cara membuat rangkaian panel ATS AMF dari berbagai Ahli kelistrikan

cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan

bismillahirrohmanirrohim

pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat rangkaian panel ATS (Automatis Transfer Switch) sebagai rangkaian pemindah suplay daya dari sumber utama ke sumber cadangan secara otomatis, dan AMF (Automatis Main Failure) sebagai rangkaian menghidup dan mematikan genset secara otomatis.

Rangkaian ini digunakan untuk menggunakan energi genset secara otomatis bila listrik PLN sedang mengalami gangguan atau pemadamam. Dengan adanya rangkaian ini, maka kita tidak perlu repot-repot memindahkan suplay daya yang sebelumnya dari KWH PLN ke genset.

Juga  menghidupkan genset secara manual dan bila listrik PLN kembali hidup.

Kita tidak perlu repot mematikan genset dan memindahkan suplay daya kembali. Tuntu hal tersebut sangat menguras tenaga.

  • Pada intinya, Dengan adanya rangkaian ini kita tidak akan repot. Itu saja....


Kita hanya tinggal menyimak saja bagaimana perpindahan energi listrik yang mulanya dari PLN menjadi dari genset yang begitu indah... (apaan)

Sebetulnya, saya telah membahas mengenai bagaimana membuat rangkaian ATS, silahkan dibaca : Cara membuat kontrolATS (Automatis Transfer Switch) sebagai pemindah daya otomatis,  juga rangkaian AMFnya : cara membuat rangkaian panel AMF sebagaipenghidup genset Otomatis.

silahkan dibaca sob...

Namun, alasan saya membuat pembahasan ini karena pembahasan ini akan mengulas berbegai jenis rancangan / rankaian ATS AMF dari berbagai ahli. Karena jika sobat mencari ke Internet dengan kata kunci panel ats amf, akan muncul banyak rancangan yang berbeda-beda.

Sebelumnya, saya mohon izin pada pemilik skema-skema rangkaian ATS dibawah ini, barang kali ada yang tidak suka saya memajangkannya pada pembahasan ini boleh kontek saya, insyaAllah langsung saya hapus


Langsung saja

  • Pertama


Rangkaian ATS AMF dari electric-mechanic.blogspot.com

Simak gambar dibawah :

cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan
Pada gambar diatas dijelaskan ada 4 kabel power yang menjadi pokok dan sumber untuk menuju beban (rumah) yaitur listrik fasa RST dan netral (N). 4 kabel diatas diambil baik dari PLN dan genset sebagai asupan energi pada rumah dengan berbagai komponen yang dilaluinya.

Komponen peryama yag dilewatinya adalah NFB (No Fuse Circuit Breaker) sebagai pengaman beban lebih dan hubung singkat. Kemudian melewati M1 (kontaktor magnet 1), 4 kabel utama setelah melewati M1 dan M2 dijumper (dikopel) dan menjadi 4 kabel menuju NFB 200A sebelum kemudian menuju rumah.

Ini untuk rangkaian yang kabelnya berwarna merah hijau beru dan hitam sebagai listrik utama ke rumah (beban),

Pada gambar diatas juga terdapat 3 blok (silahkan lihat kembali gambar diatas) ada BLOK SATU, BLOK DUA, DAN BLOK 3. Kenapa dipisahkan menjadi 3 Blok.

Pemisahan 3 blok ini dikarenakan masing masing blok disuplay dengan arus yang berbeda, blok satu di suplay oleh listrik PLN, blok dua oleh listrik genset, dan blok 3 disuplay oleh Batterai / accu.

Blok satu sebagai sumber daya utama, rangkaian ini berfungsi untuk memberikan informasi kondisi sumber listrik utama (hidup atau mati) kepada rangkaian blok starter engine (NC M1). Blok ini berfungsi menghidupkan kontaktor magnet 1 untuk menyalurkan energi listrik PLN pada beban.

Pada blok satu ini juga terdapat selektor switch untuk menfungsikan rangkaian ini normal dan otomatis. Pada posisi normal (manual), maka kerja Change Over Switch tidak akan berfungsi.

Blok dua sebagai relay detector daya genset, relai detector ini berfungsi untuk menerima informasi kondisi tegangan daya genset kepada rangkaian utama apabila listrik utama mati dengan menghidupkan (M2) setelah genset bekerja.

Block tiga berfungsi sebagai starter engine, atau menyalakan genset. Blok tiga ini bekerja berdasarkan masukan dari blok detektor sumber daya utama (NC M1) sebagai awal kerja starter. T3 dan T4 sebagai Delay starter dan R3 sebagai kontak starter. Khusu pada rangakaian ini menggunakan komponen yang mempunyai tegangan kerja 24VDC dengan menggunakan 2 buah Accu 12VDC yang dihubung seri.

Namun apabila sobat menemukan komponen yang mempunyai tegangan kerja 12 VDC sobat bisa memakainya hanya menggunakan 1 buah Accu saja.

Pada rangkaian ini ditambah juga selektor switch yang menginformasikan Accu (starter engine) pada kondisi stanby. Pada terminal nomor 7 dan 8, sobat harus menghubung paralel pada starter untuk menghidupkan genset.

Itu dari blog Elektro Mekanik

  • Selanjutnya


Rangkaian ATS / AMF dari www.tutorialvalid.com

Simak gambar rangkaian berikut
cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan

Bagaimana cara kerja rangakian kontrol diatas?

Rangkaian ATS dan AMF tersebut dia buat dua bagian yaitu rangkaian kontrol dan suplay daya genset otomats. Simak gambar diatas...

  • Kita akan perdalami rangkaian kontrolnya


Rangkaian tersebut dia buat 3 bagian yaitu :

Suplai daya dari PLN yang merupakan rangkaian bekerja pada saat PLN mengalami gangguan
Suplay daya dari genset merupakan rangkaian ketika genset sudah bekerja dan memberi suplay tegangan pada beban listrik

Suplay daya untuk starter genset

Kontaktor K1 berguna untuk pertukaran dari sumber tegangan PLN sumer ke tegangan genset

Ketika listrik dari PLN sedang dalam posisi hidup (ON) konaktor K1 akan mendapatkan suplay tegangan dari Line tegangan PLN, dan kontaktor k1 akan bekerja.

Karena kontaktor k1 bekerja maka kontak NC dari kontaktor k1 akan terbuka sehingga sambungan genset juga terputus.

Ketika sumber tegangan dari PLN dalam keadaan Off, contaktor k1 tidak mendapat suplay tegangan dari PLN sehingga contak dari kontaktor bekerja dalam keadaan normal. Kontak Nc dari kontaktor magnet k1 pada accu genset aka memberikan suplay tegangan untuk menghidupkan starter genset selama beberapa detik sesuai settingan pada Timer on delay begitu genset menyala dan menyuplay daya ke ON delay Timer yang telah disetting waktunya masinya selama 5 detik.

Suplay tegangan dari accu / baterai ke starter genset akan terputus

Timer T2 akan bekerja untuk menghidupkan kontaktor k2 penggunaan timer t2 adalah untuk penundaan penyambungan genset ke beban (menunggu mesin stabil / panas)

Besarnya waktu timer dapat sobat setting sesuai kebutuhan sobat.

Dan setelah kontaktor k2 bekerja maka kontaktor k2 akan menyuplai daya dari genset ke sumber beban sehingga sumber beban berasal dari genset

  • Selanjutnya


Rangkaian ATS / AMF dari kumpulan-elektro.blogspot.com

Berbeda dengan yang sebelumnya, pada blog ini tidak menggunakan sistem kendali magnet meliputi kontaktor magnet, relay dan timer. Namun menggunakan komponen elektronika bernama Microcontroller berjenis AVR Atmega16.

Hampir sama dengan PLC namun dengan ukuran yang lebih kecil dan kerja lebih sederhana

  • Baca : sekilas tentang PLC (programable Logic controller)


Simak gambar ini :
cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan

Dan simak gambar skema rangkaian yang akan dibuat menggunakan software...
cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan

Program untuk mengatur dan mengolah data microcontroller ini disebut Ldmicro silahka didownload.
Pengolahan sistem kendali dilakukan dalam sofftware tersebut. Jika kontrol sudah dibuat, hubungkan AVR tmega16 tersebut dengan downolader menggunakan jumper bawaannya. Kemudian hubungkan downloader (pengambil data), dengan komputer munggunakan kabel USB yang sudah ada dalam paket pembelian tersebut.
cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan

Cukup sulit bukan... namun sangat menarik

Dan yang terakhir adalah

Rangkaian ATS / AMF dari www.kelistrikanku.com

Sebetulnya rangkaian ATS / AMF yang saya buat ini adalah penggabungan rangkaian ats dan AMF yang sebelumnya saya buat secara terpisah. jadi untuk memahami antara amf dan ats dari blog ini bis klik disini

 Simak gambar dibawah ini :
cara membuat rangkaian panel ATS AMF sebagai pemindah dan penghidup listrik genset otomatis dari berbagai Ahli kelistrikan

Sebetulnya rangkain yang saya buat diatas hampir mirip dengan rangkaian yang dibuat tutorialvalid.com, perbedaannya hanya pada penggunaan kontaktor magnet dan sedikit beda-beda yang lainnya.

Pada rangkaian yang saya buat terdapat 4 bagian.

Bagian pertama adalah rangkaian ATS. Komponen yang ada pada rangkaian ATS ini hanya kontaktor magnet dan MCB sebagai pengaman. Pada kontaktor magnet, kontak NO untuk jalur PLN dan kontak NC untuk jalur genset dan a1 2 dihidupkan oleh listrik PLN. Sehingg jika listrik PLN sedang hidup, kontaktor akan hidup dan memutus saluran dari genset.

Jika PLN off, maka kontaktor magnet akan off juga dan menghubungkan kontak NC sehingga jalur gensetlah yang akan bekerja.

Untuk bagian kedua hanya sambungan listrik dari PLN pada relay yang berfungsi memutus dan menghubungkan arus dari aki ke starter jika PLN hidup

Bagian ketiga adalah bagian listrik dari genset. Dimana rangkaian ini bertugas untuk memutuskan arus dari AKI / baterai pada starter untuk mematikan starter bila genset telah hidup.

Dan bagian empat adalah bagian listrik dari aki / baterai / accu. Bagian ini bertugas untuk menyalurkan listrik dari aki menuju genset dengan melalui 2 relay penghubung dan pemutus arus. Bagian ini juga bertugas untuk menON Off kan saklar genset melalui relay DC. Sehingga genset akan otomatis mati bila listrik PLN hidup.

Itulah ulasan mengenai rangkaian ATS amf dari berbagai Ahli kelistrikan. Dan Perlu diingat, saya membuat pembahasan dan mengambil skema orang lain bukan bermaksud menjatuhkan atau mengunggulkan. Namun hanya sebatas membukakan pintu wawasan pada sobat sehingga sobat dapat mempelajari rangkaian panel ATS dan AMF ini dengan lebih luas, dan tidak perpaku pada satu sistem.


Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat. Mohon maaf bila banyak kesalahan, karena kesalahan mutlak ada pada diri saya dan kebenaran hanya ada pada Allah SWT.

1 Response to "cara membuat rangkaian panel ATS AMF dari berbagai Ahli kelistrikan"

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL