Penyebab Dan Cara Mengatasi Tv China Tidak Bisa Start

Bimillahirrohmanirrohim

Di zaman sekarang siapa yang tidak tahu alat elektronik yang bernama televisi atau biasa kita sebut TV. Hampir semua orang memilikinya dan selalu menggunakannya di kehidupan sehari-hari.

Apakah itu untuk mencari informasi lewat tayangan berita, mencari hiburan dengan tayangan film dan lain sebagainya. 

Akan tetapi adakalanya sebuah tv mengalami kerusakan dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu gejala kerusakan yang biasa dialami oleh tv china, yaitu tv standby atau tidak bisa start. 

Sebelum kita melakukan langkah-langkah perbaikan tv china yang standby alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui penyebab tv tersebut standby atau tidak bisa start, dan berikut contoh penyebab tv china standby yang bisa kita analisa.

Penyebab Tv China Tidak bisa Start Dan Cara Mengatasinya Penyebab Dan Cara Mengatasi Tv China Tidak Bisa Start

Penyebab TV china standby atau tidak bisa start itu sangatlah kompleks atau tidak bisa ditentukan dengan tebakan belaka.

Akan tetapi yang paling sering terjadi sebagai penyebab tv cina standby adalah sebagai berikut dan kasus ini biasanya terjadi pada beberapa tv merk china seperti, tv merk wansonic, asioma, wcom, macro dan beberapa tv merk china lainya.

Yang didalamnya memakai IC tunggal maupun double (2 IC) dan di bawah ini adalah beberapa komponen yang bisa kita cek sebagai penyebab TV china tidak bisa start.

Solderan Di Pcb Mesin Tv China Retak

Tv china standby akibat patahnya salah satu jalur di pcb mesin tv merupakan kerusakan  yang cukup umum dan sering terjadi pada mesin Tv china, karena timah solderan pada pcb tv china terbilang tipis dan kurang matang ditambah beberapa faktor seperti suhu panas dan usia pemakaian bisa menyebabkan timah solderan  pcb mesin tv mudah retak. 

Penyebab Dan Cara Mengatasi Tv China Tidak Bisa Start

Cara Mengetasinya :

Untuk cara mengatasinya anda bisa mengecek semua titik timah solderan pada pcb jika anda menemukan retak pada beberapa timah solderan apakah itu jalur atau komponen maka anda bisa menyolder ulang titik tersebut.

Tegangan B+ Lemah Atau Drop

Tegangan B+ bisa dibilang komponen penting karena berperan besar sebagai suplai beberapa komponen utama, seperti horizontal atau komponen flyback, karena jika terjadi tegangan B+ yang drop atau lemah maka televisi tidak bisa start. 

Dan pada umumnya jika tegangan B+ drop ittu disebabkan oleh transistor flyback yang bocor, flyback tv rusak, kapasitor B+ kering dan regulator mengalami drop. 

Saat tegangan B+ atau regulator drop maka Beberapa hal bisa kita periksa dengan gejala fisiknya seperti dibawah ini.

  • Saat dinyalakan akan muncul suara berderik keras, tegangan terbaca naik turun, dan transistor horisontal cepat panas, jika anda menemukan hal tersebut itu menandakan bahwa flyback rusak.
  •  Terdegar suara derik tapi transistor tidak panas atau normal, itu bisa jadi kapasitor (elko) Filter B+ kering sehingga tidak memfilter dan menampung tegangan.
  • Jika saat tv dinyalakan tidak terdengar suara derik namun tidak bisa start, bisa jadi kerusakan terjadi pada transistor bisa karena transistor bocor atau sedikit koslet, jika transistor ini koslet biasanya akan menyebabkan resistor R551 2,2Ohm terputus dan bisa merembet ke transistor regulator.
  • Saat dihidupkan transistor tidak panas tidak berderik pada rangkaian flyback namum tegangan drop bisa jadi itu menandakan kerusakan ada pada rangkaian regulator.
Kerusakan komponen regulator pada tv china atau drop dibagian B+ 115V tidak selalu berakibat tv standby. 

Pada beberapa kasus tv yang mengalami kerusakan regulator masih bisa start namun timbul suara berderik pada flyback, dan bisa saja tv start tapi tidak tampil gambar atau layar tidak menyala. 

Cara Mengetasinya :

Untuk mengatasinya anda bisa mencoba melepas dan mengecek transistor horisontal,flyback, dan kapasitor filter, biasanya kerusakan regulator disebabkan oleh salahsatu dari 3 komponen tersebut.

Tegangan IC Drop

Biasanya IC TV cina memakai supply tegangan 12vdc dari regulator dan terbagi menjadi 8v 5v sebagai suply ic tv cina dan jika ic tv china tidak mendapat suply tegangan yang dibutuhkan, 

biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti Kapasitor C546 mengalami kerusakan dan Transistor Step Down Rusak, untuk mengecek kerusakan kapasitor c546 anda bisa mencoba mengeceknya dengan avometer dan hasil pengukurannya harus sebesar 12v, 

jika kurang dari itu bisa jadi elko mengalami kerusakan seperti kering atau solderan yang patah. 

Untuk pengecekan transistor stepdown anda bisa cari transisor dengan type V509 atau V517 untuk tegangan 8v dan V510 atau V508 untuk tegangan 5v 
Penyebab Dan Cara Mengatasi Tv China Tidak Bisa Start


karena pada mesin tv cina transistor tersebut yang biasa dipakai sebagai stepdown tegangan untuk mengeceknya anda bisa test dengan avometer di pin keluaran transistor tersebut jika hasilnya menunjukan voltase yang di butuhkan seperti 5V atau 8V 

maka transistor tersebut bisa dikatakan bagus jika tidak keluar tegangan yang di butuhkan maka transistor tersebut mengalami kerusakan atau terputus.

Nah gimna sobat sampai disini sudah cukup faham tentang cara mengatasi tv china standby? mungkin apa yang saya sampaikan cukup singkat namun beberapa hal diatas adalah kasus yang sering terjadi pada tv china yang tidak bisa start. 

Oke sobat mungkin sekian yang bisa saya sampaikan kurang lebih saya mohon maaf dan terimakasih.

Penulis : Adnan Azdana 
Editing : Wijdan Sidiq Ramadhan 

Posting Komentar untuk " Penyebab Dan Cara Mengatasi Tv China Tidak Bisa Start"