19 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

15+4 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
 Bismilahirohmanirohim 
macam alat ukur listrik yang sering digunakan teknisi

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Macam-macam alat ukur listrik yang sering digunakan oleh para teknisi dan ahli elektronika untuk mengerjakan kegiatan setrum-setrumannya...

Apaan setrum-setruman? 

 ....Listrik identik sekali dengan ilmu fisika dan matematika bahkan bapak guru terhomat saya bilang bahwa ketika ujian nasional mata pelajar produktif listrik 50%nya adalah fisika. Dan ternyata wawww....

perkataan bapak guru itu benar sob, banyak sekali pertanyaan tentang pengukuran dan perhitungan.oleh karena itu, selain dari kepentingan ilmu pengetahuan, penulisan artikel ini juga yang saya harapkan dapat membantu sobat yang akan mengikuti ujian nasional SMK.

Alat ukur itu ada banyak sesuai dengan apa yang akan diukur, bila sobat hendak mengukur berat badan yah tentu timbangan yang dipakai, dan lain-lain begitupun alat mengukur listrik Alat ukur listrik sangatlah bervariasi dengan berbagai macam fungsi dan bentuk yang sangat unik.

Saking uniknya alat ukur yang digunakan para teknisi ini, sobat tentunya perlu mengetahuinya juga bukan!

Berikut saya ulas mengenai macam-macam alat ukur listrik dan fungsinya

1. Ampere meter 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisiAmpere meter berfungi untuk mengukur arus pada suatu rangkaian elektronika maupun rangkaian elektrikal, ampere meter memiliki satuan A (ampere) atau biasa di tulis dengan rumus I, dan ini susunan tangganya

 µA, mA, A, kA, 
cara kerja alat ini adalah dengan menderetkannya, atau memasang sacara seri kedalam suatu penghantar, biasanya Ampere meter dapat bekerja bila sobat pasang di bagian penghantar paling ujung.
15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
Gambar diatas adalah gambar cara pengukuran Arus listrik dengan menggunakan Ampere meter Ampere meter biasa dipasang bersama alat yang akan diukur arusnya, misalnya pada Jet pump, atau pada panel box

2. Volt Meter 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisiVolt artinya tegangan, dan meter adalah satuan pengukuran. Volt Meter digunakan untuk mengukur tegangan yang masuk dalam suatu rangkaian, alat ukur ini lebih sering digunakan oleh teknisi elektronika karena para teknisi elektronika harus mengetahui seberapa volt tegangan yang masuk kedalam rangkaiannya,

berbeda dengan para teknisi elektrikal, atau instalatir yang sudah mengetahui bahwa tegangan umum yang terdapat diindonesia adalan 200-220V untuk 1 fhasa dan 380v untuk 3 fhasa yang kurang untuk penggunaan alat ini

Cara kerja alat ukur ini adalah dengan memasangnya secara paralel – dan + bila arus DC, F dan N bila AC 1 Fhasa dan R dan s, R dan T, S dan T untuk AC 3 fhasa.

Volt di lambangkan dengan V
15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi by wiklist
Gambar diatas adalah gambar pengukuran Volt atau tegangan


3. Frekuensi Meter 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisiDigunakan untuk mengukur seberapa kuat frekuensi yang masuk ke beban atau rangkaian, frekuensi meter hanya dapat bekerja pada arus listrik AC karena arus DC atau Direct current tidak memiliki frekuensi.

Frekuensi sendiri adalah banyaknya gerakan persekon atau detik. Dan kita tahu bersama bahwa Arus listrik AC seperti berkedip kedip namun karena kecepatan kedipan yang cepat jadi seolah tidak terlihat.

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi by wiklist
Selengkapnya di perbedaan antara arus AC dan DC listrik 

Frekuensi meter biasanya terdapat pada sebuah panel tenaga, bersama dengan Ampere meter dan Volt meter, karena pada sebuah rangkaian panel tenaga, arus, tegangan, dan frekuensinya sangatlah diperhitungkan demi menjaga umur dari beban, atau tenaga, misalnya motor listrik 3Fhasa.

Gambar diatas adalah gambar kumpulan alat ukur yang biasa terdapat pada sebuah panel Box tenaga terdapat tiga ampere meter untuk mengukur arus 3 fasa satu Frekuensi meter untuk mengukur frekuensi dan Volt untuk mengukur tegangan

4. Ohm meter 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Ohm meter berfungsi untuk megukur tahanan atau hambatan suatu rangkaian yang biasa digunakan untuk mengetahui tersambung tidaknya rangkaian satu ke rangkaian yang lain.

Ohmmeter sangatlah penting dikalangan teknisi dan tukang sevice, begitupun dengan sobat yang ingin mencoba menjadi seorang teknisi maka sangat perlu memahami tentang ohm meter ini

Ohm dilambangkan dengan Ω Cara memakai ohm meter adalah dengan cara meletakan jarum ukur satu ke ujung satu dan jarum ukur dua ke ujung lain.

5. Watt meter 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Watt meter berfungsi untuk mengukur daya yang dihasilkan oleh suatu komponen atau rangkaian, hitungan watt sering digunakan oleh pegawai PLN untuk mengecek seberapa banyak daya yang dikeluarkan oleh satu ruamah.

Dan watt menjadi patokan bila sobat ingin membeli suatu alat atau komponen

Sobat : “pak beli lampu”
Pak : “yang berapa watt?
Sobat : “1 watt
Pak : tidak ada! Boc@hhh 

Kenapa watt begitu populer karena watt sangat menentukan biaya yang akan kita keluarkan, karena hitungan watt adalah hitungan seberapa banyak sobat menggunakan listrik. Karena watt adalah arus daari beban dikali tegangan dari Sumber dan hasilnya Daya (watt)

6. Kwh meter 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Pernahkah sobat melihat dirumah ada kotak yang biasa di cek oleh pegawai PLN, nah itu namanya adalah Kwh meter, atau Kilo Watt Hourmeter. Berfungsi untuk mengukur seberapa wattkah daya yang dipakai oleh suatu rumah atau gedung.

Sehingga para pegawai PLN dapat mengetahui seberapa banyak daya yang dipakai dan sebagai referensi dalam menentukan beban biaya tagihan listrik. Kwh mter yang umum dan terdapat dirumah-rumah terbagi menjadi 2 yaitu Kwh meter prabayar atau token, dan Kwh meter pasca bayar atau yang biasa.

7. Megger 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
Alat ukur ini berfungsi untuk mengukur. Yah semua orang tahu, tapi apa yang dapat diukur oleh megger? Yang dapat diukur oleh meger adalah ketahanan isolasi dari suatu rangkaian elektrik,biasa digunakan oleh para teknisi untuk mengukur ketahanan isolasi suatu listrik bertegangan tinggi. Karena kekuatan isolasi sangatlah penting bila tegangannya tinggi.

Isolasi adalah zat atau alat yang diapai untuk membungkus atau nelindungi penghantar arus listrik dengan sentuhan langsung manusia, misalnya dalam kabel terdapat isolasi yaitu ada yang terbuat dari karet dan zat isolasi lain.

Baca selengkapnya : Konduktor, Isolator dan semi konduktor

8. Taco meter

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
Sebenarnya alat ukur ini tidaklah sesuai dengan materi kelistrikan karena alat ini diguanakan untuk mengukur seberapa cepat putaran yang diperoleh oleh suatu benda. Namun banyak sekali anak kelistrikan, khususnya yang sedang mempelajari kinerja motor listrik yang menggunakan Taco meter untuk mengukur seberapa cepat kecepatan motor listrik dan seberapa efisienkah daya yang dikeluarkan. RPM adalah hitungannya

9. Osciloscope 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
Sejujurnya saya belum pernah melihat apalagi menggunakannya, namun saya mendapat alat ukur ini dari situs lain Alat ukur ini berfungsi untuk mengukur atau memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dalam bentuk sinyal digital.

Sehingga dapat diteliti dan dipelajari beberapa fungsi lain dari alat ukur ini antara lain : untuk menyelidikigejala yang bersipat periodik, mengetahui beda pasa masukan dan keluarn, dan mengukur amplitudo yang dihasilkan oleh radio dan generator pembangkit sinyal

Osciloscope biasanya dilengkapi dengan tabung CRT atau sinar katoda

Alat ukur listrik yang jarang di katahui masyarakat umum

Dibawah ini adalah alat ukur yang jarang diketahui oleh masyarakat umum namun sangat penting bagi para teknisi elektronika, perbaikan alat rumah tangga dan mekanika namanya Maniford Gauge 

10. Manifold atau manifold Gauge

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
Alat ini memang tidak mengukur bagian energi lsitrik, namun sangat penting bagi para teknisi Fungsi dari manifold adalah untuk mengukur udara pada suatu ruangan.

Biasa digunakan oleh para teknisi untuk mngukur tekanan udara pada dalam komponen, misalnya pengukuran udara pada bagian saluran udara didalam kulkas sekaligus untuk mengecek baik tidaknya saluran udara tersebut, juga dapat digunakan sebagai pengisian Freon, yaitu gas pendingin kulkas, frezzer dan lain - lain.


11. Generator fungsi 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Fungsi alat ukur ini adalah sebagai sumber pemicu yang diperlukan dan merupakan bagaian dari peralatan uji coba elektronik yang digunakan untuk menciptakan gelombang.

Generator fungsi analog umumnya menghasilkan gelombang segitiga sebagai dasar dari semua outputnya. Segitiga ini dihasilkan oleh kapasitor yang dimuat dan dilepas secara berulang-ulang dari sumber arus konstan.

12. Fluxsi meter atau lux meter  

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Satu lagi alat yang bukan alat ukur listrik murni, namun alat ukur ini sangat penting bagi kamu yang merencanakan memasang instalasi rumah karena alat ukur ini berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya pada suatu ruangan,

sobat bisa mengatur seberapa watt lampu yang digunakan pada ruangan tertentu, penerangan cukup dan daya yang dikeluarkan mininimun, hal ini tentunya dapat menguntungkan pengguna rumah

Baca juga Pentingnya mengetahui 12 macam lampu listrik ini

13. Termometer 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Alat ini memang bukan alat ukur listrik namun sekali lagi saya jelaskan bahwa alat ukur satu ini sangatlah penting bagi sobat yang ingin belajar memasang instalasi listrik sendiri, karena dengan termometer sobat dapat mengetahui seberapa panas penghantar yang sobat gunakan nanti.

Selain itu Termometer dapat difungsikan juga sebagai pemeriksa kenormalan alat listrik berbasis pendingin dan pemanas seperti frezze atau dispenser.

Adapun thermostat sebagai alat penghubung dan pemutus alaus listrik yang biasa digunakan pada elektro motor pada kipas angin, dan pompa air

14. Tang ampere 

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi

Biasa digunakan untuk mengukur arus, sama seperti ampere meter, namun perbedaannya adalah sobat dapat membawa tang ampere ini kemapun asal akan jangan ke alam akhirat..... maksudnya? becanda sob....

Penggunaan tang ampere yang lebih mudah membuat tang ampere sangat digemari oleh para teknisi, karena hanya dengan memasukan kabel berarus listrik kedalam lingkupan tang ampere dan hasilnya dapat terlihat, mudah bukan.

 ....Terakhir

15. Avo meter

15 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi
Avometer adalah alat ukur kombinasi dari 3 alat ukur yang sangat penting bagi seorang teknisi listrik yaitu Ampere, Volt, dan Ohm meter

 Avometer adalah alat ukur yang sangat umum digunakan oleh para ahli karena selain dengan keunggulannya mencakup banyak fungsi, namun harganya yang murah dan barang yang mudah dibawa adalah keunggulan lain dari Avometer.

Baca disini : Apa itu Avo meter disini jawabannya

Itulah 15 macam lat ukur listrik yang sering digunaknoleh teknisi dan tukang service untuk kelancaran pemeriksaan danperbaikan alat – alat elektrikal dan setrum – setrumannya Keimpulan Alat ukur ini yang biasa dipakai oleh teknisi ini dapat bertambah sesuai dengan bertambahnya kebutuhan manusia dalam kelancaran perbaikannya

Update Alat ukur listrik untuk service teknisi 

gak terasa sudah 4 tahun silam saya menulis artikel ini yaitu 2016 dan di update kembali sekarang Mei 2020...

sebagaimana dijelaskan diatas bahwa akan ada tambahan alat ukur sesuai dengan kebutuhan teknisi di lapangan, dan ada beberapa alat ukur yang menjadi tambahan untuk sobat yang ingin menjadi teknisi yang diambil berdasarkan pengalaman saya sendiri

16. Kapasitor meter


dalam industri motor listrik dan elektronika, kita pasti akan diperkenalkan dengan komponen listrik yang bernama Kapasitor. Kadang para teknisi harus memeriksa apakah kapasitor tersebut masih baik atau sudah rusak dan bagaimana cara memeriksa kapasitor sudah baik atau rusak ? salah satu caranya adalah dengan menggunakan Kapasitor meter

Meskipun sebetulnya ada cara lain yang bisa sobat lakukan untuk mengukur Kapasitor ini yang bisa sobat baca selengkapnya di : 5 cara cek kapasitor termudah sehingga terlihat baik atau sudah rusak

Namun dengan menggunakan kapasitor meter kita dapat mengetahui nilai yang lebih detail sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih mendetail.

17. LCR meter

alat ukur listrik yang banyak digunakan LCR meter
sumber https://www.amazon.es/

LCR merupakan alat ukur yang mirip dengan AVO meter, yaitu gabungan dari alat ukur listrik lain. LCR meter memuat alat ukur : L (Inductance) C (Capacitance) & R (Resistance).

sebagaimana singkatannya, LCR meter ini dapat berfungsi untuk mengukur Induksi, kapasitor dan resistor atau Tahanan.

18 Micro meter


Alat satu ini sebetulnya sudah banyak orang tahu, baik teknisi listrik, teknik pemesinan atau orang bengkel otomotif karena memang sangat penting untuk dimiliki. Untuk teknisi listrik sendiri, saya sering menggunakan alat ini untuk mengukur ukuran kawat tembaga dinamo bekas yang akan digulung ulang

Kadang dengan mengira-ngira kita sering salah dalam melakukan lilit ulang meskipun salahnya tidak terlalu jauh, misalnya 0,15 dan 0,18 pada lilitan kipas angin atau 0,5 dan 0,45 pada lilitan pompa air. Meskipun tidak bisa dikatakan lilitan yang salah ukuran kawat itu gagal, namun berbeda ukuran kawat akan sangat berpengaruh pada peforma nanti pada saat dinamo tersebut beropersi


19. Leak Detektor

alat ukur listrik yang banyak digunakan Leak detector
sumber : https://tokoonline88.com/

Masih satu keluarga dengan Manifold gauge, alat ini berfungsi untuk memeriksa kebocoran pada sistem refrigasi udara lemari es baik kulkas atau freezer. kadang manifold memang bisa mendeteksi adanya kebocoran kulkas namun sering sekali kita tidak tahu dimana letak pastinya kebocoran tersebut.

dengan menggunakan Leak Detektor ini sobat bisa mengukur dimana letak kebocoran pada sistem refrigasi udara kulkas tersebut.

apa itu sistem refrigasi pada lemari es atau kulkas ? dari pada tinggalin artikel ini mending baca wawasan ini : Kulkas : komponen dan cara kerja agar bisa dingin

Demikian artikel kali ini saya buat, semoga dapat menambah wawasan dan dapat membantu masalah sobat dalam maalah kelistrikan dan hal-hal yang terkait mengenainya Agar teman-teman sobat mengetahui jangan lupa share ok .... share dibawah ini...

Selain menulis, saya juga aktif berbagi melalui video, yuk simak video saya menjelaskan mengenai macan-macam alat ukur listrik. semoga bermanfaa :

9 comments for "19 Macam alat ukur listrik ini paling sering dipakai oleh para teknisi"

  1. lengkap bos hehe :D kebetulan ane anak listrik bro. SMK jurusan TL ( Tekhnik Listrik )

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kunjungannya pak..
      sama pak ane juga anak TL.. makanya buat Kontennya tentang TL hehe

      Delete
  2. Ternyata gak gampang ya jadi teknisi Listrik, lihat aja tuh banyak kali alat - alatnya, thanks ya gan atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu alat tergantung keperluan sob.. tidak semuanya harus punya kok

      Delete
  3. gan itu megger berapa harganya ya...

    ReplyDelete
  4. Saya punya amper meter ada yg minat? Wa 0895390306003

    ReplyDelete

Post a comment