Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Peralatan Instalasi Listrik Yang Harus Kamu Kenal (TERLENGKAP)

Nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya
Bismillahirrohmanirrohim 

Dalam perencanaan membangun sebuah hunian, salah satu faktor yang tidak boleh ketinggalan adalah bagian instalasi listrik rumah. Oleh sebab itu, pengetahuan soal Instalasi listrik rumah ini Menurut saya sangat penting untuk sobat ketahui.

Untuk memulai ulasan panjang mengenai instalasi listrik rumah seperti mulai perencanaan, membuat gambar bagan dan gambar banyak garis, Perencaaan biaya, dan macam-macam instalasi listrik rumah, cara terbaik dalam merangkai dan berapa ongkos pasang yang diperlukan dalam merencanakan instalasi listrik rumah, 
Nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya


Hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah mengenai terlebih dahulu nama-nama peralatan listrik rumah dan fungsinya, agar nanti kita dapat dengan mudah melanjutkan tahapan instalasi listrik rumah.

Mau tahu apa saja alat yang digunakan untuk instalasi listrik rumah? Yuk simak daftar dibawah ini...

Daftar Nama Peralatan Untuk Instalasi Listrik Dan Fungsinya :

Secara singkat dan yang paling umum digunakan dalam instalasi listrik di rumah adalah :
  • Kabel listrik
  • Stop Kontak
  • Steker
  • Saklar
  • Fitting lampu
  • pengaman listrik
  • Pembagi daya (PHB)
  • Meteran listrik
  • Arde (gronding)
  • Penangkal petir
  • Pelindung instalasi
  • Ballast lampu
  • Multiplug (terminal)
  • Peralatan elekronik
Loh kok sedikit, tidak sesuai judul nih...
Bukan gitu sob, diatas adalah list intinya, sementara jika kita buka dengan cabangnya, misalnya kita mengulas saklar, jika diulas macam-macamnya menjadi lebih banyak karena ada saklar tunggal, seri dan hotel.

Begitu juga dengan alat lainnya.

...Mari kita ulas satu persatu

Kabel Listrik

Nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya

Kabel listrik berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari sumber listrik menuju alat-alat listrik yang dibutuhkan di rumah. Kabel listrik ini merupakan nama peratalan instalasi listrik yang paling wajib untuk dimiliki sebelum alat-alat lainnya.

Pada Inslalasi listrik, baik di rumah atau di jenis hunian lain, setidaknya ada 4 jenis kabel yang digunakan yaitu :

1. Kabel Listrik Berinti Tunggal
Kabel inti tunggal ini berfungsi untuk instalasi listrik utama yang ditanamkan permanen pada hunian. Terhubung ke Pengaman listrik, Meteran, Saklar, Fitting lampu dan Stok kontak.

Kabel ini tunggal yang umum digunakan adalah NYA dan NYM.

2. Kabel Listrik Berinti Serabut
Kabel dengan ini serabut ini digunakan untuk diluar instalasi permanen yang bersifat pleksibel. Alat yang menggunakan kabel ini adalah stok kontak terminal.

3. Kabel Antena
Kita kerapkali melupakan kabel satu ini. padahal Kabel ini merupakan kabel yang seharusnya sudah wajib digunakan di hunian medern ini. Siapa sih yang tidak memiliki TV pada huniannya? Kabel antena ini kerapkali dilupakan dan tidak sedikit yang memasangnya diluar bagian instalasi listrik rumah sehingga membuatnya kurang enak di pandang. 

Sebaiknya perhatikan diawal Instalasi kabel Antena ini bersamaan dengan instalasi kabel listrik utama

4. Kabel LAN
Mungkin di rumah tipe minimalis, penggunaan LAN Cable ini tidak terlalu dibutuhkan, namun untuk instalasi perkantoran, rumah besar semi kantor, penggunaan kabel LAN ini sangat penting untuk di perhatikan.
Sebetulnya, banyak sekali jenis kabel dengan berbagai keperluan. Bagi sobat yang penasaran dengan informasi jenis kabel lebih lengkap bisa buka : Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap

Stop Kontak

Nama peralatan untuk instalasi listrik dan fungsinya stok kontak

Stop kontak berfungsi untuk mengalirkan aliran listrik dari sumber ke beban penggunaan. Beban yang dimaksud disini seperti Pompa air, Mesin cuci dan peralatan listrik yang ada di rumah lainnya.

Jika dibedakan dari pemasangannya, stop kontak terbagi menjadi dua yaitu stop kontak inbow dan outbow (diluar tembok). 

Selain itu, terdapat juga Tipe Extension stop kontak atau masyarakat umum lebih mengenal terminal. Berfungsi untuk memperpanjang dan memperbanyak stop kontak untuk kebutuhan rumah.

Steker

Bagaimana stop kontak bisa meneruskan arus listrik dari sumber listrik rumah ke beban? Jawabannya adalah dengan menghubungkan steker beban ke stop kontak. 

Saklar 

Saklar peralatan instalasi listrik yang harus kamu kenal
Saklar adalah alat instalasi listrik yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan aliran alus listrik pada lampu. 

Sebagaimana di singgung di awal, dalam instalasi listrik, saklar yang digunakan adalah :
Saklar tunggal adalah saklar yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan satu lampu;
Saklar seri adalah saklar yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan dua lampu;
Saklar Hotel adalah saklar yang berfungsi mematikan dan menghidupkan satu lampu di dua tempat

Saklar tidak hanya dibedakan dari 3 jenis diatas, tetapi ada banyak macam saklar dengan fungsi berbeda-beda. Untuk menambah wawasan, saya sarankan jangan lewatkan artikel ini : Mengenal Saklar dari Pengertian, Fungsi dan macam-macamnya

Fitting Lampu

Peralatan instalasi listrik untu menyimpan lampu

Fitting lampu adalah peralatan listrik yang berfungsi sebagai wadah tempat diam lampu sekaligus menghubungkan arus listrik dari kabel ke lampu.

Pengaman Listrik

nama peralatan listrik dan fungsi

Sebagaimana namanya, pengalamn listrik berfungsi untuk mengamankan, melindungi, dan mencegah kerusakan intalasi listrik dari berbagai jenis gangguan listrik.

Ada dua jenis pengaman listrik yang paling banyak digunakan di hunian, yaitu Circuit Breaker dan Sekering. Banyak jenis CB yang digunakan pada hunian, salah satunya adalah MCB. MCB adalah pengaman listrik yang berfungsi melindungi instalasi listrik dari beban Lebih dan hubung singkat.

Pembagi daya

Mengenal alat-alat instalasi listrik rumah

Pembagi daya atau panel hubung bagi adalah tempat percabangan instalasi listrik dengan tujuan protect arus tiap ruangan. PHB memang jarang ditemukan di rumah pribadi minimalis, namun untuk gedun-gedung besar, PHB ini adalah hal wajib yang perlu digunakan.

Meteran Listrik

Meteran listrik sebagai salah satu peralatan listrik rumah

Meteran listrik berfungsi mengukur berapa banyak penggunaan listrik oleh pengguna hunian. Tidak usah risau memikirkan alat satu ini karena alat ini akan diberi oleh PLN ketika kita ingin menggunakan listrik dari PLN. Kecuali sobat punya alternatif listrik lain.

Arde (Grounding)

Arde atau grounding adalah Instalasi listrik yang terhubung langsung dengan tanah. Yang saya ketahui setidaknya ada dua fungsi Arde ini, yang pertama adalah untuk mengalirkan arus bocor alat listrik kedalam tanah, kedua adalah untuk memperkuat netral.

Pengangkal Petir

Penangkal petir untuk peralatan listrik rumah

Sebagaimana namanya, penangkal petir ini berfungsi untuk menangkal petir. Sehingga bila mana rumah kita terkena petir, dengan adanya alat ini petir yang menyambar dapat teralirkan ke bumi.

Pelindung Instalasi

Pipa untuk melindungi instalasi listrik rumah

Pelindung instalasi berfungsi untuk melindungi kabel dan peralatan instalasi lainnya. Umumnya pelindung instalasi ini terbuat dari Pipa PVC dan aneka jenis sambungannya. Untuk bagian sambungan kabel biasanya terdapat kontak sambung, dan di bagian saklar ada bagian inbow dus.

Terdapat juga klem sengkang yang berfungsi untuk menerapkan pipa ke tembok atau papan bila pemasangan instalasi di luar tembok.

Ballast Lampu

Ballast lampu sebagai peralatan listrik rumah

Balast berfungsi untuk membatasi aliran listrik yang masuk pada beban (terutama lampu) agar listrik sesuai dengan yang beban butuhkan. balast juga berfungsi untuk menyalakan lampu TL.

MultiPlug

20 Peralatan Instalasi Listrik Yang Harus Kamu Kenal (TERLENGKAP)

Multiplug adalah alat listrik yang berfungsi untuk menambah atribut stop kontak. Seperti menambah jumlah colokan atau menambah Tipe hubung stop kontak yang sesuai dengan steker yang digunakan pada steker.

Jika disimpulkan maka :
  1. kabel listrik Inti tunggal
  2. kabel listrik inti serabut
  3. Kabel Antena
  4. Kabel LAN
  5. Stop Kontak permanen
  6. Eksension stop kontak
  7. Steker
  8. Saklar Tunggal
  9. Saklar Seri
  10. Saklar Hotel
  11. Fitting Lampu
  12. Pengaman Listrik (MCB)
  13. Pengaman Listrik (Sekering)
  14. Pembagi daya (PHB)
  15. Meteran Listrik
  16. Arde (Grounding)
  17. Penangkal Petir
  18. Pelindung Instalasi
  19. Ballast Lampu
  20. MultiPlug

Daftar Tools Dalam Pengerjaan Instalasi Listrik Di Rumah

Jika diatas merupakan alat-alat yang nantinya terpasang dan digunakan di rumah. Nah daftar berikut ini adalah nama alat yang digunakan pada saat memasang instalasi listrik. Apa saja itu? Yuk simak pembahasan dibawah ini :

Tang family

Tang family disini maksudnya adalah tang pemotong, tang lancip, tang kombinasi, tang kupas dan jenis tang lainnya. Tang merupakan tools yang sangat wajib sobat miliki bila ingin memasang instalasi listrik di rumah.

Obeng Min & Plus

Obeng Min Plus juga merupakan perangkat wajib anda miliki sebab, saklar, stop kontak, fitting lampu merupakan peralatan instalasi dimana dalam proses pemasangannya membutuhkan obeng.

Tespen

tespen berfungsi untuk memeriksa ada tidaknya aliran listrik. Jika ada, maka tespen akan menyala, namun jika tidak maka tespen akan mati.

Avo Meter

Avo meter adalah alat yang digunakan untuk memeriksa, dan mengukur terhubung tidaknya masing-masing komponen listrik serta besaran nilai yang terdapat pada komponen elektronik tersebut.

Solasi

Solasi, isolasi, selotip atau solasiban merupakan bahan yang sangat penting ada pada saat pemasangan inslatasi listrik, sebab Solasiban ini berfungsi untuk menutup sambungan-sambungan kabel ketika melakukan instalasi.

Nah, itu dia daftar nama peralatan instalasi listrik yang perlu kami ketahui jika belajar listrik. Alat-alat listrik rumah ini seharusnya sudah diluar kepala sobat bila sobat benar-benar ingin menjadi seorang instalatir.

Demikian ulasan ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Posting Komentar untuk "20 Peralatan Instalasi Listrik Yang Harus Kamu Kenal (TERLENGKAP)"