10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

10 Manfaat Besar Energi listrik bagi kesehidupan keseharian kita
bismillahirrohmanirrohim

tidak bisa terelakan lagi bahwa energi listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat banyak manfaatnya serta sangat sulit digantikan perannya, dan untungnya, tidak seperti minyak bumi yang penggunaannya bisa saja habis, Energi listrik ini tidak akan pernah habis dan setiap orang berpotensi bisa membangkitkan energi listrik.

Hanya saja, pada pengetahuan kita yang masih terbatas tentang dunia energi listrik ini, kita membutuhkan pembangkit listrik yang besar agar bisa menghasilkan listrik yang besar pula dan pembangkit listrik besar tersebut tentu membutuhkan biaya Operasional yang tidaklah murah sehingga meskipun energi listrik itu Gratis, namun cara membangkitnya cukup memakan biaya.
Manfaat Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

Yuk mari kita sama-sama cari tahu bagaimana cara membangkitkan sebuah energi listrik dengan biaya murah namun menghasilkan energi listrik yang besar....

Dorongan ini tidak semata-mata kata untuk memperpanjang Artikel saja sob, 😃😃 Tapi memang kita harus bangkit dari keterpurukan, kita wujudkan dunia bersih dengan energi listrik gratis buatan kita sendiri. Hal ini mengingat kebutuhan kita sendiri kepada listrik itu sangatlah besar.

sebelum kita lebih lanjut membahas energi listrik, mari kita ulas beberapa Fakta energi listrik yang harus kita ketahui :

4. Fakta energi listrik sebelum dimanfaatkan


1. Energi Listrik sebagai Awal kemajuan Jaman

Komputer, Smartphone, TV, Radio, serta banyak alat canggih lainnya itu tidak akan bisa kita Gunakan bila tidak ada Energi listrik. Bisa saja sih jika digunakan untuk mengganjal pintu dan lainnya.... tapi kan itu bukanlah fungsinya...

Sobat harus tahu bahwa Awal mula di temukannya Komputer dan alat elektronik ini karena diawali dengan adanya energ listrik. Tanpa energi listrik, kita tidak akan mungkin memikirkan perpindahan data menggunakan jaringan,

Tidak mungkin para ilmuan berpikir bagaimana mengubah energi suara menjadi energi elektromagnetik dan diubah lagi menjadi suara seperti pada handphone jika tidak ada gelombang elektromagnetik itu sendiri (listrik).

baca juga : sejarah listrik dari mulai penemuan pertama sampai pengembangan terbaru

2. Energi Listrik sebagai Energi Alam milik sang pencipta yang paling diandalkan

Energi listrik dapat diubah menjadi energi panas, Gerak, cahaya, Data pada komputer, dan banyak lagi. tidak ada energi alam serupa yang bisa diubah sebanyak yang bisa dilakukan oleh energi listrik. semisal energi minyak bumi tidak bisa diubah menjadi Data.

sobat bisa saja menjalani hidup dengan Normal tanpa adanya minyak bumi atau BBM, namun beda cerita jika adanya pemadalam listrik. hampir setiap aktifitas terhenti karena pada jaman Now kali ini, energi listrik hampir memasuki semua aspek kehidupan dan sebetulnya itu tidak terlalu bermasalah karena energi listrik tidak pernah habis.

3. Energi listrik tidak pernah Habis


Banyak orang bingung dengan pernyataan ini, karena akan timbul pertanyaan kalo tidak pernah habis kenapa listrik harus bayar? Mungkin orang tersebut terlalu bodoh dan sudah terpenjara dengan sistem dunia saat ini. yang terfokus pada tidur makan bekerja... hhmmm

sebagaimana dijelaskan diatas bahwa energi listrik itu perlu dibangkitkan dan cara membangkitkan energi listrik untuk saat ini memang cukup mahal. Namun pada dasarnya energi listrik itu tidak bisa habis juga tidak bisa bertambah, hanya bisa berubah bentuk. sebagaimana hukum kekekalan energi.

4. Energi Listrik dapat disimpan

Kenal dengan Power bank? yah itu adalah salah satu contoh alat penyimpan energi listrik. Dan ini menjadi salah satu fakta menarik dari energi listrik.

Energi listrik adalah energi yang liar, dimana dia akan bergerak kemana saja asalkan ada konduktor di sekitarnya, sangat sulit memanfaatkan energi listrik bila kita tidak bisa menyimpannya, akan tetapi beruntungnya karena energi listrik ini bisa disimpan sehingga dapat dimanfaatkan dikemudian hari.

Apa saja manfaat energi listrik tersebut?

Manfaat Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita


1. manfaat Energi listrik sebagai penerangan

10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

Dengan adanya penerangan dari lampu, kita manusia sudah tidak lagi merasa takut dengan gelapnya malam, salah satu penemuan terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarah.

Setiap rumah diperkotaan sudah pasti dilengkapi dengan sebuah lampu dan lampu tersebut sangat bermanfaat bagi sobat yang senang beraktifitas malam hari seperti untuk belajar dan untuk yang lainnya...

baca juga : 12 macam lampu

2. manfaat Energi lsitrik sebagai Panas

10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

dengan bisa diubahnya energi listrik menjadi energi panas seperti dibuatnya heater membuat teman-teman di wilayah sub tropis seperti di eropa tidak akan kesultan untuk menjalani hidup, selain itu juga banyak lagi manfaat energi panas yang dihasilkan energi listrik ini seperti untuk

  • mesin penanak nasi (Rice cooker)
  • mesin pemanas air (Dispenser)
  • setrika listrik 
  • solder bagi teknisi listrik
  • dan lain-lain

3. Energi Listrik sebagai Gerak

Energi gerak yang dihasilkan karena listrik ini memanfaatkan elektromagnetik pada Motor listrik 1 fasa atau 3 fasa. dengan putaran motor tersebut dapat diubah kembali menjadi berbagai keperluan misalnya menyedot air seperti pompa air, mencuci pakaiaan pada mesin cuci, memotong Besi dan berbagai bahan lain pada gerinda, melubangi sebauah alat pada Bor listrik dan masih banyak kegunaan lainnya

baca juga : 6 perbedaan motor listrik dan generator listrik

Yang terbaru kita dapat menemukan sepeda dan mobil listrik. Ini adalah salah satu contoh dimana energi lsitrik ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk keperluan transportasi. Pembuatan mobil Listrik ini juga termotivasi dengan Bahan bakar Minyak yang kurang ramah terhadap lingkungan.


4.  Energi Listrik sebagai Suara

Dengan ditemukannya Mikrophone dan Speaker kita bisa mendengar Adzan yang sebetulnya jaraknya sangat jauh sehingga kita tidak akan tertinggal wakyu shalat berjamaan di masjid. tidak hanya itu, kita juga dapat dengan asik berbicara dengan orang yang bahkan jauh melalui hanphone.
10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

5. Energi Listrik sebagai Pengubah data


Energi data yang dihasikan karena listrik antaranya sebuah komputer, dan smartphone seperti data-data yang bisa digunkan antaranya Gambar, Tulisan, dan lian-lain. hal ini bisa terjagi karena daya input diubah menjadi energi listrik kemudian diubah kembali sebagai energi output seperti yang ditampilkan pada komputer.

Dengan bisa dimanfaatkannya energi listrik ini sebagai energi data, sekarang sobat bisa membaca artikel ini, dan sebelumnya saya yang bisa menulis artikel ini dengan adanya pemanfaatan energi listrik menjadi energi data.

6. Energi Listrik sebagai Menggantikan BBM

Sekarang sudah banyak bertebaran di Internet tentang hadirnya Mobil dan sepeda motor listrik. Hal ini dikarenakan tidak selamanya Bahan bakar Minyak (BBM) bisa dimanfaatkan sebagai energi kendaraan bermotor. Dan karena fakta berbicara bahwa energi listrik adalah energi yang tidak pernah habis.


7. Energi Listrik sebagai Sumber Pengobatan


bermunculannya berita-berita tentang terapi listrik di TV ataupun internet menambah daftar manfaat listrik bagi kehidupan ini. Maskipun sebetulnya saya pribadi juga belum yakin benar tidaknya.

selain dari pada itu, berbagai alat di rumah sakit sangat memerlukan suplay energi listrik untuk alat-alatnya.


8. Energi Listrik sebagai Bantuan alat Olahraga

10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

Metode terapi Electrical Muscle Stimulation (EMS) sekarang itu sudah banyak dimanfaatkan di Indonesia, termasuk artis-artis terkemuka demi menghasilkan tubuh yang indah. EMS banyak dipilih karena memiliki efektifitas yang sangat tinggi dengan resiko cidera yang rendah.

9. Energi Listrik sebagai Bantuan alat belajar

10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita

Dengan adanya Ebook, sebagai Elektronik book membuat kita tidak perlu capek-capek membawa-bawa buku kemana-mana, cukup dengan Smartphone atau komputer anda sudah bisa membaca berbagai buku. Listrik juga dapat mempermudah kita dalam mempresentasikan berbagai aspek dan riset yang telah kita lakukan demi mempermudah proses belajar.

Dengan mengkombinasikan perubahan energi listrik sebagai cahaya, suara, dan pengubahan Data kita dapat menikmati seminar dengan lebih enak dan nyaman.

10. Energi Listrik sebagai alat bantu Kimia

sebagai contoh....
pelapisan dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik pada bahan pelapis (sebagai anode) dan perhiasan yang akan dilapisi (sebagai katode) melalui cairan elektrolit. Selama proses ini, logam pelapis lama-lama akan habis karena berubah menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian menempel pada perhiasan yang dilapisi. Proses penempelan inilah yang membutuhkan energi listrik.

Serta masih banyak sekali manfaat listrik yang bisa kita peroleh dan membantu aktifitas kita dalam menjalani hidup.

Dengan kebutuhan pada energi listrik ini begitu besar, sudah sewajarnya bila kita senan tiasa menjaga alam ini dengan baik serta Belajar agar bisa membangkitkan energi listrik sendiri agar kita bisa lepas dari ketergantungan energi listrik dari PLN.

baca juga : harga mesin pemecah batu
Banyak sekali insinyur-insiyur kita yang sudah berusaha menemukan pembangkit energi listrik. salah satunya adalah dengan ditemukannya solar cell atau energi listrik tenaga matahari. ini adalah bentuk solusi yang bisa kita pelayari bersama agar membuat energi listrik semakin murah dan murah lagi.
10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita
baca selengkapnya : sejarah perkembangan pembangkit listrik tenaga surya yang sangat menginspirasi
Pertanyaan lainnya.....

kok energi dingin pada kulkas tidak termasuk manfaat listrik?

pertama, adalah karena nanti judulnya menjadi 11 manfaat, jadi tidak keren.... hehe

kedua, Memang betul, kulkas berjalan karena adanya energi listrik. tetapi bukan energi listriknya yang menjadi dingin. melainkan proses sirkulasi udara antara kompresor, kondensor, kapiler dan evapolator yang membuat udara dingin bukan listriknya yang berubah jadi dingin.

Energi listrik pada kulkas ini hanya berfungsi untuk memutarkan kompresor pada kulkas agar dapat meniupkan angin dingin (preon) hingga membekukan kulkas.

Demikian pemabahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang dunia listrik. mohon maaf bila banyak kesalahan karena kesalahan ada pada diri saya dan kebenaran hanya milik Allah SWT.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Utama Energi Listrik bagi kehidupan keseharian kita"