Begini Cara yang Mudah Dalam Menata Isi Kulkas 1 dan 2 Pintu

Bismillahirrohmanirrohim

Pada mulanya penggunaan kulkas untuk kebutuhan rumah sebagian besarnya hanya dijumpai di daerah perkotaan saja. Seiring berjalannya waktu, kini penggunaan kulkas sudah mulai merata. Hal itu pun terbukti, yang mana hampir semua hunian di pedesaan juga sudah dilengkapi dengan kulkas lho. 

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab fungsi kulkas sendiri memang sangat penting untuk dimiliki setiap rumah tangga ataupun komersial.

Bagaimana cara menata kulkas lemari es yang benar ?

Akan tetapi, ternyata masih banyak dari masyarakat yang tidak tahu mengenai cara menata isi kulkas dengan tepat. Akibat dari tidak tepatnya penataan isi kulkas, tak jarang ada beberapa bahan makanan yang terlupakan hingga membusuk.

Tentu saja kondisi tersebut sangatlah tidak bagus, sebab aroma busuknya akan menyebar ke bahan makanan lain. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menata kulkas dengan benar. 

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips mengenai cara menata kulkas 1 dan 2 pintu. Bagaimana cara menata kulkas yang benar baik 1 pintu maupun 2 pintu ? Mari simak :

Cara Menata Isi Kulkas 1 dan 2 Pintu

1. Trik Menata Bahan Makanan di Dalam Freezer

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa freezer mempunyai suhu yang lebih rendah ketimbang rak di bagian bawahnya. Itu sebabnya, mengapa bagian freezer selalu digunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang mudah membusuk agar membeku dalam waktu lama. 

Seperti halnya daging ayam, daging ikan, daging sapi, dan daging-dagingan lainnya. Ketika hendak menyimpan di dalam freezer, sebaiknya bahan daging tersebut dibungkus dulu dengan wadah plastik agar aromanya tidak mencemari bahan makanan lain. 

Bagaimana cara menata kulkas lemari es yang benar ?

Setelah dibungkus, kamu pun bisa langsung menyimpan bahan makanan lainnya seperti buah-buahan, sayuran, pasta, dan lain sebagainya. Kemudian tata semua bahan makanan yang ada dengan serapih mungkin. 

"Simpan makanan berupa daging dengan cara dibungkus plastik"

2. Trik Menata Bahan Makanan di Bagian Rak Atas

Pada umumnya, bagian rak paling atas memiliki ukuran kompartemen yang lebih tinggi. Maka dari itu, kamu harus menempatkan bahan makanan atau minuman yang wadahnya berukuran tinggi juga, seperti susu botol, softdrink, dan sebagainya. 

Khusus untuk minuman susu, sebaiknya kamu tempatkan di bagian paling belakang. Mengapa demikian? Pasalnya, bagian tersebut memiliki suhu yang paling dingin lho. Dengan begitu, maka kualitas kesegaran susunya akan tetap terjaga dengan baik. 

Selain itu, rak atas bagian belakang ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan telur agar tetap segar. 

"Minuman susu sebaiknya di simpan di bagian belakang, sebba memiliki suhu yang lebih dingin"

3. Trik Menata Bahan Makanan di Bagian Rak Tengah

Tak sedikit dari para pemilik kulkas yang dibuat pusing saat hendak mencari sisa-sisa bahan makanan untuk diolah kembali. Nah, agar kamu tidak kelimpungan saat mencari sisa-sisa bahan makanan tersebut, maka simpanlah semuanya di bagian rak tengah kulkas. 

Namun, akan jauh lebih baik lagi jika kamu memisahkan semua bahan makanannya ke dalam kantong plastik tertutup kemudian susun dengan rapih. Jika sudah demikian, silahkan simpan semua bahan makanan di dalam wadah transparan agar bisa terlihat dengan jelas. 

Hal tersebut juga bertujuan agar kamu bisa mengetahui tingkat kesegaran pada masing-masing bahan makanannya. Apabila masih ada space yang tersisa, di area ini pun bisa digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman yang siap dikonsumsi.  

4. Trik Menata Bahan Makanan di Bagian Rak Bawah

Bagaimana cara menata kulkas lemari es yang benar ?

Beralih ke rak bagian paling bawah, yang mana kamu bisa manfaatkan untuk menyimpan beragam bahan-bahan makanan mentah. Ya, seperti daging-dagingan atau telur. Namun, area rak paling bawah ini hanya boleh digunakan untuk menyimpan bahan makanan yang akan dimasak dalam waktu dekat. 

Bukan hanya itu, rak bagian bawah ini juga dapat membuat suhu pada daging menjadi meningkat sehingga dari yang awalnya membeku bisa mencair. 

baca juga : Cara memperbaiki kipas angin

5. Trik Menata Bahan Makanan di Bagian Laci 

Crisper atau yang sering kita sebut dengan istilah laci adalah area khusus untuk menyimpan bahan makanan yang tak berbau, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun, sebaiknya kamu jangan menyimpan buah-buahan yang sudah di potong diarea ini. Mengapa demikian? 

Bagaimana cara menata kulkas lemari es yang benar ?

Pasalnya, permukaan potongan buah-buahan yang tersimpan didalam laci kulkas bisa berubah warna lho. Disamping itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk memantau tingkat kelembapan pada area laci ini. Hal itu bukan tanpa alasan, karena laci yang terlalu lembap akan membuat sayur-sayuran atau buah-buahan yang tersimpan menjadi cepat busuk. 

6. Trik Menata Bahan Makanan di Bagian Pintu Kulkas

Tak hanya di bagian rak pertama, bahkan kamu juga dapat memanfaatkan bagian pintu kulkas untuk menyimpan bahan makanan kemasan botol. Pasalnya, bagian pintu kulkas memang dikhususkan untuk menyimpanan bahan makanan yang dikemas didalam botol. 

Selain bahan makanan, pada bagian bawah pintu kulkasnya juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan minuman botol. 

7. Usahakan Untuk Tidak Langsung Mengisi Penuh Kulkas

Jika kamu sudah selesai berbelanja bulanan, sebaiknya jangan langsung menyimpan semua bahan-bahan tersebut kedalam kulkas. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menyisakan setidaknya 30% ruang kosong ekstra. Ya, maka sisa ruang kosong tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang baru. 

Semakin banyak ruang kosong yang tersisa, maka akan akan semakin memudahkanmu dalam menata dan memilah bahan makanan yang masih layak atau tidak. Lain lagi ceritanya jika ruang kulkas diisi sampai penuh, justru hal tersebut akan membuatnya tampak berantakan.   

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, kondisi yang berantakan di dalam kulkas akan menyisakan bahan makanan sehingga lama kelamaan menjadi busuk. 

8. Sebaiknya Simpan Bahan Makan yang Mudah Tumpah di Bagian Bawah

Bagaimana cara menata kulkas lemari es yang benar ?

Apabila kamu mempunyai bahan makanan yang mudah tumpah atau bocor, maka akan lebih baik jika disimpan di bagian paling bawah kulkas. Ya, bahan makanan yang dimaksud seperti makanan berkuah.

Dengan begitu, ketika makanan berkuah tersebut tumpah maka tidak akan mengotori bahan makanan lainnnya serta mudah dibersihkan. 

9. Mengelompokan Bahan Makanan Sesuai Menu

Menurut informasi yang didapat, penataan makanan yang berdasarkan bahannya justru akan membuat kita kesulitan untuk mencarinya. 

Maka dari itu, disarankan bagi kamu untuk mengelompokan bahan-bahan makanan yang sesuai dengan menunya, misalkan pada satu wadah kamu memasukkan bahan makanan untuk membuat sayur lodeh, sehingga waktu memasknya dapat dipercepat serta mengurangi limbah makanan. 

baca juga : 9 Jenis Kulkas Yang Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli

10. Lakukan Pengaturan Suhu Dengan Tepat

Selain menata bahan makanan, penting juga bagi kamu untuk melakukan pengaturan suhu di dalam kulkas dengan tepat. Pada umumnya, suhu kulkas yang ideal itu berada di angka 2 derajat celcius. Selain itu, biasanya bagian pintu kulkas mempunyai suhu yang lebih hangat ketimbang area lainnya. 

Maka dari itu, hindari penyimpanan bahan makanan yang cenderung sesnsitif terhadap suhu di bagian pintu kulkas. 

Nah, seperti itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam menata kulkas 1 dan 2 pintu. Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentunya tampilan di dalam kulkasmu itu akan tampak lebih rapih. 

Posting Komentar untuk "Begini Cara yang Mudah Dalam Menata Isi Kulkas 1 dan 2 Pintu"