Yuk Kenali 18 jenis Sambungan Pipa agar nanti gak salah beli

Macam-macam fitting Pipa dan fungsinya
Bismillahirrohmanirrohim

Berencanan memasang Pompa air? atau memasang instalasi pengairan di rumah ? dan berencana membeli bahan-bahan seperti pipa dan sambungannya tapi sobat tidak tahu nama sambungan tersebut, Mari kita ulas mengenai macam-macam sambungan pipa dan fungsinya.

Kok Blog tentang listrik membahas tentang Pipa sih ? Pembahasan mengenai pipa ini masih banyak kaitannya dengan blog ini karena pertama Blog ini sering membahas tentang Pompa air, baik cara memasang, cara memperbaiki dan spesifikasi dari pompa air tersebut.

Dan Pompa air merupakan jenis barang yang tidak akan jauh dari sebuah benda yaang digunakan untuk mengalirkan air yang bernama Pipa.

Tapi Pipa yang mana dulu nih... 

Ok, sebelum lebih lanjut mengenal tentang sambungan pipa, tentu hal pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah taaruf bersama pipa itu sendiri.

(kayak pengen nikah aja nih... ketahuan nih admin... haha)
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya

Jenis-jenis Pipa dari bahannya

Jenis-jenis pipa ini disesuaikan dengan tujuan nanti pipa ini akan di pasang dimana, kemudian untuk mengalirkan apa. Untuk menyesuaikan dengan jenis bahan yang akan di alirkan oleh pipa tersebut, maka dibuatlah jenis-jenis pipa dari bahan-bahan tertentu yaitu :

1. Pipa PVC

sesuai namannya, Pipa ini terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride (PVC). Vinyl sendiri merupakan Polimer Plastik yang sering digunakan untuk kebutuhan Kontruksi peperti untuk pipa ini. Sipatnya yang awet, tahan kembaban, ringan, tidak mudah rusak, mudah dirangkai dan harganya yang terjangkau menjadikan PVC banyak digunakan.

Karena sipatnya yang tahan pada kelembaban membuat pipa ini banyak digunakan untuk mengalirkan air, baik supply air bersih, air pembuangan dan banyak lagi. selain karena tahan pada kelembaban, penggunaan pipa PVC ini adalah karena bahannya dari plastik membuatnya anti korosi.

Sayangnya terdapat kelemahan pada pipa PVC ini. Yaitu tidak tahan terhadap panas, Pipa PVC hanya mampu pada suhu hingga 60C (14F). Maka sangat tidak dianjurkan untuk mengalirkan air panas menggunakan jenis pipa ini.

2. Pipa CPVC

Bagi anda yang mengingkan pipa plastik yang tahan panas bisa menggunakan pipa CPVC atau Pipa Chlorinated Poly Vinyl Chlorid yang mampu mengalirkan air dengan tempelatur suhu 82C (180F). Dibuat melalui klorinasi resin agar mampu bertahan pada air panas.

Sayangnya baik pipa PVC atau CPVC ini murah remuk jika ada beban di luar apalagi pada pipa yang berukuran besar.

3. Pipa Galvanis

Pipa Galvanis adalah jenis pipa yang terbuat dari Besi yang diberi zat seng untuk menghindari korosi. Pipa ini lebih kuat dari dua jenis pipa sebelumnya. Sengaja dibuat untuk menjadikan pipa yang tahan tekanan dari luar.

Pipa ini dapat digunakan untuk mengalirkan air, Gas, serta udara. baik itu udara tekanan rendah ataupun tinggi. Umunya pipa galvanis ini digunakan untuk instalasi bawah tanah.

4. Pipa Tembaga

terbuat dari tembaga tentu membuat pipa ini tahan korosi, kuat, mampu mengalirkan air panas maupun dingin dengan tekanan tinggi. Pipa ini sering kita jumpai di sistem Refrigasi udara pada Kulkas.

baca selengkapnya : cara kerja kulkas dan komponen didalamnya

sayang sekali pipa-pipa dari bahan logam ini sangat berat juga sangat kaku sehingga akan menyulitkan pekerjaan kita untuk memposisikan pipa pada kondisi yang dinginkan.

5. Pipa PEX

Pipa PEX hadir menyuguhkan sipat pleskible, membuatnya jadi mudah di arah-arah.   PEX adalah pipa yang terbuat dari material XLPE Compounds Silane Based yang merupakan bahan baku untuk pipa PEX-AL-PEX (Cross Linked Polyethylene-aluminium-Cross Linked Polyethylene).

Pipa PEX umumnya berukuran kecil. Mampu mengalirkan air panas dengan tanda merah dan untuk air dingin dengan warna biru.

adakah jenis pipa pleksible lainnya ? ada

6. Pipa HDFE

Pipa ini merupakan jenis pipa yang memiliki tingkat pleksibilitas lebih tinggi dari pada pipa PEX. HDFE sendiri merupakan singkatan dari High Density Polyethylene. Biasanya Pipa ini digunakan untuk intalasi bawah tanah dengan kondisi tanah yang murah bergerak.

Jenis-jenis sambungan Pipa dan kegunaannya

jika di lihat dari cara menghubungnya, sambungan pipa ini terbagi menjadi 3 Tipe, yaitu

  1. sambungan Sok untuk menyambung pada pipa
  2. sambungan Drat untuk menyambung pada sambungan drat pada fitting pipa
  3. untuk sambungan pipa ukuran besar dan dengan bahan logam, sambungan pipa menggunakan sambungan baut atau flange.


Note
Maka sebelum melakukan pembelian sambungan pipa perhatikan dulu bagian penyambungnya. Jangan sampai kita salah pilih. Memilih jenis sambungan knee (sambungan L) misalnya dengan jenis berulir (Drat) padahal untuk di sambung pada pipa, tentu tidak akan cocok brader...
Maka sangat penting untuk memilih jenis sambungan (fiting) pipa sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan jenis sambungan Drat atau Sok.

Jenis sambungan Pipa berdasarkan tabel


macam-macam sambungan pipa fitting PVC Socket

sok / sock / Socket
Berfungsi untuk menyambungkan Pipa
macam-macam sambungan pipa fitting PVC sock drat

Valve socket / Sok drat luar (SDL)
Merupakan sambungan Pipa yang berfungsi untuk menghubungkan ke Pipa pada bagian Sok dan menyambung pada bagian Fitting lain di bagian drat, biasanya di pasang pada bagian Plenes di Pompa air
macam-macam sambungan pipa fitting PVC sok drat dalam

Faucet socket Sok Drat dalam (SDM)
merupakan sambungan yang satu bagiannya terhubung pada pipa (sok) dan bagian lain di bagian drat yang berlokasi di dalam seperti di pasangkan untuk drat luar
macam-macam sambungan pipa fitting PVC Knee / Elbow

Knee 90 derajat (elbow (90) banyak orang menyebut benda ini knee dan instalasir listrik lebih banyak mengenalnya dengan Elbow
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya tee

Tee sok
Berfungsi untuk menambah sambungan atau membuat jalur baru ke bagian samping pipa
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya end cap

end cap
Berfungsi untuk menutup bagian akhir dari pipa 
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya

faucet elbow / Knee drat dalam
biasanya digunakan untuk menyambung pipa dan Keran air
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya knee

Elbow 45 (Knee 45 Derajat)
berfungsi untuk menyambung Pipa 45 Derajat.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya watermur

Watermur Drat dalam
untuk di hubungkan ke bagian drat
 jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya


Watermur sok (Union thread)
untuk di hubungkan ke Pipa langsung
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Increaser atau reducer Sok
berfungsi untuk menghubungkan dua pipa dengan ukuran yang berbeda.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Sok Flange
Merupakan jenis sambungan Pipa dengan Fiting lain menggunakan media baut untuk sambungannya. Biasanya digunakan pada sambungan pipa logam besar.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Clamp Saddle
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan Pipa kecil pada pipa lebih besar  di bagian samping tanpa harus memotong Pipa ukuran besar tersebut.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

end cap juga
Berfungi untuk mengakhiri saluran pipa. 
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Tee Flange
Tee ini sama saja dengan tee lain, hanya saja cara sambungnya yang berbeda, bukan Drat atau sok tapi dengan cara di Baud.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Tee sok juga
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

large radius double tee sok
Berfungsi untuk menjadi sambungan pipa 4 cabang
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Plenes
Berfungsi untuk menghubungkan bagian Pompa air dengan sok Drat luar kemudian pada Pipa.


pada tabel diatas kebanyakan jenis sambungan yang digunakan adalah jenis sambungan Pipa PVC. sebetulnya masih banyak jenis sambungan lain.

baca juga : macam-macam peralatan service

Sambungan-sambungan diatas hanyalah sebagain tetapi sudah merupakan jenis sambungan pipa terutama pipa PVC yang paling umum digunakan di kehidupan sehari-hari.

untuk membuktikan apakah jenis sambungan ini betul-betul sesuai dengan gambar silahkan sobat cek kembali di google atau di toko Online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

terimakasih telah menyimak pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan memudahkan sobat untuk menemukan jenis sambungan yang telah untuk digunakan.

Tidak ada komentar untuk "Yuk Kenali 18 jenis Sambungan Pipa agar nanti gak salah beli"