9 Jenis Kulkas Yang Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli

Bismillahirrohmanirrohim

Kulkas atau lemari es merupakan salah satu perabotan rumah tangga listrik yang saat ini wajib dimiliki. Sebab banyak manfaat yang bisa sobat dapatkan dengan adanya kulkas ini. Sobat tak perlu lagi khawatir dengan kesegaran bahan makanan.

Dengan adanya kulkas, makanan-makanan bisa sobat simpan dan bisa menjamin kesegarannya untuk digunakan di kemudian hari. 

Apalagi bila kondisi cuaca sedang panas, kulkas juga bisa dijadikan alat pendingin ruangan pengganti AC.

Jenis kulkas yang perlu di ketahui dan kekurangan kelebihannya

Sebelum sobat memutuskan membeli kulkas, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kulkas, sebab masing-masing kulkas memiliki kekurangan dan kelebihannya tersediri. Selain itu, pengaruh ruangan juga sangat berdampak pada jenis kulkas yang bisa dipilih.

Baca juga : Kulkas: Komponen dan Cara kerja agar bisa dingin

Penasaran kan apa saja jenisnya? Berikut dibawah ini akan diperkenalkan beberapa macam kulkas yang perlu diketahui.

8 Macam Kulkas Beserta Spesifikasinya

1. Kulkas Bottom Freezer
Jenis kulkas plus minus bottom freezer

Untuk jenis kulkas bottom freezer ini, freezer berada dipintu bawah. Sementara fridge ada dibagian atas. Jadi, Sobat tak perlu membungkuk saat ingin mengambil bahan makanan. Makanya wajar bila kulkas satu ini dianggap lebih praktis sebab kebanyakan orang sering menggunakan area fridge.

Keunggulan Kulkas Bottom Freezer:

Memudahkan akses untuk mengambil bahan makanan

Sejajar dengan penglihatan

Menyediakan tempat penyimpanan yang lebih besar

Kekurangan Kulkas Bottom Freezer:

Tidak cocok untuk penderita masalah punggung

Tidak cocok untuk yang hobi mengolah makanan beku

2. Kulkas Side By Side
Jenis kulkas plus minus Side by side

Jenis kulkas ini memiliki pintu di kiri dan kanan. Sampai sekarang Lemari es Tipe side by side ini banyak mengalami perkembangan. Hal itu pun terbukti, dimana Jenis kulkas side by side ini tampil dengan desain yang lebih modern. 

Bahkan yang lebih menariknya lagi, terdapat Kulkas Side By Side yang menggunakan tambahan pintu untuk sehingga dapat memudahkan akses ke rak minuman. Bukan hanya itu, ada pula Kulkas Side By Side yang sudah dilengkapi dispenser yang terintegrasi dengan kulkas tersebut lho. 

Keunggulan Kulkas Side By Side:

Memiliki tampilan desain yang modis dan stylish

Kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Dibekali dengan beragam fitur canggih

Kekurangan Kulkas Side By Side:

Menawarkan harga yang lebih mahal

Membutuhkan lebih banyak energy listrik

Bisa memakan banyak kapasitas ruang karena ukuran bodinya yang besar

Biaya servis yang tidak sedikit

3. Kulkas Built-in
jenis kulkas kelebihan kekurangan built in

Jenis kulkas built-in memang didesain agar menyatu dengan kabinet atau lemari dapur sehingga tampilannya tampak lebih rapi, mewah, dan bisa disesuaikan dengan warna dapur. 

Tentu saja Kulkas Built-in merupakan pilihan paling tepat bagi Sobat yang ingin mendapatkan desain dapur rapi dan tidak memakan banyak kapasitas ruang. Selain mengusung tampilan desain yang stylish, jenis Kulkas Built-in ini juga memiliki bentuk yang ramping. 

Keunggulan Kulkas Built-in:

Memiliki desain yang modis dan stylish

Dapat disesuaikan dengan warna dapur

Dilengkapi dengan teknologi pendingin yang canggih

Dilengkapi dengan teknologi nano deodorizer yang dapat mengusir bau tak sedap

Memiliki teknologi plasmacluster

Kekurangan Kulkas Built-in:

Menawarkan harga yang lumayan mahal

Kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar

Ongkos servis yang cukup mahal

4. Kulkas Showcase
macam kulkas kelebihan kekurangan showcase

Nah, kalau jenis kulkas yang satu ini biasanya ditemukan di pusat perbelanjaan. Jenis kulkas showcase tidak memiliki freezer, area kosongnya cocok digunakan untuk menyimpan minuman. Pintu yang dimiliki kulkas ini transparan sehingga memudahkan sobat dalam melihat isi didalamnya tanpa harus membukanya.

Keunggulan Kulkas Showcase:

Bisa melihat isi kulkas tanpa harus membuka pintu

Menyediakan tempat penyimpanan yang sangat besar

Memiliki pintu kaca transparan

Kekurangan Kulkas Showcase:

Tidak dilengkapi dengan freezer

Tidak cocok digunakan untuk menyimpan bahan makanan tertentu, sepeti daging-dagingan

Harga yang lumayan mahal

5. Kulkas Top Freezer
jenis kulkas top freezer

Nampaknya kulkas ini yang paling umum digunakan di Indonesia. Kulkasi ini memiliki 2 pintu, yang mana pintu bagian atasnya adalah tempat freezer, sementara pintu bagian bawah adalah fridge. Ukuran kulkas top freezer ini pun beragam, ada yang sedang dan besar. 

Pada umumnya, jenis Kulkas Top Freezer ini mempunyai dua pintu untuk membedakan antara ruang freezer dengan fridge. Dari segi harga, Kulkas Top Freezer memang relatif lebih murah ketimbang jenis kulkas lainnya lho. 

Keunggulan Kulkas Top Freezer:

Memiliki dua pintu sehingga dapat digunakan untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak

Menyediakan beragam ukuran

Menawarkan harga yang relatif murah

Hemat listrik

Kekurangan Kulkas Top Freezer:

Pintu pendingin akan lebih sering dibuka

Hanya cocok digunakan untuk menyimpan makanan beku saja

Harus membungkuk saat mencari makanan maupun minuman. 

6. Kulkas Freezer-Less
Jenis kulkas freezer less

Jenis lemari es freezer less tidak mempunyai area freezer seperti jenis kulkas yang sudah kita bahan sebelumnya. Itu sebabnya, mengapa ukuran Kulkas Freezer-Less cenderung lebih kecil dibanding kulkas top freezer maupun jenis kulkas lainnya. 

Meski demikian, jenis kulkas Freezer-Less cukup banyak diminati oleh masyarakat. Ya, terlebih bagi mereka yang memiliki ruang dapur minimalis, sehingga penggunaan Kulkas Freezer-Less ini merupakan pilihan yang paling tepat. 

7. Kulkas Deep-Freezer
Jenis kulkas minus plus deep freezer

Berbanding terbalik dengan dua jenis kulkas yang sudah disebutkan diatas, jenis kulkas deep-freezer ini justru tidak memiliki area fridge. Dengan kata lain, ia hanya memiliki freezer saja. Jenis kulkas yang satu ini khusus untuk menyimpan bahan makanan beku. 

Adapun mengenai dua tipe Kulkas Deep-Freezer yang tersedia dipasaran, yakni yang berbentuk vertikal dan bentuk melebar. Kulkas Deep-Freezer dengan tipe vertikal memang sudah tidak asing lagi. Sedangkan Kulkas Deep-Freezer tipe melebar memiliki bukaan dari atas seperti yang sering kita jumpai di pusat perbelanjaan. 

8. Kulkas French Door
Jenis kulkas kelebihan kekurangan french door

Jenis kulkas french door ini cocok bagi mereka yang membutuhkan area penyimpanan berkapasitas besar. Dilihat dari segi tampilannya, sekilas Kulkas French Door ini memang mirip dengan kulkas side by side. 

Namun, yang membedakannya terdapat pada bagian pintu. Pasalnya, kulkas french door ini memiliki 3 hingga 4 pintu (2 pintu besar di bagian atas, serta 1 atau 2 pintu tambahan yang ada di bagian bawah). 

Disamping ukuran kapasitasnya yang cukup besar, Kulkas French Door ini juga tampil dengan desain yang bernuansa mewah. Itu sebabnya, mengapa Kulkas French Door ini termasuk kedalam kelas premium karena harga yang ditawarkannya pun tergolong cukup mahal. 

9. Kulkas Mini

Jenis kulkas satu ini terbilang jarang ditemui. Umumnya kulkas satu ini digunakan di rumah sakit dan kos-kosan. Bentuknya yang mini menjadi kelebihan tersendiri kulkas ini. 

Kelebihan kulkas mini

  • Ringkas dan portable
  • Harga yang tidak mahal
  • Lebih hemat listrik
  • Kompresor kulkas yang lebih sunyi
Kekurangan kulkas mini
  • Kapasitas penyimpanan yang lebih kecil
  • Pendingin yang kurang efektif
  • jarang disertai dengan freezer

baca juga : Rekomendasi kulkas tanpa bunga es hemat listrik

Jenis kulkas Yang Dibedakan Dari Bunga Es nya

Selain daftar jenis kulkas diatas, jika di lihat dari cara kerjanya, terdapat lemari es dengan bunga es, lemari es tanpa bunga es dan chest Freezer.

Lemari es tanpa bunga es

Kulkas noFrost, banyak orang menyebutukan seperti itu merupakan jenis kulkas yang memiliki mekanisme untuk bisa mencairkan bunga es secara otomatis pada kulkas. Biasa kulkas no Frost ini dibekali dengan komponen yang lebih banyak seperti adanya heater untuk mencairkan es.

Lemari es dengan bunga es

Kulkas DeFrost memiliki tempat khusus pembekuan atau freezer yang terpisah dengan area pendingin. Dibandingan dengan kulkas tanpa bunga es, kulkas ini memiliki komponen yang lebih sedikit karena tidak ada bagian untuk mencairkan bunga es secara otomatis.

Chest Freezer

Merupakan jenis kulkas yang memiliki mekanisme dapat membekukan seluruh area didalamnya. Dan kebahkan orang memilih jenis chest freezer ini untuk kepentingan membekukan makanan seperti untuk daging. 

baca juga : Cara menghemat Energi Listrik di rumah ala teknisi hingga turun 100%

Kesimpulan

Mengingat, ada macam-macam kulkas yang dijual di pasaran tentu membuat Sobat bingung untuk memilihnya. Penting bagi Sobat untuk memikirkan secara matang sebelum membelinya agar tidak menyesal dan merugi dikemudian hari. 

Oleh karena itu, putuskan ingin membeli kulkas jenis apa sebelum membelinya. Sebagai gambaran, jika memiliki anggota keluarga yang sedikit dan jarang menyimpan bahan makanan dan minuman, sebaiknya pilih kulkas satu pintu saja ya! 

Demikianlah ulasan singkat mengenai 8 jenis kulkas sehingga bisa Sobat jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. 

Posting Komentar untuk "9 Jenis Kulkas Yang Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli"