Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa

Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa

Bismillahirrohmanirrohim

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas mengenai suatu pertenyaan yang sering terngiang-ngian dipikiran orang pada umumnya dan para pemasangan pompa khususnya, kenapa daya hisap pompa air jet pump lebih kuat dan daya dorong lebih jauh dibanding dengan pompa air 
biasa seperti pompa sumur dangkal dan pompa air semi jet.

Harus soba ketahui sebelumnya bahwa ada beberapa jenis pompa air yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Setidaknya  ada 4 jenis yaitu pompa air sumur dangkal, pompa air semi jet pump, pompa air sumur dalam atau jet pump, dan yang lagi tren pompa benam submersible pump.

Berdasarkan spesifikasinya, pompa air jet pumplah yang memiliki daya hisap dan daya dorong paling jauh, dibanding dengan pompa sumur dangkal dan pompa pompa benam. Adapun pompa benam yang mampu mengankat air dari sumur dengan kedalam yang sama dengan jetpump bukanlah daya hisap yang dioptimalkan, melainkan daya dorongnya yang cukup jauh.

Sedangkan pada pompa air jet pump daya hisap dan daya dorong sama-sama kuat. Bisa dilihat pada 
spesifikasi dibawang ini :

Pompa air sumur dangkal Shimizu PS 135 E
Dengan harga Rp. 450.000
Daya listrik yang digunakan perjam penggunaan 125 watt
Daya hisap yang mampu dioptimalkan maximum 9 meter
Daya dorong yang mampu dioptimalkan maximum 24 meter
Ukuran Pipa yang digunaan 1 Inch ¾ Inch dan ½ Inch
Pompa air ini mampu menghisap 33 liter air per menit dengan total head 33 meter
Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa

Pompa air benam submersible pump Shimizu SP 314 BIT
Dengan harga Rp. 1.532.000
Daya listrik yang digunakan perjam penggunaan 370 watt
Daya dorong yang mampu dioptimalkan maximum 50 meter
Pipa yang digunakan 1 Inch
Pompa ini mampu menghisap 16 liter / menit
Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa

Pompa air sumur dalam jet pump Shimizu PC 502/503
Dengan harga Rp. 2.925.000
Daya listrik yang digunakan perjam penggunaan 500 watt
Daya hisap yang mampu dioptimalkan maximum 50 meter
Daya dorong yang mampu dioptimalkan maximum 50 meter
Ukuran Pipa yang digunaan 1.25  Inch untuk pipa masuk, 1 Inch untuk pipa dorong kedalam dan 1 Inch ¾ Inch dan ½ Inch untuk pipa output (keluaran)
Pompa air ini mampu menghisap 100 liter air per menit
Bagaimana perbandingannya? Pompa air jet pump memiliki daya hisap yang sangat luar biasa. Kenapa? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membeberkan sedikit rahasia kenapa pompa air jet pump memiliki daya hisap lebih kuat.

1. Motor listrik yang besar

Motor listrik atau biasa juga disebut mesin pompa atau juga dinamo pompa pada jet pump tentu berukuran besar untuk mampu menghasilkan kekuatan besar baik secara RPM yang lebih cepat dan PK yang lebih kuat. Dengn motor listrik yang besar tentu akan membuat hal dibawa ini juga besar yaitu :

2. Daya listrik yang digunakan lebih besar

Sebagaimana dijelaskan pada spesifikasi diatas, bahwa pompa air jet pump yang mampu menghisap air 50 meter menggunakan daya 500 watt. Daya yang sangat besar untuk ukuran sebuah pompa air. Sangat berbeda dengan pompa sumur dangkal yang hanya mengkonsumsi daya 125 watt saja.

Dengan daya yang besar ini tentu akan menghasilkan putaran dan kekuatan yang lebih besar dibandingkan pompa air biasa.

3. Impeller yang lebih besar

Menggunakan motor listrik yang besar ini berfungsi agar dapat memutarkan impeller yang besar  seacara optimal sehingga mampu menghisap air dari jarak yang jauh. Dengan impeller yang besar juga mampu menghisap air lebih banyak.

4. Menggunakan 2 pipa kedalam sumber air
Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa

Ini lah yang menjadikan ciri khas pompa air sumr dalam jet pump yang tidak terdapat pada pompa lain. Menggunakan 2 pipa kedalam air. Lalu apa fungsi dari kedua pipa tersebut?

Pipa pertama yang terletak pada posisi tengah-tengah pada kepala pompa dan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding dengan pipa kedua adalah pipa yang berfungsi untuk menghisap air. Sedangkan pipa kedua yang terletak disamping, dibawah atau diatas pipa utama yang biasanya berukuran lebih kecil ini berfungsi sebagai pipa dorong. Jadi pipa ini akan mengirimkan air dari dalam pompa pada dasar pipa untuk membantu pipa hisap menghisap air. Untuk mengaplikasikan pipa dorong agar dapat mendorng air pada pipa hisap harus menggunakan sebuah alat khsus yaitu :

5. Menggunakan Injektor (mata jet)
Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa

Injektor atau para pemasang sering menyebutnya dengan nama mata jet bukanlah komponen yang berbentuk seperti mata. Mata jet ini adalah rahasia terbesar kenapa pompa air sumur dalam mampu menghisap air lebih jauh dibanding pompa air biasa.

Injektor ini adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan air dari pipa dorong untuk membantu mendorong air agar naik menggunakan pipa hisap. Ini menjelaskan kenapa jet pump memiliki kekuatan hisap yang lebih kuat dibanding pompa biasa

Jadi, selain dihisap oleh pipa hisap, air dari dasar pompa juga akan dibantu naik dengan adanya dorongan dari air yang sudah berada pada pompa.

Itulah beberapa alasan atau rahasia kenapa pompa air sumur dalam jet pump memiliki daya hisap yang lebih kuat dibanding pompa biasa.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu masalah sobat.

0 Response to "Alasan kenapa daya hisap Pompa air jet pump lebih kuat dibanding pompa air biasa"

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL