Menghitung Satuan ( HP-PK ) Dan Konversinya Pada Watt

Daftar Isi

Cara mengkonversikan HP dan PK pada Kilo Watt (kw)

Bismillahirrahmanirrahim

1 Hp/PK berapa watt kw ? menghitung

Dalam sebuah perangkat elekronik dan listrik, biasanya akan tertera berbagai keterangan, termasuk berbagai macam angka dan satuannya. Namun tidak semua diantara kita tahu cara membaca satuan tersebut.

Misalnya pada sebuah motor listrik, disana terdapat berbagai perhitungan seperti HP, uF, W, V, A, Hz dan lain sebagainya.

Apa sih yang dimaksudkan dengan satuan-satuan ini ?

  • HP = Horse Power (perhitungan tenaga yang dikeluarkan oleh sebuah mesin)
  • uF = Micro Farad (Besaran untuk menentukan ukuran Kapasitor)
  • W = watt  (Besaran untuk menentukan daya listrik yang di konsumsi mesin tersebut)
  • V = Volt (besaran tegangan yang diperlukan untuk menggerakan alat tersebut)
  • A = Ampere (Besaran arus listrik yang digunakan mesin)
  • Hz = Berapa Frekuensi mesin tersebut

Itu untuk perangkat listrik yang dilengkapi dengan berbagai keterangan lengkap. Tapi bagaimana kita mengetahui besaran satuan lain dengan menghitung satuan lainnya. Misalnya :

  1. 220 Volt berapa watt ?
  2. 1 PK berapa watt ?
  3. 1 HP berapa watt ?
  4. 450 watt berapa Ampere ?
  5. 2 Ampare berapa watt ?
  6. kw berapa watt ?
  7. Watt berapa HP ?
  8. Watt berapa Volt >
  9. dan lain sebagainya ?

Untuk mencari tahu daya listrik dengan hanya mengetahui tegangan (V) dan arus (I) sudah kita uraikan di : Rumus daya listrik 

Pada pembahasan ini kita akan lebih fokus untuk menghitung satuan HP/PK/PS berapa watt ?

Misalnya pada sebuah AC (pendingin ruangan), yang lebih populer untuk menentukan besaran AC adalah PK. Berapa watt sih yang dimiliki sebuah AC 1/2 PK, 1 PK atau 2 PK ?

Baca selengkapnya : Cara Menghitung Daya Listrik Untuk biaya Tagihan PLN bulanan di Rumah !

Mengenal Satuan PK Pada Perangkat

PK ialah kependekan dari Paard Kracht, Sebuah bahasa belanda yang jika kita inggriskan, menjadi Horse Power (HP) atau jika kita bahasa jermankan Pferdestärke (PS) dan bila kita artikan pada bahasa Indonesia, menjadi Daya kuda.

Paard Kracht Horse Power Tenaga kuda

Kenapa daya kuda digunakan sebagai standar satuan ?

Pada jaman dulu, seorang ilmuan sekaligus penemu mesin uap James Watt sering melakukan perbandingan antara mesin yang ia temukan dengan tenaga kuda. Alasannya pada masanya, kebanyakan masyarakat menggunakan kuda dalam berbagai alat geraknya, entah itu untuk kendaraan, penggerak mesin pabrik dan pompa air. 

Sudah menjadi keumuman kuda menjadi tenaga penggerak yang digunakan.

Oleh karenanya, agar masyarakat pada saat itu dapat menggambarkan tenaga yang dapat di berikan dari mesin yang dibuat oleh james waat, maka james watt melakukan uji coba dengan menghitung berapa daya yang umum diberikan oleh seekor kuda.

Pada saat itu james watt menghitung, jika 1 kuda dapat memutarkan mesin penggiling 144 kali dalam 1 jam yang jika di konversikan ke menit 2,4 kali /menit.

Sementara roda berputar ialah 12 kaki, maka, kuda bergerak 2.4 x 2Ï€ x 12 ft /satu menit.1 Hp/PK berapa watt kw ? menghitung

Dengan menggunakan rumus :

Daya = usaha x Jarat / 1 menit
Daya = (180 lbf) x (2,4 x 2Ï€ x 12 ft) / 1 menit
Daya = 32.572 Pound /menit

James watt mengambil kesimpulan bahwa seekor kuda mampu menarik dengan gaya 32.573 pound/menit.

Dapat disimpulkan pada saat itu, 1 Daya kuda adalah setara dengan 33000 kaki-pound per menit atau 550 kaki pound per detik yang setara juga dengan 745,7 watt

maka dapat kita tuliskan jika :
  • 1 PK = 745,7 watt
  • 1 Hp = 1,01 PS = 0,70 kW
  • 1 kW = 1,34 Hp = 1,4 PS
  • 1 PS = 0,98 Hp = 0,70 kW 
  • 1 hp (mekanis) = 33.000 kaki·lbf/mnt = 550 kaki·lbf/dtk 

baca : Apakah VA sama dengan Watt ?

Menghitung HP/PK Pada watt

Setelah kita mengetahui besaran satu HP/PK yaitu 1 HP adalah 745,7 watt, maka tinggal kalikan satau dengan berapa besaran Horse power mesin yang akansobat hitung. Misalnya :

½ HP  =   0,5   x 745,7 Watt
=   372 Watt

Jadi ½ PK adalah 372 watt


2 HP = 2 x 745 ,7 watt
=  = 1.491,4 watt

Atau sebaliknya :

Sebuah AC (Air Conditioner) memakan daya sebesar 840 watt, berapa Horse Power AC tersebut ?

840 watt /745,7 watt 
= 1,12646 HP

Menghitung Satuan ( HP-PK ) Dan Konversinya Pada Watt

Bagaimana mudah bukan ?

Factor apa yang memengaruhi HP mesin?

Output daya bervariatif dari mesin ke mesin yang khususnya bergantung pada beberapa faktor berikut :

  1. Design mesin
  2. Kemampuan /ukuran mesin
  3. Tipe bahan bakar - bensin / solar / CNG
  4. Waktu katup
  5. Jumlah katup
  6. Sistem pengangkutan bahan bakar - Karburator , MPFi / GDI / CRDi dan lain-lain.
  7. Sistem pengisian udara - Dihisap Secara Alami / Turbocharged / Supercharged dan

Kenapa mengetahui PK Mesin Penting ?

Setelah kita tahu cara menghitung atau setidaknya tahu dasar bahwa 1 HP berapa watt, sobat tentu akan lebih mudah memperkirakan berapa sih besaran listrik yang akan digunakan pada mesin tersebut. 

Sebaliknya, ketika kita tahu daya listrik yang di makan oleh beban perangkat listrik, kita akan tahu berapa HP sih daya yang dikeluarkan mesin listrik tersebut.

Baca : Cara mengukur dan Menghitung kecepatan, Arus, daya dan Torsi Motor listrik

Selain di tinjau dari sisi listrik, perhitungan PK ini juga penting di dunia Otomotif

Kurva daya pada mesin menunjukkan kecepatannya dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan pita rpm mesin. Semakin tinggi daya yang dapat dihasilkan mesin berarti dapat melakukan lebih banyak pekerjaan ATAU memberikan kinerja yang lebih tinggi. 

Misalnya pada kendaraan, untuk mencapai kecepatan kendaraan yang lebih tinggi, Sobatmembutuhkan lebih banyak tenaga. Tenaga paling berguna saat ngebut & menyalip. Kendaraan seringkali membutuhkan lebih banyak tenaga saat mendaki tanjakan karena mesin harus menarik bobot kendaraan melawan gaya gravitasi.

Untuk mendapatkan lebih banyak kecepatan, Sobat membutuhkan lebih banyak tenaga. Dan untuk mendapatkan lebih banyak tenaga, Sobat perlu membakar lebih banyak bahan bakar. Selain itu, mesin konvensional menghasilkan lebih banyak tenaga dengan biaya konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Setiap mesin mencapai Maks. Nilai tenaga saat Sobat memutarnya ke kecepatan penuh sebelum ECU memutus suplai bahan bakarnya. Jadi, pabrikan menyebutkan nilai ini di Buku Panduan Pemilik di bawah ' spesifikasi mesin '. 

Misalnya ' Daya Maksimum: 97 bhp pada 5000 rpm ' seperti yang ditunjukkan pada diagram ke-2 (Grafik Daya Mesin). Sobat membutuhkan tenaga maksimal untuk memutar mesin lebih cepat saat ngebut atau menyalip. Namun, saat melaju di jalan datar/jalan tol Sobat tidak perlu menjalankan mesin secara maksimal. daya/rpm.

Demikian ulasan kali ini tentang satuan HP (horse Power) atau PK (Paard Kracht) dan konversinya pada watt/kW. Terimakasih telah menyimak, semoga ulasan kali ini dapat membantu sobat.

Posting Komentar

Ahli Kelistrikan teknologi

Oleh Wijdan Sidiq R

Seorang Lulusan Teknik Listrik Tahun 2015, pernah juga Praktek Kerja di CV. AryaTech untuk pembuatan panel Listrik PT. Schneider Electric Indonesia. Juga pemilik Ruko Kondang Service tempat gulung dinamo dan refarasi berbagai alat elektronik bersama ayahnya yang sudah berpengalaman lebih dari 25 tahun.