Mari kita buat Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse

Mari kita buat Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse

Bismillahirohmanirohim

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Sistem kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse, atau dalam bahasa indonesianya Rankaian pengendalian Motor listrik 3 fasa dua arah puatan.

Kita bersyukur sejenak apa yang ada dalam kehidupan

Sobat pernah melihat lip (saya tidak tahu bahasa ingrisnya apa), asalkan sobat tahu bahwa pengerak dari lif itu adalah sebuah motor listrik yang berputar kebawah dan keatas untuk menaikan dan menurunkan muatan.

Atau sobat pernah melihat tukang bangunan menaikan dan menurunkan barang – barangnya menggunakan alat dimana diatasnya terdapat motor listrik yang dapat menurunkan dan menaikan barang.

Contoh diatas adalah contoh penggunaan sistem Motor listrik dua arah putaran.

Sebenarnya, dalam Motor listrik 1 fasa juga bisa menggunakan dua arah puatan dan carannya cukup mudah. Pernggunan mesin cuci sehari-hari adalah contoh motor satu fasa dua arah puaran.  coba saja 
sobat perhatikan gambar dibawah ini
 Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse
dua arah putaran 1 fasa

Sobat hanya perlu membalikan arus listrik dari sebelumnya masuk ke terminal satu ke terminal dua pada kapasitor.

Berbeda dengan Motor listrik 3 fasa yang memerlukan sistem kendali yang cukup memakan waktu karena perlu komponen tambahan dan perlu rangkaian yang tidak sedikit

Sebelumnya, apakah sobat tahu kenapa dalam motor listrik bisa dua arah putaran?

Jika dalam motor listrik 1 fasa, membalikan sumber arus, maka hasilnya akan berbalik. Dan sebenarnya, dalam Motor listrik 3 fasa pun sama, sobat hanya perlu membalikan arus yang masuk pada motor.

Coba lihat gambar
 Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse
dua arah putaran langsung

Perhatikan gambar diatas, gambar sebelah kiri sobat menunjukan arah putaran satu entah kekanan atau kekiri, dan motor sebelah kanan sobat akan mengarah pada arah sebaliknya dari arah motor pertama.

Perhatikan arus yang masuk pada motor listrik!

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa arus yang masuk pada motor kiri adalah R untuk U, S untuk V, dan T untuk W. Berbeda dengan motor sebelah kanan, R pada U, S pada W, dan T pada V sehingga purannya pun akan berbeda

baca juga rangkaian lain  sistem kontrol elektro motor 3 phasa star delta otomatis 

Lalu, apakah seperti itu sudah cukup?

Tentu saja tidak, karena jika kita merangkainya seperti pada gambar diatas, akan cukup merepotkan karena sobat harus memasangnya dengan cara manual, oleh karena itu terbentuklah rangkaian Motor listrik 3 fasa dua arah putaran

Ada dua cara untuk memasang, atau merangkai pengendali Motor lsitrik 3 fasa 2 arah puataran, yang pertama ada sistem dengan menggunakan TPDT dan yang kedua dengan Kontaktor magnet
Kita bahas cara pertama

Sistem kontrol motor listrik 3 fasa dua arah putaran menggunakan TPDT

TPDT adalah alat kelistrikan yang berfungsi seperti saklar namun memiliki 3 terminal dan dua tempat,
 Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse
TPDT

perhatikan gambar, gambar diatas adalah gambar TPDT, memiliki 3 terminal dan dua tempat hubung, yaitu tempat yang ada diatas, dan ada yang dibawah, prinsip kerja sama seperti saklar tukar, namun dengan terminal yang lebih banyak (3 terminal)

Coba perhatikan gambar dibawah
 Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse
Dua arah putaran munggunakan TPDT
Maka rangkaian pengendali motor dua arah putaran akan menjadi seperti pada gambar. Perhatikan penghantar berwarna merah, itu sengaja saya buat merah suapa menunjukan membalikan arus listrik yang bila kita hubungkan dengan terminal di bawah arus yang masuk adalah R untuk U, S untuk V dan T untuk W, sementara bila kita mengubungkan dengan terminal diatas, maka akan seperti ini : R untuk U, S untuk W dan T untuk V.

Mudah bukan!


Setelah sobat mengetahui cara membalik arah putaran motor dengan menggunakan TPDT, sekarang saatnya saya untuk memberikan cara membalik arah puaran menggunakan kontaktor magnet.

Sebenarnya prinsip kerja dari membalik arah puaran motor menggunaakn kontaktor magnet sam dengan membalik arah putar menggunakan TPDT, perbedaannya hanya pada cara pemindahaan arus RST kepada UVWnya.

Bila TPDT menggunakan tenaga manusia untuk memindahkan arus 3 fasa RST, untuk cara kedua hampir sama dengan cara pertama (TPDT), perbedaannya hanya penggunaan tenaga manusia dibantu dengan tenaga magnet buatan yaitu koil pada kontaktor magnet.

Sebelum memulai praktek membuat rangkaian kendali motor 3 fasa dua arah putaran, perlu di kumpulkan alat dan bahan sebagai berikut

Alat

Tang pemotong
Tang pembulat
tang kupas
obeng – dan +
tespen

dan untuk bahan – bahannya

penghantar (kabel)
MCB dan MCCB sebagai pengaman
2 buah kontaktor magnet
satu push botton NC sebagai stop dan 2 push botton NO sebagai Start
terakhir motor listrik 3 fasa

Berikut gambarnya
Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse

Itu adalah rangkaian tenaga motor listrik 3 fasa dua arah putaran, perhatikan gambar kontak hubung pada kontaktor magnet, seperti halnya dalam TPDT, rangkaian pada kontaktor magnet membalikan arah putaran.

Arus R S & T dari sumber (PLN) menuju ke MCCB, lalu diteruskan menuju kontaktor magnet, arus atau kabel fasa R masuk ke kontak hubung (terminal) nomor 1 pada kontaktor magnet 1, lalu kabel S masuk ke dalam Kontak hubung nomor 3 pada kontaktor magnet 1, dan kabel atau arus fasa T masuk ke dalam kontak hubung Nomor 5 kontaktor magnet 1.

Setelah itu, keluaran dari arus fasa R adalah pada kontak hubung nomor 2, untuk fasa S pada kontak hubung nomor 4 dan T pada kontak hubung (terminal) nomor 6 pada kontaktor magnet.

Keluaran R S & T pada kontaktor diteruskan menuju motor listrik 3 fasa, R untuk U, S untuk V dan T untuk W

Selanjutnya

Perhatikan kontaktor magnet 2 yang ada disebelah kanan sobat. Arus masuk sama seperti pada kontaktor magnet 1 (perhatikan gambar), perbedaan terdapat di keluaran arus atau kabel pada kontaktor magnet dua karena penghubungan pada motor listrik yang berbeda yaitu fasa R untuk U, fasa S untuk W dan fasa T untuk V.

Atau sobat bisa menkopel / jumper / satukan keluaran arus R di kontak hubung nomor 2 pada kontaktor magnet  2 pada kontak hubung (terminal) nomor 2 kontaktor magnet 1, lalu 

menghubungkan / menjumper fasa S nomor 4 pada kontaktor magnet 2 ke kontak hubung nomor 6 kontaktor magnet 1, dan mengkopel / menjumper fasa T nomor 6 pada kontaktor magnet 2 ke kontak hubung No 4 di kontaktor magnet 1. Perhatikan gambar diatas...

Setelah sobat selesai memasang rangkaian tenaga untuk motor dua arah putaran sobat, sekarang adalah bagian rangkaian pengendalinya... perhatikan gambar...
Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse

Mari kita mulai

Kita ambil fasa dari arus R, masuk ke MCB diteruskan ke push botton stop lalu pada keluaran kontak hubung push botton stop masuk ke dua push botton yang sekaligus (lihat gambar).

Keluaran push botton NO (start) 1 masuk ke nomor A1 koil kontaktor magnet 1 namun lalui dulu kontak hubung NC pada kontaktor 2, fungsinya sebagai pengaman.

Keluaran push botton NO (start) 2 masuk ke nomor A2 koil kontaktor magnet 2 namun melalui kontak hubung (terminal) NC kontak bantu kontaktor magnet 1, yang berfungsi sebagai pengaman
Maksud pengaman disini adalah :

Sobat tidak akan bisa membalikan langsung putaran motor listrik, karena arus pada koil kedua kontaktor harus melalui kontak bantu NC kontaktor lain sehingga bila salah satu kontaktor sedang aktif maka kontaktor lainnya tidak akan bisa hidup. Kecuali sobat stop dulu sehingga motor berhenti berputar dan sobat bisa membalikan arahnya.


Ets.. jangan lupa kasih pengunci agar koil tetap diberi arus meskipun tombol start tidak ditekan
Selengkapnya tentang pengunci dan pengaman klik disini

Ok sekarang prinsip kerja

Bila sobat meng ON kan MCB dan MCCB, maka arus akan masuk.
Tekan tombol push botton 1 maka motor akan berputar ke arah 1,
Tekan push botton 2 maka tidak akan terjadi apa – apa
Tekan stp dulu, tunggu motor berhenti berputar
Tekan push botton 2 maka motor berputar kearah sebaliknya
Tekan push botton 1 maka tidak akan terjadi apa-apa
Off kan MCB dan MCCB semua komponen berhenti

Demikian artikel mengenai Mari kta buat Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse, semoga dapat membantu

Mohon maaf bila cara penyampaianya kurang baik, ma’lum lagi belajar menulis, dan maaf bila ada salah informasi karena itu informasi saya ketika masih belajar di STM.

0 Response to "Mari kita buat Sistem Kontrol Motor listrik 3 phasa Forward – reverse"

Post a Comment

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL