Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

6 Perbedaan Motor Listrik dan Generator Listrik

Perbedaan Motor listrik dan Generator listrik
bismillahirrohmanirrohim

Energi listrik merupakan energi yang tidak bisa dihilangkan dan juga tidak bisa diciptakan, energi listrik ini hanya bisa berubah bentuk. karena setiap benda memiliki kumpulan Atom dan pada atom tersebut terdapat elektron sebagai awal mula munculnya energi listrik.

Namun, energi listrik ini tidak bisa dinikmati jika alat pengubah energi gerak menjadi energi listrik ini tidak berhasi ditemukan. Yah... Namanya Michael Faraday sang pencerus dibuatnya Dinamo untuk membangkitkan listrik atau disebut dengan nama Generator listrik.

dengan pemikirannya yang hebat "jika listrik bisa dibuat magnet, kenapa Magnet tidak bisa dibuat listrik?" dengan demikian ternyata benar dan penemuannya ini bisa menginspirasi Nikola Tesla sang penemu Generator Listrik AC (alternating Current) untuk bisa mewujudkan Dunia yang terang benarang namun dengan harga ekonomis.

baca : sejarah listrik dari penemuan pertama sampai pengembangan terbaru

pada kali ini saya akan mencoba menguraikan perbedaan antara Motor listrik dan Generator listrik yang memiliki bentuk, sistem kerja dan bagian-bagian yang hampir sama namun dengan fungsi yang sangat berbeda karena,

Jika generator listrik berfunsi untuk menghasilkan listrik atau mengubah energi gerak menjadi energi listrik, sebaliknya, Motor listrik berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. sehingga, kedua jenis alat listrik ini sangat dibutuhkan untuk mengaplikasikan energi listrik.
6 Perbedaan Motor Listrik dan Generator Listrik6 Perbedaan Motor Listrik dan Generator Listrik

Berikut beberapa perbedaan Generator dan Motor listrik
1. Motor Listrik mengambil energi listrik sedangkan generator menghasilkan energi listrik
2. Motor listrik tidak memiliki magnet alami, sedangkan Generator memilikinya (ada juga yang tidak memilikinya karena diganti dengan magnet buatan)
3. Motor listrik lebih banyak beredar dibanding Generator listrik yang ada pada pembangkit listrik saja
4.  Pada umumnya, dengan Besar arus yang sama, ukuran Motor listrik lebih kecil
5.  Generator dibuat sesuai dengan fenomena induksi elektromagnetik; sedangkan motor listrik dibuat sesuai dengan prinsip gerak gerak konduktor konduktor di medan magnet
6. Harga Generator listrik lebih mahal dibanding dengan Motor listrik

baca selengkapnya : mengenal Generator listrik

Demikian Pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat, khususnya wawasan mengenai dunia kelistrikan. semoga dengan memahami perbedaan Motor dan Generator, sobat bisa membuat generator sendiri untuk bisa membuat pembangkit listrik sendiri untuk kampung sobat. Amin....

0 Response to "6 Perbedaan Motor Listrik dan Generator Listrik"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL