Mau buka Toko Service ? berikut Alat elektronik yang dibutuhkannya

Peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuka bengkel service elektronik dan Gulung dinamo
Bismillahirrohmanirrohim
peralatan service elektronik rumah tangga listrik

Pada kali ini saya akan coba shering dengan rekan-rekna teknisi semua yang berniat membuka bengkel service elektronik dan Gulung dinamo, namun belum tahu alat-alat apa saja yang mesti kita punya untuk menjalanankannya.


Kita bisa saja membeli semua alat yang ada di pasaran, namun hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah punya modal. Bagaimana dengan anda yang tidak memiliki modal terlalu banyak dan berniat mencicil alat satu-persatu, bersamaan dengan dibukanya bengkel service elektronik sobat.

Maka dari itu kali ini saya akan coba berbagi pengalaman tentang alat-alat apa saya sih yang paling dasar yang harus dimiliki oleh seorang teknisi untuk melakukan refarasi atau memperbaiki alat elektroniknya. berikut daftarnya :

Peralatan service elektronika 


Hal mendasar yang harus sobat miliki pertama adalah kemampuan untuk memperbaiki alat elektronik tersebut.

Mau selengkap apapun alat yang sobat punyaajika sobat masih belum paham sepenuhnya mengenai berbagai kerusakan pada alat eletronik tersebut tentu memperbaikinya bukanlah hal yang mudah atau bahkan sobat tidak akan pernah mampu memperbaikinya.

Maka hal dasar yang harus sobat punya adalah kemampuan memahami bagaimana alat eletronik tersebut bekerja, sehingga sobat mampu menganalisa letak kesalahan pada alat elektronik tersebut.

Jika sobat belum punya ?

Jika sobat belum punya kompetensi mengenai hal tersebut, sebaiknya urungkan langkah membuka bengkel elektronik apalagi gulung dynamo.

proses service alat elektronik
Tidak ada salahnya jika sobat mencoba berguru pada orang yang lebih ahli terlebih dahulu dengan cara menjadi karyawan di tempatnya. Jikapun owner tersebut menolak menerima sobat, cara lain yang bisa sobat lakukan adalah banyak-banyak membaca.

Sobat bisa membaca tutorial cara memperbaiki berbagai alat elektronik di kelistrikanku.com ini.

Yah meskipun sebetulnya saya merasa ilmu saya memang masih kurang begitu banyak untuk di bagikan, namun setidaknya disini saya banyak menuliskan pengalaman-pengalaman dalam service menyervis alat elektronik yang bisa anda pelajari.

Kedua Sobat bisa juga menonton tutorial service di channel kelistrikaku TV, Jika memang tidak ada orang yang bisa dijadikan pembimbing oleh sobat.

Hal ketiga yang bisa sobat lakukan adalah melakukan eksperimen sendiri.

Nah, disini memang kita memerlukan alat dasar….

Tidak mungkinkan melakukan eksperimen memperbaiki alat eletronik sendiri jika hanya dengan modal tangan kosongkan. Untuk itu setelah saya lakukan pengamatan dan pengkalkulasian jenis alat yang akan digunakan, ternyata ada alat-alat yang sangat sering digunakan, cukup sering digunakan dan jarang digunakan.

Urutan peratan servcie (refarasi)

  1. Sering digunakan
  2. Cukup sering digunakan
  3. Jarang digunakan


Maka disini sobat bisa membeli alat-alat service berdasarkan yang paling sering digunakan terlebih dahulu, dengan maksud untuk mengurangi biaya pengeluaran sobat di awal-awal.

dibawah ini adalah urutan berbagai jenis alat elektronik yang bisa anda beli satu-persatu

HandTools - Alat eletronik paling sering digunakan Teknisi 

AVO meter obeng tang tespen Cutter

1. AVO meter

Avometer merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mengukur A - Ampere (arus), V – Volt (tegangan) dan O – Ohm (tahanan).

AVometer ini tentu sangat penting untuk kita miliki pertama kali. karena fungsi untuk memeriska berbagai kerusakan alat elektronik.
Ingin lebih tahu mengenai AVometer ? basa saja : AVO meter ? disini jawabnya
Avometer ini sangat penting untuk kita miliki karena sebagai alat pencari kerusakan pada alat elektronik.

 2. Obeng - & +

Kalo ini sih sudah tidak perlu di Tanya lagi, karena sudah sewajarnya, seorang laki-laki aktif untuk memiliki alat ini. Akan tetapi terkadang, obeng yang kita miliki tidak pas dengan baud pada alat yang akan kita buka. 

Betulkan ?

Kadang obengnya terlalu besar, kadang juga obengnya terlalu kecil, maka  Sebaiknya utamakan dulu obeng yang berukuran besar karena lebih banyak digunakan, untuk obeng ukuran kecil sobat bisa gunakan tespen

3. Tespen

Meskipun rata-rata tuser (tukang Service) lebih sering melepas alat elektronik yang akan di perbaiki dari sumber listrik, kadang-kadang Tespen ini berfungsi untuk melepas baud min yang berukuran kecil.

 4. Tang Kombinasi

Kenapa tang Kombinasi ?
tidak tang pemotong atau tang lancip?

Tang kombinasi sudah bisa di Fungsikan sebagai Tang Pemotong dan juga sebagai tang lancip, meskipun nanti fungsinya kurang maksimal, misalnya dalam memotong kabel. Namun, dengan satu Tang dengan berbagai fungsi ini tentu dapat menghemat pengeluaran sobat.

Selain itu, tang kombinasi ini juga bisa digunakan sebagai alat pengganti kunci untuk membuka baud, saya rasa untuk membuka baud-baud kecil, menggunakan Tang kombinasi masih bisa di lakukan, kecuali untuk ukuran baud yang lebih besar.

selain itu juga, Bisa juga digunakan sebagai alat memukul pengganti Palu.

Pokoknya tang Kombinasi ini bisa mengkombinasikan berbagai alat lainnya….

........Keren juga nih alat

5. Isolasi

Tidak lengkap rasanya bila kita sudah oprak oprek barang dan akan kita bereskan namun kita tidak memiliki alat ini untuk menutupi kupasan-kupasan kabel. maka dari itu silahkan lengkapi alat sobat dengan memiliki Isolasi.

6. Pisau / cutter Siapa yang tidak tahu fungsi pisau ?

saya kira sobat sudah tahu dan saya kira bukan hanya sebagai seorang teknisi, tetapi bagi semua orang pisau ini sangat membantu.

Saya kira 6 jenis alat ini sudah cukup bagi anda yang Berniat memulai belajar service alat elektronik. Meskipun dalam beberapa kasus kita pasti akan mengalami kesulitan jika hanya mengandalkan 6 alat diatas.

Oleh sebab itu, jika sobat ingin lebih nyaman dalam melakukan service menyervis dibutuhkan alat yang lebih lengkap lagi. Maka dari itu berikut ini alat lain yang bisa sobat gunakan

Handtools – Alat elektronik yang dapat meringankan pekerjaan

perkakas tangan listrik untuk service elektronik

7. Tang Pemotong

Sobat mungkin bisa memotong kabel dengan menggunakan pisau atau tang kombinasi, namun tentu tidak akan semudah ketika anda menggunakan tang pemotong. Meskipun tang pemotong ini sangat penting untuk teknisi, namun karena fungsinya yang hanya satu jenis yaitu memotong kabel saja, maka poin tang pemotong ini berada di bagian alat elektronik peringan pekerjaan.

8. Tang Lancip

Jika sobat memang berkonsentrasi di bagian service elektronik, melengkapi Tang sobat haruslah dilakukan. Meskipun sebetulnya tang lancip ini sama dengan tang kombinasi, terkadang kita memerlukan dua tang sekaligus untuk melancarkan pekerjaan.

Misalnya ketika melilit kabel. Baca selengkapnya : jenis-jenis sambungan kabel Alat yang digunakan untuk membongkar mesin cuci dan pompa air

9. Kunci Pas 8, 10, 12, 14 

Sebetulnya lebih baik beli kunci pas satu set langsung, namun jika sobat memang tidak memiliki banyak modal, maka kunci pas nomor 8, 10, 12 dan 14 merupakan kunci yang paling sering digunakan untuk membongkar pompa air ataupun mesin cuci.

10. Obeng Plus an Min Panjang

Terkadang mesin cuci dilengkapi dengan baud yang berada di bagian cukup dalam, sehingga harus menggunakan obeng yang panjang

11. Palu 

Pokoknya alat ini penting buat mempermudah sobat service menyervis…

12. Solder 

Tanpa solder, komponen-komponen elektronika tidak akan menempel dengan kuat, di perlukan solder untuk memperkuat sambungan komponen elektronika.

13. Kunci Pipa

Kunci pipa sangat penting dimiliki oleh sobat yang ingin membongkar dan memasang kembali pompa air. Tanpa adanya kunci biasanya sambungan pipa kurang rapat dan menjadikan pompa tidak menghisap air.

14. Obeng Min pahat 

Obeng min pahat ini berguna untuk mencongkel dengan cara di getok-getok. Biasanya digunakan untuk membuka baud yang sudah sangat di buka atau sudah tidak memiliki Drat

15. Treker
Tang snap ring Treker dan tang jepit
Tang Snap ring, Treker & Tang jepit

Hanya satu fungsi trecker, yaitu membuka bearing. Meskipun demikian, Trecker ini sangat penting dan sangat mempermudah pekerjaan sobat

bagaimana cara menggunakan trecker ? silahkan baca : cara mengganti bearing pompa air

16. Tang snap ring

Meskipun tugasnya hanya satu yaitu membuka snap ring, tetapi sangat sulit untuk di buka tanpa Tang snap ring.

17. PCB Holder
18. Obeng T5 & T6
19. Gel pembersih mata solder
20. Timah solder
alat solder dan eletronika
alat service elektronika

21. Koas
22. Tang jepit
23. Kunci Inggris
24. Vacuum desoldering pump
25. Cable Ties
26. Fine Point Cutter
27. Ragum
28. Micrometer
29. Pahat

Handtools – Pralatan Listrik

perkakas tangan listrik untuk service elektronik
Bor dan Gerinda

31. Bor
32. Gerinda Tangan

Alat Gulung Dinamo

alt gulung dinamo
Alat gulung dinamo : sumber : nadiashopp Bukalapak

Bagi sobat yang berencana belajar Menggulung dinamo, saya sangat menyarankan anda untuk menggunakan Kincir untuk mempercepat Proses Gulung dinamo, juga bisa menggunakan Alat ukur kumparan agar nantinya pas dengan ukuran keren Stator


Safety Tools - Alat Pengaman Listrik


Selain alat-alat untuk mempermudah membongkar dan memperbaiki berbagai alat elektronika, untuk melakukan perbaikan berbagai alat elektrik dan alat elektronik dalam membuka service dan melakukan perbaikan, kita juga harus memperhatikan keselamatan kita Berikut ini alat-alat safety yang harus kita punya yaitu :
alat safety atau pengaman listrik

  1. Sarung tangan Ini untuk mengamankan tangan sobat dari goresan-goresan yang bisa saja terjadi, meskipun kadang kita kurang nyaman menggunakan sarung tangan ini, tetapi untuk memperbaiki berbagai alat-alat berat, sangat di rekomendasikan untuk memakai sarung tangan.
  2. Sepatu atau alas kaki lainnya Alas kaki sangat penting kita pakai jika sedang melakukan perbaikan alat elektronika, pemakaian alas kaki ini bukan hanya melindungi kaki sobat dari kemungkinan jatuhnya benda, tetapi juga untuk menjaga dari sengatan listrik langsung. Baca selengkapnya : Cara mengamankan listrik
  3. Kacamata Kacamata sangat penting untuk kita punya agar mata kita tetap terlindungi dari percikan-percikan bunga api atau percikan lainnya. Selain itu juga kacamata bisa jadi gaya bagi sobat.
Tidak cukup dari peralatan saja, tentu kita juga harus paham ilmu menghindari dan mengatasi masalah bahaya listrik, oleh karena itu, saya sarankan sobat untuk membaca : cara pengamanan terhadap bahaya listrik

Diatas merupakan alat-alat untuk membantu sobat ketika berniat ingin membuka toko service. Saya sudah menyusun alat-alat tersebut dari yang paling penting dulu. jadi bisa disesuaikan dengan modal yang sobat miliki untuk menyicil alat-alat tersebut satu persatu.

belum selesai sob, Jika sobat ingin lebih melengkapi alat-alat service refarasi, diatas saya belum menuliskan peralatan-peralatan untuk memperbaiki kulka, karena pada saat memperbaiki kulkas kita membutuhkan alat lain seperti alat pengukur tekanan udara dan lain-lain. akan di bahas setelah ini

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. terimakasih telah menyimak, jangan sungkan untuk menyisihkan waktu untuk share artikel ini pada Teman-teman sobat. Wassalamualaikum warrohmatulloh.

No comments for "Mau buka Toko Service ? berikut Alat elektronik yang dibutuhkannya"