Deretan Merk Heater Aquarium Terbaik 3 Dari Stainless Dan 5 Kaca

Bismillahirrahmaanirrahiem

Merk aquarium Heater terbaik stanless kaca

Belakangan ini memelihara ikan hias dan biota air lainnya di dalam aquarium sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, entah itu di daerah perkotaan dan pedesaan. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena memelihara ikan hias di aquarium cukup efektif untuk mengusir rasa jenuh selama berada di rumah. 

Berbicara soal memelihara ikan hias dan biota air, tentu saja tak hanya cukup bermodalkan aquarium saja. 

Dengan kata lain, ada beberapa komponen lainnya yang harus disediakan guna menunjang keberlangsungan hidup hewan peliharaan. 

Salah satunya seperti heater aquarium. Lantas, apa yang dimaksud dengan heater aquarium? 

Nah, sebelum membahas seputar pengertian heater, berikut di bawah ini ada beberapa merk heater aquarium terbaik yang paling recommended. 

Pengertian & Fungsi Heater Aquarium
Merk aquarium Heater terbaik stanless kaca

Heater merupakan salah satu komponen aquarium yang fungsinya untuk men-stabilkan suhu air agar tidak terlalu dingin. Pasalnya, ada beberapa jenis ikan hias yang memang mudah terserang penyakit jika kondisi suhu airnya sering mengalami perubahan. 

Oleh karena itu, peran Heater sangat dibutuhkan untuk membuat suhu air di dalam aquarium menjadi lebih stabil. 

Adapun mengenai cara kerja dari Heater, yaitu dengan memanaskan suhu air yang turun menjadi naik melalui nilai derajat celcius sampai mencapai angka yang ideal. Pada umumnya, Heater dapat disetting dengan kisaran suhu 18 derajat sampai 34 derajat celcius.

Sebetulnya, Heater di daerah Tropis seperti di Indonesia tidak terlalu di perlukan. Terkecuali bagi sobat yang berada di daerah pegunungan dengan suhu lebih dingin. 

Apalagi bila jenis ikan hias yang sobat miliki memerlukan suhu stabil dan tidak terlalu dingin. Penggunaan heater sebaiknya diterapkan.

Fungsi heater pada aquarium dapat meningkatkan suhu hingga titik tertentu dan menjaganya agar tetap stabil. Selain untuk aquariuam pemeliharaan, Heater ini diperlukan juga untuk aquarium karantina. Umumnya ikan yang sakit memerlukan tempelatur air yang lebih tinggi untuk bisa membutuh parasit hingga kuman yang berada pada tuhun ikan yang terkena penyakit tersebut.

Baca juga : Begini Cara Menjernihkan Air Aquarium Dan Menjaganya Tetap Bersih

Jenis-jenis Heater Aquarium
Jenis heater Aquarium Immersible

Immersible Heater
Sebuah Heater yang paling umum digunakan, hal ini disebabkan karena harganya yang terbilang cukup terjangkau, meskipun secara fungsi tidak terllau efisien. Sebab panas yang dihasilkan tidak mampu disalurkan pada aquarium dengan ukuran yang cukup besar.

Ditambah lagi, sobat harus memasang jenis heater aquarium ini diatas air, sebab jika tenggelam, akan membuat heater ini mudah rusak.

Filter Heater
Pemanas filter cenderung bari di pasaran. Meskipun demikian, jenis filter ini cukup banyak diminati. Hal ini disebabkan sobat tidak perlu lagi menambahkan komponen tambahan kdalam tank, ditambah lagi dengan penggunaannya yang lebih menghemat listrik.

Dengan kata lain, sobat bisa menjaga temperatur pada aqurium tanpa merusak tampilan pada aquarium tersebut.

Substrate Heater
Jenis heater Aquarium Substrate

Sesuai namanya, Substrate heater ini tersembunyi di bawah substrat. Alat ini mendistribusikan suhu hangat melalui bagian bawah aquarium. Sehingga, bagi anda yang menyukai tanaman dalam aquarium, alat pemanas ini dapat membantu tenaman air tumbuh subur.

Submersible Heater
Submersible Jenis heater Aquarium

heater jenis ini dicelupkan sepenuhnya ke dalam air aquarium hingga membuat panas dapat tersebut dengan merata.

Umumnya, submersible heater ini memiliki harga yang lebih tinggi dari immersible. Namun tapi memiliki resiko, salah satu resikonya adalah ikan-ikan dengan ukuran cukup besar dapat merusak heater tersebut.

Merk Heater Terbaik yang Berbahan Stainless

Salah satu Heater yang berbahan stainless, yakni tidak mudah mengalami pecah meski mengalami benturan keras. 

Akan tetapi, Heater berbahan stainless ini juga memiliki kekurangan yang harus diketahui. Ya, salah satu kekurangannya adalah akan mengalami berkarat seiring usia pemakaian yang sudah lama. Adapun mengenai beberapa merk Heater stainless terbaik yang akan dibahas seperti berikut:

1. Sakkai Pro

Merk Aquarium terbaik dari Stanless Sakkai Pro

Sakkai Pro merupakan salah satu merk heater berbahan stainless terbaik yang paling recommended. Hal itu bukan tanpa alasan, karena heater ini memiliki kualitas yang terbilang cukup mumpuni lho. Apalagi harga yang ditawarkannya lebih murah dibanding merk heater stainless lainnya. 

Bukan hanya itu, Sakkai Pro juga menyediakan beberapa varian kapasitas yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni mulai dari 50 watt sampai 150 watt. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, heater Sakkai Pro ini memiliki fitur off otomatis ketika suhu air didalam aquarium telah mencapai angka yang sesuai pengaturan. 

2. Sobo

Merk Aquarium terbaik dari Stanless Sobo

Selain Sakkai Pro, Sobo juga merupakan merk heater stainless terbaik yang dapat kamu jumpai dipasaran. Heater dari merk Sobo menyediakan dua varian kapasitas saja, yaitu 50 watt dan 100 watt. 

Disamping itu, heater Sobo memiliki daya tahan yang cukup baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Itu sebabnya, mengapa harga heater Sobo lebih mahal dibandingkan dengan harga Sakkai Pro. 

Kendati dibanderol dengan harga yang lebih mahal, ternyata heater Sobo tidak dilengkapi fitur off otomatis. Itu artinya, heater Sobo akan tetap menyala meski suhu air di dalam aquarium telah mencapai angka yang sesuai pengaturan. 

3. Recent

Merk Aquarium terbaik dari Stanless Recent

Merk heater stainless terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Recent. Ya, bisa dibilang Recent ini adalah merk yang sudah tidak asing lagi di kalangan pembudidaya maupun pecinta ikan hias. 

Pasalnya, merk Recent memang terkenal sebagai produsen yang menjual berbagai jenis peralatan aquarium, seperti pompa udara, wave maker, pompa air, filter, selang filter, heater, dan lain sebagainya. Heater dari brand Recent sudah terbukti cukup kuat dan tahan lama. 

Tersedia pula berbagai kapasitas yang bisa kamu pilih, mulai dari 25 watt, 50 watt, 100 watt, hingga 200 watt. Lebih dari itu, heater Recent juga sudah dilengkapi dengan fitur off secara otomatis untuk pengaturan suhu air di dalam aquarium. 

baca juga : 5 Merk Pompa Aquarium Terbaik yang Paling Recommended!

Merk Heater Terbaik yang Berbahan Kaca

Jika dinilai dari segi kekuatan, heater yang berbahan kaca ini memanglah tidak sekuat heater stainless. Mengingat bahannya yang terbuat dari kaca, pastinya ia rawan mengalami pecah ketika terjadi benturan. 

Meski demikian, terdapat kelebihan dari heater kaca yang mempunyai system otomatis sempurna. Tak hanya itu, heater kaca juga sudah terbukti tidak akan membahayakan kondisi kesehatan ikan. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa merk heater kaca terbaik yang akan dibahas:

1. Yamano

Merk Aquarium terbaik dari kaca Yamano

Bagi kamu yang lagi nyari heater dengan harga murah, maka merk Yamano ini merupakan pilihan paling tepat. Meski menawarkan harga yang relative murah, namun kualitas yang diberikannya tidaklah murahan lho. 

Itu sebabnya, mengapa heater merk Yamano selalu menjadi pilihan utama bagi kalangan menengah ke bawah. Menariknya lagi, ia juga dibekali berbagai fitur otomatis yang mampu berfungsi dengan baik. Heater Yamano tersedia kedalam dua varian kapasitas saja, yakni sebesar 50 watt dan 100 watt. 

Tentu saja heater Yamano ini sangat ideal digunakan untuk aquarium yang ukurannya berada di bawah 1 meter. 


2. Amara

Merk Aquarium terbaik dari kaca Amara

Pecinta ikan hias mana sih yang tidak kenal dengan merk Amara? Tentu saja mereka sudah tidak asing lagi dengan merk heater yang satu ini. Pasalnya, Amara merupakan produk heater kaca yang paling umum digunakan oleh para pecinta ikan hias. 

Disamping menawarkan harga yang relative terjangkau, heater merk Amara juga sangat mudah dijumpai dipasaran. Bahkan, spesifikasi yang dimilikinya pun sudah terbukti cukup mumpun. 

Namun, tingkat keawetan heater Amara tergantung pada prosedurnya. Jika digunakan sesuai dengan prosedur yang benar, maka heater tersebut dijamin awet dan tahan lama. 


3. Resun

Merk Aquarium terbaik dari kaca Resun


Sebenarnya Resun sudah bukan merk yang asing lagi dikalangan pecinta ikan hias. Pasalnya, brand yang satu ini memang menjadi pelopor dalam menyedikan berbagai perlengkapan aquarium, seperti pompa air, pompa udara, heater, dan lain sebagainya. 

Namun sayang, harga heater Resun ini memang agak lebih mahal dibanding dengan merk-merk heater kaca diatas tadi. Meski menawarkan harga yang lebih mahal, hal itu sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. 



4. Atman

Merk Aquarium terbaik dari kaca Atman


Pada dasarnya, heater merk Atman ini memiliki kesamaan dari segi harga maupun kualitasnya dengan merk Resun tadi. Begitu juga dengan kapasitasnya yang bervariasi, mulai dari 50 watt sampai 150 watt. 

Namun, perbedaannya terdapat pada system otomatis dimana heater Atman memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibanding heater Resun. Akan tetapi, bagian pemanas heaternya cukup rawan terhadap goncangan yang cukup keras. 

Maka dari itu, tidak disarankan bagi kamu untuk menepuk atau menggoyangkan heater Atman ini dengan keras ya!


5. Recent Smart Heater

Merk Aquarium terbaik dari kaca Recent smart

Merk heater kaca terbaik berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yaitu bernama Recent Smart Heater. Recent Smart Heater ini bisa dibilang adalah yang paling bagus dibanding dengan merk-merk heater sebelumnya.

Bagaimana tidak? Sebab ia sudah dilengkapi dengan system otomatis smart, indicator, hingga pengaturan suhu digital. Dengan demikian, maka tak heran jika harga Recent Smart Heater lebih mahal. 

Itu dia ulasan mengenai deretan brand Aqurium Heater terbaik. Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan sobat. 

Posting Komentar untuk "Deretan Merk Heater Aquarium Terbaik 3 Dari Stainless Dan 5 Kaca"