita di sini akan membahas berbagai macam rangkaian kendali motor listrik 3 fasa ini berupa gambar. Maka sobat harus tahu dulu apa yang dimaksud oleh saya. Makanya disini sebaiknya sobat harus tahu dulu bagaimana cara membaca rangkaian kendali motor listrik 3 fasa.
Rangkaian kendali motor listrik 3 fasa
Perhatikan gambar diatas, ini merupakan gambar rangkaian kendali motor listrik yang akan sobat temukan ketika mengeluti dunia kendali motor listrik 3 fasa. Untuk memahami maksud dari rangkaian di atas maka kita harus tahu cara membaca gambar rangkaian kendali diatas.

baca BAB 4 Membaca gambar rangkaian kendali


BAB 5 sistem Self Holding dan Interlock


Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting untuk kita ketahui. Karena pada rangkaian kendali motor listrik 3 fasa, terkhusus yang menggunakan kontaktor magnet sudah pasti memiliki self holding dan kadang ada interlock.

Maka mengenai self holding dan interlock pada rangkaian kendali ini harus sobat lalui terlebih dahulu.

self holding atau pengunci berfungsi untuk mengunci aliran listrik yang masuk pada kontaktor magnet melalui push button agar tidak ikut terputus bila mana push button berhenti di tekan.

sementara interlock merupakan sistem pengaman kontaktor magnet agar tidak aktif bila kontaktor magnet lainnya sedang aktif. Interlock hanya berfungsi bila ada dua kontaktor magnet pada satu rangkaian.

biar lebih jelas silahkan pelajari bab ini

Baca BAB 5 Self holding atau pengunci dan interlock kontaktor magnet


BAB 6 Rangkaian motor 3 phase hidup mati bergantian


setelah kita mempelajari rangkaian kendali motor listrik 3 fasa 1 arah putaran sebagai rangkaian paling sederhana, kita persulit sedikit. Dengan menambah satu buah motor listrik lagi. Sekalian kita praktekan pembahasan sebelumnya yaitu mengenai sistem Interlock.

Karena sistem Interlock sendiri bsia di praktekan bila para rangkaian terdapat dua kontaktor magnet.

baca BAB 6 Rangkaian motor listrik 3 fasa hidup mati bergantian


BAB 7 Rangkaian motor listrik 3 fasa dua arah putaran


Hampir sama dengan rangkaian kendali motor listrik 3 fasa hidup mati bergantian, para rangkaian ini kita memerlukan dua kontaktor namun satu motor listrik yang akan bekerja dua arah putaran.

Untuk membuat motor listrik 3 fasa berputaran dua arah (bisa Forward Reverse) maka ada bagian yang akan kita ubah yaitu bagian pengasutan pada motor listrik 3 fasa yang sudah kita ulas pada bagian paling awal artikel ini.

Bagaimana membalik putaran motor listrik 3 fasa ?

untuk membalik putaran motor listrik 3 fasa yang kita setting adalah bagian arus masuk RST yang di putar menjadi RTS atau TSR maka putaran motor akan berbalik.

lengkapnya baca BAB 7 Rangkaian motor listrik 3 fasa dua arah putaran


BAB 8 motor 3 phase hidup mati berurutan


Rangkaian satu ini merupakan rangkaian yang hampir sama juga dnegan rangkaian hidup mati berurutan dan juga dua arah putaran. bedanya, kontaktor yang digunakan ada banyak (lebih dari 3) yang di setting agar hidupnya berurutan.

Maksudnya, motor listrik 2 tidak akan hidup bila motor listrik 1 belum hidup, dan motor listrik 3 belum bisa hidup bila motor listrik 2 belum hidup dan seterusnya

baca BAB 8 rangkaian kendali hidup mati berurutan


BAB 9 Star Delta - Bintang Segitiga


Rangkaian star delta atau Bintang segitiga merupakan rangkaian kendali motor yang paling populer diantara jenis rangkaian lainnya. Ini karena cara membuatnya memang paling rumit diantara rangkaian sebelumnya.

Rangkaian ini juga merupakan Rangkaian paling sering digunakan di industri sehingga sangat penting agar kita bisa memahami rangkaian satu ini.

dalam rangkaian ini yang akan kita ubah adalah pengasutan dari motor listrik dengan menggunakan rangkaian kendali. Yang mulanya berbentuk Star (bintang) menjadi Delta (segitiga).

baca selengkapnya mengenai BAB 9 Rangkaian motor listrik star delta


BAB 10 Star Delta otomatis Menggunakan TDR


berikutnya kita akan diperkenalkan dengan rangkaian kendali semi otomatis dengan menggunakan timer. Timer yang akan kita gunakan berjenis TDR atau timer delay relay. Yaitu timer yang akan mengubah kontak NC menjadi NO dan NO menjadi NC sementara.

Kerja TDR mirip dengan Push button hanya saja jika push button pake jari kita, kalau TDR ini menggunakan waktu.

untuk awalan perkenalan kita dengan rangkaian otomatis. silahkan buka BAB 10 Star Delta otomatis menggunakan Timer


BAB 11 Mengubah Rangkaian manual menjadi otomatis


Makin kesini makin sulit juga pelajaran kita. hehehe... tapi karena ini berupa tulisan jadi sobat bisa simpan aja halaman ini atau bisa share ke facebook atau Whatsapp agar nanti sobat bisa membuka halaman ini.

untuk mengubah rangkaian manual menjadi otomatis, kuncinya satu yaitu mengubah push button menjadi Timer delay Relay (TDR) sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

baca BAB 11 mengubah sistem Kontrol motor listrik 3 fasa manual menjadi Otomatis


BAB 12 Rangkaian kendali dua arah putaran star delta


Bab berikutnya kita akan belajar mengenai menggabungkan dua rangkaian, yaitu menggabungkan rangkaian dua arah putaran dengan star delta. Jadi sistem putaran kiri dan kanan memliki sistem lagi yaitu star dan Delta.

baca selengkapnya : Rangkaian kenda dua arah putaran star delta


BAB 13 Memasang OVERLOAD pada rangkaian


setelah kita belajar macam-macam rangkaian, berikutnya yang harus kita pelajari adalah mengisi rangkaian tersebut dengan komponen-komponen pendukung. Salah satu komponen pendukung tersebut adalah Thermal overload Relay.

Overload adalah Komponen pada Rangkaian yang berfungsi untuk mengamankan listrik jika terjadi beban lebih pada rangkaian.

baca BAB 13 : Memasag Overload pada rangkaian


BAB 14 Memasang Lampu Indikator pada Rangkaian


Lampu indikator adalah lampu yang menunjukan situasi sebuah rangkaian, misalnya sedang hidup ditandai dengan warna hijau, dan lampu merah untuk keadaan mati. Atau bisa juga sebagai tanda jalur listrik 3 fasa masuk.

baca BAB 14 Memasang lampu Indikator sistem kendali


BAB 15 Memasang Indikator pengukuran pada panel Box


Jika bab 14 membahas mengenai lampu indikator, bagaimana dengan indikator pengukur? di bab ini kita akan urai mengenai bagaimana cara memasang indikator pengukur untuk rangkaian kendali.

Indikator pengukur pada rangkaian biasanya dilengkapi dengan Volt meter, Ampere meter, frekuensi meter dan watt meter.

baca BAB 15 memasang lampu Indikator pengukuran

BAB Bonus : Memasang Rangkaian panel AMF - ATS

sebetulnya rangkaian ini bukan termasuk rangkaian kendali motor listrik 3 fasa namun tidak apa-apa sebagai bahan wawasan mari kita pelajari bersama rangkaian satu ini.

Baca : BAB Bonus : Memasang Rangkaian panel ATS - AMF

Demikian pembahasan soal rangkaian kendali motor listrik 3 fasa kali ini. Mari silahkan buka satu persatu agar sobat bisa memahaminya.

2 komentar untuk "Belajar Rangkaian Kendali Motor Listrik 3 fasa"

  1. Hello there! I was impressed with your content and wanted to reach out because I think your site could benefit from Ezoic (www.ezoic.com). Our AI technology is able to customize the ad layout for every user resulting in ad revenue increases of 50% or more. If you're interested, feel free to send me an email- acourtney@ezoic.com. Thank you and happy Holidays! -Alyson

    BalasHapus