Ingin Tahu Cara Memilih Toren Air yang Sesuai Kebutuhan?

Bismillahirrohmanirrohim

Salam teknisi sob...   Tentunya kita semua sudah tahu bahwa air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi seluruh makhluk hidup. Begitu pun dengan manusia, yang mana kehidupan kita tidak bisa lepas dari keberadaan air. 

Tips memilih toren air yang sesuai kebutuhan

Tak hanya digunakan untuk kebutuhan minum, bahkan air juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, seperti mandi, mencuci pakaian, mencuci kendaraan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, keberadaan tandon atau toren menjadi hal yang wajib dimiliki karena fungsinya sebagai media penampung air. 

Semakin besar ukuran tandon yang kita beli, maka akan semakin besar pula daya tampungnya. Nah, sebelum membahas seputar tips memilih tandon, ada baikya jika kita bahas dulu mengenai seluk-beluk dari tandon tersebut. 

Apa Sih Yang Dimaksud Tandon

Tandon atau yang biasa kita sebut dengan nama toren merupakan sebuah wadah penampung air. Pada umumnya, tandon air biasa ditempatkan di atas atap rumah atau ditempatkan di bawah tanah. Ukuran tandon yang tersedia dipasaran itu sangat bervariasi. 

Mulai dari ukuran yang terkecil (ukuran 250 liter), sampai ukuran tandon yang terbesar (11.000 liter). Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa semakin besar ukuran tandonnya maka akan semakin besar pula daya tampungnya. 

Namun Semakin berat dan mahal pula harganya.

Maka dari itu kita perlu cermat dalam memilih toren air yang pas sesuai kebutuhan agar nanti kita nggak terlalu boros karena membeli toren yang terlalu besar dan tidak salah karena membeli toren yang terlalu kecil.

baca juga : Jangan salah! Begini Tips memilih Pompa Air Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Simak 5 Tips Memilih Toren Air Agar Pas Dengan Kebutuhan Ini :

Dibawah ini mari kita uraikan beberapa tips yang perlu sobat perhatikan ketika ingin membeli toren atau tandon air.

1. Tentukan Jenis Tandon Air

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih tandon air agar sesuai kebutuhan, yakni tentukan dulu jenisnya. Pasalnya terdapat beberapa jenis material tandon yang berbeda, sehingga pada masing-masing jenisnya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda pula.

Dengan mengetahui jenis tandon yang akan dipilih, maka kamu juga bisa dengan mudah dalam menentukan budget yang harus dikeluarkan. Adapun mengena beberapa jenis tandon air yang umumnya tersedia di pasaran seperti dibawah ini:

Toren Air Jenis Fiberglass

Menurut informasi yang didapat, toren air jenis fiberglass ini terbuat dari bahan FRP yang memiliki tekstur lebih keras dibanding jenis tandon lainnya. Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan dan keawetan pada tandon jenis fiberglass ini cukup mumpuni. 

Akan tetapi, terdapat beberapa kekurangan dari tandon fiberglass yang harus kamu ketahui. Ya, kekurangan dari tandin fiberglass ini diantaranya adalah tidak terlalu tahan terhadap benturan, tidak tahan terhadap paparan sinar matahari, bagian dinding yang rentan keropos, cukup sulit diperbaiki, dan biaya perawatan yang cenderung mahal. 

Toren Air Jenis Stainless Steel

Tips memilih toren air yang sesuai kebutuhan

Sesuai dengan namanya, jenis tandon air yang satu ini terbuat dari bahan Stainless Steel tipe SS 304. Itu sebabnya, mengapa tandon air Stainless Steel tidak mudah ditembus oleh sorotan sinar matahari. Itu artinya, tandon air Stainless Steel tidak akan berlumut. 

Bukan hanya itu, tandon air Stainless Steel juga mengusung desain yang terlihat lebih mewah dan elegan. Sehingga tak heran jika tandon air Stainless Steel kerap diaplikasikan pada hunian kelas menengah ke atas. 

Dibalik keunggulannya, ternyata terdapat pula beragam kekurangan dari tandon Stainless Steel yang harus diketahui. Kekurangan tandon Stainless Steel ini diantaranya tidak terlalu tahan terhadap cairan kimia, mudah mengalami korosi, hanya bisa digunakan untuk penyimpanan air bersih saja, biaya servis yang sangat mahal, dan kebocoran pada bagian dinding akan sulit diperbaiki. 

Toren Air Jenis Plastik

Tips memilih toren air yang sesuai kebutuhan

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tandon air jenis plastik ini adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat ketimbang jenis tandon diatas tadi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tandon plastik menawarkan harga yang relative terjangkau. 

Meski menawarkan harga yang lebih murah, bukan berarti juga bahwa tandon pastik ini memiliki kualitas yang murahan lho. Buktinya, tandon air plastik ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Terlebih jika diberi perawatan yang rutin, dimana daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun.  

Belum lagi teksturnya yang lentur dan elastis, sehingga tandon air plastik tahan terhadap berbagai benturan. Adapun mengenai beberapa kekurangan tandon air plastik, yakni mudah ditembus cahaya sehingga membuat bagian dinding dalamnya mudah ditumbuhi oleh lumut. 

Selengkapnya : Tandon Air Plastik Vs Tandon Stainless Steel, Mana Yang Seharusnya Sobat Miliki ?

2. Pahami Dulu Kebutuhan Ukuran Kapasitasnya
Menentukan ukuran tangki air yang tepat

Jika sudah menentukan jenis torennya, maka kamu harus menentukan ukuran toren tersebut yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui berapa budget yang harus disiapkan. 

Namun, jumlah air yang umumnya digunakan untuk menunjang kebutuhan di rumah itu adalah 233 liter per hari. Oleh karena itu, kamu bisa memilih ukuran tandon yang berdasarkan perhitungan jumlah anggota keluarga x 233 liter per hari. 

Misalnya anggota keluargamu di rumah berjumlah 5 orang, maka perhitungannya adalah 5 x 233 liter = 1.165 liter per hari. 

Yang berarti tangki air yang harus sobat beli adalah yang berkapasitas 1200 liter. Tangki air ini biasanya memiliki tinggi sama seperti manusia normal. 

Dan merupakan tandon air yang paling banyak digunakan di rumah tangga.

3. Pertimbangkan Pengaturan Volume Air Dengan Pelampung Bola dan Radar
Tips memilih tangki air sesuai kebutuhan

Untuk kamu yang ingin pengaturan volume air di dalam tandonnya bekerja secara otomatis, maka penggunaan pelampung bola dan Floating switch merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, pelampung bola tersebut bisanya akan mengapung di atas permukaan air yang terhubung langsung dengan keran. 

Itu artinya, Level switch berfungsi untuk membuka serta menutup kerannya secara otomatis. Ketika tandonnya kosong, maka bola pelampung tersebut akan tutun ke bawah untuk membuka keran sampai airnya terisi penuh.  

Disamping itu, bola pelampung (radar) juga akan mengambang hingga batas yang sudah diatur agar bisa menutup keran dengan otomatis. Adapun keberadaan pelampung bola radar yang berfungsi untuk menarik tombol power pada pompa listrik. 

Biasanya terdapat dua level ketinggian air yang bisa kita atur, yaitu level bawah dan level yang menjadi penarik tombol power. Nah, kedua level tersebut bisa membuat pelampungnya melepas dan memutus sambungan listrik pada pompa air. 

Bagaimana cara memasangnya ? : Cara kerja dan memasang Pelambung Pompa air

Floating switch atau pelampung agar membuat pompa air bekeja otomatis pada tangki air merupakan bagian yang sangat penting untuk bisa terpasang pada toren air. Sehingga mengenal jenis otomatis pompa air ini sangat penting untuk sobat lalui ketika ingin membeli toren air.  

4. Pilihlah Toren Air yang Dindingnya Berlapis-lapis

Perlu diketahui, bahwa tandon atau toren air yang berkualitas bagus itu selalu memiliki dinding berlapis-lapis dan permukaan yang licin. Hal itu bukan tanpa alasan, karena dinding yang berlapis-lapis akan membuat daya tahannya menjadi lebih kuat ketimbang dinding yang satu lapis. 

Sehingga tak heran jika tandon air dengan dinding yang berlapis-lapis ini tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim dan tidak mudah mengalami kebocoran. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jenis tandon yang satu ini sudah terbukti tahan terhadap guncangan skala besar lho. 

Lantas, mengapa kita harus memilih tandon yang permukaannya licin? Pasalnya, tandon air dengan permukaan yang licin itu akan memudahkanmu saat membersihkan bagian dalamnya. 

5. Pilih Tangki Air yang Mempunyai Tutup Berulir
Tips memilih tandon air yang tepat

Selain toren yang dindingnya berlapis-lapis, disarankan juga bagi kamu untuk memilih toren air yang memiliki tutup berulir. Mengapa demikian? Ya, tutup berulir ini akan memudahkanmu saat hendak menutup maupun membuka torennya ketika diperlukan. 

Namun ulir juga dapat memperkuat tutup toren sehingga tidak mudah lepas apalagi jika kita simpan tangki air di bagian atas rumah.

Bagaimana ?

Sudah menemukan gambaran tentang toren air terbaik untuk hunian ?

Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 tips memilih toren air yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi sebelum membelinya. 

Posting Komentar untuk "Ingin Tahu Cara Memilih Toren Air yang Sesuai Kebutuhan?"