Ini Dia Cara Mudah yang Ampuh Menghilangkan Bau Dari Dalam Kulkas

Bismillahirrohamnirrohim

Aroma tak sedap yang keluar dari dalam kulkas memang menjadi permasalahan umum bagi pemiliknya. Tak hanya akan mencemari bahan makanan lainnya, aroma bau tersebut juga tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman saat membuka kulkas. 

Cara menghilangkan bau kulkas

Biasanya aroma tak sedap dari dalam kulkas tersebut akibat adanya tumpahan makanan atau minuman yang sudah lama dibiarkan. Atau, ada sebagian bahan makanan yang terlupakan sehingga lama-lama menjadi membusuk. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips simple yang ampuh untuk menghilangkan bau dari dalam kulkas. 

mari kita mulai...

Cara Menghilangkan Bau Kulkas yang Berdasarkan Penyebabnya

Sebelum memulai ke mekanismenya, kita perlu mengenai terlebih dahulu penyebab kulkas beraroma kurang sedap tersebut, apakah karena makanan busuk atau karena memang sudah lama tidak terpakai. Sehingga kita tahu hal apa yang sebaiknya kita lakukan.

Tips Menghilangkan Bau Kulkas Akibat Makanan Busuk

Cara menghilangkan bau kulkas akibat makanan

Tak sedikit dari kita yang dihadapkan pada masalah bau tak sedap dari dalam kulkas akibat adanya makanan busuk. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu harus mengeluarkan semua isi yang ada di dalam kulkas. 

Setelah itu, lakukan seleksi terhadap bahan makanan mana sajakah yang dirasa sudah membusuk. Pasalnya, bahan makanan busuk inilah yang menjadi sumber utama dari munculnya aroma tak sedap di dalam kulkas.  

Mengenai cara mengusir bau busuk tersebut, kamu harus membersihkan kulkasnya secara menyeluruh. Pastikan kamu sudah memeriksa setiap sudut dan celah di bagian dalam kulkas, karena siapa tahu masih ada tumpahan makanan yang terselip. 

Setelah semua bagian kulkas tampak bersih, kamu bisa menggunakan campuran soda kue dan lemon untuk mengusir bau tak sedap di dalam kulkas. Apabila cara ini masih belum ampuh mengusir baunya, cobalah untuk membuka pintu kulkas dalam beberapa waktu tertentu. 

Mengenai caranya, keluarkan semua isi bahan makanan dan minuman dari dalam kulkas, cabut kabel stekernya, bersihkan secara menyeluruh, kemudian biarkan pintunya terbuka lebar agar mendapatkan udara segar. Dengan begitu, maka aroma busuk dari dalam kulkas akan hilang. 

Selain itu, menyusun makanan pada lemari es ini ada seninya, kita tidak boleh sembarangan menyimpan makanan pada kulkas karena hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya aroma buruk atau yang paling parah justru menimbulkan kerusakan : Begini Cara yang Mudah Dalam Menata Isi Kulkas 1 dan 2 Pintu

Tips Menghilangkan Bau Kulkas Akibat Lama Tidak Terpakai

Cara menghilangkan bau kulkas akibat sudah lama

Pada dasarnya, cara menghilangkan bau dari dalam kulkas akibat lama tidak terpakai memang tergolong cukup sulit lho! Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena masalah yang satu ini bisa diatasi dengan menggunakan arang. 

Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Siapkan beberapa buah arang kemudian sisihkan ke dalam mangkuk. Jika sudah demikian, silahkan masukkan arang tersebut ke dalam kulkas. Setelah itu atur suhu dalam kulkas ke temperatur rendah, dan diamkan sekitar 3 hari agar baunya benar-benar hilang secara total. 

Baca juga : 9 Jenis Kulkas Yang Perlu Di Ketahui Sebelum Membeli

Beberapa Bahan Alami yang Ampuh Untuk Mengusir Bau Kulkas

1. Oatmeal 

bahan alami penghilang bau kulkas

Bahan alami pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengusir bau tak sedap dari dalam kulkas, yakni berupa Oatmeal. Cara kerjanya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal menuangkan Oatmeal kedalam wadah berbahan alumunium, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Diamkan kurang lebih sekitar 3 – 5 jam agar baunya berangsur-angsur mereda. 

2. Cuka 

bahan alami penghilang bau kulkas


Selain Oatmeal, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam kulkas. Mengenai caranya, tuangkan cuka secukupnya kedalam mangkuk berukuran kecil, lalu masukkan ke dalam kulkas, dan diamkan beberapa saat hingga baunya mereda. Apabila baunya sudah mereda, segera keluarkan cuka tersebut dari dalam kulkas. 


3. Air Lemon

bahan alami penghilang bau kulkas

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa lemon kerap digunakan untuk mengusir bau tak sedap dari dalam kulkas akibat makanan yang membusuk. Kita langsung saja ke cara penggunaanya, siapkan beberapa buah lemon, peras airnya lalu sisihkan kedalam mangkuk berukuran kecil. 

Setelah itu tempatkan perasan air lemon tersebut di salah satu sudut dalam kulkasnya, dan diamkan beberapa jam agar aroma lemonnya menyebar secara menyeluruh. Dengan begitu, maka bagian dalam kulkasmu tidak akan berbau lagi. 

4. Garam

Tak banyak orang yang tahu bahwa garam bisa digunakan untuk mengusir bau tak sedap dari dalam kulkas. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya tinggal melarutkan segenggam garam kedalam 3 liter air hangat. 

Setelah itu gosokkan larutan garam tersebut menggunakan lap basah pada bagian kulkas yang dirasa bau. Diamkan beberapa saat agar bau dari dalam kulkas mereda. 

5. Kantong Teh Celup

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan teh? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan bahan minuman yang satu ini. Nah, mulai saat ini kamu jangan langsung membuang kantong teh celup setelah selesai digunakan.

Pasalnya, kantong teh celup tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam kulkas lho. Mengenai caranya, tempatkan beberapa buah kantong teh celup kedalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam kulkas. 

Diamkan kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam. Ya, hal ini bertujuan agar bau dari dalam kulkas diserap oleh kantong teh celup tersebut dengan sempurna.

6. Potongan Buah Jeruk

Tak berbeda jauh dengan lemon, yang mana buah jeruk juga bisa kamu gunakan untuk mengusir bau tak sedap dari dalam kulkas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena buah jeruk memiliki kandungan zat asam yang cukup tinggi sehingga mampu mengusir bau tak sedap. 

Siapkan beberapa potongan buah jeruk, tempatkan kedalam wadah terbuka, lalu masukkan kedalam kulkas. Diamkan sekitar3 – 4 jam agar bau tak sedapnya bisa berangsur-angsur mereda. 

7. Estrak Vanili

bahan alami penghilang bau kulkas

Biasanya ekstrak vanili kerap digunakan untuk membuat kue karena memiliki aroma harum. Nah, aroma harum inilah yang nantinya akan menetralisir bau tak sedap dari dalam kulkas. Untuk cara kerjanya, siapkan beberapa bola kapas kemudian rendam kedalam ekstrak vanili. Setelah itu masukkan kedalam kulkas, dan biarkan beberapa jam agar baunya segera hilang. 

8. Baking Soda

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa baking soda mempunyai kandungan senyawa yang mampu menetralisir bau tak sedap dari dalam kulkas. Mengenai caranya, siapkan 3 sendok teh baking soda, tempatkan pada mangkuk, lalu masukkan kedalam kulkas dan diamkan selama 24 jam. Jika bau tak sedap dari dalam kulkas sudah hilang, kamu harus segera mengeluarkan baking soda tersebut. 

9. Kopi

Bahan alami berikutnya yang dapat kamu mafaatkan untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam kulkas, yakni dengan menggunakan kopi. Namun, kopi yang harus kamu gunakan itu adalah kopi yang baru saja digiling dari mesin. 

Jika kamu sudah mendapatkan kopi giling tersebut, sisihkan kedalam mangkuk, lalu masukkan kedalam kulkas dan biarkan selama seharian penuh. Dengan begitu, maka kulkasmu tidak akan berbau lagi. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? 

OK...

Setelah bau pada kulkas Sobat hilang, sebaiknya jangan biarkan bau tersebut kembali lagi dengan cara merawat kulkas dengan baik, bagaimana caranya ?

Simak : cara merawat kulkas yang baik dan benar

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menghilangkan bau tak sedap dari dalam kulkas, yang mungkin saja kamu tertarik untuk langsung mempraktekkannya di rumah. 

Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara Mudah yang Ampuh Menghilangkan Bau Dari Dalam Kulkas"