Pompa Air Berisik ? Lakukan 3 Hal ini Dijamin Langsung Adem

Bismillahirrahmanirrahiem

cara mengatasi pompa air berisik

Pompa air adalah salah satu alat listrik rumah yang paling penting. Saat dimana pompa air mengalami gangguan, semua aktivitas kita bisa terganggu.

Seperti aktitvas buang air, mandi, memasak, mencuci, menyiram seketika dapat terhentikan karena ada masalah pada pompa air.

Salah satu masalah pada pompa air yang paling lazim kami temukan di masyarakat adalah pompa air berisik. 

Meskipun pompa air berisik ini tidak secara langsung menghentikan aktifitas kita dan tidak juga menghentikan kinerja pompa air, namun sangat mengganggu kegiatan keseharian kita saja.

Nih, yang mau lebih tahu : Cara kerja pompa air | Kenapa dapat berputar

yang Perlu Sobat ketahui :

Sebetulnya, semua pompa air, jika kondisinya baru, tidak akan berisik, alias adem nyaris tanpa suara. Dan seharusnya seperti itu.

"Tapi kenapa pompa air saya berisik bang ?"

Jika Pompa air Sobat berisik, simak :

Penyebab Pompa Air Jadi Berisik

Suara berisik pada pompa air sudah pasti terjadi dibagian Poros pompa air. Karena poros atau angker pada pompa air ini merupakan bagian yang bergerak (Berputar) pada pompa air. Komponen yang berada pada Poros pompa air meliputi : 

Penyebab pompa air berisik

  • 2 Bearing
  • Kipas
  • Impeller

Maka penyebab-penyebab utama pompa air berisik tidak akan jauh dari ketiga elemen diatas. Yaitu :

1. Permasalah pada Kipas

Kita awali penyebab pompa air berisik Sobat ini dengan kemungkinan yang paling mudah di perbaiki. yaitu permasalah pada kipas pompa air.

Kipas pompa air ini adalah bagian berada di bagian belakang pompa air yang berfungsi untuk mendinginkan body pompa. 

Kenapa kipas ini jadi berisik ?

  1. Ada kemungkinan kipas pompa air milik Sobat berubah posisi bergerak menjauh dan beradu dengan bagian tutup kipas, atau bergerak mendekat bergesekan dengan body pompa air. 
  2. Kedua, mungkin saja ada sampah atau gangguan benda lain yang mengganggu putaran kipas.
  3. Ketiga, kipas tersebut mulai longgar. Untuk masalah ini bisa diatas dengan memperkuat kipas agar tidak banyak bergerak.

Itu penyebab pertama. Untuk masalah kipas ini, Sobat tidak perlu banyak alat dalam meperbaikinya, Cukup obeng untuk membuka tutup kipas.

cara mengatasi pompa air berisik

2. Permasalah pada Impeller

Impeller adalah bagin pompa air ini secara mekanik berputar dan dapat menghisap air. Tentu saja dengan teknik dan aturan yang sudah di setting khusus pada pompa air. 

Impeller pada pompa air berada di bagian kepala pompa air.

Kenapa Impeller jadi berisik ?

  1. Kemungkinan terbesar adalah adanya pasir atau batu kecil yang masuk terhisap pompa air dan terjadi gesekan antara impeller dan bebatuan yang ikut terhisap tersebut.
  2. Kedua, karena posisi impeller sudah tidak presisi lagi, Sobat kemungkinan terlalu depan, atau belakang. Suara berisik karena gangguan impeller ini sangat khas, seperti gesekan besi yang halus. 

Cara mengatasinya :

Untuk mengatasi Impeller yang berisik, bisa dengan membuka tutup Impeller yang berada di bagian depan bagian impeller tersebut lalu keluarkan bebatuan yang mengganggu laju impeller. 

jika suara dihasilkan karena posisi impeller yang tidak presisi, bisa dengan mengetuk-ngetuk bagian poros belakang dan depan untuk mendapati posisi impeller yang pas.

Pompa air sobat memiliki kerusakan lain ? Pompa Air Rusak? Tuntaskan dengan 16 Tips perbaikan Pompa air sampai Berfungsi kembali

Jika masih berisik berarti penyebabnya adalah poin ini :

3. Permasalah pada Bearing

Bearing atau klaher atau laher merupakan bagian penghubung antara body mesin pompa air yang diam dan poros yang bergerak. Fungsi bearing ini adalah untuk mengurangi gaya gesek dan menjaga poros tetap berada di area yang presisi.

Nih agar lebih lengkap : Mengenal Bearing dan Jenisnya

Bearing pada pompa dapat rusak diakibatkan adanya air yang masuk padanya. 

Misalnya karena bekas kebanjiran, atau bekas refarasi yang kurang rapih dan Bearing banyak bersentuhan dengan air, kemungkinan bearing tersebut akan berkarat dan menyebakan suara gesekan. 

Solusinya bagaimana ?

Untuk masalah ini, tidak ada solusi lain yang lebih baik dibandingkan dengan mengganti bearing itu sendiri.

Catatan Penting!
Kebanyakan orang awam, saat mengganti bearing menggunakan cara yang kurang tepat. Akibatnya, poros pompa menjadi tidak presisi (bengkok) atau benjol. Sebaiknya gunakan Jasa perbaikan pompa air yang benar-benar memiliki alat lengkap.

Alat untuk mengganti bearing disebut Treker

Pompa Air Berisik ? Lakukan 3 Hal ini Dijamin Langsung Adem

Cara Mengganti Bearing Untuk mengatasi Pompa air Berisik

Untuk Proses mengganti bearing pada pompa air, prosesnya cukup panjang, karena bearing pompa air ada yang berada di inti mesin, sehingga jika kita ingin mengganti bearing tersebut, sobat perlu membuka bagian-bagian seperti :

  • Tutup Impeller
  • Impeller
  • Seal
  • Tutup Kipas
  • Kipas
  • Tutup belakang Pompa

Untuk Memudahkan proses membuka, sebaiknya sobat melengkapi alat-alat termasuk Treker. Karena selain berfungsi untuk membuka Bearing, treker ini juga berfungsi untuk membuka Impeller yang harus dibuka juga jika ingin mengganti bearing.

Untuk proses mengganti bearing, bisa simak konten di Channel saya ini :

jangan lupa subscribe juga yah. hehe


Karena treker jarang dimiliki dan juga tidak merupakan perkakas umum ada di rumah, sobat bisa melepaskan Bearing dengan cara di Getok menggunakan kombinasi Kunci pas dan Palu.

Kunci pas nanti dipasangkan bearing, usahakan kondisi poros pompa air tetap lurus untuk menghindari bengkok dan sulit dipasang kembali.

Setelah itu getok kunci dengan Palu untuk mengeluarkan Bearing.

Cara membuka Bearing pompa air


Setelah bearing terbuka dari Poros tinggal ganti bearing tersebut dengan yang baru.

Jenis bearing yang digunakan :

  • Kebanyak bearing yang digunakan pompa air adalah jenis bearing 629 untuk pompa air sumur dangkal merk Panasonic, National dan Sanyo
  • Dan Bearing Type 6201 untuk pompa air shimizu sumur dalam (Jet pump), semi jet dan pompa sumur dangkalnya.

Sobat bisa membeli bearing sesuai dengan Type pompa air yang dimiliki.

Untuk memasukan bearing yang baru, sobat bisa menggunakan selongsong besi yang memiliki ukuran pas dengan bearing. 

Pompa Air Berisik ? Lakukan 3 Hal ini Dijamin Langsung Adem

Untuk menghindari kerusakan pada bearing baru, Dalam proses memasukan bearing, sebaiknya timpahkan bearing baru dengan bearing bekas yang memiliki ukuran lebih besar sedikit lalu kemudian selongsong, dan terakhir getok selongsong sampai Bearing masuk dan menempati posisi bearing yang sebelumnya di tinggalkan oleh bearing lama. hehe

untuk lebih mudahnya, buka saja video diatas dech...

Atau bisa kunjungi : Cara mengganti Bearing pompa air dengan cepat dan mudah

Tips Agar Pompa air Adem

Meskipun pompa air baru itu cenderung tidak berisik, semisal pompa air sumur dangkal merk Shimizu yang sangat adem dan tidak berisik sama sekali (barunya). Namun, lama kelamaan. pompa air tetap akan mengeluarkan suara.

Meskipun tidak berisik seperti adanya kerusakan pada bearing, namun bagi sobat yang benar-benar menginginkan jenis pompa air yang tidak berisik dan mengganggu rumah, sebaiknya simpan pompa air di area tertutup dan terpisah dari ruangan utama.

Hal ini akan sangat membantu mengurangi kebisingan pompa air. Namun usahakan area tertutup tersebut tetap mudah di akses agar mudah bila maka akan di cek.

Bagaimana mudah bukan !

Demikian pembahasan mengenal cara mengatasi pompa air yang berisik ini. Semoga dapat membantu sobat dalam memecahkan permasalahannya.

Posting Komentar untuk "Pompa Air Berisik ? Lakukan 3 Hal ini Dijamin Langsung Adem"