untuk informasi lengkap mengenai listrik dalam bentuk video sobat bisa berkunjung ke channel youtube kami



3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun

Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun 

Bismillahirrohamirrohim

Salam Teknisi, semoga sobat teknisi yang berkunjung ke blog ini selalu terjaga kesehatan dan terlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan. Aamiin. Berbicara Merawat tentu seakan-akan itu merupakan kegiakan yang mengharuskan kita melakukannya berkali-kali dan rutin.

Padahal sebetulnya, hanya perlu beberapa cara ini saja pompa air yang sobat punya bisa digunakan bertahun-tahun. Hanya saja, saya tidak menemukan kata yang pantas untuk mewakili pembahasan saya kali ini selain merawat.

Ada dua cerita yang memicu atau memotivasi saya untuk menulis cara merawat pompa air ini. yang pertama adalah cerita dari salah satu klien kami, sebut saja Bapak Agus dan bapak Ian
3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun
pompa air jet pump

Cerita Bapak Agus

bapak Agus datang ke tempat service kami dengan membawa sebuah pompa air yang terlihat sangat bagus, dengan warna cat yang masih jelas, kondisi baud yang masih presisi serta aksesoris yang masih lengkap.

Sederhana saja, beliau datang ketempat kami hanya untuk mengganti bearing pada pompa airnya yang memang sudah agak berisik. Kondisi Dinamo motor, impeler, seal dan lainnya masih normal dan bagus.

Padahal....

Menurut beliau, Pompa airnya sudah berusia 22 tahun dan tidak pernah di bongkar sebelumnya. Dan sebetulnya belum mengalami kerusakan, hanya karena suaranya yang sudah agak berisik dia ingin mengganti Bearing.

 Cerita Bapak Ian

Bapak Ian datang ketempat service kami dengan membawa sebuah pompa air yang terlihat masih mulus, seperti keadaan baru, namun dengan kondisi mesin pompa air basah dan tentu ketika kami periksa Dinamo motor atau lilitan pompa airnya sudah rusak.

Seperti biasanya, proses perbaikan pompa air dilakukan dengan menggulung ulang dinamo tersebut hingga pompa air miliki bapak Ian bisa digunakan kembali.

Bapak Ian pun membawa pompa air tersebut untuk digunakan dengan pesan dari kami agar menghindarkan pompa air supaya tidak terkena genangan air masuk kedalam mesin pompa.

Selang beberapa hari, Bapak Ian kembali datang membawa Pompa yang sama dan bilang bahwa Pompanya rusak kembali. Kami berusaha menerangkan bahwa baik pompa air baru atupun bekas, jika kebanjiri air padahal mesin dalam keadaan hidup tentu rusak.

Akan tetapi,, Beliau bersikeras memaksa kami melakukan perbaikan secara Free karena memang ditempat kami menyediakan layanan Garansi service....

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kedua cerita tersebut

Pompa air seharusnya, mampu bertahan bertahun-tahun bahkan hingga 20 tahun jika dirawat dengan benar. Dan sebaliknya, jika tidak dirawat dengan benar, pompa air satu haripun bakalah langsung rusak.

Dengan adanya dua kisah .... :) ya dua kisah diatas, sangat memotivasi saya untuk menulis pembahasan ini. Tentang bagaimana sih merawat pompa air agar bisa bertahan hingga puluhan tahun seperti pompa air miliki Bapak Agus.

Ok langsung saja

1. Perhatikan Posisi Pompa air

3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun

Poin nomor satu ini merupakan poin utama dan yang paling penting untuk sobat lakukan. Dimana penempatan pompa air tidaklah sembarangan. diperlukan petimbangan sangat matang untuk meletkana pompa sehingga pompa berada ditempat yang tidak akan terkena air.
3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun

baik itu air luapan dari sumber air ataupun air hujan yang bisa membasahi pompa. Sebaiknya, pasanglah pompa pada posisi yang dekat dengan sumber air, namun terhindar dari luapan air yang mungkin saja naik dan menggenangi mesin pompa air.

selain itu juga. sebaiknya hindarkan dari kayu dan tanah, karena benda tersebut dapat dilalui rayap dan mungkin saja rayap atau semut masuk kedalam mesin pompa dan memberikan kejala yang kurang baik pada pompa air.

2. Pasanglah perlengkapan pompa air dengan lengkap

baca selengpanya : cara memasang pompa air sumur dangkal dengan berbagai perhitungan

Perlengkapan pompa air disini maksudnya adalah
  • Tusen klep
  • saringan
  • Radar
  • termostat
  • pressure switch
Tusen klep merupakan alat yang berfungsi untuk menahan air agar tidak kembali kesumber air ketika pompa tidak digunakan. Sehingga ketika pompa air akan digunakan, pada bagian pipa hisap dan kepala pompa air sudah terdapat air dan mempermudah kinerja pompa.

3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun
tusen klep dan saringan
tanpa tusen klep, air akan jatuh kembali kedasar air dan ketika pompa digunakan maka pompa harus bekerja lebih ekstra serta lama untuk menarik air kedalam pompa dan pompa yang bekerja tanpa air akan cepat rusak terkhusus pada bagian impeller dan seal.

hal tersebut tentu sangat merugikan...

Saringan ini berfungsi untuk mencegah kerikil dan bahan-bahan selain air lainnya masuk kedalam pompa. karena hal itu bisa menyebabkan kerusakan pada pompa seperti pompa air macet, lambat, bahkan tidak berputar dan mempercepat rusaknya impeller.

Pelampung Radar atau banyak orang bilang sebuah otomatis yang berada pada bagian penampungan air. Berfungsi untuk mematikan pompa air bila air sudah penuh dan menghidupkan kembali pompa ketika air sudah mulai surut.
3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun
pelampung Radar

Tentu Radar ini sangat penting agar penggunaan pompa lebih efektif dan efesien, sehingga kita tidak perlu lagi mematikan pompa secara manual karena khawatir nanti mungkin bisa lupa dan pompa bekerja terlalu lama yang menyebabkan kerusakan.

Termostat. Untuk alat satu ini sebetulnya sudah terpadang didalam mesin pompa air. tepatnya pada lilitan pompa air. Alat ini sangat penting untuk tersedia agar ketika mesin pompa mengalami panas yang tidak wajar, maka termostat akan otomatis mematikan pompa air.

Pressure switch ini merupakan alat yang berfungsi untuk mematikan pompa air bila keran ditutup. Peran pressure switch ini sangat penting apalagi bagi penampungan air yang menggunakan keran agar menghindarkan pompa air untuk bekerja terus menarik air sementara pipa pendorong tidak mengeluarkan air.

selengkapnya : cara memasang Pressure switch pompa air

............. ............. ..............

sebetulnya dengan melukan 2 cara diatas kami yakin pompa air sobat pasti lebih awet, dan bisa diaplikasikan pada semua jenis pompa air.

3. Pilihlah Pompa air yang memiliki kualitas tinggi

baca selengkapnya : tips memilih Pompa air yang sesuai kebutuhan

maksud poin ini adalah karena kami melihat disekitar kami banyak sekali yang menggunakan pompa kurang berkualitas. terbuat dari bahan besi dan spare part yang berkualitas rendah tentu dengan menggunakan bahan besi atau bahan lain yang mudah berkarat tidak akan membuat pompa air bekerja dengan baik dan awet.

Pilihlah pompa air yang sudah terkenal kualitasnya seperti Sanyo, Panasonic dan Shimizu. Terkhusus untuk Sanyo dan panasonic, akhir-akhir ini untuk seri paling murahnya itu dibekali dengan lilitan alumunium sehingga tidak akan menjamin pompa awet.

jika sobat ingin menggunakan pompa air Sanyo atau Panasonic, sebaiknya pilih yang agak mahalan dan dengan bobot yang lebih berat karena dibekali dengan lilitan tembaga.

sementara untuk pompa air shimizu ini memang pada bagian lilitan kami belum menemukan yang terbuat dari alumunium, akan tetapi dengan body terbuat dari besi tentu penempatan pompa air shimizu ini harus sangat diperhatikan.

baca selengkapnya : perbandingan antara sanyo, shimizu dan Panasonic

Kesimpulan

Perhatikan posisi pompa air agar tidak terkena air baik itu air luapan dari sumber air atau air hujan, perhatikan juga perlengkapan pompa air seperti tusen klep, saringan dan Radar dan yang terakhir perhatikan juga kualitas pompa air.

Nah Mungkin itu saja pembahasan kali ini mengenai 3 cara Teknisi merawat pompa air agar bisa digunakan bertahun-tahun, awet serta tidak mudah rusak.

semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Mohon maaf bila ada pembahasan yang kurang berkenan, karena kesalahan ada pada diri saya dan kebenaran hanya miliki Allah Subhanawataala

0 Response to "3 Cara Teknisi Merawat Pompa air Agar bisa digunakan bertahun-tahun"

Post a Comment

Mampir ke channel Youtube ku

Klik subscribe ke Channel Kelistrikanku TV untuk mendapatkan info mengenai listrik, service, dan hal-hal yang berkaitan dengan Teknolgi lainnya

sobat juga bisa berlanggan dengan menuliskan email Kolom bawah ini

Submit email mu agar tidak ketinggalan update terbaru dari kami

Paling Populer