Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian

Bismillahirrahmanirrahiem

Pernahkah anda menemukan pada rangkaian elektronik, suatu kendala seperti suara dengung atau power yang naik turun? 
Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian


Jika ya, itu bisa jadi rangkaian elektronik tersebut kekurangan ampere, kekurangan ampere bisa menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya suatu rangkaian, mengingat ampere merupakan satuan pokok sebuah besaran arus pada tenaga listrik. 

Dan jika kita mau mencoba mengutak atik masalah ampere ini kita perlu mengetahui bagian power supplynya terlebih dahulu, mengapa demikian? 

Karena power supply merupakan sebuah rangkaian yang berperan sebagai distributor tenaga listrik ke rangkaian elektronik lainnya.

Baca juga : Rumus mencari arus listrik

Apa yang Di Maksud Power Supply?

Power supply adalah sebuah suatu komponen  yang berperan untuk memasok daya listrik ke satu rangkaian atau lebih dari satu rangkaian listrik/elektronik. 

Pada umumnya cara kerja power supply ini mengubah suatu jenis tenaga listrik ke jenis yang lainnya, seperti contoh mengubah arus AC ke DC. 

Setelah kita mengetahui Power supply selanjutnya kita akan mencoba untuk menambah amperenya bagaimana caranya? Berikut pembahasannya.

Cara Menambah Ampere Pada Power Supply

Pada umumnya sebuah power supply memiliki ic regulator atau ic penstabil  dan penurun tegangan biasanya ic tersebut di tulis dengan kode awalan 78xx di ikuti dengan kode di belakangnya yang merupakan angka output tegangan yang di hasilkan. 

Seperti contohnya ic 7815 itu berarti tegangan output yang di hasilkan adalah 15 volt atau ada juga ic regulator 7812 yang menghasilkan tegangan output sebesar 12 volt. 

Dengan kemampuannya yang bisa menurunkan tegangan dan menyetabilkan ic regulator ini banyak digunakan pada power supply. Akan tetapi jenis ic regulator ini memiliki kapasitas amper yang kecil, yaitu sekitar 1 amper. 

Maka kita akan coba menambah ampere dari ic regulator ini. Sebenarnya jika ada budget lebih untuk menambah ampere bisa dengan mengganti travo utama yang di gunakan dengan spek output tegangan sama namun memiliki spek ampere lebih tinggi, tapi untuk kali ini kita akan coba mengakali dari komponen regulatornya saja.

Baca jaga : Apa yang dimaksud komponen aktif dan pasif

Lalu bagaimana caranya? 

Caranya kita bisa menambahkan salah satu komponen yang bernama transistor atau tr penguat sebagai tambahan, transistor ini bisa berupa NPN ataupun PNP, untuk peletakannya itu di tempatkan pada jalur output regulator tersebut, kita ambil contoh untuk ic regulator type 7815 bisa menggunakan transistor TIP3055. 

Selain memakai transistor jenis TIP anda bisa juga memakai transistor jengkol atau tr 2N3055, setelah anda mengetahui komponen penguat amper selanjutnya adalah cara pemasangannya atau wiring dan berikut adalah cara penyambungannya.

Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian
Sumber : baharelectronic.com

Di atas adalah cara penyambungan penambah amper menggunakan tr TIP dan berikut di bawah adalah penyambungan menggunakan tr jengkol

Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian
Sumber : baharelectronic.com


Itu adalah dua gambar cara penyambungan 1 transistor untuk menambah amper pada satu ic regulator, lalu apakah kita bisa menambah transistor penguat lebih dari satu? 

Tentu saja bisa, cara penyambungannya hampir sama hanya saja di pararel dengan transistor lainya, hal tersebut dimaksudkan untuk memperbesar ampere secara berlipat, mengingat semakin banyak transistor yang di pasang maka semakin besar pula daya amper yang di hasilkan.  Dan berikut adalah wiring untuk menambah amper memakai transistor lebih dari 1.

Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian
Sumber : baharelectronic.com

Di atas adalah sebuah rangkaian penambah amper  menggunakan transistor untuk jenis power supply tunggal, dan ada juga power supply berjenis tegangan simetris yang memiliki dua jenis output? Jadi selain ic regulator 78xx juga ada ic regulator 79xx, 

keduanya memiliki peran yang sama hanya saja untuk jenis ic regulator 79xx ini di gunakan untuk tegangan negativ, jika 7815 menghasilkan tegangan output +15 maka ic 7915 menghasilkan tegangan output -15. 

Jadi kita akan coba bahas cara memperbesar amper untuk power supply yang menyediakan tegangan output ini atau bisa juga di sebut tegangan simetris (gabungan 78xx dan 79xx). 

Baca juga : Apa Itu Humidity Sensor

Untuk ic regulator 79xx ini kita bisa menggunakan ic transistor TIP 2955 atau bisa juga memakai transistor jengkol MJ2955. 

Perlu di ketahui sebelum melihat wiring jalur tegangan simetris ini akan lebih baik jika anda mengetahui dan memahami fungsi pin/kaki dari masing-masing ic regulator tersebut. 

Karena kedua ic regulator ini memiliki datasheet atau pin out agak berbeda, bisa kita lihat untuk ic regulator 7815 pada pin no 1 nya adalah input dan pada pin no 2 nya adalah ground, sedangkan untuk pin no 1 pada ic 7915 adalah  ground dan pin no 2 nya adalah input. 

Harap teliti dalam penentuan pin ini karena pengalaman pribadi saya memasang tegangan secara terbalik dan masuk pin input dan ground dapat menyebabkan ic regulator konslet bahkan meledak, untuk lebih detailnya bisa kita pelajari pada gambar di bawah ini.

Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian
Sumber : baharelectronic.com

Jika dirasa sudah dimengerti dan di fahami perbedaan pin out dan pin in diantara keduanya, selanjutnya adalah cara pemasangan transistor penguat pada kedua tegangan tersebut, dan berikut adalah wiring regulator tegangan simetris 7815 dan 7915 yang sudah terpasang transistor TIP3055 juga transistor TIP2955 sebagai penguat untuk menambah output amper.

Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian
Sumber : baharelectronic.com

Baca juga : Mengenal jenis baterai

Oke sobat dengan gambar dan beberapa penjelasan di atas apakah sudah menjawab pertanyaan anda tentang bagaimana cara menambah amper pada power supply? Semoga apa yang saya sampaikan dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua, mungkin cukup sekian apa yang bisa saya sampaikan kurang dan salah saya mohon maaf dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Ampere Power Supply & Rangkaian"