Mengatasi Power Supply TV Cina Yang Drop Atau Melonjak

Mengatasi Power Supply TV Cina Yang Drop Atau Melonjak

Bismillahirrohmanirrohim

Selamat datang di kelistrikanku.com. Tahukah Sobat jika memiliki kebiasaan mematikan tv dengan mode standby saja tanpa mencabut kabel listriknya bisa menyebabkan usia TV tidak awet ? 

Mengapa demikian? 

Karena walaupun TV tersebut terlihat mati tapi power regulator masih menyala walaupun daya yang di konsumsi kecil, tapi bayangkan jika tv tersebut standby selama berbulan-bulan apakah itu dua bulan, tiga bulan atau bahkan satu tahun, 

Maka selama itu juga komponen pada blok regulator akan terus bekerja sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada TV

Contohnya seperti power suply tv yang drop atau melonjak. 

Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana  mengatasi power suply tv cina yang drop atau rusak, kenapa harus tv cina? 

Karena tv cina bisa dikatakan TV yang bersahabat seperti harganya cukup ramai, banyak yang pakai akan tetapi jika kita kurang apik dalam penggunaannya tv cina akan mudah mengalami kerusakan.

Artikel Menarik lainnya : Kode Remot TV TCL

Berikut Prinsip Kerja Dari Regulator Tv Cina

Feedback dari voltase B+ mengarah ke primer regulartor, dan naik turunnya tegangan B+ tersebut di atur oleh opto coupler.

Besaran arus (ampere) yang melalui dioda opto coupler akan mengalami perubahan nilai tahanan pada transistor optocoupler.

Jika besaran arus yang melalui diode opto coupler naik, maka tegangan pada B+ akan menurun
Dan sebaliknya jika arus pada diode opto coupler mengalami penurunan, maka tegangan pada B+ akn menjadi naik atau melonjak, 

dan kejadian ini merupakan penyebab kerusakan transistor yang paling sering, regulator mengalami jebol.

Berikut di atas adalah penjelasan singkat mengenai prinsip kerja regulator tv dan B+, poin berikutnya setelah kita tahu prinsipnya adalah melakukan analisa pada tv cina yang mengalami kerusakan drop atau tegangan melonjak bagaimana caranya? 

Pertama kita harus tahu komponen apa saja yang sering rusak atau menjadi pemicu tegangan drop dan melonjak berikut ini adalah list komponen yang harus kita cek dalam menganalisanya.

Alasan Tv Cina Mengalami Tegangan Drop atau Melonjak ?
Mengatasi Power Supply TV Cina Yang Drop Atau Melonjak

Biasanya komponen yang menyebabkan tegangan TV drop itu berada pada blok power suply dan berikut komponen yang harus sobatcek di blok tersebut. Elko atau kapasitor 400volt, resistor yang terkoneksi dengan pin colektor transistor regulator.

Cek tegangan pada pin basis transistor regulator jika tidak ada tegangan kemungkinan itu disebabkan tidak adanya suplay dari blok opto coupler. Maka Sobat bisa mencoba cek pada  jalur pin basisnya, hasil pengukuran tegangan pada jalur tersebut harus 5V tidak boleh kurang ataupun lebih.

Selanjutnya pada blok skunder yaitu meliputi komponen elko pada output, kita ambil contoh pada jalur B+ seperti, elko 47 uf 160v, elko pada bagian suply vertikal 1000 uf 35volt, dan elko pada ic audio 470 volt. 

Jika kerusakan terletak pada elko elko tersebut, biasanya kejadian drop hanya akan mengalami penurunan sebesar 50% saja, akan tetapi jika elko tersebut mengalami konslet atau short kemungkinan tegangannya akan hilang atau tidak ada sama sekali.

Dalam memperbaiki regulator tv cina yang drop kemungkinan akan mudah, karena pada umumnya sistem regulatornya sederhana dan memiliki komponen yang sedikit jika dibandingkan dengan power suply / regulator tv lainnya ( selain merk cina )

Langkah Pemerikasaan Komponen TV China Drop

  • Cek tegangan basis pada transistor regulator menggunakan cara  melepasnya dahulu, yang dilanjutkan dengan hidupkan TV sobat dan cek apakah ada tegangan sebesar 0,4 – 0,7 jika terbacanya kurang dari nilai tersebut maka Sobat wajib mengecek komponen-komponen yang terkoneksi dengan titik basis pada transistor tersebut.
  • Selanjutnya periksalah bagian flyback TV china Sobat, periksa, apakah flyback tersebut setengah konslet? Ini bisa menjadi sebab tegangan TV china anda Drop.
  • Periksa setiap komponen elko pada jalur output regulator, karena umumnya elko regulator dalam keadaan kering tidak dapat memfilter Volaste B+ sehingga dapat menyebabkan TV China sobat drop. Pada saat Proses pengecekan tv ini, tidak boleh dalam kondisi standby, karena jika standby kerusakan seperti ini sangat samar terlihat kerusakannya.
  • Berikutnya, pemeriksaan arus output regulator menuju jalur blok vertikal. Karena bisa jadi terjadi Voltase drop TV sobat yang disebabkan oleh konslet atau IC vertikalnya rusak.
  • Periksa berbagai komponen yang mengarah ke ground pada blok blok yang terhubung pada komponen optocoupler. Dalam poin ini biasanya ada dua kasus yaitu jika berbagai komponen elekronik yang terhubung pada positif opto copler mengalami putus, bisa menjadi penyebab tegangan naik. melonjak. Kemudian Jika  komponen elekronik ada pula yang tersambung ke jalur ground maka bisa menjadi penyebab tegangan drop.
  • Dan yang terakhir adalah pengecekan pada ic audio. Karena cukup sering, tegangan drop seperti ini dikarenakan ada komponen dioda pada jalur supply audio yang trip (konslet) atau malah IC audio itu sendirilah yang rusak. 
Analisa kerusakan TV lainnya di Kelistrikanku.com : Penyebab Dan Cara Mengatasi Tv China Tidak Bisa Start

Nah mungkin cukup sekian sobat mengenai cara mengatasi power suply tv cina yang drop atau melonjak, semoga apa-apa yang disampaikan bisa bermanfaat dan membantu Sobat dalam kehidupan sehari-hari. Oke sobat semua kurang lebih saya mohon maaf dan trimakasih sampai jumpa di lain pembahasan.

Penulis : Adnan Azdana
Editing : Wijdan Sidiq R
Publish : Kelistrikanku.com

Posting Komentar untuk "Mengatasi Power Supply TV Cina Yang Drop Atau Melonjak"