Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Bismillahirrohamirrohim

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah pembahasan yang agak panjang. Mengapa agak panjang, karena pada judulnya juga sudah dijelaskan bahwa pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan kipas angin.

Udah panduan, lengkap, segalanya lagi...

Sekilas info : sebelumnya saya menulis panduan ini dalam 1 artikel, namun karena terlalu panjang dan hasilnya blog ane ini jadi lemot maka saya putuskan untuk membagi dua menjadi part 1 dan part 2


Jadi simpan halaman ini dulu sebelum sobat kehilangan panduan ini dan kesulitan lagi mencarinya.

Kita mulai dengan definisi

Kipas angin adalah alat yang digunakan sebagai penghasil angin. Fungsi umum kipas angin adalah untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas).

Kipas angin secara umum dibedakan menjadi kipas angin tradisional dan kipas angin tenaga listrik. Kipas angin tradisional biasanya menggunakan tenaga tangan untuk mengehembuskan angin, kalau orang sunda mah nyebutna hihid...

Sementara kipas angin listrik tentunya menggunakan energi listrik sebagai energi penggerak dan menghasilkan hembusan pada kipas angin.

Kipas angin semakin bervariasi baik dari fungsi, segi ukuran, dan penempatan posisi. Banyak sekali alat yang harus menggunakan kipas angin. Misalnya sebuah unit personal computer yang diharuskan memilki kipas angin didalamnya untuk mendinginkan bagian-bagian penting salah satunya CPU

Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed). Dan kipas angin ini pula yang akan kita bahas bagaimana cara memperbaikinya sama-sama.

Bila sobat tinggal didaerah atau hendak berencana pindah ke ibu kota jakarta, dan daerah industri cikarang-karawang yang sangat panas. Melupakan kipas angin adalah hal yang sangat berbahaya. Kebutuhan kipas angin diderah itu sangatlah pital. Hampir setiap rumah memiliki kipas angin sebagai pendingin ruangannya.


Adapun yang tidak memiliki kipas angin tentunya memiliki AC sebagai pedingin ruangan.
Dan jika sobat merasa kebutuhan kipas angin sangat penting, tentu keahlian memperbaiki kipas angin secara manual dan mandiri sangatlah dibutuhkan.

 Kenapa?
  1. Karena untuk memperbaiki kipas angin sangatlah mudah, cepat pula
  2. Keruskan seperti apa saja yang sering dialami oleh kipas angin?

Kipas angin biasanya mengalami gangguan seperti :
1 Mati total, alias benar-benar tidak ada reaksi apapun setelah dihidupkan
2 Macet, ditandai dengan adanya reaksi mesin namun baling-baling sulit digerakan
3 Tidak bisa bolak belok, ditandai dengan arah kipas angin yang tetap
4 Putaran terlalu pelan, ditandai dengan angin yang kurang bertenaga
5 Tombol push botton pengatur kecepatan yang sulit ditekan
6 Dan lain-lain

Biasanya kerusakan-kerusakan pada kipas angin diakibatkan oleh :
1 Ada sambungan kabel yang putus
2 Kerusakan pada kapasitor
3 Kerusakan pada motor listrik (dinamo)
4 Kerusakan pada bos dan rotor
5 Gigi gear box yang sudah aus
6 Saklar tekan yang berkarat

Sebelum melakukan perbaikan, sebaiknya siapkan alat-alat yang bisa meninjau dan membantu perbaikna antaranya :

  • AVO meter,

Jika sobat tidak tahu cara menggunakannya bisa membaca artikel ini : AVO meter, cara mengukur dan menghitung hasil pengukuranarus, tegangan, tahanan dengan akurat
  • Obeng min dan plus tentunya untuk membuka dan memasang kembali bagian-bagian kipas angin
  • Tang potong untuk memotong kabel
  • Isolasi untuk menutupi kabel yang sudah dibongkar

Jika peralatan sudah disiapkan, Mari kita mulai melakukan perbaikan dengan meninjau jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada kipas angin sobat

A   Memperbaiki kipas angin yang mati total

Mati totalnya kipas angin ditandai dengan tidak ada reaksi apapun yang terjadi pada kipas angin meskipun tombol speed sudah ditekan atau diputar dan baling baling kipas bergerak lancar. Karena jika baling-baling kipas bergerak tidak lancar berarti kerusakannya adalah macet bukan mati total.

Sekali lagi, mati totalnya kipas angin ditandai dengan tidak ada reaksi apapun pada kipas angin meskipun arus masuk. Jika kipas angin yang sobat perbaiki mengalami hal demikian, itu menunjukan kipas tersebut mati total.

Pertama, cek menggunakan AVO meter.

Avo meter adalah singkatan dari Ampere, volt, Ohm meter. Yang kita gunakan adalah pengukuran Ohm (tahanan). Fungsinya adalah untuk menunjukan kondisi sambungan setiap penghantar misalnya kabel, kumparan, saklar dan lain-lain.

1 Maka arahkan selektor switch pada avo meter pada pengukuran ohm dengan skala X1 x10 atau X100.

2 Lakukan kalibrasi dengan menghubungakan kedua jarum pengukuran – dan +, kemudian lihat pada layar Avo meter, apakah terjadi kalibrasi jarum penunjuk angka, jika yah berarti Avo meter yang sobat gunakan masih dalam kondisi baik dan bisa digunakan untuk pengukuran

3 Jika saklar speed pada kipas angin sobat dalam keadaan baik, silahkan tekan salah satu tombol speed misalnya 1. Kemudian hubungkan jarum avo meter pada kedua stecker atau socket kipas angin tersebut.

Lihat gambar :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Maka akan terjadi 3 kemungkinan seperti pada gambar :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Perlu dingat sekali lagi pemeriksaan ini dilakukan dengan selektor switch pada AVO meter / multitester ada dalam keadaan ohm meter, karena jika bukan pada Ohm X1 dan x lainnya maka dipastikan AVO meter tidak akan bekerja kecuali AVO meter yang sudah di Modifikasi

Gambar paling kiri sobat menunjukan sebelum dilakukannya penghubungan dan bila sudah dilakukan pemeriksaan avometer masih sama seperti sebelumnya (jarum tidak bergerak sama sekali) tanpa ada reaksi, itu menunjukan ada bagian sambungan yang terputus baik itu pada kabel ataupun bagian komponen didalamnya;

Hal ini menunjukan bahwa kipas angin sobat memang benar-benar rusak dan silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu pemeriksaan sambungan kabel


Kemudian, jika sesudah dilakukan pemeriksaan dengan avometer,  dan hasilnya adalah seperti ditunjukan oleh gambar tengah, itu menunjukan sebuah komponen berjalan baik karena tidak ada hubung singkat dan tidak ada bagian yang terputus

Catatan penting
Kalibarasi sedikit seperti ditunjukan pada gambar tengah dapat terjadi bila AVOmeter yang sobat gunakan masih bagus (belum rusak). Namun bila AVOmeter yang sobat gunakan sudah tidak Normal, kalibrasi tersebut hanyalah arus induksi atau hal tidak normal lain

Baik kembali pada pembahasan

Jika kipas angin yang sobat ukur mengalami kejadian seperti gambar tengah, itu menunjukan bahwa kipas dalam keadaan baik. Maka ada dua kemungkinan yaitu kerusakan pada kapasitor dan kerusakan pada bos dan rotor kipas angin. Lanjutkan pada langkah tersebut

Pada gambar paling kanan sobat lihat, jarum penunjuk arah pada layar bergerak penuh, menunjukan bahwa ada hubung singkat atau Kosleting yang mengakibatkan sebuah barang elektronika tidak berjalan normal bahkan MCB dirumah sobat akan trip


Catatan

Gambar paling kanan menunjukan hubung singkat bila pemeriksaan sesuai contoh diatas, namun bila pemeriksaan dilakukan antara kumparan awal dan kumparan akhir, itu menunjukan baik bukan hubung singkat. Misalnya pada gambar dibawah ini
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Gambar diatas adalah cara untuk memeriksa kabel listrik yang masih bagus atau sudah rusak. Silahkan ikuti petunjuk ini agar dapat memeriksa kebl listrik dengan benar

Pemeriksaan kabel listrik

1 seperti biasa, Avo meter sobat harus dalam mode Ohm meter (mode pengukuran tahanan).
2 buka bagian body belakang pada skipas angin sehingga dapat terliohat sambungan kabel luar menuju sakjlar dan menuju bagian mesin kipas angin
3 sambungkan salah satu jarum terminal AVO meter sobat pada salah satu penghantar steker dan jarum yang lainnya ke bagian ujung kabel yang terdapat pada koper body belakang kipas angin yang tadi telah sobat buka (agar lebih jelas, silahkan lihat gambar yang sebelumnya)
4 lihat hasil pengukuran pada layar Avometer, bila terdapat sambungan pada kabel akan ditandai dengan bergeraknya jarum penunjuk angka pada Avo meter Analog dan terlihatnya angka pada Avo meter digital
5 namun bila tidak terlihat hasil pada layar avo meter, dengan kata lain tidak ada kalibrasi, 

maka ada 2 kemungkinan yaitu

  1. Pertama Putusnya sambungan ditengah kabel
  2. Atau Terjadi kesalahan pengkuran seperti ditunjukan gambar dibawah :
    Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Maka solusinya adalah dengan memindahkan salah satu jarum terminal AVO meter  pada bagian kabel lainnya misalnya seperti pada gambar dibawah :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Namun, bila hasilnya tetap tidak ada perubahan, maka kemungkinannya seperti ditunjukan gambar dibawah ini
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Ada salah satu sambungan yang mati dan harus di perbaiki

Untuk memperbaiki kabel kipas angin atau kabel lainnya bisa baca di artikel ini :

Namun bila pada kabel listrik kipas masih dalam keadaan baik yang ditandai dengan timbulnya kalibrasi pada kedua penghantar kabel tersebut, maka diteruskan pemeriksaan pada bagian komponen dalam kipas angin
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Cek menggunakan Avo meter dengan cara yang sama seperti cara sebelumnya di judul pemeriksaan sambungan kabel

Misalnya pada gambar dibawa ini :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Jika ada kabel yang tidak terhubung maka silahkan perbaiki. Namun, jika kabel dirasa masih bagus tanpa ada ganguan dalam pemeriksaan, ada dua kemungkinan paling besar yaitu kerusakan terjadi pada motor listrik (dinamo) atau pada kapasitor.

Mengganti kapasitor sebagai cara mudah

Silahkan sobat cek kapasitor dengan membaca artikel ini : 3 cara cek kapasitor termudah sehingga terlihat baik atau sudah rusak.
Jika sudah diketahui kerusakan pada kapasitor, maka silahkan ganti kapasitor dengan ukuran yang sama atau bisa lebih besar sedikit. Misalnya dari 1.2 ke 1.5 mikro.
Jika masih tidak ada reaksi silahkan lanjutkan pemabasan ini

Pemeriksaan bagian dinamo motor listrik

Untuk memeriksan, maka diharuskan membuka bagian dinamo pada mesin kipas angin dengan membuka ke-4 baud yang mengunci dinamo.

Lihat gambar :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Lihat kondisi dinamo, apakah ada yang terbakar atau tidak. Jika ada, sobat harus melilit ulang dinamo kipas angin tersebut. Namun jika masih mulus, perhatikan apakah ada sebuah fuse kecil diantara kabel? Biasanya setiap kipas angin memiliki fuse tersebut.

Jika ada, perhatikan gambar :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Sambungkan salah satu bagian kapasitor pada bagian arus listrik langsung (bukan untuk saklar kecepatan). Biasanya warna coklat atau hitam.

Dan coba cek menggunakan avo meter dengan mengukur bagian steckernya. Seperti cara pengukuran pertama diatas. Jika tidak berhasil coba pindahkan bagian sambungan kabel kapasitornya barangkali terbalik.

Itu cara pertama.

Untuk cara kedua coba perhatikan gambar :
Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total

Setelah meilhat gambar tentu sobat tahukan maksudnya, menghubungkan kedua kabel yang sebelumnya terpisahkan oleh ruang dan waktu, maksudnya oleh fuse. Sehingga arus listrik bisa langsung masuk pada kumparan tanpa harus melalui fuse.

Catatan penting

Sobat harus hati-hati membuka bagian fusenya
Biasanya, bagian fuse teradapat di bagian dalam kumparan, sobat harus membuka bagian dalam tersebut dengan cara membuka tali yan mengikat kumparan, kemudian lepas perlahan-lahan. Hati-hati karena bagian kumpara pada kipas sangat tipis dan mudah putus.

Selanjutnya cek bagian kabel steker menggunakan Avometer, apakah berkalibarasi. Jika yah silhkan pasangkan kembali bagian-bagian kipas dan coba hidupkan dengan arus listrik.

Kesulitan memasang kipas angin kembali? Sobat Bisa membaca artikel ini : cara mudahmemasang mesin dinamo kipas angin dengan benar agar berputar lancar

Mudah bukan

Untuk perbaikian selanjutnya diteruskan pada bagian 2 silahkan pergi ke bagian 2


Demikian artikel kali ini, semoga penduan lengkap memperbaiki segala kerusakan pada kipas angin listrik. Dari mulai yang mati total, macet, dan tidak bolak balik. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat sehingga membantu proses refarasi yang sobat lakukan

18 Responses to "Panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan Kipas angin Part 1 kipas angin mati total"

  1. kalau nggak mau muter atau lambat muternya apanya yang rusak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di baca di part II tertulis lengkap

      Delete
  2. klo nanti kipas ane rusak, ane coba deh pake cara ini

    ReplyDelete
  3. Nice Info, mau sy coba kebetulan kipas angin sy ada yg matot

    ReplyDelete
  4. Sudah bisa gan kipas saya nyala kembali, terima kasih :)

    ReplyDelete
  5. salam

    sy pnya kipas angin . kalo dihidupkan suaranya kasar. sdh sy periksa dan kasih pelumas di poros dan bantalannya. suaranya hilang namun tak lama bunyi kasar lagi.

    mohon pencerahannya.

    https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com

    thanks

    ReplyDelete
  6. salam

    sy pnya kipas angin . kalo dihidupkan suaranya kasar. sdh sy periksa dan kasih pelumas di poros dan bantalannya. suaranya hilang namun tak lama bunyi kasar lagi.

    mohon pencerahannya.

    https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com

    thanks

    ReplyDelete
  7. Mas untuk kipas angin pakai pcb/remote ada tidak tutorial cara memperbaikinya, kebetulan punya saya merk miyako TJR 101 kipas tidak mau berputar ada suara dengungan di dinamonya, sudah saya kasih minyak porosnya, sudah bantu diputar pakai tangan tetap tidak bisa, kira-kira rusak dari pcb kontrol, dinamo atau kapasitornya?

    terima kasih atas jawabannya

    https://pandawacomputercirebon.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada masalah pada PCB, yg jelas itu adalah mesin yang macet. saya sudah jelaskan pada bagian part 2 silahkan dibaca

      Delete
  8. soldiradem.blogspot.com
    Trimakazih info nya

    ReplyDelete
  9. gan sy punya kpas angin..,,klo di ukur pke avometer speed 1,2,3 nya ada resistansi nya..,klo gk di colokin listrik dputer2 pke tgn lancar,tpi pas di colokin listrik rotor gk muter bunyi trettt..,di puter mlh rotornya gk bsa d gerakan pke tangan..,apa nya gan?tahanan nya bgus ..,tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ukur resistansi antara 0,dan speed 1,2,3 gan

      Delete
    2. coba cek bushing... biasa bushing sudah aus sehingga tidak mau memutarkan rotor

      Delete
  10. gan kalau ga pake thermofuse aman ga sih,soalnya putus thermonya ?

    ReplyDelete
  11. Sip artikelnya sngt mmbantu

    ReplyDelete
  12. Sip artikelnya sngt mmbantu

    ReplyDelete

blog keren lainnya

bagi kawan-kawan yang menginginkan hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, serta mengetahui asal dari penyakit dan cara mengatasinya, bisa berkunjung ke blog dibawah ini

Obat bawang putih

InsyaAllah dapat membantu

terima update Blogku dengan EMAIL