untuk informasi lengkap mengenai listrik dalam bentuk video sobat bisa berkunjung ke channel youtube kami



6 Penyebab Pompa air tidak dapat mengeluarkan Air

Penyebab pompa air tidak dapat mengeluarkan air dan cara mengatasinya
Bismillahirrohmanirrohim

Pompa air adalah salah satu mesin yang sangat bermanfaat dan banyak digunakan di kehidupan sehari-hari kita. Hampir setiap bangunan, baik rumah, Hotel atau jenis hunian lainnya pasti membutuhkan Jasa dari penyedot air otomatis ini.

Gimana tidak,.. Pompa air ini sangat membantu sekali untuk mempermudah dan mempercepat kinerja kita untuk menyalurkan air. Kita sekarang gak perlu repot-repot lagi untuk mengayuh Rol ke sumur untuk mengambil air jernih. Cukup dengan mencetrekan saklar maka air akan mengalir ke bak sobat dengan cepat dan mudah.

Maka, sangat penting bagi sobat untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi pada pompa air ini agar nantinya sobat bisa mengetasinya sendiri. Namun tetap saja, Untuk masalah sulitnya serahkan saja pada ahlinya, seperti kami di Kondang Sevice.... hehe

Salah satu dan masalah terbanyak dialami oleh orang-orang pada pompa airnya adalah tidak mau mengeluarkan air.

Yah mengeluarkan air, atau tidak mau menghisap air...

Meskipun Sobat sudah mencoba menghidupkan dan mematikannya berkali-kali tetapi saja tidak air yang mau keluar atau mengalir.

Ok, bagi sobat yang penasaran kenapa sih Pompa air di rumah tetap saja tidak mengeluarkan air dan mencoba ke web kami untuk menemukan solusinya, mari kita bahas bersama-sama berbagai penyebab pompa air tidak keluar air dan cara mengatasinya....

1. Penyebab Pertama : Volume air Berkurang


Ini hal yang perlu di sadari sebelumnya. cek terlebih dahulu Apakah air masih tersedia dalam sumber air atau sudah surut, karena Pompa air tidak akan bisa menghisap air bila tidak ada air.
6 Penyebab Pompa air tidak dapat mengeluarkan Air

Untuk masalah ini, sobat bisa perpanjang pipa hisap agar sampai ke posisi air, atau bisa juga dengan memindahkan posisi pompa air itu sendiri menjadi lebih dekat pada sumber air. Namun untuk air yang benar-benar kering, Berdo'a saja pada Allah agar bisa diberi Rezeki air

2. Tusen Klep tidak bekerja dengan baik


Jika pompa air sobat tidak mau menghisap air, akan tetapi setelah di pancing menggunakan air terlebih dahulu, pompa air berjalan dan bisa mengeluarkan air, berarti Tusen klep anda bermasah.

Sebagaimana fungsi dari tusen Klep adalah untuk mencegah air masuk kembali ke sumber air. Sehingga tidak ada udara didalam mesin Pompa dan sedotan dapat dengan mudah di lakukan tanpa harus melakukan pancingan terlebih dahulu.

bagi yang belum tahu tusen klep bisa baca : Cara cek tusen klep pompa air baik atau sudah rusak sebagai penyebab pompa air harus di pancing

Untuk mengatasi permasalah kedua ini, Sobat bisa membuka tusen klep ini dan periska, apakah ada batu atau benda lain yang mungkin saja mengganjal. ganjalan dari benda padat seperti batu ini bisa membuat tusen klep tidak menutup ketika pompa berhenti bekerja sehingga air kembali mengalir kedalam sumber air.

bagi anda yang masih kebingungan bagaimana tusen klep tersebut bekerja, bisa lihat gambar dibawah ini agar lebih memahaminya
cara cek tusen klep pompa air baik atau sudah rusak penyebab pompa air harus dipancing
pada gambar diatas dijelaskan bahwa tusen klep menahan agar air yang berada diatas tidak mengalir kebawah dengan ditahan oleh penahan dari karet.
cara cek tusen klep pompa air baik atau sudah rusak penyebab pompa air harus dipancing
ketika pompa air bekerja, daya hisap air dari pompa air akan menyedot atau menghisap air dan membuka bagian penahan air dari karet sehingga air dari sumber air (sumur) dapat terhisap.
alangkah lebih baik lagi jika pada bagian penghisap air diberi saringan untuk menghindari benda-benda padat ikut terhisap

Untuk mengecek apakah tusen klep ini sudah bekerja dengan baik atau tidak, sobat bisa memeriksa dengan menuangkan air pada bagian atas tusen klep dan lihat apakah air tersebut tergenang atau menyusut, jika tergenang berarti tusen klep sudah bekerja dengan baik dan jika menyusut berarti masih ada masalah disana.

Perhatikan juga bagin Pegas pada tusen klep apakah dalam keadaan baik atau sudah rusak...

3. Kebocoran pada bagian Pipa Hisap


Jika sobat sudah mencoba mengatasi pompa air yang tidak mengeluarkan air dengan cara pertama dan kedua namun masih belum ada perubahan, maka mungkin saja bagian pipa hisap mengalami kebocoran, sehingga udara masuk.

Ingat....

cara kerja agar pompa air dapat menghisap air adalah dengan bagian penghisapan yang hanya menghisap air bukan zat padat ataupun udara.

Sehingga memperhatikan bagian pipa hisap ini sangatlah penting untuk dilakukan.

Untuk pemeriksaan pipa hisap apakah bekerja  baik atau tidak, sobat bisa melepas pipa hisap pada pompa air soba dan tes dengan meniup pipa hisap tersebut, apakah ada udara yang sobat tiupkan tersendat atau keluar, (untuk cara meniupnya seperti sobat meniup balon)

Jika ketika ditiup tidak ada udara yang terasa keluar berarti pipa hisap dalam keadaan baik. namun jika ada udara yang keluar berarti pipa hisap pompa air sobat ada kebocoran, bisa cari sumber kebocoran ini dan  tutup dengan menggunakan karet.
6 Penyebab Pompa air tidak dapat mengeluarkan Air
maaf gambar sobatnya jelek... hehe

namun cara cek pipa hisap ini dapat bekerja bila Tusen klep sobat sudah terpasang dengan baik dan dalam keadaan baik.

4. karet penghubung antara plenes dan Pompa air


bagi sobat yang tidak tahu Plenes, nih gambarnya :
6 Penyebab Pompa air tidak dapat mengeluarkan Air
nah, dibagian itu ada karet penghubung ke Pompa air, Fungsi karet itu sama saja dengan karet lainnya pada pompa air, yaitu untuk mencegah kebocoran. pada bagian ini biasa mengalami kerusakan.

Untuk mengecek bagian ini, sobat bisa mengetes Pompa air ini tanpa menggunakan Plenes, langsung saja tutup lubang penghisap air pompa air sobat dengan telapak tangan dan beri air pancingan sedikit kemudian coba nyalakan pompa air,

Jika terjadi hisapan pada tangan, berarti pompa air bekerja dengan baik, sobat tinggal ganti karet tersebut dengan yang baru dan pasangkan kembali plenes dengan rapat.

5. Bagian tutup Impelernya coba perhatikan


Jika 4 penyebab dan cara mengetasi diatas masih belum mempan untuk mengatasi masalah pompa air sobat, coba perhatikan bagian penutup impellernya sob... itu tuh bagian paling depan pompa air sumur dangkal sobat yang dibaut 3 atau 4 baud.

Coba ganti karet penutup impller ini dengan yang lebih besar, karet penutup impeller bisa sobat dapatkan di toko refarasi. atau bagi sobat yang sulit menemukan karet ini bisa menggulung karet ini menggunakan solatif agar lebih tebal.

silahkan coba lagi....

6. permasalah pada Seal Pompa air


Untuk masalah nomor 5 memang cukup jarang terjadi, namun untuk masalah poin 6 ini, sangat sering terjadi. Ciri permasalah pada bagian seal ini adalah adanya air yang keluar lewat bagian leher pompa air,
6 Penyebab Pompa air tidak dapat mengeluarkan Air

Bagian leher pompa air ini terletak pada bagian penghubung antara Dinamo motor listrik pompa dan Impeller penghisap air.

Jika terdapat tetesan air pada bagain ini, maka sudah dipastikan bahwa kerusakan ada pada bagian ini. maka untuk mengatasinya, sobat bisa membuka bagian seal ini.

posisi seal terletak pada bagian dalam kepala Pompa air sehingga, jika sobat ingin membukanya, sobat harus membuka penutup Impeller, Impellernya, kemudian pengunci spi nya kemudian sealnya.

Untuknya, saya sudah membahasnya pada pembahasan lain agar lebih detail dan lengkap, Jadi untuk mengatasi Penyebab ke enam ini, saya sangat menyarankan sobat untuk membaca ini : Panduan mengganti Seal untuk memperbaiki pompa air yang Bocor

Jika sudah mengganti seal, mengganti dan memperbaiki bagian tutup impeller, bagian plennes, bagian pipa dan bagian tusen klep namun masih belum juga menyedot air, mungkin permasalah terletak pada Dinamo Motor listriknya.

Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan pada ahlinya... karena memang sangat sulit untuk memperbaiki kerusakan pada motor listrik pompa air.

pada intinya perhatikan potensi-potensi kebocoran, dan 4 dari 6 penyebab pompa air tidak dapat mengeluarkan air adalah disebabkan karena kebocoran.

Untuk info lebih lengkap, sobat bisa membuka video yang baru saja dibuat ini :
Demikian ulasan kali ini, semoga bisa membantu sobat dalam memperbaiki pompa airnya. jangan lupa juga untuk mampir ke channel youtube kami dan subscribe... Jika sobat suka dengan artikle ini jangan sunkan untuk membagikannya ke facebook dan sosial media lainnya.

1 Response to "6 Penyebab Pompa air tidak dapat mengeluarkan Air"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL