Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung ? Bushing Penyebabnya!

Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung

Memperbaiki kipas angin yang tidak berputar dengan cara mengganti Bushing

bismillahirrohmanirrohim

Bagian pertama kita sudah mengulas mengenai cara mengatasi kipas angin mati total. 

ya, Kerusakan kipas angin paling banyak terjadi....

Setelah itu kerusakan kedua yang paling banyak terjadi adalah kipas tidak berputar dan hanya berdengung.

Bahkan bila kerusakan kipas tidak berputar dan hanya berdengung ini dibiarkan cukup lama, akan menyebabkan kerusakan kipas angin mati total.

Kenapa bisa demikian ?

Sebab kipas angin berdengung tidak berputar akan menyebabkan panas pada dinamo kipas angin dan ketika panas, maka thermofuse yang ada di dinamo kipas angin akan mati. 

Dan kipas angin mati total.

Bila sudah demikian, silahkan kunjungi artikel sebelumnya : Panduan memperbaiki kipas angin mati total

Sebetulnya, kerusakan kipas angin tidak berputar dan hanya berdengung tersebut sangat mudah diatasi sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat refarasi. 

Karena kita tahu sendiri tanpa hadirnya kipas angin membuat sobat kegerahan, pake baju tipis, pake kolor sampai matang karena kepanasan.

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar Dan Hanya Berdengung

Sebelumnya harus sobat ketahui bahwa macetnya kipas angin dapat ditandai dengan tidak adanya gerakan pada baling baling baik disaat kipas dinyalakan maupun disaat kipas sedang keadaan tidak dinyalakan.

Adapun dapat digerakan, baling-baling kipas terasa sereeettt.

Bila baling-baling kipas angin saat keadaan mati dapat di gerakan dengan lancar, namun saat dihidupkan jadi hanya berdengung. Kemungkinan kerusakan terjadi pada kapasitor. Atau bahkan pada dinamo itu sendiri.

Bisa kita simpulkan penyebab kipas angin tidak berputar dan hanya berdengung ini karena :
  1. Bila hanya berdengung saat dihidupkan, namun baling-baling lancar diputarkan saat keadaan mati, kerusakan bisa disebabkan oleh kapasitor atau dinamo.
  2. Bila kipas angin berdengung dan baling-baling tidak dapat berputar baik saat dihidupkan atau mati, kemungkinan kerusakan ada pada bagian bushing dan poros kipas angin.


Indikasi kerusakan
Kipas angin yang tidak dapat berputar dan berdengung dan macet baling-balingnya, biasanya di akibatkan oleh banyaknya debu yang menempel. 

Debu-debu tersebut lama kelamaan dapat masuk ke bagian poros kipas dan menyebabkan poros kipas tidak dapat berputar lancar karena terhalang banyaknya debu tadi.
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung


Debu dan kotoran pada kipas lama-kelamaan akan masuk ke bagian bushing. Membuat putaran jadi serat bahkan diam (tidak berputar).

Kedua, karena pemakaian yang berlebihan.

Misalnya, digunakan 24 jam terus-menerus tanpa ada jeda untuk kipas angin mendinginkan diri. Itu bisa menyebabkan mesin dinamo overheat dan merusak gulungan dinamo atau minimalnya fuse dan kapasitornya.

Jika memang sudah dipastikan bahwa kipas yang sobat gunakan sedang dalam keadaan macet hanya berdengung, maka lanjutkan membaca pembahasan ini sampai tamat dan share ke teman-teman sobat.

Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mempersiapkan alat-alat dan bahan yang harus disiapkan demi kelancaran refarasi (service) yaitu :

Alat
  • Obeng min dan plus untuk membuka setiap bagian pada kipas angin
  • Tang potong bila diperlukan untuk memotong
  • Isolasi untuk jaga-jaga bila tedapat kumparan dan kabel yang terkelupas

Bahan
  • Sebuah bushing yang dapat dibeli di toko refarasi dan toko spare part kipas angin atau dinamo
  • Sebuah kipas angin tentunya
  • Eh, kopi juga boleh biar kalem
Cara Pertama,

Mengatasi Kipas Angin Hanya Berdengung Dengan Mengganti Kapasitor

Cara kerja kapasitor adalah memberikan arus kejut (starting) sebagai dorongan agar kipas dapat berputar.

Jika kapasitor rusak, maka kumparan pada dinamo tidak ada dorongan untuk berputar, sehingga medan magnet yang dihasilkan tidak menghasilkan putaran, hanya dengungan saja.

Jika kipas dirasa hanya berdengung saja. Sebaiknya matikan segera, agar tidak merusak motor listrik (dinamo).
Mengganti kapasitor kipas angin


Silahkan periksa apakah benar kerusakan ada pada kapasitor.

Caranya ?
  1. Buka bagian tutup mesin dinamo
  2. Silahkan putuskan kabel kapasitor yang terhubung ke mesin
  3. Periksa kapasitor.
  4. Cara memeriksa kapasitor bisa menggunakan AVO meter, LCRmeter, Test secara langsung dan lain sebagainya. 
Untuk memeriksa kapasitor bisa buka : Cara Cek Kapasitor Termudah Dengan Alat Dan Tanpa Alat

Jika sudah di pastikan kerusakan ada pada kapasitor, silahkan ganti kapasitor sesuai dengan uF yang ada pada kapasitor. 

Bisanya ukuran kapasitor untuk kipas angin antara 1 - 1,2 - 1,5 & 2 uF. Silahkan beli online. atau ke toko service alat rumah tangga listrik.

Namun, jika kapasitor bagus, dan baling-baling berputar lancar, kerusakan bisa disebabkan oleh gulungan dinamonya.

Untuk kipas angin yang sudah kena dinamonya, sudah sulit diperbaiki sendiri. Sebaiknya gunakan jasa Profesional untuk itu.


Mengatasi Kipas Angin Tidak Berputar Dengan Membersihkan Bushing

Bushing terletak di bagian mesin dinamo kipas angin. 

Tepatnya di bagian depan dan belakang.
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Maka jika sobat berencana membersihkan bagian ini, sobat harus membongkar bagian mesin kipas angin.

Dari mulai membuka sangkar kipas, baling-baling, kemudian wadah pelindung mesin, serta melepasnya dari bagian leher kipas angin.

Silahkan bongkar sendiri karena caranya mudah...

maka akan terlihat seperti ini :
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Buka keempat baud yang menempel sehingga memisahkan dinamo dan bagian body penahan bushing pada kipas angin.

Hati-hati, jika sulit membuka bagian poros kipas dengan mesin, jangan di paksakan. sebaiknya buka bersihkan dulu bagian poros menggunakan hamplas halus atau kain agar tidak ada kotoran yang masih menempel.

Sebab jika di paksakan, justru akan merusakan bagian bushing kipas angin karena terkena goresan.

jika sudah dibersihkan maka poros akan lebih mudah di buka.

memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Biasanya, bushing yang rusak berada pada bagian belakang, jika tidak percaya, silahkan putarkan poros (rotor) kipas angin tanpa ada bos belakang, apakah lancar atau masih macet? 

Jika yah, berarti bushing depan juga kena

Lihat gambar :
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Karena ada sebuah Gearbox (bagian berwarna hitam) yang menghalangi, silahkan buka dulu dengan membuka ketiga baud yang menempel.

Maka akan terlihat :
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Silahkan bersihkan bagian bushing. itu tuh, jika pada gambar atas lubang tengah itu bisa di bersihin.

Sobat bisa menggunakan hamplas halus atau kain dan tisu. Namun untuk hasil maksimal sebaiknya gunakan hamplas halus, kemudian kasih pelumas minyak mesin jahit. 

Jika tidak ada minyak mesin jahit singer, sebaiknya jangan pake pelumas sekalian, takutnya jika menggunakan pelumas yang jelek, justru dapat membuat bushing macet kembali.

Jika sudah selesai silahkan coba pasang dan coba putar-putar. Apakah berjalan lancar ? 

Jika sudah berputar lancar dan ringan, perbaikan kipas angin tidak berputar sudah selesai. 

Namun jika masih macet, ada dua kemungkinan.

Yaitu sobat tidak memasangnya dengan benar.

atau memang bagian bushingnya yang sudah rusak dan harus di ganti.

Untuk memasang bagian mesin kipas angin yang benar, bisa di buka : cara mudah memasangkan mesin kipas angin yang benar agar berputar lancar

Namun jika bushing yang rusak bisa diganti.

Cara Kedua,

Mengatasi Kipas Angin Tidak Berputar Dengan Mengganti Bushing

Indikasi bushing harus diganti :
Bushing yang harus diganti biasanya terlihat sudah banyak gores-gores di dalamnya. Goresan pada bushing ini biasanya diakibatkan oleh kotoran yang sudah lama menempel pada bushing yang terputar-putar dan mengakibatkan goresan.

Selain adanya goresan, Bushing harus diganti bila sudah terjadi goyang pada poros kipas angin. Sebab goyangnya poros disebabkan oleh bushing yang sudah longgar.

Poros yang goyang bisa mengakibatkan kipas angin tidak berputar karena letak poros tidak presisi dan medan magnet dinamo berat sebelah dan tidak menghasilkan putaran.

Bila bushing kipas angin sobat demikian, mari kita ganti bushingnya.

Pada gambar diatas terlihat 3 pengait, silahkan renggangkan dan buka ketiga pengait itu dengan menggunakan obeng min atau sejenisnya
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung

Maka akan terlihat bagian bushing. Bagian bos (bushing) adalah bagian yang bulat berlubang tempat menempelnya sebuah poros
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Silahkan gantikan bagian itu dengan bushing yang baru. biasanya bushing tersebut bisa didapat di toko refarasi dengan harga 15 hingga 20 ribu. 

Atau mudahnya beli online saja.

Karena saya punya banyak stok, jadi tinggal gantikan saja dengan mudah, maklum teknisi
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Tempelkan kembali bushing, dan pengaitnya pada bagian body sebelumnya. Dan kaitkan kembali ketika pengait tersebut dengan menggunakan tang lancip atau bisa menggunakan obeng min.
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Maka akan seperti ini :
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung
Jika sobat ingin mengganti Bushing bagian depan, silahkan. Bisa menggunakan cara yang sama seperti membuka dan memasang bos bagian belakang

Jangan lupa, bersihkan bagian rotor (poros) kipas angin tersebut dengan hamplas lembut sampai kinclong kembali dan silahkan dipasangkan
memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung

Silahkan masukan kembali bagian bagian yang tadi sesuai dengan posisi semula. Buad kembali.

Jangan lupa, kasih ketukan ketukan kecel untuk mensinkronkan bagian poros dan bushing sehingga pada saat diputarkan terasa sangat ringan, sampai tidak terasa ada beban. 

Jika belum demikian silahkan ketuk-ketuk bagian depan, belakang dan poros mesin kipas angin tersebut dan kunci dengan baud sehingga mendapatkan putaran yang ringan.

catatan

Jangan diberi minyak pelicin seperti oli ataupun stemplet, karena itu tidak akan membantu, malah membuat bushing makin macet.

Jika mau menggunakan minyak, sebaiknya menggunakan minyak Singer yang sudah terbukti baik. Namun sebaiknya biarkan saja dalam keadaan kering.

Pasangkan kembali mesin dan bagian-bagian yang sebelumnya dilepaskan dan silahkan dicoba.

Jika masih tidak berjalan, berarti kerusakan bukan pada bagian bushing. Bagi sobat yang penasaran kerusakan seperti apa saja yang dialami oleh kipas silahkan baca : mengatasi kipas angin sulit menengok, putaran pelan, tombol rusak

Catatan 2

Memasang mesin kipas angin, harus benar-benar presisi. Jangan sampai ketika diputar-putar menggunakan tangan masih dalam keadaan berat karena bisa menyebabkan kipas angin tidak berputar ketika dihidupkan.

Bagaimana? Mudah biukan!

Tips Menjaga Kipas Angin Agar Berputar Lancar

Gunakan kipas angin berkualitas Tinggi 

Kipas angin berkualitas bisanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan kipas angin kurang berkualitas. Merknya pun sudah ternama seperti Cosmos, National, Panasonic dan lain-lain. 

Jangan sungkan untuk berinvestasi lebih tinggi untuk kipas angin yang lebih bagus karena bisa awet dan jarang rusak.

Bersihkan dari Debu

Penyebab utama kipas angin macet hingga tidak mau berputar adalah debu yang menempel pada bagian bushing dan poros kipas angin.

Bila sobat merasa kipas angin sobat sudah banyak debu, sebaiknya langsung bersihkan hingga ke bagian mesinnya. Agar terhindar dari debu yang mengendap.

Istirahatkan Mesin kipas angin

Sebaiknya jangan gunakan kipas angin terus-menerus. Ada kalanya kita harus mengistirahatkan kinerja mesin kipas angin, agar ada jeda kipas angin mendinginkan mesin.


Demikian pembahasan pendek ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah yang sobat alami.

23 komentar untuk "Kipas Angin Tidak Berputar Tapi Hanya Berdengung ? Bushing Penyebabnya!"

  1. cara memasang 4 kabel nya tuh gimana om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada hubungannya gan.. tolong baca dengan teliti

      Hapus
  2. Ampunnn,, pas bongkar rumah bos rasax gampang banget tapi pas di pasang ternyata butuh tenaga extra..

    BalasHapus
  3. Aku ganti baru motor listriknya, ada 4 bh kabel.
    Hitam, putih, merah , biru.
    Warna apa yg kabel utama?
    Warna apa saja utk saklar speed 1,2,3 ? Ada yg tahu kawan? Mks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. warna kabel setiap pabrikan berbeda-beda, untuk mengetehuinya, cek saja menggunakan AVometer,,

      Hapus
  4. Ada baiknya kalau dudukan asnya (bos/bushing) diganti pakai bearing 608zz dijamin macetnya lewat...
    Sy kebetulan brusan ganti nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya penggunaan bering jika tidak dipasang secara presisi akan membuat kipas tdk berputar secara sempurna alias berat..

      Hapus
  5. masing kesulitan memasng kembali bosh nya...
    apakah sama saja merk kipas angin ? soalnya punya saya gak seperti itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang setiap merk berbeda-beda dan yg saya ambil contoh adalah yg termudah

      Hapus
  6. Gan ane dah ganti bos dah dibersihkan jg rotor diputar jg sudah enteng tpi pas dipencet on no 1 sampai 3 tidak langsung muter dibantu tangan bru berputar dan pas sy pasang baling"a jg dibantu tangan tetep ga muter kya keberatan beban baling". Apa masalah pd dinamo sudah lemah gan? Mohon pencerahannya gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatikan juga cara pasang rotor dan statornya sob, harus benar-benar presisi dan putaran ringan..

      Hapus
  7. Biasanya kipas yang berdiri itu ada kapasitornya.. Coba ganti kalau ada (udah lemah).

    BalasHapus
  8. Bushing yg saya beli cocok dengan as nya, tetapi ketebalan bushingnya berbeda apakah berpengaruh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berpengaruh sob, akan sulit di pasang. Bushing harus benar-benar sesuai dengan bekasnya. makanya saran saya, belinya harus langsung ke toko agar bisa di cocokan dengan bushing bekasnya.

      Hapus
  9. Apa setiap kipas bida bos nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua jenis, ada yang dibekali bushing, ada juga yg mengggunakan bearing.

      Hapus
  10. Kalau tiba2 kipas macet terus hanya berdengung dan dinamonya panas sekali
    Apakah itu disebabkan oleh bosnya belakang atau dinamonya ya om...? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek baling-baling saat keadaan off, apakah masih macet atau lancar. Jika lancar, berarti kemungkinan kapasitor atau dinamo. jika macet meski mesin mati, kemungkinan bushingnya

      Hapus
  11. Mohon pencerahannya gan,,kipas sy dinamo masih nyala,speed 1-3 bisa tpi itu kondisi tanpa baling2 (dngn bantuan di puter dlu bru bisa muter normal) dan pas dpsng bling2 dngn speed 3(high) dan dibntu putar dgn tngn hasilnya bling² cma bsa muter pln bngt,,dan putaranya tdak stabil/agak goyang setlh dibongkar ternyata ada 1 kawat lilitn pts yg mnuju speed 1(low),,mau dijumper tpi ujung kwt yg pts tdk klihatn,,,mohn solusinnya ,bingung yg rusak yg mn,,newbi

    BalasHapus