5 Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Bismillahirrahmaanirrahiem

Ini Dia Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah untuk dijadikan sebagai sarana hiburan. Ya, salah satunya dengan memelihara berbagai jenis ikan hias yang disimpan di dalam aquarium. 

Berbicara soal aquarium, tentu saja tidak akan bisa lepas dari sebuah alat yang berupa pompa. Lantas, apa fungsi dari pompa aquarium tersebut? Mari kita ulas pengertian pompa Aquarium, fungsi dan rekomendasi produknya.

Baca juga : Jangan salah! Begini Tips memilih Pompa Air Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Pengertian Pompa Aquairum

Pompa aquarium berfungsi untuk menyalurkan air dari tangki penyaringan sesaat sebelum dikembalikan lagi ke dalam aquarium. Dengan adanya pompa, maka kotoran yang ada di dalam aquarium akan tersaring olehnya. 

Tak hanya membantu untuk membersihkan aquarium, ternyata pompa tersebut juga berperan untuk meningkatkan kadar oksigen bagi ikan peliharaan. Dan itu fungsi utamanya.

Selain bermanfaat terhadap hewan peliharaan, bahkan oksigen ini pun berdampak bagus untuk biota lainnya seperti tanaman air, batu koral, hingga bakteri yang ada di dalam aquarium. 

Lebih dari itu, penggunaan pompa air juga dapat dihubungkan ke bagian pengatur suhu air. Itu artinya, Sobat dapat membuat biota air di dalam aquarium agar tetap nyaman dengan suhu air yang ideal. 

Akan tetapi, pompa aquarium itu sendiri terbagi lagi kedalam beberapa jenis yang berbeda lho. Adapun mengenai beberapa jenis pompa aquarium yang harus Sobat ketahui seperti berikut:

Power Head Aquarium
Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Sisa-sisa pakan (makanan ikan) dan kotorannya merupakan beberapa faktor yang bisa membuat air di dalam aquarium menjadi keruh. Tentu saja kondisi air yang keruh akan berdampak buruk bagi kesehatan ikan peliharaanmu. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penggunaan pompa jenis Power Head Aquarium merupakan pilihan paling tepat. Biasanya pompa Power Head akan dipasang di dalam tangki aquarium yang berfungsi untuk menarik air masuk ke dalam filter. 

Sesudah air melewati filter, maka air yang sudah dibersihkan oleh pompa Power Head akan dikembalikan lagi ke dalam aquariumnya. 

Pompa Aquarium Aerator
Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Berbeda dengan jenis Pompa Aquarium Aerator, dimana ia berperan untuk memastikan kadar oksigen yang ada didalam aquarium. Dengan kata lain, jenis Pompa Aquarium Aerator ini akan bekerja dengan cara memompa udara masuk ke dalam aquarium. 

Sehingga nantinya aerator akan dipadukan dengan air stone guna menciptakan gelembung udara, sehingga mampu meningkatkan kadar oksigen secara terlarut. 

Akan tetapi, sebenarnya jenis pompa power head juga bisa menciptakan oksigen. Namun, Pompa Aquarium Aerator bisa dijadikan solusi tepat ketika terjadi pemadaman listrik di rumahmu. 

Pompa Aquarium Flow Rate

Selanjutnya ada jenis Pompa Aquarium Flow Rate yang mana ukuran kapasitasnya bisa disesuaikan dengan ukuran aquarium milikmu. Sebagai contoh, jika kapasitas aquarium di rumah itu mencapai 300 liter, maka pompa tersebut akan menyediakan flow rate 10 sehingga dapat mensirkulasikan sebesar 3000 liter per jamnya. 

baca juga : Penyebab pompa air tidak menghisap air

6 Rekomendasi Merk Pompa Aquarium Terbaik

Setelah membahas seputar jenis-jenis pompa aquarium beserta fungsinya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai rekomendasi merk pompa aquarium yang terbaiknya seperti di bawah ini:

1. Amara AA-350

Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Merk pompa aquarium terbaik pertama yang direkomendasikan untuk Sobat, yaitu bernama Amara AA-350. Pompa ini hadir dengan dua output yang dapat digunakan secara bersamaan, serta memiliki kemampuan yang juga sama. 

Itu artinya, pompa Amara AA-350 bisa Sobat gunakan pada dua aquarium yang berukuran kecil. Mengenai kemampuannya, pompa Amara AA-350 mampu membuat sirkulasi sampai 210 air pada setiap jamnya. 

Bukan hanya itu, konsumsi daya listriknya pun hanya membutuhkan sekitar 5 watt saja. Bahkan yang lebih menariknya lagi, pompa Amara AA-350 ini bisa Sobat dapatkan dengan rentang harga Rp 36 ribu hingga Rp 40 ribuan saja lho. 

2. Yamano ACT 5800

Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Selain Amara AA-350, Yamano ACT 5800 juga merupakan salah satu merk pompa aquarium terbaik yang pastinya jangan sampai Sobat lewatkan. Yamano ACT 5800 ini bisa dibilang sebagai pompa tipe amphibi sehingga bisa digunakan pada air tawar maupun air laut. 

Cara pengaplikasiannya juga sangatlah mudah, yang mana Sobat bisa langsung mencelupkannya ke dalam aquarium atau digantung. Sesuai dengan julukan produknya, pompa tersebut memiliki kapasitas 5800 liter per jam. 

Pastinya Yamano ACT 5800 sangat direkomendasikan untuk keperluan sirkuasi aquarium berukuran besar, kolam ikan, sirkulasi system hidroponik, pengurasan toren air, hingga air mancur. Pompa Yamano ACT 5800 juga memiliki beberapa keunggulan, seperti tidak berisik, rendah watt, tahan lama, serta daya dorongannya yang begitu kuat. 

Akan tetapi, untuk mendapatkan pompa Yamano ACT 5800 ini Sobat harus mengeluarkan uang dengan kisaran harga Rp 515 ribu sampai Rp 545 ribuan. 

3. Resun Surpass Air Pump AIR-8000

Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Salah satu keunggulan dari merk pompa aquarium yang satu ini, yakni kemampuannya yang dapat memutar air sampai 180 liter per jam. Bukan hanya itu, pompa Resun Surpass Air Pump juga memiliki 4 cabang outpout yang bisa digunakan secara bersamaan sehingga sangat ideal diaplikasikan untuk dua aquarium berukuran kecil. 

Tentu saja hal ini akan membuatmu lebih hemat untuk memelihara ikan hias maupun biota air lainnya dalam dua aquarium berbeda. Bahkan, konsumsi listriknya hanya mencapai 8 watt saja. Namun, pompa Resun Surpass Air Pump ini hanya dapat Sobat pasang di luar aquarium. 

Meski dipasang di luar aquarium, tetapi ia sama sekali tidak mengeluarkan suara berisik. Adapun mengenai harga pompa Resun Surpass Air Pump yang dibanderol dengan kisaran Rp 262 ribu hingga Rp 316 ribuan. 

4. Hidom Aquarium Pump HP-6000

Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Seperti halnya Yamano ACT 5800, Hidom Aquarium Pump HP-6000 juga merupakan tipe pompa amfibi. Kendati demikian, harga yang ditawarkannya jauh lebih terjangkau lho. Tentu saja merk pompa aquarium yang satu ini sangat ideal bagi kalangan pelajar yang hendak memelihara berbagai jenis ikan hias. 

Hidom Aquarium Pump HP-6000 dapat menghasilkan perputaran air sampai 2.500 liter per jam. Hal iu bukan tanpa alasan, karena ia memiliki tingkat kecepatan yang cukup besar sehingga tidak akan menimbulkan suara berisik ketika dinyalakan. 

5. Leecom AU-312

Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Lagi nyari pompa air yang bentuk desainnya stylish dan tidak menimbulkan suara berisik? Jika iya, maka Leecom AU-312 ini merupakan pilihan yang paling tepat. Menariknya lagi, pompa Leecom AU-312 ini tampil dengan ukuran ringkas sehingga membuatnya mudah disimpan dimana saja. 

Dibalik ukurannya yang terbilang mungil, ia mampu membuat sirkulasi air sampai 120 liter per jamnya. Tak cuma itu, Leecom AU-312 juga hanya membutuhkan daya listrik sebesar 1,5 watt saja. Sehingga tak heran jika Leecom AU-312 selalu diandalkan untuk membuat aquarium minimalis di rumah. 

Baca juga : Cara merawat Pompa air agar awet

Lantas, bagaimana dengan harganya? Jika berminat, Leecom AU-312 ini bisa Sobat dapatkan dengan kisaran harga Rp 40 ribu hingga Rp 64 ribuan saja. 

Demikian pembahasan mengenai merk pompa aquarium terbaik. Silahkan beli pompa aquarium yang benar-benar sesuai keinginan kebutuhan sobat.

Posting Komentar untuk "5 Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!"