Yuk Kenali 21 Jenis Sambungan Pipa Agar Nanti Gak Salah Beli

Macam-macam fitting Pipa dan fungsinya
Bismillahirrohmanirrohim

Berencanan memasang Pompa air? atau memasang instalasi pengairan di rumah ? Kemudian berencana membeli bahan-bahan seperti pipa dan sambungannya, tapi sobat tidak tahu nama sambungan tersebut, Mari kita ulas mengenai macam-macam sambungan pipa dan fungsinya.

Kok Blog tentang listrik membahas tentang Pipa sih ? Pembahasan mengenai pipa ini masih banyak kaitannya dengan blog ini karena pertama Blog ini sering membahas tentang Pompa air, baik cara kerja pompa air, cara memasang, cara memperbaiki pompa air dan spesifikasi dari pompa air tersebut.

Dan Pompa air merupakan jenis barang yang tidak akan jauh dari sebuah benda yaang digunakan untuk mengalirkan air yang bernama Pipa.

Tapi Pipa yang mana dulu nih... 

Ok, sebelum lebih lanjut mengenal tentang jenis sambungan pipa, tentu hal pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah taaruf bersama pipa itu sendiri.

(kayak pengen nikah aja nih... ketahuan nih admin... haha)
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya

Jenis-jenis Pipa dari bahannya

Jenis-jenis pipa ini disesuaikan dengan tujuan nanti pipa ini akan di pasang dimana, kemudian untuk mengalirkan apa. Untuk menyesuaikan dengan jenis bahan yang akan di alirkan oleh pipa tersebut, maka dibuatlah jenis-jenis pipa dari bahan-bahan tertentu yaitu :

1. Pipa PVC

sesuai namannya, Pipa ini terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride (PVC). Vinyl sendiri merupakan Polimer Plastik yang sering digunakan untuk kebutuhan Kontruksi peperti untuk pipa ini. Sipatnya yang awet, tahan kembaban, ringan, tidak mudah rusak, mudah dirangkai dan harganya yang terjangkau menjadikan PVC banyak digunakan.

Karena sipatnya yang tahan pada kelembaban membuat pipa ini banyak digunakan untuk mengalirkan air, baik supply air bersih, air pembuangan dan banyak lagi. selain karena tahan pada kelembaban, penggunaan pipa PVC ini adalah karena bahannya dari plastik membuatnya anti korosi.

Sayangnya terdapat kelemahan pada pipa PVC ini. Yaitu tidak tahan terhadap panas, Pipa PVC hanya mampu pada suhu hingga 60C (14F). Maka sangat tidak dianjurkan untuk mengalirkan air panas menggunakan jenis pipa ini.

2. Pipa CPVC

Bagi anda yang menginginkan pipa plastik yang tahan panas bisa menggunakan pipa CPVC atau Pipa Chlorinated Poly Vinyl Chlorid yang mampu mengalirkan air dengan tempelatur suhu 82C (180F). Dibuat melalui klorinasi resin agar mampu bertahan pada air panas.

Sayangnya baik pipa PVC atau CPVC ini murah remuk jika ada beban di luar apalagi pada pipa yang berukuran besar.

3. Pipa Galvanis

Pipa Galvanis adalah jenis pipa yang terbuat dari Besi yang diberi zat seng untuk menghindari korosi. Pipa ini lebih kuat dari dua jenis pipa sebelumnya. Sengaja dibuat untuk menjadikan pipa yang tahan tekanan dari luar.

Pipa ini dapat digunakan untuk mengalirkan air, Gas, serta udara. baik itu udara tekanan rendah ataupun tinggi. Umunya pipa galvanis ini digunakan untuk instalasi bawah tanah.

4. Pipa Tembaga

terbuat dari tembaga tentu membuat pipa ini tahan korosi, kuat, mampu mengalirkan air panas maupun dingin dengan tekanan tinggi. Pipa ini sering kita jumpai di sistem Refrigasi udara pada Kulkas.

baca selengkapnya : cara kerja kulkas dan komponen didalamnya

sayang sekali pipa-pipa dari bahan logam ini sangat berat juga sangat kaku sehingga akan menyulitkan pekerjaan kita untuk memposisikan pipa pada kondisi yang dinginkan.

5. Pipa PEX

Pipa PEX hadir menyuguhkan sipat pleskible, membuatnya jadi mudah di arah-arah.   PEX adalah pipa yang terbuat dari material XLPE Compounds Silane Based yang merupakan bahan baku untuk pipa PEX-AL-PEX (Cross Linked Polyethylene-aluminium-Cross Linked Polyethylene).

Pipa PEX umumnya berukuran kecil. Mampu mengalirkan air panas dengan tanda merah dan untuk air dingin dengan warna biru.

adakah jenis pipa pleksible lainnya ? ada

6. Pipa HDFE

Pipa ini merupakan jenis pipa yang memiliki tingkat pleksibilitas lebih tinggi dari pada pipa PEX. HDFE sendiri merupakan singkatan dari High Density Polyethylene. Biasanya Pipa ini digunakan untuk intalasi bawah tanah dengan kondisi tanah yang murah bergerak.

Mamahani Prinsip sambungan Pipa

Sebelum kita ke bagian inti dari jenis-jenisnya. Agar lebih mudah di pahami, simak dulu ulasan singkat ini. Sebab dengan memahami ulasan dibawah ini, kita akan lebih mudah menentukan jenis sambungan pipa yang sobat butuhkan.

1) Jenis sambungan pipa dari Cara menghubungkannya

jika di lihat dari cara menghubungnya, sambungan pipa ini terbagi menjadi 3 Tipe, yaitu :
  1. Sambungan Sok yang berbentuk polos untuk menyambung langsung pipa
  2. Sambungan Drat yang memiliki ulir untuk menyambung pada sambungan drat pada benda lain (fitting) pipa.
  3. Untuk drat, perlu diperhatikan juga apakah itu drat dalam (DD) atau drat luar (DL).  
Note
Maka sebelum melakukan pembelian sambungan pipa perhatikan dulu bagian penyambungnya. Jangan sampai kita salah pilih. Memilih jenis sambungan knee (sambungan L) misalnya dengan jenis berulir (Drat) padahal untuk di sambung pada pipa, tentu tidak akan cocok brader...
Maka sangat penting untuk memilih jenis sambungan (fiting) pipa sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan jenis sambungan Drat atau Sok.
mamahami Jenis sambungan pipa sok drat

Jadi jika kita membutuhkan sambungan untuk menghubungkan Pipa dan keran air, maka kita membutuhkan sambungan :
  • sock untuk di sambung ke pipa
  • Drat dalam untuk di sambung ke keran air
Maka kjenis sambungan pipa yang kita butuhkan untuk Socket kran adalah sock drat dalam atau (SDD)

Kira-kira begitulah sederhananya. 

2) Sambungan Pipa dari Bentuknya

Selain dibedakan dari cara menghubungkannya. Sambungan pipa dibedakan lagi dari bentuknya. Untuk lebih memahaminya, bisa langsung lihat di gambar ini :
Bentuk sambungan pipa coupling elbow tee union
  • Coupling atau penghubung bertugas untuk memperpanjang pipa. Bentuknya hanya lurus saja.
  • Elbow bertugas untuk membengkokan pipa. Ada yang 90 derajat ada juga yang 45 derajat. tergantung kebutuhan
  • Reducing atau mengurangi maksudnya adalah sambungan yang berfungsi menyambungkan pipa dengan ukuran berbeda.
  • Tee merupakan sambungan berbentuk T. Berfungsi menambahkan pipa
  • Flange, sambungan dengan cara di baud
  • Union berfungsi sebagai sambungan pipa yang bisa di bongkar pasang dengan mudah.
Nah, untuk mencari kebutuhan kita dalam sambungan pipa. Kita hanya tinggal mengkombinasikan nama-nama diatas dengan tipe sambungan yang kita butuhkan, apakah sock, drat dalam atau drat luar.

Misalnya, kita membutuhkan elbow untuk menghubungkan pipa ke keran air yang menggunakan drat luar, maka kita membutuhkan elbow sok drat dalam

Begitu juga dengan yang lainnya
 

Jenis Sambungan Pipa Berdasarkan Tabel

Jika sobat ingin mengetahui lebih banyak sambungan pipa dan langsung dengan gambar serta namanya saja, dibawah ini sudah saya muat sambungan pipa yang banyak digunakan dan namanya. Bisa langsung di simak.

macam-macam sambungan pipa fitting PVC Socket

sok / sock / Socket
Berfungsi untuk menyambungkan Pipa dengan pipa.
macam-macam sambungan pipa fitting PVC sock drat luar

Valve socket / Sok drat luar (SDL)
Merupakan sambungan Pipa yang berfungsi untuk menghubungkan ke Pipa pada bagian Sok dan menyambung pada bagian Fitting lain di bagian drat, biasanya di pasang pada bagian valve pipa atau Plenes di Pompa air.
macam-macam sambungan pipa fitting PVC sok drat dalam

Faucet socket - Socket kran - Sok Drat dalam (SDD)
merupakan sambungan yang satu bagiannya terhubung pada pipa (sok) dan bagian lain di bagian drat yang berlokasi di dalam seperti di pasangkan untuk drat luar atau pada keran air.
Double Nipple jenis sambungan pipa



Double Nipple Memiliki drat luar di kedua sisinya, Berfungsi untuk menghubungkan kedua Fitting Drat dalam.
macam-macam sambungan pipa fitting PVC Knee / Elbow

Knee 90 derajat (elbow (90) banyak orang menyebut benda ini knee dan instalasir listrik lebih banyak mengenalnya dengan Elbow. Berfungsi untuk membuat bengkokan pada pipa. Knee dibedakan kembali sambungannya, ada yang sock, drat luar dan dalam. untuk yang ini sambungan sock.
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya tee

Tee sok
Berfungsi untuk menambah sambungan atau membuat jalur baru ke bagian samping pipa

Knee Drat jenis sambungan pipa


Tee Drat dalam
Berfungsi untuk menambah sambungan baru pada posisi 90 derajat dengan fitting drat luar seperti untuk SDL atau keran air
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya end cap

end cap
Berfungsi untuk menutup bagian akhir dari pipa 
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya

faucet elbow / Knee drat dalam
biasanya digunakan untuk menyambung pipa dan Keran air dengan posisi bengkok.
macam-macam sambungan pipa fitting PVC dan fungsinya knee

Elbow 45 (Knee 45 Derajat)
berfungsi untuk menyambung Pipa 45 Derajat.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya watermur

Socket union atau Watermur Drat dalam
untuk di hubungkan ke bagian drat. Dirancang sebagai sambungan pipa yang bisa di lepas dan sambung dengan mudah setiap saat dengan sistem mur.
 jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya


Watermur sok (Union thread). Beda dengan watermur sebelumnya yang dibuat dengan drat, ini watermur sock
untuk di hubungkan ke Pipa langsung.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Increaser atau reducer Sok
berfungsi untuk menghubungkan dua pipa dengan ukuran yang berbeda.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Sok Flange
Merupakan jenis sambungan Pipa dengan Fiting lain menggunakan media baut untuk sambungannya. Biasanya digunakan pada sambungan pipa logam besar.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Clamp Saddle
Alat ini berfungsi untuk menghubungkan Pipa kecil pada pipa lebih besar  di bagian samping tanpa harus memotong Pipa ukuran besar tersebut.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

end cap juga
Berfungi untuk mengakhiri saluran pipa. 
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Tee Flange
Tee ini sama saja dengan tee lain, hanya saja cara sambungnya yang berbeda, bukan Drat atau sok tapi dengan cara di Baud.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Vlok Tee. Dibuat untuk menambah jalur baru pada pipa pada posisi 90 derajat dengan ukuran pipa yang berbeda, biasanya lebih kecil.
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

large radius double tee sok
Berfungsi untuk menjadi sambungan pipa 4 cabang
jenis sambungan pipa PVC dan kegunaannya

Plenes
Berfungsi untuk menghubungkan bagian Pompa air dengan sok Drat luar kemudian pada Pipa.

Jenis sambungan pipa PVC Flug


Plug, Berfungsi untuk menutup bagian sambungan drat dalam pada instalasi pipa. Entah itu karena fungsinya sudah tidak digunakan atau sebagai tempat pemeriksaan aliran air,

Clean Out  macam sambungan pipa PVC


Clean Out sebagaimana namanya, yaitu untuk berfungsi sebagai jalur clean atau pembersihan. Misalnya untuk tangki air, atau kolam.


pada tabel diatas kebanyakan jenis sambungan yang digunakan adalah jenis sambungan Pipa PVC. sebetulnya masih banyak jenis sambungan lain.

baca juga : macam-macam peralatan service

Daftar Macam Sambungan Pipa

Setelah kita mengetahui jenis sambungan pipa dan fungsinya diata, maka bisa kita list dan jumlahkan seperti dibawah ini :
  1. Sok / sock / socket
  2. Valve socket / Sok drat luar (SDL)
  3. Faucet socket / Sok Drat dalam (SDD)
  4. Double Nipple
  5. Elbow 90 derajat 
  6. Elbow 45 Derajat 
  7. Faucet elbow / Knee drat dalam 
  8. Tee Sock 
  9. Tee Drat dalam 
  10. End cap
  11. Socket Union / Watermur Drat dalam 
  12. Socket Union Sok (Union Thread) 
  13. Reducer Sok 
  14. Flange Sok 
  15. Clamp Saddle 
  16. Tee Flange 
  17. Vlock Tee 
  18. Large Radius Double Tee 
  19. Plenes 
  20. Plug 
  21. Clean Out
Sambungan-sambungan diatas hanyalah sebagain tetapi sudah merupakan jenis sambungan pipa terutama pipa PVC yang paling umum digunakan di kehidupan sehari-hari.

untuk membuktikan apakah jenis sambungan ini betul-betul sesuai dengan gambar silahkan sobat cek kembali di google atau di toko Online seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Jangan lupa lihat juga Youtube saya :



Terimakasih telah menyimak pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan memudahkan sobat untuk menemukan jenis sambungan yang telah untuk digunakan. www.kelistrikanku.com

4 komentar untuk "Yuk Kenali 21 Jenis Sambungan Pipa Agar Nanti Gak Salah Beli"

Comment Author Avatar
Terimakasih broder untuk share ilmunya, sangat bermanfaat bagi yg awam seperti saya tentang nama nama pitting/sambungan pipa paralon. Sukses terus broder. Salam.
Comment Author Avatar
Ia sob... Sama-sma... Terimakasih juga telah berkunjung ke web ini...
Comment Author Avatar
Info yg bermanfaat 👍👍👍
Comment Author Avatar
Mantap mas, makasih artikelnya sngat membantu

Diskusikan pertanyaan sobat disini