Jadwal & Tips Merawat Kulkas Yang Benar Agar Awet Seperti Baru

Bismillahirrohmanirrohim

Selain Pompa air dan mesin cuci, memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan kulkas memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang berbagai kebutuhan dirumah. 

Tak hanya digunakan untuk menyimpan atau mengawetkan bahan makanan dan minuman, kulkas juga kerap digunakan untuk menyimpan berbagai jenis obat-obatan tertentu. Bukan hanya itu, bahkan keberadaan kulkas pun dapat mempermanis tampilan ruangan rumah lho. 

Tips merawat kulkas agar tetap awet

Setelah kami mengulas Rekomendasi kulkas terbaik dan sobat sudah memilih di antara kulkas-kulkas tersebut, ada sharp, Polytron, samsung dan lain-lain. Langkah selanjutnya adalah tahapan menata dan merawat kulkas yang benar.

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bila kulkas merupakan barang elekronika rumah tangga yang harganya cukup mahal, sehingga sangat penting rasanya kulkas untuk di rawat dengan baik. Tentu agar awet dan bisa digunakan sangat lama.

Bagaimana cara merawat kulkas yang benar ? Nah, kali ini Saya akan coba urai bagaimana cara merawat kulkas dari :

  1. Hal-hal yang harus di hindari pada kulkas
  2. Tips menjaga dan merawat kulkas bulanan
  3. Agenda merawat kulkas tahunan
Cara ini berlaku untuk Sobat yang memiliki kulkas merk apapun, baik sharp, LG, Samsung, Polytron dan lain-lain serta jenis lemari es apapun, baik side by side, kulkas 1 pintu, dua pintu atau kulkas tanpa bunga es dan apapun itu.

Mari simak ulasan dibawah ini :

7 Hal Yang harus Diperhatikan Dan Dihindari Agar Kulkas Lebih Awet

1. Jangan Sembarangan Menempatkan Kulkas

Tak banyak orang yang tahu, bahwa posisi penempatan kulkas dapat mempengaruhi tingkat ketahanannya. Agar kulkas tetap awet dan tidak mudah rusak, disarankan bagi Sobat untuk tidak menempatkan kulkas di area-area yang panas. 

Menurut informasi yang didapat, hawa panas akan membuat kompresor di dalam kulkas harus bekerja lebih keras. Nah, kondisi tersebutlah yang bisa mempercepat terjadinya kerusakan pada kulkas. Oleh karena itu, jangan tempatkan kulkas di dekat oven atau di dekat jendela karena bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Selain itu, Sebaiknya kasih ruang kosong di area belakang kulkas, jangan sampai terlalu mentok, sebab nantinya, ruangan kosong ini digunakan untuk sirkulasi udara yang mana udara panas di kulkas akan di keluarkan, salah satunya di area belakang ini.

2. Tidak Menyimpan Barang-barang di Atas Kulkas

cara menjaga kulkas agar awet bertahun-tahun

Masih banyak dari masyarakat kita yang kerap menyimpan berbagai barang-barang di atas kulkas, seperti kunci kendaraan, aksesoris, dan lain sebagainya. Padahal, hal itu justru akan mempercepat kerusakan pada kulkas lho!

Pasalnya, bagian atas kulkas menjadi salah satu celah untuk mengeluarkan hawa panas pada proses kerja mesinnya, selain area belakang tadi. Apabila bagian atas kulkas tertutupi oleh barang-barang tersebut, tentu saja hawa panasnya akan terperangkap di dalam kulkas sehingga membuat mesin kompresor dipaksa harus bekerja lebih ekstra. 

Maka dari itu, mulai sekarang jangan pernah lagi untuk menyimpan barang apapun di atas kulkas. Selain itu, Sobat juga harus memastikan bahwa bagian atas kulkasnya bersih dari berbagai debu atau kotoran lainnya. 

3. Perhatikan Kondisi Karet Pintu Kulkasnya

Ini dia salah satu bagian yang paling sering dilewati oleh para pemilik kulkas. Meski terkesan sepele, ternyata karet pada pintunya ini memiliki pengaruh cukup besar terhadap usia kulkas. Jika kondisi karet pintu tersebut sudah tidak layak, tentu saja ia tidak akan bisa lagi menutup kulkasnya dengan rapat. 

Apabila tidak segera diperbaiki, maka jangan harap bahwa kulkas yang Sobat miliki itu akan berumur panjang. Agar karet pada pintunya tidak mudah rusak, maka Sobat harus selalu mengelapnya dengan menggunakan kain sampai bersih. 

area pintu karet kulkas harus dalam keadaan baik

Jikalau karet pada kulkas sobat sudah tidak layak pakai, cari saja di toko spare part kulkas, bagian karet kulkas ini sudah pasti ada kok. Sebab penggantian karet pintu ini memang sudah lumrah terjadi.

4. Mengisi Kulkas yang Sesuai Dengan Kebutuhan Saja

Perlu kalian ketahui, bahan makanan yang terlalu penuh di dalam kulkas itu dapat mempengaruhi sikulasi udar dingin yang terjadi didalamya. Alhasil, kondisi tersebut akan membuat sirkulasi udara dinginnya menjadi terhambat. 

Begitu pun sebaliknya, apabila kulkas dibiarkan terlalu kosong maka akan membuat mesin kompresornya bekerja lebih keras lagi. Adapun mengenai beberapa hal yang harus Sobat lakukan seperti berikut:

  • Jangan menempatkan bahan makanan yang terlalu berat di bagian depan kipas internal kulkas
  • Usahakan untuk memberikan space pada penataan bahan makanan dengan jarak sekitar 1 hingga 2 inci
  • Seimbangkan jumlah bahan makanan atau barang antara satu kompartemen dengan yang lainnya. Sebaiknya kompartemen yang paling atas tidak terlalu banyak menyimpan barang
  • Isilah ruang yang kosong di dalam kulkas dengan botol berisikan air
  • Ketika hendak membekukan es di freezer, pastikan ruang kosongnya tersedia cukup banyak. Hal itu bertujuan agar air yang ada di dalam masing-masing wadahnya bisa menyebar dan tidak mengendap menjadi gumpalan es di satu bagian saja. 

5. Bila Perlu Lakukan Defrost

Terkhusus untuk kulkas Defrost. Masih banyak dari masayarakat kita yang membiarkan gumpalan-gumpalan es di dalam kulkas. Padahal, gumpalan es tersebut justru akan berdampak buruk terhadap mesinnya karena harus bekerja lebih keras lagi. 

Walaupun ada beberapa merk kulkas yang sudah dilengkapi dengan teknologi fost-free, namun ada baiknya jika kita tetap waspada. Ketika hendak memasukan bahan makanan atau minuman kedalam kulkas, maka pastikan bahwa kondisi suhunya jangan panas. 

Usahakan juga untuk memberikan pembatas makanan dengan zona di dalam kulkas secara langsung, entah itu menggunakan tutup wadah maupun plastik. 

Baca selengkapnya : Perbedaan Kulkas Nofrost dan Defrost cuma bagian ini aja !

6. Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Tips merawat kulkas agar awet

Menurut kabar yang beredar, setidaknya ada beberapa hal penting pada kulkas yang harus kita cek secara rutin. Ya, hal-hal tersebut diantaranya seperi berikut:

Waspadai jika ada bunyi-bunyian yang tak lazim ketika kulkas dinyalakan. Pasalnya, bunyi-bunyian yang mencurigakan tersebut merupakan indikasi bahwa terdapat masalah pada bagian mesin, kompresor, atau masalah di bagian kipas internal. 

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pintu kulkas kerap luput dari perhatian pemiliknya. 

Oleh karena itu, Sobat harus menguji kelayakan pintu kulkas tersebut dengan cara menyelipkan secarik kertas sebelum menutupnya. Apabila kertasnya masih menempel, berarti kondisi pintu kulkasmu masih layak. Sebaliknya jika kertas tersebut jatuh, maka kondisi pintu kulkasmu bermasalah. 

Lakukan uji tingkat keakuratan suhu yang terdapat pada mesin dengan menggunakan termometer. Pastikan suhu pada mesin tersebut sesuai dengan suhu yang dihasilkan. 

7. Bersihkan Secara Rutin

Pada dasarnya, bagian belakang atau bawah kulkas merupakan bagian yang paling rawan terkena kotoran hingga tertutupi oleh debu. Apabila terdapat kotoran atau debu yang menumpuk di bagian tersebut, tentu saja akan membuat performa kulkas menadi tidak optimal. 

Maka dari itu, sudah mejadi kewajiban bagi Sobat untuk senantiasa membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner setiap 1 bulan sekali. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Proses Perawatan Bulanan
Cara membersihkan kulkas bulanan

Kegiatan kebersihan kulkas 2 atau 3 bulan sekali sebaiknya sobat lakukan. Sebab endapan-endapan pada kulkas bisa menyebabkan penyakit juga bisa membuat peforma mesin kulkas berkurang. Maka sebaiknya :

  1. Keluarkan semua bahan makanan dari kulkas, buang sampah-sampah yang sudah lama serta makanan yang sudah kadaluarsa. 
  2. Setelah semua barang di keluarkan, lakukan pembersihkan menggunakan spon atau kain dengan ari sabun. Bersihkan semua area, termasuk rak, laci, dan area lainnya. Sebainya gunakan sabun yang ramah lingkungan tanpa bahan kimia tambahan.
  3. Silahkan atur kembali posisi bahan makanan yang benar. Untuk Proses mengatur bahan makan sudah Saya bahas disini : Cara Menata kulkas 1 dan 2 pintu
  4. tambahkan pewangi khusus kulkas agar bisa menyerap bau makanan dan menjaga kulkas tetap segar
  5. Periksa kembali bagian tombol pengatur suhu. Silahkan sesuaikan dengan keperluan
  6. Periksa bagian wadah air bawah kulkas atau panci tetes kulkas. Panci ini berfungsi sebagai pengumpul kondensasi dan pencairan es. Sebaiknya bersihkan setuap 2-3 bulan sekali untuk menjegah bakteri menumpuk. 
  7. Periksa juga bagian area karet pintu agar tetap bersih dan masih bisa berfungsi dengan baik. Sobat bisa menggunakan sikat gigi untuk membantu pekerjaan tersebut.
    cara membersihkan area karet pintu kulkas

Agenda Perawatan Kulkas tahunan

Agenda tahunan ini bisa sobat gunakan untuk membersihkan bagian inti mesin kulkas. Seperti membersihkan bagian kondensor di bagian belakang kulkas, dan bagian evaporator di bagian dalam.

Bagian kondensor berfungsi untuk mengeluarkan panas dari dalam lemari es dan evaporator yang berfunsgi untuk menyerap panas di dalam lemari es.

agenda tahunan merawat kulkas dengan memberisihkan kondensor

Menjaga kedua set ini tetap bersih akan mencegah lemari es sobat bekerja terlalu keras menghabiskan lebih banyak energi dari pada yang dibutuhkan. 

Bagian kondensor dan evap yang bersih juga bisa membuat lemari es bekerja lebih tenang dan menghindari kerusakan kompresor yang bila di perbaiki mahal harganya.

Untuk mendalami sola evap dan kondensor kulkas bisa baca : Kulkas: Komponen dan Cara kerja agar bisa dingin

  • Dalam perawatan tahunan ini, sobat bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan area kondensor kulkas
  • Untuk area Evapolator, sobat bisa menggunakan lap halus

Tips Agar Kulkas Hemat Listrik
tips agar kulkas lebih hemat listrik

Setelah mengetahui tips mengenai cara merawat kulkas agar tetap awet, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai tips agar kulkas hemat listrik. Adapun mengenai beberapa cara yang dapat Sobat lakukan seperti di bawah ini:

Pintu Kulkas Harus Tertutup Rapat

Setelah Sobat mengambil makanan atau minuman dari kulkas, pastikan Sobat menutupnya pintunya dengan rapat. Pasalnya, pintu kulkas yang tertutup rapat akan membuat suhu dingin didalamnya menjadi lebih cepat. 

Selain itu, usahakan juga untuk tidak terlalu sering membuka pintu kulkas. Mengapa demikian? Ya, pintu kulkas yang sering dibuka itu bisa memicu terjadinya peningkatan konsumsi listrik lho. 

Hindari Menyimpan Makanan & Minuman yang Panas

Disarankan bagi Sobat untuk tidak langsung menyimpan makanan atau minuman yang panas ke dalam kulkas. Sebab makanan atau minuman panas tersebut akan membuat kulkas harus bekerja lebih keras lagi untuk mendinginkan suhu di dalamnya, sehingga membutuhkan konsumsi listrik yang cukup besar. 

Baca selengkapnya : Rekomendasi Kulkas hemat listrik

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips merawat kulkas agar tetap awet. Jangan lupa share artikel ini

Posting Komentar untuk "Jadwal & Tips Merawat Kulkas Yang Benar Agar Awet Seperti Baru"