Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel : Teknisi Perlu Pahami !

Bismillahirrahmanirrahiem

Mengenal Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel

Ketika hendak melakukan instalasi kabel listrik, tentu saja dibutuhkan beragam aksesoris seperti kabel duct, kabel tray, dan klem kabel. Mengapa demikian?

Pasalnya, ketiga jenis aksesoris tersebut berperan untuk merapikan kabel agar tidak terlihat berserakan. Tak cuma itu, akesoris ini juga difungsikan untuk menempatkan sambungan kabel di area tertentu sehingga tampilannya tampak lebih rapi. 

Lantas, seperti apakah perbedaan antara kabel duct, kabel tray, dan klem kabel? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Sebelum itu, mungkin sobat juga tertarik dengan artikel ini : Cara Menghemat Listrik Di Rumah Ala Teknisi Hingga Turun 100%

Pengertian Kabel Duct

Kabel Duct atau yang lebih populer dengan sebutan “dak kabel” merupakan aksesoris kabel rumahan yang konstruksinya dikhususkan untuk dipasang pada bagian bawah permukaan tanah. Disamping itu, pemasangan Kabel Duct juga harus ditempatkan di dalam pipa permukaan tanah. 

Dengan kata lain, pemasangan Kabel Duct akan ditanam di permukaan tanah, di dalam dinding, atap, dan lain sebagainya. Sehingga Kabel Duct ini bisa dibilang sebagai jalur lalu lintas untuk kabel listrik di rumah maupun tipe bangunan lainnya. 

Mengenal Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel

Adapun mengenai Kabel Duct yang terdiri dari tiga bentuk berbeda, yakni Kabel Duct oval, Kabel Duct trapezium, dan Kabel Duct persegi. Sedangkan material Kabel Duct terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) yang memiliki tekstur elastis. 

Seiring berjalannya waktu, kini telah hadir Kabel Duct yang materialnya terbuat dari bahan baja antikarat. Namun, Kabel Duct yang berbahan PVC lebih banyak digunakan untuk kebutuhan listrik didalam rumah ketimbang Kabel Duct berbahan baja. 

Dalam bidang industry, penggunaan Kabel Duct bisa dipasang pada banyak area melalui alur lalu lintas tanpa harus memicu risiko bahaya bagi siapa saja yang melintasinya. Selain itu, pengunaan Kabel Duct juga akan dibedakan berdasarkan tipenya seperti berikut:

1. Tipe Cable Trunking

Sebenarnya Cable Trunking ini adalah tipe dak kabel yang paling sederhana sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan listrik dirumah. Mengenai fungsinya, Cable Trunking dapat mellindungi kabel dari kotoran, debu, dan air. 

Pada umumnya, Cable Trunking tampil dengan bentuk kotak atau persegi panjang yang mana salah satu bagian sisinya dapat dibuka-tutup. Namun, ada pula Cable Trunking yang mengusug bentuk setengah lingkaran (trapezium). Cable Trunking menyediakan ukuran yang cukup bervariasi, mulai dari 15 x 10 mm hingga 40 x 25 mm. 

Baca juga : Cara Memilih Kabel Listrik Yang Tepat Berdasarkan Fungsi Dan Kapasitasnya

2. Tipe Industrial Trunking

Seperti halnya tipe Cable Trunking, yang mana material Industrial Trunking juga terbuat dari bahan PVC dan baja berkualitas tinggi. Begitu pun dengan bentuknya yang cukup bervariasi, mulai dari persegi panjang hingga bisa dibuat custom agar sesuai dengan kebutuhan industry. 


Namun, posisi penutup dan baut pada Industrial Trunking ini dibuat khusus agar bisa mempermudah para teknisi dalam membongkar-pasang kabel ketika dilakukan perbaikan maupun perawatan. 

Selain itu, perbedaan antara tipe Cable Trunking dengan Industrial Trunking juga bisa dilihat dari ukurannya. Ya, ukuran Industrial Trunking ini lebih besar, yakni mulai dari 50 x 25 mm hngga 200 x 100 mm. 

Mengingat ukurannya yang jauh lebih besar, maka tak heran jika Industrial Trunking kerap digunakan untuk menunjang kebutuhan listrik di bidang industry. 

Pengertian Kabel Tray

Mengenal Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel

Kabel Tray dengan kabel duct memiliki fungsi yang sama, yakni untuk merapikan susunan kabel listrik. Meski demikian, terdapat juga beberapa perbedaan diantara Kabel Tray dengan kabel duct. 

Untuk perbedaannya yang pertama, kabel dak memiliki penutup sedangkan Kabel Tray tidak. Selain itu, biasanya kabel dak dipasang dengan cara ditanam, sementara pemasangan Kabel Tray tidak ditanam sehingga terlihat. 

Adapun perbedaannya lain yang mana kabel bagian dalam pada cable duct tidak diikat, sementara Kabel Tray di ikat dengan menggunakan kabel ties. 

Masih belum habis, cable duck tidak mempunyai lubang sedangkan Kabel Tray memiliki banyak lubang yang berguna untuk dilalui oleh kabel-kabel berukuran kecil. Kabel Tray terdiri dari beberapa tipe berbeda yang diantaranya seperti berikut:

1. Solid Bottom

Solid Bottom atau kabel tray pejal merupakan sebuah media yang berfungsi untuk melindungi kabel. Namun, pada proses pemasangannya diperlukan pemotongan tray mulai dari kabel dimasukkan hingga kabel keluar. 

2. Perforated Tray

Ciri khas dari Perforated Tray ini adalah terdapat banyak lubang, sehingga ia sering juga disebut dengan istilah “ventilasi tray”. Manfaat lubang-lubang tersebut untuk menciptakan sirkulasi udara yang memadai di sepanjang kabel. 

Dengan banyaknya lubang yang tersedia pada Perforated Tray, tentu saja sangat membantu dalam melepaskan energy panas yang disebabkan oleh kabel listrik sehingga terhindar dari terjadinya pengumpulan energy panas di dalam rangkaian kabel tray. 

Tak hanya itu, Perforated Tray dapat melindungi kabel dari debu dan menyalurkan air yang berjatuhan melalui lubang-lubang tersebut. Bahkan, kabel-kabel yang berukuran kecil sekalipun bisa dimasukkan dengan mudah berkat lubangnya lho. 

3. Cable Ladder Tray

Di Indonesia, Cable Ladder Tray ini lebih dikenal dengan sebutan “kabel tray tangga” yang bentuk bagian pinggirnya terdiri dari dua batang besi, kemudian terhubung oleh palang-palang besi agar strukturnya menyerupai tangga. 

Pada umumnya, balok yang melintang pada Cable Ladder Tray mempunyai interval regular di posisi 4 hingga 12 inci (100 – 300 mm). Adapun fungsinya yang dapat memberikan perlindungan pada kabel dari risiko kejatuhan benda asing, debu, atau air karena ia sudah dilengkapi dengan vetilasi berukuran besar. 

Cable Ladder Tray tersedia kedalam beberapa varian bentuk pilihan, seperti tipe U (Siu), tipe heavy duty (Slhd), dan tipe W (Slw). 

4. Wiremesh Tray

Selanjutnya ada tipe Wiremesh Tray atau yang biasa disebut dengan nama kabel tray pagar. Pada umumnya, Wiremesh Tray kerap digunakan sebagai saluran instalasi kabel berukuran kecil dalam jumlah yang sangat banyak. Ya, contohnya seperti instalasi kabel jaringan computer dan telepon. 

Baca artikel menarik ini juga sob : Peralatan Instalasi Listrik Yang Harus Kamu Kenal

Pengertian Klem Kabel
Mengenal Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel

Klem Kabel alias penjepit kabel merupakan sebuah fitting logam yang difungsikan untuk menggabungkan kabel. Dengan menggunakan Klem Kabel, maka bagian kabel yang terbuka dan terpapar secara langsung menjadi tidak mudah mengalami kerusakan. 

Bukan hanya itu, penggunaan Klem Kabel juga bertujuan untuk merapikan susunan kabel serta membuat instalasi menjadi semakin kokoh dan aman. Menurut informasi yang didapat, biasanya harga Klem Kabel ini dibanderol dengan kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribuan saja. 

Keberadaan Klem Kabel juga sangat mudah untuk dijumpai, entah itu di minimarket maupun di situs-situs onlineshop. 

Peran Lakban Hitam Untuk Kabel

Selain berbagai aksesoris yang telah disebutkan pada ulasan diatas tadi, isolasi atau lakban hitam juga memiliki peranan yang sangat penting dalam bidang perkabelan. Adapun mengenai fungsi dari penggunaan lakban hitam untuk kabel, yakni sebagai penyekat antara kabel arus positif dengan kabel arus negatif yang dibungkus menjadi satu unit. 

Baca juga : Membuat Rangkaian Instalasi Lampu, Saklar Dan Stop Kontak

Demikian ulasan kali ini mengenai Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel sebagai 3 saudara pembantu penyimpan kabel dalam instalasi listrik rumah mapun rangkaian kendali listrik nanti. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Kabel Duct, Kabel Tray & Klem Kabel : Teknisi Perlu Pahami !"