Apakah VA sama dengan watt? Perbedaan Watt dan VA seperti apa? mari memahami keduanya

Apakah VA sama dengan watt? Perbedaan Watt dan VA seperti apa? mari memahami keduanya

Bismillahirrohmanirrohim

Salam teknisi, sebelumnya saya mohon maaf, karena semakin kesini, hari demi hari minggu demi minggu bulan demi bulan pembahasan akan semakin menjurus dan semakin sulit dicerna oleh pembaca pemula, termasuk saja juga. Semakin sini maka sobat akan semakin didorong untuk memahami bagaimana membedakan, rumus-rumus perhitungan dan sipat listrik yang lebih mendalam.

Amin

Terkadang, masih ada perdebatan yang sulit dijelaskan mengenai VA dan watt. Apakah VA sama dengan watt? Jika sama kenapa namanya dibedakan? Jika beda kenapa ditulis VA seperti rumus mencari watt saja! Dan banyak lagi pertanyaan yang membingungkan lainnya.

Pada dasarnya, VA dan watt sama-sama perhitungan dari Arus x tegangan. Meskipun rumus watt ditambah menjadi P = arus x tegangan cos phi. Juga sama-sama mengindetifkasikan sebuah nilai daya listrik. Namun kita harus cermat dan tahu bahwa penempatan istilah VA dan watt itu berbeda.

Kenapa berbeda?

Memang, Pada dasarnya VA dan watt adalah daya listrik. Tapi sekali lagi kita harus tahu kenapa disebut VA dan kenapa disebut Watt. VA adalah satuan yang menunjukan kapasitas daya yang dapat tertampung pada suatu rangkaian.

Sementara watt merupakan satuan daya listrik yang dimiliki dan digunakan oleh alat listrik sebagai pengkomversi energi listrik (kompor listrik, penerangan, pemanas listrik DLL)
Sederhanya VA adalah wadah dan Watt adalah isi wadah

Maka jika kita rajin memperhatikan detail daya pada suatu komponen listrik maka kita akan paham perbedaan antara VA dan watt. VA biasanya digunakan pada komponen perlindungan (circuit breaker), dan suplay arus (baterai atau KWH), penyimpan muatan listrik (baterai) atau komponen lain yang tidak bertugas untuk mengubah energi listrik menjadi energi lainnya. Yaitu komponen yang bersipat mengalirkan kembali energi listrik
Apakah VA sama dengan watt? Perbedaan Watt dan VA seperti apa? mari memahami keduanya

Sementara itu, watt biasanya  digunakan pada komponen-komponen listrik yang bersipat mengubah energi listrik menjadi energi lainnya seperti Heater yang mengubah energi listrik menjadi panas, motor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi putaran (magnet) dan lampu yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. Dengan kata lain komponen yang menggunakan istilah watt adalah pemakai energi listrik.
Apakah VA sama dengan watt? Perbedaan Watt dan VA seperti apa? mari memahami keduanya

Perhatikan gambar secangkir soda dibawah ini untuk lebih memahami perbedaan VA dan watt
Apakah VA sama dengan watt? Perbedaan Watt dan VA seperti apa? mari memahami keduanya

Pada gambar diatas dapat diambil kesimpulan bahwa VA bukanlah watt karena VA adalah kapasitas daya dan watt adalah daya yang digunakan sendiri.

Berbicara soal VA dan watt kita tidak akan lepas dari pembahasan mengenai Daya semu, daya reaktif dan daya nyata. Maka kita bahas sedikit tentang ketiga jenis daya listrik tersebut agar lebih memahami tentang perbedaan antara VA dan watt.

Kita gunakan gambar diatas sebelumnya sebagai contoh

Gambar berwarna orange adalah gambar daya nyata yang benar-benar dikonsumsi dan dibutuhkan oleh peralatan listrik atau kita analogikan sebagai air yang diperlukan untuk diminum.
Gambar berwarna kuning merupakan penjumlahan dari daya nyata ditambah reactive power. Ini bisa disebut sebagai daya listrik yang tidak dibutuhkan. Gambar kuning disebut daya reaktif

Apa itu daya reaktif?

Daya reaktif adalah daya yang diserap oleh peralatan listrik yang bersifat induktif. Sipat induktif ini identik dengan peralatan listrik yang memiliki komponen berupa lilitan didalamnya, contoh: Heater elemen pemanas pada dispenser dan rice cooker, motor kompresor pada AC dan kulkas, ballast pada lampu, komponen elektronika pada televisi dan lain-lain.

Mulai sekarang, tidak ada salahnya sobat dipaksa untuk mengetahui tentang daya reaktif ini karena memang tidak bisa dipisahkan kaetika ingin memahami tentang perbedaan VA dan watt maka kita harus paham tentang daya Reaktif.


Contoh sederhana penggunaan VA dan watt

Mari kita ambil contoh paling umum yaitu penggunaan VA dalam KWH sebagai kontrak antara PLN dan konsumen. Bisa kita analogika sebuah wadah penampungan. Hal ini mengartikan bahwa pemakaian listrik konsumen dengan kapasitas daya kontrak sebesar wadah tersebut.

Jika air melebihi kapasitas wadah tersebut maka akan ada tumpahan air. Dalam kejadian akual inilah yang menyebabkan MCB di KWH “ngejeglek” atau dalam bahasa kelistrikannya “Trip”.


Itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan antara VA dan Watt. Sama sama satuan sebuah daya listrik namun berbeda fungsi. Itu sederhananya. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian.

0 Response to "Apakah VA sama dengan watt? Perbedaan Watt dan VA seperti apa? mari memahami keduanya"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL