Kupas Pompa Sentrifugal | Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

Bismillahirrahmirrahiem

Sebagaimana telah kita pelajari bersama di pembahasan : jenis-jenis pompa air, jenis pompa air dapat dibedakan dari mekanisme cara kerjanya. 

Jenis pompa air dalam mekanisme kerjanya ada :

  1. Pompa air Reciprocating : Seperti pompa air pedesaan yang memanfaatkan elemen bolak-balik dalam sebuah silinder
  2. Pompa air Sentrifugal : Bekerja dengan memindahkan air dengan dorongan putaran Impeller
  3. Pompa air Diafragma : Pompa yang serupa dengan Reciprocating
    Kupas Pompa Sentrifugal | Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

Pompa air yang sering kita lihat dan gunakan, baik itu pompa air untuk sumur, aqurium, kolam dan lain-lain umumnya menggunakan pompa jenis Sentrifugal yang memanfaatkan kecepatan putaran sebagai energi pendorong cairan.

Bagi sobat yang sedang mencari informasi tentang pompa air sentrifugal dan jenis pompa air sentrifugal paling cocok digunakan di rumah sobat, mari kita kupas tuntas tentang apa itu pompa sentrifugal, cara kerjanya, jenis hingga rekomendasinya.

Pengertian Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal merupakan jenis pompa yang bekerja memindahkan cairan fluida dari area inlet menggunakan impeller yang di pasang pada poros berputar. Putaran impeller ini mengakibatkan tekanan fluida meningkat dari inlet ke bagian outlet dan mengakibatkan dorongan perpindahan cairan.

Kupas Pompa Sentrifugal | Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

Pompa ini umumnya mendapatkan kekuatan putaran dengan mentransmisikan daya mekanis, biasa didapat dari motor listrik yang bagian porosnya terhubung langsung ke bagian impeller. 

Pompa sentrifugal ini bekerja menggunakan tenaga mekanis demi menghasilkan gaya kinetis yang mengakibatkan cairan akan mengalir terus tanpa hambatan.

Dalam pengaplikasiannya, pompa sentrifugal ini digunakan untuk memindahkan cairan melalui perpipaan dari satu tempat ke area tempat lainnya. 

Pompa sentrifugal merupakan jenis pompa yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk berbagai keperluan pompa. Sebab pompa ini memiliki keunggulan yakni tekanan yang cukup kuat, murah dan efisien.

Bagian-bagian pada Pompa Sentrifugal

1. Casing 

casing berfungsi untuk mewadahi dan memposisikan komponen lain pada pompa sentrifugal agar dapat berfungsi sebagaimana seharusnya. Selain itu, casing juga bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan tekanan hidrolik sharft/poros pompa.

Casing adalah bagian terluar dari pompa sentrifugal dan mengelilingi impeller. Casing pada pompa sentrifugal di sebut casing volute.

Kupas Pompa Sentrifugal | Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

2. Impeller

Impeller merupakan bagian utama dari sebuah pompa sentrifugal. Tanpa impeller, pompa ini tidak bisa di sebut sentrifugal. 

Impeller berfungsi untuk mengkonversi energi mekanis berupa putaran menjadi energi kinetis berupa dorongan pada cairan fluida. 

Komponen satu ini terletak di bagian paling dekat dengan Nozzle atau tempat keluar masuk cairan fluida. 

Impeller pada pompa sentrifugal memiliki beberapa jenis, yaitu :

  • Impeller tertutup yang merupakan impeller terbuat dari baling-baling dalam diantara piringan. Umumnya digunakan pada pompa yang memiliki ukurasn besar.
  • Impeller semi terbuka dimana ia didesain terbuka pada satu sisi bagian baling-balingnya. Biasa digunakan di pompa dengan diamter sedang dan cariran berisi benda padat.
  • Impeller Terbuka merupakan impeller dengan baling-baling terbuka di kedua sisinya. Umumnya digunakan pada pompa dengan ukuran kecil.


3. Suction Nozzle & Discharge Nozzle

  • Suction Nozzle merupakan tempat masuk fluida yang akan di pompa. 
  • Discharge Nozzle merupakan tempat keluar fluida setelah di pompa.

4. Poros / shaft

bagian ini berfungsi untuk mentransmisikan energi mekanis dari sumber gerak, misalnya motor listrik pada bagian pompa impeller. Sebuah pompa sentrifugal dengan efisensi yang baik adalah pompa yang memiliki poros secara sempurna terdistribusikan pada seluruh bagian impeller.

5. Bearing

Bearing adalah komponen yang bekerja menahan posisi poros (rotor) agar tetap presisi di tengah dan mengurangi gaya gesek antara poros dan casing. Bearing yang dipergunakan di pompa sentrifugal harus mampu menahan gaya axial maupun radial bearing. 

Info lengkap mengenai Bearing : Mengenai Jenis-jenis Bearing

6. Sistem Sealing

Sistem sealing adalah sebuah area yang berfungsi menahan kebocoran fluida pada bagian poros berputar. Sistem Packing yang biasa digunakan pada pompa sentrifugal merupakan gland packing & mechanical seal.

7. Sistem Lubrikasi

Bertugas untyk meminimalisir gaya gesek antar dua permukaan yang bertemu dan mengurangi keausan. Lubrikasi pada pompa digunakan di bearing. Pemberian Lub oil atau tpe greas. Tergantung dari ke jenis pompa itu sendiri.

Jenis-jenis Pompa Sentrifugal

Setelah kita mengenal cara kerja dari pengertian, kemudian bagian-bagian pada pompa sentrifugal, berikutnya, mari kita ulas jenis-jenis pompa sentrifugal.

Pompa Diffuser 

Pompa difuser merupakan pompa yang menambahkan komponen yang disebut diffuser. Difuser disimpan mengelilingi imepeller, berfungsi untuk mengurangi kecepatan Fluida yang keluar dari impeller. Energi kinetik aliran dapat berubah menjadi berupa energi tekanan secara efisien.

Jenis pompa air diffuser
https://www.rodelta.com/

Pompa ini digunakan untuk mendapatkan total head yang lebih tinggi.

Pompa radial

Pompa ini memiliki proses dimana, fluida terhisap melalui bagian inlet akibat putaran imppeler yang menghasilkan gaya hisap (vacum). Kemudian cairan fluida ini terlemparkan keluar akibat gaya sintrifugal yang dimiliki fluida tersebut.

Pompa axial

Impeller yang berputar akan mengakibatkan fluida terhisap dan menekannya ke bagian sisi tekan dalam arah aksial yang diakibatkan oleh tolakan impeller.

Umumnya digunakan untuk kebutuhan head rendah dengan kapasitar aliran yang lebih besar.

Pompa Volute

Pompa Volute memiliki sistem maksimal, mulanya, cairan fluida di simpan di rumah spiral yang kemudian akan di keluarkan melalui nosel.

Pompa aliran campur

gaya dorong dihasilkan dari gaya sentrifugal dan sebagian lagi dari tolakan impeller. Aliran buang radian dan sebagian aksial ini yang menjadikan pompa ini disebut pompa Mixed Flow Pump.

Pompa jenis turbin

Cairan diputar oleh bagian baling impeller berkecepatan tinggi selama hampor satu putaran yang berbentuk cincin. 

Baca juga : Pompa Air Berisik ? Lakukan 3 Hal ini Dijamin Langsung Adem

Demikian ulasan mengenia Pompa Sentrifugal yang diulas dari pengertian, cara kerja hingga jenis-jenisnya. Semoga dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kupas Pompa Sentrifugal | Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya"