Sudah Tahu Fitting Lampu ? Yuk Ketahui Jenis & Ukurannya

Bismillahirrahmanirrahiem

Hallo sobat semuanya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah benda yang bernama  Fitting lampu.

Fitting lampu mungkin sudah familiar kita dengar mengingat benda ini banyak di pakai dalam kehidupan kita sehari-hari, bagaimana tidak, setiap rumah pasti perlu lampu untuk menyinari area gelap ataupun memberi penerangan dikala malam tiba.

Dan tidak dapat di pungkiri kalau peran Fitting lampu disini sangat di perlukan sebagai media penghubung antara aliran listrik dan sebuah lampu. 

Maka dari itu kami akan berbagi beberapa penjelasan lebih segnifikan mengenai Fitting lampu apakah itu tentang ukuran,jenis, ataupun kegunaan, tanpa berlama-lama langsung saja ke poin-poinnya sebagai berikut.

Pengertian Fitting Lampu
Apa itu Fitting lampu ini pengertiannya

Pertama kita harus mengetahui secara detail mengenai Fitting lampu, dan Fitting lampu adalah sebuah perangkat elektronik yang menjadi tempat atau wadah untuk meletakan lampu, selain itu Fitting lampu juga berperan sebagai alat penghubung lampu ke aliran atau rangkaian listrik, dengan kata lain lampu tidak akan bisa menyala pada suatu ruangan  jika tidak memakai Fitting lampu sesuai dengan spesifikasi yang di butuhkan.

Perangkat Fitting lampu ini akan sering kita temui di plafon rumah / langit-langit, dinding, ataupun lampu jalan, dan mungkin anda akan menemukan beberapa Fitting lampu yang modern, seperti, Fitting lampu yang di lengkapi dengan sensor otomatis ataupun Fitting lampu yang bisa di operasikan dengan remote control, dan Fitting-Fitting tersebut biasa di pakai pada rumah-rumah modern atau bisa di sebut Smart Home.

Pada sebuah gambar Instalasi Listrik, di simbolkan dengan "X" 

Mengenal Fitting lampu dari jenis dan ukurannya

Gambar bagan dan gambar banyak garis atau gambar pengawatan diatas ini banyak digunakan pada denah rumah dan bangunan lainnya. Bisanya digabungkan dengan instalasi saklar maupun stop kontak. Baca juga : Instalasi saklar seri / ganda

Ukuran Fitting Lampu

Selanjutnya kita akan membahas beberapa ukuran Fitting lampu, mengapa? Karena ukuran Fitting ini sangat bervariasi, seperti halnya pakaian yang memiliki beberapa ukuran yang sangat  khalayak umum ketahui, tapi ini Fitting lampu yang mungkin sebagian orang saja  yang tahu ukuran-ukurannya, maka dari itu kita bahas satu persatu sebagai berikut.

Jenis ukuran Fitting lampu
Sumber : https://id.aliexpress.com/

1) Fitting Lampu E12 ( Fitting E12 )

Fitting lampu dengan ukuran E12 atau bisa di sebut Fitting E12 merupakan ukuran Fitting lampu terkecil di antara ukuran Fitting lampu lainnya. Fitting lampu E12 ini memiliki bobot yang ringan dan sering di gunakan pada lampu-lampu hias, mengingat bobotnya yang ringan tidak akan terlalu memberatkan benda yang akan di hiasinya, jenis Fitting lampu ini sering di pakai di hiasan lampu pohon natal atau biasa di sebut lampu tumblr, selain sebagai Fitting lampu hias Fitting E12 ini bisa juga di pakai sebagai media penghangat hewan ternak yang berukuran kecil.

2) Fitting Lampu E14 ( Fitting E14 )

Selanjutnya adalah ukuran Fitting lampu E14, Fitting ini memiliki ukuran lebih besar dari ukuran Fitting E12, tapi masih bisa di gunakan untuk lampu dekorasi, Namun Fitting ukuran ini lebih baik jika di gunakan pada lampu interior sebuah ruangan yang memiliki ukuran kecil. 

Ukuran Fitting ini juga bisa di gunakan pada lampu kecil dengan begitu dapat menghasilkan nuansa remang-remang pada ruangan tersebut.

3) Fitting Lampu E12 ( Fitting E27 )

Untuk ukuran ini mungkin lebih sering kita temui, karena ukuran Fitting E27 ini biasa di pakai di rumah-rumah seperti untuk pemasangan lampu kamar mandi, lampu dapur, lampu ruang tengah dan lain sebagainya. 

Mungkin pada umumnya kita hanya mengetahui ini adalah Fitting lampu, tapi jika secara detail ini adalah Fitting lampu ukuran E27 atau Fitting E27, maka dari itu saya mengajak anda mengenal Fitting lampu lebih mendetail dan saya berharap bisa bermanfaat untuk anda. 

Lanjut ke pembahasan, jika sudah di ketahui ukuran Fitting tersebut selanjutnya anda bisa memasang lampu pada Fitting tersebut, namun pelu di perhatikan juga jenis lampu yang di pasang adalah jenis lampu yang cocok dengan ukuran Fitting tersebut.

4) Fitting Lampu E40 ( Fitting 40 )

Fitting  Lampu ukuran ini termasuk pada ukuran Fitting lampu paling besar dari ukuran Fitting lampu  sebelumnya, Fitting lampu ini juga biasa di gunakan pada ruangan-ruangan yang cukup besar dan luas, seperti ruang kerja atau bisa juga di pakai pada sebuah gudang ,mengingat ukurannya Fitting besar otomatis lampu yang digunakan pun harus besar.

Jenis-Jenis Fitting Lampu

Mengenal 12 Jenis lampu mungkin saja akan menjadi pembahasan yang menarik dan pas untuk sobat. Oleh karenanya, saran saya, jangan sampai lewatkan pembahasannya.

Oke setelah kita mengetahui berapa saja ukuran Fitting lampu, selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja jenis-jenis dari Fitting lampu tersebut, langsung saja berikut uraiannya.

1. Fitting Lampu Langit-Langit (Fitting Tempel)

Mengenal Fitting lampu dari jenis dan ukurannya plafon

Yang pertama adalah fitting langit-langit atau bisa di sebut ceiling mound light fittings . Seperti nama nya fitting lampu jenis ini biasa di pasang pada langit-langit rumah atau plafon, fitting ini juga memiliki nama lain yaitu fitting temple karena dari segi pemasangannya fitting ini menempel pada langit-langit rumah. 

Pemasangan fitting lampu jenis ini bersifat permanen  maka dari itu dalam proses pemasangannya harus di lakukan sebaik mungkin agar menghasilkan pembagian cahaya yang merata dan seimbang pada suatu ruangan.

2. Fitting lampu Kedap Air (Fitting Water Proof)
Mengenal Fitting lampu dari jenis dan ukurannya waterproof

Selanjutnya ada fitting kedap air atau waterproof light fitting, Fitting lampu jenis ini biasa di pasang di area luar ruangan atau exterior mengingat fitting lampu ini memiliki bahan permukaan dari karet dan porselen, yang dimana kedua campuran benda tersebut sangat bisa di andalkan untuk menahan air untuk mencegah terjadinya korsleting, pemakaian fitting lampu jenis ini biasa kita temui pada lampu-lampu taman yang pemasangannya di luar ruangan.

3. Fitting Lampu Jenis Gantung (Fitting Gantung)
Mengenal Fitting lampu dari jenis dan ukurannya gantung

Untuk fitting jenis ini biasanya di pasang pada lampu gantung , fitting jenis ini juga bisa di sebut pendant light, penempatan dudukannya pun di pasang dengan kabel yang memiliki ukuran cukup panjang yang di maksudkan untuk menahan lampu sekaligus mengalirkan arus listrik ke fitting lampu tersebut. 

Untuk penggunaan fitting jenis ini  biasa di gunakan pada ruangan atau rumah yang tidak memiliki langit-langit untuk memasang fitting temple, namun ada juga yang memakai fitting gantung ini sebagai elemen dekorasi  yang  bisa kita temui di sebagian cafe atau restoran.

4. Fitting Lampu Otomatis
Mengenal Fitting lampu dari jenis dan ukurannya otomatis

Fitting lampu jenis ini termasuk fitting lampu modern yang dimana fitting ini sudah di lengkapi dengan sensor, apakah itu sensor cahaya, suara, proximity dan sebagainya tegantung kebutuhan, seperti fitting lampu dengan sensor cahaya, lampu akan otomatis menyala jika waktu menjelang malam tiba / sudah tidak ada cahaya matahari. Biasanya pengaplikasian fitting lampu ini sering di pakai pada Smart Home.

5. Fitting Lampu Colok
Mengenal Fitting lampu dari jenis dan ukurannya

Untuk urutan terakhir ada fitting jenis colok, fitting colok atau plug in light fittings ini bersifat portable karena bisa di pasang dan di lepas, fitting ini merupakan sebuah kombinasi antara steker dan fitting lampu yang bisa di colokan ke terminal listrik. 

Anda cukup memasang lampu pada fitting tersebut dan mencolokannya pada terminal listrik sekitar anda, fitting colok ini biasa di gunakan untuk menambah penerangan jika penerangan utamanya dirasa kurang terang atau kurang baik.

Cara Memasang Instalasi Fitting Lampu

Cara memasang Fitting lampu dan lampu dalam instalasi listrik, termasuk salah satu yang paling penting selain Instalasi saklar dan stop kontak. Karena ketiga komponen instalasi ini merupakan komponan yang paling sering digunakan dan pasti digunakan untuk instalasi listrik rumah.

Pada sebuah fitting lampu terdapat 2 bagian utama, yaitu bagian untuk kabel Fasa dan untuk kabel Netral, seperti ini :

Cara memasang Fitting lampu pada kabel

Nah, untuk memasang kabel pada Fitting lampu, perhatikan bagian ini, jangan sampai terbalik, Kabel fasa di hubungkan pada bagian Tengah dan netral ke bagian ulir.

Cara memasang Fitting lampu pada kabel


Kenapa antara pemasangan kabel fasa dan netral ini tidak boleh terbaik ?

Simak ulasan ini untuk lebih lengkapnya :

Cara pasang Fitting lampu 

Oke sobat bagaimana apakah sudah dapat di fahami mengenai fitting lampu ini? Saya harap begitu ya dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya, Oke mungkin sekian dulu dari saya kurang dan lebih saya mohon maaf dan Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Sudah Tahu Fitting Lampu ? Yuk Ketahui Jenis & Ukurannya"