Begini Cara Menjernihkan Air Aquarium Dan Menjaganya Tetap Bersih

Bismillahirrahmaanirrahiem

Sobat Ingin Tahu Cara Mudah Menjernihkan Air Aquarium? 

Cara menjernihkan Air Aquarium

Bagi para pecinta ikan hias, tentu saja aquarium menjadi salah satu benda yang wajib ada. Pasalnya, aquarium merupakan tempat atau wadah yang umumnya digunakan untuk memelihara berbagai macam jenis ikan hias. 

Tak hanya berfungsi sebagai tempat menampung ikan hias, keberadaan aquarium juga dapat mempercantik tampilan ruangan rumah lho. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemiliknya untuk senantiasa menjaga kebersihan air di dalam aquarium. 

Namun, ternyata masih ada saja sebagian dari pecinta ikan hias yang tidak paham mengenai cara menjernihkan air aquarium tersebut. 

Tapi Sobat tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips simple seputar cara mejernihkan air aquarium. 

Baca juga : Gunakan Tips Simple Mencegah Lumut Ini Agar Tandon Air Tetap Bersih

Berbagai Cara Menjernihkan Air Aquarium
Begini Cara Menjernihkan Air Aquarium Dan Menjaganya Tetap Bersih

Ada beberapa cara menjernihkan air di Aquarium. Dibawah ini kita akan lihat :

1. Cara Menjernihkan Air Aquarium Secara Alami

Berbicara soal cara alami untuk menjernihkan air aquarium, setidaknya ada beberapa langkah-langkah yang harus Sobat lakukan seperti berikut:

Memberi Makan Ikan Secukupnya Saja

Pemberian makan ikan hias merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab menurunnya tingkat kejernihan air di dalam aquarium. Sedari itu, Sobat harus memahami dulu mengenai kebiasaan serta karakteristik dari ikan hias tersebut. 

Pasalnya, hal ini bertujuan agar Sobat bisa mengetahui takaran porsi makanan ikan hiasnya. Selain itu, perhatikan juga kapan waktu yang ideal untuk memberi makan ikan, dan beberapa kali dalam sehari harus memberikan makannnya. 

Apabila Sobat terlalu sering memberi makan ikan tanpa ada jadwal yang teratur, maka kebiasaan ini bisa dibilang sebagai kegiatan yang sia-sia lho! Pasalnya, semua makanan-makanan yang Sobat beri itu belum tentu akan dilahap habis oleh ikan. 

Sehingga sisa-sisa makanannya akan terombang-ambing yang membuat air aquarium menjadi keruh dan kotor. Jika Sobat sudah mengetahui kapan waktu yang cocok untuk memberi makanan, Sobat juga harus mengetahui porsi makanan ikan pada setiap harinya. 

Dengan begitu, tingkat kejernihan air aquarium akan tetap terjaga karena tidak tercemari oleh sisa-sisa makanan ikan. 

Mengganti Air Aquarium Secara Rutin

Ini dia salah satu kegiatan yang wajib dilakukan untuk menjaga kejernihan air serta kesehatan ikan hiasnya. Disarankan bagi Sobat untuk mengganti air aquarium secara rutin, minimalnya 1 kali dalam seminggu. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kotoran ikan yang dibiarkan bisa menyebabkan air aquarium menjadi kotor dan memicu penyakit. Saat hendak melakukan pergantian air, maka Sobat harus menyiapkan air yang baru satu hari sebelum dilakukan proses pengurasan. Mengapa demikian?

Pasalnya, ada beberapa jenis ikan hias yang biasanya tidak bisa langsung beradaptasi dengan kondisi air yang baru. Oleh karena itu, sebaiknya air yang baru tersebut didiamkan terlebih dulu selama 1 hari. Ketika proses pengurasan dimulai, silahkan pindahkan ikan-ikannya ke dalam air yang sudah didiamkan semalaman tadi. 

Cara menjernihkan aquarium alami

Ketika memindahkan ikan, sebaiknya dilakukan secara perlahan agar tidak membuat mereka stress yang berujung dengan kematian. Sehingga Sobat bisa menguras air aquarium  tanpa harus mengkhawatirkan kondisi ikan. 

Disamping itu, jangan lupa juga untuk membersihkan semua permukaan kaca aquarium. Bila perlu, Sobat bersihkan bagian batu-batu kerikil hingga aksesoris aquarium lainnya dengan menggunakan sikat sampai bersih. 

Menggunakan Filter

Selain mengganti air secara rutin, penggunaan filter juga merupakan hal yang wajib Sobat lakukan untuk menjaga tingkat kejernihan air aquarium. Ya, sebab alat yang satu ini aka bekerja dengan cara menyaring seluruh kotoran yang ada di dalam aquarium. 

Bukan hanya itu, filter juga sangat berpengaruh dalam menyediakan pasokan oksigen berkat adanya perputaran air yang dapat menciptakan gelembung-gelembung penghasil oksigen. Agar kejernihan dan kebersihan air aquarium terjaga, maka filter tersebut harus dinyalakan 24 jam non stop. 

Apabila kondisi filternya sudah dipenuhi dengan kotoran, maka Sobat harus segera mencucinya sampai bersih agar bisa digunakan lagi ke dalam aquarium. Selain itu, perhatikan juga bagian selang filter dan pastikan bahwa kondisinya dalam keadaan bersih. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena selang filter merupakan bagian yang paling sering dihinggapi oleh berbagai jenis kotoran. 

Mengganti Spons Pada Filter

Tak hanya bagian selang, penting juga bagi Sobat untuk memperhatikan kondisi spons atau kain penyaring pada filternya. Seandainya spons filter tersebut sudah terlihat kotor, segera cuci hingga benar-benar bersih. 

Namun, alangkah lebih baik lagi jika Sobat memiliki spons cadangan. Jadi, ketika salah satu sponsnya di cuci, maka Sobat bisa menggunakan spons satunya lagi untuk menunjang performa filter. 

2. Cara Menjernihkan Air Aquarium Dengan Arang

Arang yang selama ini kita kenal selalu di identikkan dengan aktivitas bakar membakar makanan. Namun tahukah Sobat? Ternyata arang juga bisa digunakan untuk menjernihkan air aquarium lho. 

Cara penggunaannya pun terbilang mudah, yang mana Sobat hanya perlu menempatkan beberapa arang ke dalam kotak filter yang sudah disediakan air. Sehingga nantinya air yang terkena arang didalam filter akan mendapatkan zat yang dapat membuat air menjadi lebih jernih. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, keberadaan arang di dalam filternya mampu menghilangkan zat klorin pada air aquarium lho. 

Baca juga : Begini Tips Mudah Membuat Saringan Untuk Air Sumur

Rahasia Air Aquarium Tetap Jernih
Rahasia Aquarium agar tetap Jernih

Selain dengan cara-cara diatas tadi, masih ada lagi cara lainnya yang bisa Sobat lakukan untuk membuat air didalam aquarium tetap jernih. Ya, cara yang dimaksud adalah dengan mencari area-area pertumbuhan bakteri. 

Biasanya bakteri akan tumbuh ketika Sobat selesai melakukan perubahan pada tangki aquarium, seperti mengganti air aquarium, proses pembersihan secara menyeluruh, atau ketika mengobati ikan. Sehingga tak heran jika airnya menjadi keruh akibat ada pertumbuhan bakteri meski sudah dilakukan pembersihan. 

Tapi Sobat tidak perlu khawatir, karena air keruh yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri itu akan menyeimbangkan diri dalam beberapa hari kemudian. Setelah itu, maka air didalam aquarium akan kembali jernih dengan sendirinya. 

Selain itu, penting juga bagi Sobat untuk melakukan penyesuaian ketika ada penambahan ikan. Misalkan Sobat akan menambahkan ikan berukuran besar ke dalam aquarium yang sebelumnya ada ikan-ikan berukuran kecil, maka system penyaringan aquarium akan terbebani. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, Sobat harus memasang system penyaringan yang berbeda. Atau, Sobat juga mengurangi jumlah ikan yang ada di dalam aquarium. 

Baca juga : Ingin Tahu Cara Memilih Toren Air yang Sesuai Kebutuhan?

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Filter Air Aquarium Tetap Jernih?
Cara membuat Filter Aquarium

Disarankan bagi Sobat untuk mengecek semua filter pada setiap bulannya, kemudian lakukan pergantian seandainya memang harus diganti. Disamping itu, Sobat juga harus melakukan pengecekan filtur seminggu sekali untuk mengetahui apakah didalamnya terdapat endapan yang bisa menghambat. 

Apabila kotor, segera bersihkan dengan benar. Sobat pun harus selalu membaca buku panduan penggunaan pompanya agar ia bisa terpasang dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya, pompa tersebut berperan sebagai peng-aerasi aquarium dengan oksigen. 

Posting Komentar untuk "Begini Cara Menjernihkan Air Aquarium Dan Menjaganya Tetap Bersih "