untuk informasi lengkap mengenai listrik dalam bentuk video sobat bisa berkunjung ke channel youtube kami



Komponen yang Bekerja agar Kulkas dapat dingin dan cara kerjanya

Cara kerja Kulkas dan bagian-bagian pada lemari es
Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum Teknisi, semoga sobat sehat selalu yah.... siapa sih yang tidak kenal dengan alat yang bernama lemari es atau lebih dikenal dengan nama Kulkas. Sekarang ini kulkas merupakan alat penting yang harus ada di rumah-rumah. sebagaimana pompa air, mesin cuci, dispenser dan juga rice cooker, kulkas ini selalu hadir dirumah-rumah karena memang sangat dibutuhkan.

Kulkas berfungsi sebagai penyimpan makanan agar tetap segar. karena sebagaimana yang telah kita pelajari pada saat sekolah dasar, terdapat dua cara untuk mengawetkan makan yaitu dengan menyimpan pada suhu dingin dan juga dengan diberi garam. hayo siapa yang masih ingat

seperti biasa sob, di Blog ini untuk membahas suatu alat akan di ulas serinci mungkin dan artikelnya pasti panjang, hingga silahkan nikmati proses membacanya Ok....

Sejarah Kulkas (Lemari es)

Dahulu sebelum di temukannya Kulkas, orang lebih banyak menyimpan bahan makanannya ke tepi danau yang bersalju. Namun itu untuk orang-orang yang ada di wilayah bersalju.

Sementara orang Indonesia sendiri menggunakan metode pengasinan, pengeringan dan Pengasapan untuk menyimpan makanannya. sekarang juga masih banyak orang di pedesaan yang melakukan hal demikian.

awal penemuan....

yang paling awal meneliti dan membuat kumparan pengkondensasian uap menjadi cairan adalah ibnu Sina sebagaimana ditulis dalam bukunya.

sementara itu, Mesin pendingin pertama kali dicetus pada tahun 1784 oleh William Cullen dari Glasgow University, Skotlandia. beliau adalah seorang ahli di bidang kedokteran, fisika serta kimia ini menyadari bahwa makanan yang dingin dapat mengurangi bakteri.

William Cullen membuat lemari es dengan cara memfungsikan pompa sebagai vakum parsial diatas sebuah wadah dietil eter, kemudian dipanaskan.

Tekanan dari uap air yang dipanaskan inilah yang mencari bongkahan es kecil...

kemudian perkembangan  kulkas dilanjut oleh seorang pengrajin emas asal Amerika serikat yang bernama Jacob Perkins. Mengikuti jejak William Cullen, Perkins menggunakan eter dan tekanan uap air untuk membekukan air.

Kemudian Karl Von Linden membuat metode pembekuan yang lebih efektif, ia menggunakan Amonia, sulfur dioksida sebagai bahan untuk membekukan air. Akan tetapi bahan-bahan ini sudah tidak digunakan lagi untuk saat ini karena cukup berbahaya.

sekarang ini kulkas menggunakan Freon sebagai metode pembeku udara. Dan yang terbaru telah ditemukan bahan lain yang lebih ramah lingkungan yang disebut Hydro Fluoro.

baca juga : cara memperbaiki All kerusakan kipas angin

Komponen-komponen (bagian-bagian) pada Kulkas


sebelum lebih lanjut, perlu kita ketahui bahwa terdapat dua sistem yang bekerja pada kulkas, yaitu bagian Refrigasi udara dan bagian Kelistrikan pada kulkas.

1. komponen sistem Refrigasi udara


Sistem Refrigasi udara ini sederhananya adalah proses mengatur kondisi udara pada suatu bagian, baik itu mendinginkan seperti pada lemari es dan AC atau menaikan seperti pada Heater.

Dalam sistem refrigasi udara terdapat sebuat udara didalamnya, udara ini disebut sebagai Refrigant, Refrigant ini bisa berupa zat pemanas atau juga zat pendingin.

Kulkas memiliki cara kerja yang sederhana, yaitu mengalirkan Refrigant zat pendingin terus menerus disekitar benda yang akan di dinginkan. maka dari itu bagian penting pertama yang harus dibahas adalah Refrigant zat pendingin kulkas

a. Zat pendingin kulkas

bagian zat pendingin freon pada kulkas
Refrigant yang digunakan untuk mendinginkan kulkas ini haruslah memiliki sipat berubah menjadi Gas ketika diberi tekanan, zat pendingin ini banyak macamnya sebagai mana dijelaskan sebelumnya.

Dimana jaman dulu orang menggunakan Amonia dan sulfur oksida, kemudian kulkas pada umumnya menggunakan Freon dan yang terbaru Hidro Fluoro sebagai jenis bahan yang lebih ramah lingkungan.

zat dingin tidak langsung bersipat dingin, tetapi harus ada alat yang dapat mengubahnya menjadi dingin, alat ini disebut Kapiler.

b. Kapiler

bagian kapiler kulkas
Kapiler ini merupakan bagian yang sangat sederhana pada kulkas, bentuknya hanya sebagai pipa kecil yang panjang dan ada juga yang melingkar, sederhananya, prinsif kerja alat ini adalah throttling atau menekan udara (Refrigant) dari tekanan tinggi menjadi rendah.
saat tekanan turun, tempeletur zat pendingin juga ikut turun dan menguap, dimana penguapan ini dapat terjadi karena sipat dari zat pendingin itu sendiri.
Komponen yang Bekerja agar Kulkas dapat dingin dan cara kerjanya

c. Evapolator

evapolator kulkas
Gas dingin dari kapiler kemudian dialirkan pada Evapolator. Evapolator ini berada di ruangan dalam kulkas, jika anda perhatikan, ada bagian logam putih yang dingin diatas lemari es, nah itu adalah Evapolator.

Pada saat berada di Evaporator, gas pendingin yang bersuhu sangat rendah namun bertekanan tinggi ini akan menguap dan kembali ke wujud semula yaitu gas murni dengan tetap bersuhu rendah.

Penguapan ini terjadi karena adanya penyerapan panas dari ruang Evaporator, akibatnya udara yang berada di ruangan Evaporator ini akan terkondensasi.

Kondensasi adalah adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat, seperti gas (atau uap) menjadi cairan. fenomena inilah yang membuat makanan yang berada dalam kulkas menjadi dingin.

tidak berhenti disitu, untuk memperoleh kondisi dingin yang stabil, maka proses pengalirkan zat dingin ini harus terus menerus atau continue, maka kulkas akan mengulang proses refrigasi udara ini.

baca juga : kenapa kamu harus membawa kulkas dengan posisi berdiri

d. Kompresor

bagian kompresor pada kulkas
Alat yang berfungsi untuk mengalirkan udara secara terus menerus pada sistem refrigasi pada kulkas ini adalah kompresor. Kompresor ini sama halnya dengan kompresor pada bengkel motor, yaitu menghisap udara lalu membuat udara tersebut bertekanan lebih tinggi yang kemudian akan di pompa kembali

bedanya, pada kompresor kulkas ini udara yang dihisap adalah udara pada sistem refrigasi yaitu zat pendingin.

udara dingin dari Evapolator di hisap oleh kompresor lalu diubahnya kembali menjadi udara bertekanan tinggi.

karena udara menjadi tekanan tinggi maka tempelatur udarapun menjadi tinggi, maka dari itu hadir alat untuk membuat zat pendingin pada kulkas kembali ke suhu normal yaitu Kondensor

e. Kondensor

kondensor kulkas

kondesor in berfungsi untuk melepaskan kalor (panas) ke wilayah sekitar. Agar proses pelepasan kalor ini berjalan cepat, maka kondensor pada kulkas di bentuk berliku dengan sirip-sirip. sobat bisa melihat kondensor ini di bagian belakang kulkas, namun sekarang sudah banyak kulkas yang menyimpan kondensor di bagian dalam.

f. Filter

filter

sebetulnya tanpa alat ini pun sistem refrigasi udara pada kulkas (Lemari es) dapat bekerja. Alat ini berfungsi  untuk  menyaring  kotoran-kotoran dan uap air yang  melewati  filter selama refrigant  bersirkulasi. alat ini berada setelah Kondensor menuju kapiler.

maka akan  terdapat proses seperti : ....
zat pendingin dari filter lalu menuju ke Kapiler untuk ditekan dan diubah menjadi zat bertekanan rendah dengan tempelatur rendah, → kemudian menuju ke evapolatur untuk menyerap panas dan menyebarkan dingin → kemudian ke kompresor untuk di ubah kembali menjadi zat bertekanan tinggi → kemudian ke kondensor untuk dilepas kalornya lalu ke Filter dan kembali ke kapiler.

Proses ini terus bekerja sampai bagian kelistrikannya terputus baik di putus oleh sistem kelistrikan yang bekerja otomatis atau karena kita sengaja memutuskan aliran listrik pada kulkas tersebut.

2. Komponen Rangkaian kelistrikan utama pada Kulkas


Saya kira, dalam proses memperbaiki kulkas, kita tidak cukup hanya memahami bagaimana Kulkas dapat menghasilkan dingin (sistem refrigasi udara), akan tetapi bagaimana pula kulkas dapat bekerja terus menerus Tanpa membuat kompresor overheat dan mati.

untuk membuat kompresor bekerja dengan baik maka dipasanglah dua komponen dasar pada sistem kelistrikan pada kulkas, yaitu

a. Thermostat

cara kerja bagian Thermostat kulkas
Thermostat pada kulkas adalah alat yang berfungsi untuk mengatur tempelatur pada kulkas, dimana jika kondisi pada ruangan kulkas sudah mencapai dingin yang diinginkan maka thermostat akan memutuskan aliran listrik pada kompresor dan kulkas berhenti bekerja

b. Overload Motor Protector
overload pada kulkas

Overload motor Portector adalah bagian pada kulkas yang terletak tepat di sambungan listrik langsung dengan kompresor, Overload ini befungsi untuk memutuskan aliran listrik jika Kompresor beban lebih (melebihi arus acuan normal)

selain 2 komponen itu dibutuhkan juga :

c. PTC Relay

PTC pada kulkas pengganti kapasitor

PTC relay ini cara kerjanya mirip dengan kapasitor pada motor listrik induksi, yaitu menghubungkan arus listrik pada lilitan pembantu pada kompresor kulkas pada saat awal (starting) lalu kemudian terputus setelah kompresor bekerja (Running)

Baca selengkapnya : 6 perbedaan motor dan Generator listrik

d. Kompresor

selain sebagai alat refrigasi, kompresor ini juga jelas merupakan bagian kelistrikan pada kulkas, Kompresor ini merupakan alat yang mengandalkan putaran motor induksi didalamnya untuk memompa udara dan motor induksi ini bisa bekerja bila teraliri arus listrik.


3. komponen kelistrikan pembantu pada kulkas

Diatas adalah bagian-bagian kelistrikan yang sudah pasti ada pada semua jenis lemari es, baik itu Kulkas atau Freezer. sementara bagian kelistrikan ini hanya ada pada beberapa jenis kulkas makanya saya pisahkan menjadi komponen kelistrikan pembantu.

bagian-bagian kelistrikan bantu pada kulkas ini semuanya terletak pada jenis kulkas No Frost, jenis kulkas ini bermaksud untuk menghindarkan bunga es pada kulkas. sehingga kondisi makanan didalamnya lebih baik.

agar kulkas tidak menumpukan bunga es maka dibutuhkan alat sebagai berikut :

a. Timer

Timer kulkas No Frost
Timer adalah saklar waktu yang berfungsi untuk mengatur waktu kulkas melakukan pencairan dan pendinginan (khusus pada kulkas No Frost)

b. Heater

heater kulkas no frost
Pemanas atau heater pada kulkas ? tapi memang ada sob, heater ini berfungsi untuk mencairkan bunga es di dalam kulkas (khusus pada kulkas no Frost)

c. Blower Evapolator

Blower pada kulkas ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari Evapolator ke seluruh area dalam kulkas sehingga dinginnya merata.

d. Dor switch & Lampu

untuk komponen satu ini ada di setiap kulkas, meskipun memang tidak berpengaruh dari kerja kulkas, tetapi Dor switch & lampu ini sangat membantu kita untuk mendapatkan cahaya dalam kulkas. Prinsif kerjanya, ketika Pintu kulkas di tutup, maka lampu akan mati dan ketika di buka lampu akan hidup.

Cara Kerja Kulkas (lemari es)

sebetulnya, selagi anda mengenal alat-alat yang bekerja pada kulkas, disana saya sudah menjelaskan secara tidak langsung bagaimana cara kerja kulkas. akan tetapi jika anda membaca artikel ini hanya dari judulnya saja (kebiasan orang Indonesia) maka akan saya perjelas lagi...

Jika anda gabungkan komponen - komponen diatas menjadi satu kesatuan maka akan membentuk sebuah gambar seperti ini :
cara kerja sistem refrigasi udara pada kulkas

pertama : cara kerja sistem Refrigasi udara pada kulkas

cara kerja sistem refrigasi pada kulkas
  1. Kompresor aktif dan memompa zat pendingin menuju kondensor
  2. kondensor mengeluarkan kalor pada zat pendingin bertekanan tinggi hingga normal
  3. filter menyaring zat pendingin yang membeku menuju kapiler
  4. kapiler menekan zat pendingin hingga menjadi tekanan rendah dan bersuhu rendah
  5. kemudian di alirkan ke evapolator untuk menyebarkan hawa dingin dan menyerap panas
  6. zat pendingin kembali menuju ke kompresor untuk mengulang hal yang sama
  7. kompresor dapat aktif karena ada arus listrik yang masuk

kedua : cara kerja Rangkaian listrik kulkas

rangkaian listrik kulkas

Listrik Fasa ditandai dengan kabel merah dan listrik netral ditandai dengan kabel Biru
  1. Kabel fasa masuk ke thermostat terlebih dahulu untuk menghubung dan memutus arus
  2. dari thermostat menuju Overload kemudian diteruskan ke kompresor.
  3. kabel Netral menuju PTC, PTC menjadi dua kabel 1 menuju ke kumparan utama dan satu ke kumparan bantu sebagai nantinya di putuskan ketika kompresor sudah berjalan
  4. ketika tempelatur kulkas melebihi batas dingin, maka thermostat akan memutus arus ke kompresor
  5. ketika kompresor melebihi batas beban arus listrik, maka Overload akan memutus arus pada kompresor
  6. kabel fasa menuju ke dor switch kemudian ke lampu
  7. kabel netral menuju lampu
  8. Pintu kulkas dibuka maka switch akan terhubung dan menyalakan lampu
namun, sistem kelistrikan ini adalah sistem rangkaian listrik dasar pada kulkas, berbeda lagi ketika sobat ingin mempelajari rangkaian listrik pada Kulkas No Frost yang dua pintu karena akan lebih rumpit lagi dengan berbagai komponen tambahannya.

bagi yang penasaran bisa simak : Perbedaan Rangkaian listrik kulkas DeFrost dan No Frost

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, terkhusus pada bagian service dan rangkaian listrik. mohon maaf bila banyak salah, karena kesalahan ada pada diri saya dan kebenaran hanya milik Alloh Subhanawataala

0 Response to "Komponen yang Bekerja agar Kulkas dapat dingin dan cara kerjanya"

Post a Comment

Klik subscribe ke Channel Kelistrikanku TV untuk mendapatkan info mengenai listrik, service, dan hal-hal yang berkaitan dengan Teknolgi lainnya

sobat juga bisa berlanggan dengan menuliskan email Kolom bawah ini

Submit email mu agar tidak ketinggalan update terbaru dari kami

Paling Populer