Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL

Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL

Bismillahirrohmanirrohim

Penerangan suatu ruangan sangatlah penting. Apalagi bagi sobat yang sering beraktifitas dimalam hari dimana orang lain sedang tidur. Baik itu menulis, membaca dan lainnya tentu membutuhkan suatu ruangan yang bercahaya dimalam hari. Oleh karena itu ditemukanlah sebuah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi cahaya yang bernama lampu.

Sebauh lampu tersebuh tidak mungkin harus bekerja siang dan malam tanpa henti. Oleh karena itu ditemukanlah sebuah alat yang dapat menghubung dan memutus aliran arus listrik yang disebut saklar.

Penggunaan kedua alat tersebut sangatlah umum dimasyarakat. Hampir semua bangunan dibekali dengan alat ini (lampu dan saklar) seakan mereka adalah pasangan yang tidak dapat terpisahkan.

Meninjau akan kepentingannya kebutuhan saklar dan lampu ini dimasyakat, mendorong orang atau beberapa orang untuk dapat memasanganya sendiri. Maka dari itu, sangat penting rasanya membahas mengenai pemasangan saklar ganda dan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL  ini untuk dipaparkan lebih mendalam lagi. Oleh karena itu lanjutkan saja membacanya.

Apa itu Puil? PUIL adalah singkatan dari “persyaratan Umum Instalasi Listrik” yang dikelarkan PLN dan para Insinyur Listrik. Baca selengkapnya 136 simbol-simbol  listrik PUIL 2000

Saklar tunggal sendiri adalah alat untuk memutus dan menghubung arus listrik satu kontak atau satu sentuhan. Sedangkan saklar seri (ganda) adalah alat untuk memutus dan menghubung arus listrik dua kontak.  Dan saklar tukar adalah alat yang befungsi untuk menukarkan posisi arus listrik dari kontak 1 ke kontak yang lain.


Pemasangan saklar ganda dengan piting lampu

Kenapa memasangan saklar ganda Ini?

Pemasangan saklar ganda ini bertujuan agar sobat bisa menghidupkan dua lampu sekaligus, bisa juga menghidupkan salah satu lampu dan bisa mematikan keduanya. Biasanya saklar ganda digunakan pada penerangan 2 ruangan, misalnya saja penerangan ruangan dalam dan luar.

Sebelum melanjutkan pembahasan, jika sobat hendak memasang saklar ganda ini, sediakan alat yang dapat meninjau dan membantu ini

Alat
  • Tang pemotong, tang pengupas, dan tang lancip
  • Obeng min dan plus
  • Avo meter dan tespen untuk pengecekan


Bahan

  • Tentunya kabel NYA 1 mm (bebas)
  • Saklar ganda
  • 2 buah Piting lampu

Sebenarnya bahan diatas sudah cukup untuk melakukan pemasangan saklar tunggal dan piting lampu. Namun, ada beberapa bahan yang mungkin dibutuhkan dan bisa digunakan seperti :
  • 2 buah T-dus atau kontak sambung
  • Pipa PVC ¼ mm
  • Sengkang secukupnya
  • Skrup sesuaikan dengan sengkang
  • Inbow dus
  • Lboh

Untuk Instalasi, silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
gambar bagan Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL

Gambar diatas adalah gambar satu garis atau gambar bagan. Gambar bulat bertelingan adalah sebuah saklar ganda, dan gambar X adalah piting lampu.

Garis miring yang lurus menunjukan jumlah kabel fasa atau yang berarus. Sedangkan garis miring dipenggal adalah jumlah kabel netral. Contoh pada gambar garis menuju saklar memiliki 3 garis miring lurus  berarti kabel yang mengarah pada saklar semuanya kabel fasa atau berarus.

Agar gambar lebih mudah dipahami, silahkan perhatikan gambar pengawatan dibawah ini :
gambar pengawatan Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL

cara memasang

pertama-tama

jika sobat menggunakan pipa PVC karena pemasangan Instalasi dikerjakan diluar tembok, atau memang sengaja mempraktekannya, pasanglah Pipa PVC, T-dus dan Lboh dengan srup sesuai keinginan. Jika bisa usahakan sama dengan gambar agar lebih mudah dikerjakan.

pemasangan Pipa PVC selanjutnya dikunci dengan menggunakan sengkang, jarak sengkang dengan komponen lain misalnya piting dan T-dus adalah 10 cm hingga 15 cm
jarak sengkang Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL

Jika komponen dan pipa PVC tersebut sudah terpasang, pasang kabel pada saklar ganda dengan cara memasukannya pada lubang yang ada didalam saklar. Kabel dari sumber dihubungkan pada bagian yang memiliki sambungan penghantar antara dua kontak dan kabel yang akan menuju ke piting dihubungkan dibagian sisa lainnya.
Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL

pemasangan kabel pada piting lampu dengan cara yang sama. Gunakan tang lancip untuk membulatkan kupasan kabel menjadi sambungan mata Itik. Dan hubungkan pada piting.

Sambungan pada Piting lampu sebisa mungkin diperhatikan posisi kabelnya. Kabel fasa dihubungkan pada bagian tengah, dan bagian Netral dihubungkan disamping.
Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL
Jika pemasangan kabel pada piting dan saklar sudah dilakukan, selanjutnya masukan kabel pada saklar dan piting tersebut pada pipa PVC yang telah disusun sebelumnya. Masukan kabel hingga sampai pada bagian T-dus. Termasukan kabel yang nanti akan dihubungkan pada sumber arus.

Kare gambar diharuskan ada 2 sambungan (T-dus) yang pertama adalah pada bagian menuju ke saklar ganda dan yang ke-2 pada bagian yang menuju ke piting lampu pertama.

Perhatikan gambar untuk sambungan kabel menuju saklar :
Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL
Kabel netral bisa dihubungkan lansung. Kabel fasa (yang akan berarus listrik) dari sumber menuju saklar dan pada saklar terdapat 2 keluaran, dua keluaran tersebut diteruskan pada pipa selanjutnya yaitu pada piting lampu. Sambungan yang digunakan adalah sambungan ekor babi dengan 6 kali lilitan.

Dan gambar dibawah ini untuk T-dus menuju piting lampu 1
Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL
Pada kontak sambung selanjutnya, kabel yang akan difungsikan untuk netral disambungkan untuk piting lampu pertama. Kabel fasa 1 masuk pada piting lampu 1 dan kabel fasa 2 menuju piting lampu 2.

Baca selengkapnya : 3 macam sambungan kabel yang biasa digunakan Teknisi

Selanjutnya adalah proses percobaan.

Percobaan menggunakan Avo meter

  • Pertama, beri lampu piting tersebut agar terdapat pembebanan.

  • Arahkan selektor switch pada avo meter pada bagian Ohm meter 1X 10X atau X lain. Dan lakukan kalibrasi dengan menghubungkan kedua jarum pada avometer/multimeter/multitester sehingga terlihat jarum penunjuk arah pada layar bergerak.

  • Hubungkan kedua jarum pada bagian kabel yang nantinya dihubungkan pada sumber

Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL
  • Kemudian tekan saklar, jika jarum pada avometer bergerak, itu menunjukan bahwa Instalasi berjalan dengan benar,jika tidak, silahkan tekan kembali saklar. Namun jika saklar ditekan bolak-balik masih tetap tidak ada reaksi itu menunujukan ada yang salah. Silahkan periksa kembali Instalasi yang telah sobat buat.

  • Jika sobat sudah yakin dengan Instalasi yang sobat buat benar silahkan sobat mencobanya lansung dengan munghubungkannya pada sumber arus.

  • Agar aman, kasih steker dan hubungkan pada stop kontak



Silahkan coba kembali....

Catatan penting
Hati-hati dengan listrik. Kami tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada sobat. Baca : dampak mengerikan sengatanlistrik bagi manusia, sobat harus menwaspadainya

Demikian artikel kali ini, semoga pembahasan pemasangan Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu ini dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat.


0 Response to "Instalasi Pemasangan saklar Ganda dengan piting lampu sesuai dengan aturan PUIL"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL