Rangkaian Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung Ternyata Mudah Dipelajari

Bismillahirrohmanirrohim

Mesin cuci merupakan salah satu jenis peralatan listrik rumah yang sangat umum digunakan di rumah, sama halnya dengan reng-rengan peralatan listrik rumah lain seperti TV, pompa air, kulkas, rice cooker, dispenser dan setrika listrik.

Rangkaian Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung Ternyata Mudah Dipelajari

Jika kita bedakan dari cara kerjanya, ada 2 jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Kedua mesin cuci ini memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Bila anda berencana membeli mesin cuci, bisa buka : Mesin cuci 1 tabung vs mesin cuci 2 tabung

Seorang teknisi tentu akan di tuntut untuk bisa mehami bagaimana cara kerja mesin cuci bisa berputar dan skema kelistrikan di dalamnya, sebab hal tersebutlah yang menjadi bahan untuk kita bisa memperbaiki mesin cuci.

Sebelum pada tahap cara kerja dan skema kelistrikan pada mesin cuci dua tabung, kita akan ulas dulu bagian-bagian di dalamnya :

Komponen Apa Saja Yang Mendukung Mesin Cuci 2 Tabung Bekerja ?
Rangkaian Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung Ternyata Mudah Dipelajari

Dinamo (Motor Listrik)

Dinamo menjadi penggerak utama pada mesin cuci manual. Terdapat dua jenis dinamo pada mesin cuci ini yaitu dinamo pengering dan dinamo pencuci. 

Keduanya memiliki fungsi dan kontruksi yang berbeda. Sederhananya dinamo pencuci di desain untuk tenaga sedangkan dinamo pengering untuk kecepatan. Selengkapnya : Perbedaan Motor listrik untuk pencuci dan Pengering

Timer

Timer bekerja sebagai saklar waktu mesin cuci. Terdapat dua timer pada mesin cuci manual yaitu timer pengering, dan timer pencuci.

Timer pencuci di desain lebih rumit karena selain mengatur waktu, timer ini juga mengatur agar dinamo bisa berputar 2 arah. : Mengenal Timer mesin cuci

Gear Box

Sebuah komponen yang berfungsi untuk memindahkan energi putaran dari motor listrik ke bagian tabung pencuci. Dengan adanya gearbox, dapat meringankan kinerja dari dinamo.

Selain dari 3 komponen diatas, terdapat juga komponen lain yang bisa di pelajari lebih lengkap di : Bagian-bagian pada mesin cuci 2 Tabung


Cara Kerja Mesin cuci 2 Tabung

Disebut dua tabung karena mesin cuci ini memiliki 2 tabung terpisah. Meskipun demikian, harga mesin cuci 2 tabung ini lebih murah di bandingkan mesin cuci 1 tabung karena secara prinsif kerja lebih mudah dibandingkan yang1 tabung.

Tabung Pencuci

Pertama adalah memasukan baju ke dalam tabung pencuci kemudian di isi deterjen dan nyalakan mesin pencuci dengan memutar timer. Maka mesin cuci akan mencuci baju yang ada di dalam tabung tersebut.

Lama pencucian baju sesuai dengan waktu yang sudah di terapkan pada timer sebelumnya.

Tabung Pengering

Setelah baju di cuci kemudian di bilas pada tabung pencuci, baju kemudian di masukan ke dalam mesin pengering untuk selanjutnya di keringkan. Pengering akan bekerja saat timer pengering di hidupkan.

Jangan lupa saat proses pengeringan tuas pembuangan air dibuka agar air keluar.

Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung

Skema listrik bisa di lihat pada gambar di bawah ini :

Rangkaian kelistrikan mesin cuci 2 tabung

Keterangan :

Arus Netral dari Steker => Stop Kontak => Arus PLN diteruskan langsung ke Dinamo pencuci dan pengering. Arus netral pada gambar ditandai dengan garis biru.

Arus Fasa yang di tandai dengan garis warna cokelat langsung menuju timer pencuci dan pengering. Sebelum timer pengering, dihubungkan dulu ke sakar pintu untuk keamanan.

Kapasitor mesin cuci memang sering dijadikan satu. Maksudnya, meskipun 1 kapasitor, namun didalamnya memiliki dua kapasitor yang terpisah. Makanya pada kapasitor mesin cuci akan ada 4 kabel keluaran.

2 kabel keluaran untuk dinamo pencuci dan 2 kabel keluaran untuk kabel pengering.

Timer

Timer pencuci biasanya memiliki rangkaian yang cukup rumit sebab akan ada yang 3 kabel, 6 kabel hingga 7 kabel. 

Bagaimana menentukan kabel yang menuju ke dinamo dan ke rotary pengatur frekuensi pergantian putaran?

Kabel untuk ke dinamo biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang. sedangkan yang untuk rotary lebih pendek karena memang jaraknya yang dekat.

Cara kerja timer mesin cuci dua tabung

Untuk lebih memahaminya bisa buka : Cara kerja Timer mesin cuci

Cara Kerja Rangkaian Mesin Cuci Manual

Bagian Pencuci

Ketika arus listrik masuk pada mesin cuci dan timer pencuci di putar untuk memulai proses pencucian, maka timer akan mengalirkan listrik pada kabel merah dan kuning secara bergantian sesuai dengan waktu yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Cara kerja rangkaian kelistrikan mesin cuci manual

Mulanya ketika timer bekerja, arus listrik akan mengalir ke bagian kabel warna merah dan putaran dinamo akan ke arah kanan seperti pada gambar.

Selang beberapa waktu, timer akan memindahkan supply arus ke bagian kabel warna kuning dan memindahkan putaran dinamo kekiri.

Cara kerja rangkaian kelistrikan mesin cuci manual

Proses ini akan terus berlanjut hingga timer pencuci kembali pada posisi nol.

Bagian Pengering

Timer pengering di putar untuk menghidupkan mesin pengering. Namun timer pengering tidak akan bekerja bila pintu pengering belum tertutup. Tutup dulu agar saklar pintu bisa menghubungkan arus listrik ke timer.

Cara kerja rangkaian kelistrikan mesin cuci manual

Setelah saklar pintu tertutup dan timer pengering menerima supply arus listrik, maka timer pengering yang sudah di putar oleh kita, akan langsung mengirimkan arus listrik pada dinamo pengering dan dinamo pengering bekerja berputar terus hingga timer pengering kembali pada posisi nol.

Cara kerja rangkaian kelistrikan mesin cuci 2 tabung

Mesin cuci adalah jenis peralatan rumah yang cukup sering rusak. Apalagi bagian kabelnya, sebab tikus-tikus sangat menyukai ruangan kosong pada mesin cuci tersebut.

Dengan mempelajari cara kerja pada kelistrikan mesin cuci ini semoga bisa membantu anda mempelajari dan memperbaiki mesin cuci.

Jika mesin cuci di rumah sobat masih saja mengalami kendala, jangan ragu untuk menggunakan jasa perbaikian dari kondang service.

Konten Video Agar Lebih Mudah Di Pahami :

Demikian ulasan kali ini. Apakah dapat membantu anda ? Mohon maaf bila ada kesalahan. Kesalahan ada pada diri saya dan kebenaran hanya miliki Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Rangkaian Kelistrikan Mesin Cuci 2 Tabung Ternyata Mudah Dipelajari"