5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !

5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !

Tahukan sobat jika kita bisa membuat sebuah konten youtube menggunakan AI, 
Atau Articial intelligence

Dari mulai mencari ide konten yang dibutuhkan dan isi videonya. 

Sobat bisa menggunakan ChatGPT.

Ent tinggal ketikan saja apa yang butuhkan disana, maka Robot AI akan menjabarkan jawabannya. misalnya membutuhkan ide konten.
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Tulis aja, "buatkan saya ide konten yang bagus untuk youtube"

Maka robot AI akan menguraikannya untuk sobat. Keren kan.

Berikutnya,

Untuk gambar-gambar footage video, bisa juga menggukan AI, yang bertugas untuk memvisualkan kata-kata yang diketikan di DALL-E 
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Setelah materi dan gambar-gambar tersedia, berikutnya saya mengeditnya di software editing Capcut Form PC 

untuk kemudian mengubah tulisan-tulisan yang ada di ChatGPT ini menjadi suara.

Dan tinggal dikasih Transisi-transisi serta pemanis lain di video, hingga terbuatlah karya digital yang bisa kita nikmati.

Pada aplikasi AI lainnya lebih parah lagi, karena sobat bisa membuat video dengan tampilan wajah seseorang yang dibuat dengan AI. Wawww...

Bahkan AI ChatGPT bisa digunakan untuk lulus Ujian Kuliahan... 
bisa juga untuk membuat sebuah program,

Itu baru teknlogi pertama Lho...

Kita belum mengulas 4 teknologi lainnya yang tentunya juga mengguncangkan...

mari kita mulai...

Articial intelligence

Articial intelligence atau AI ini merupakan sebuah teknologi yang memungkinan program komputer melakukan tugas-tugas yang sebelum nya hanya dapat dilakukan oleh seorang manusia. 
Seperti mengisi suara, membuah sebuah naskah, pengenalan wajah hingga pengambilan keputusan.
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Sebetulnya AI ini memiliki banyak kuntungan yang dapat membantu anda sebagai manusia, 
seperti :
  1. mempercepat proses bisnis dan meningkatkan produktivitas.
  2. Meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pengambilan keputusan
  3. dan membantu dalam pengembangan produk dan layanan menjadi lebih baik
  4. dan mengurangi Human Error
akan tetapi ada juga dampak yang mungkin bisa di dapatkan dengan kehadiran AI ini

Yaitu
  • Kemungkinan akan banyak menghilangkan pekerjaan manusia, bagaimana tidak, Toh nulis naskah, buat video, buah gambar ilustrasi sekarang udah bisa pakai AI ini...
Perlu diketahui dulu,

Bahwa AI ini yang saya ketahui ada 3 kelas, yaitu Articial Narrow intelligence, Articial General  intelligence dan Articial Super intelligence.

Nah, AI saat ini masih berupa kelas ANI, bayangkan jika kita sudah ke kelas ASI ?

Dan AI terus mengalami perkembangan yang pesat. Raksasa raksasa teknologi dunia, saat ini sedang berfokus untuk pengembangan teknologi satu ini. 

Tidak hanya AI, ada juga sebuah teknologi baru yang perlu kita perhitungkan dalam menjalani kehidupan, yaitu :

2. Blockchain

Diantara teman-teman disini tentu mengenal atau setidaknya pernah mendengar istilah CriptoCurrency ?

Atau NFT ?

Atau yang paling viral di masanya yaitu Penambang BITCoin ? 
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Nah, kedua mahkluk ini adalah salah satu produk dari sebuah sistem yang disebut Blockchain

Jadi gini, Teknologi berbasis data tradisional memiliki catatan-catatan Transaksi. 

Sebagai contoh

Kasus jua beli Pompa air

setelah Pompa air di bayar, seharusnya kepemilikan pompa air tersebut dialihkan ke pembeli. 

Penjual dapat dengan mudah mengklaim bahwa mereka belum menerima uang meskipun sudah menerimanya, dan pembeli bisa saya berargumen bawah mereka telah membayar uang meskipun belum membayarnya.

Dengan adanya resiko ini, maka dibutuhkan pihak ke-3 untuk mengawasi dan memvalidasi transaski yang di lakukan penjual dan pembeli.

Pihak ketiga ini, kerapkali malah merumitkan proses transaksi, juga bila mana pusat data dari pihak ketiga ini tersusupi, maka pihak penjual dan pembeli akan ikut dirugikan.

Maka dari itu, hadirlah sebuah sistem yang bernama sistem Blockchain...

Blockchain menghadirkan sistem terdesentralisasi. yang artinya, tidak ada satu otoritas sentral yang mengendalikan atau memegang kendali atas seluruh data dan transasi. 

Sebab, setiap node dalam jaringan blockchain memiliki salinan database lengkap dan melakukan verifikasi terhadap transaksi yang terjadi.  
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Misalnya tadi jual beli pompa air, Blockchain akan mencatat setiap perubahan dalam transaksi historis akan merusak seluruh rantai blok

Sistem blockchain menghadirkan sebuah transaksi tanpa mengharuskan adanya pihak ketiga, namun keamanan transaksi tersebut sangat terjamin.

Kenapa blockchain dapat lebih aman, sebab sistem Blockchain tidak tersentralisasi pada satu kelempok atau individu tertentu, melainkan menjadikan sebuah sistem rantai yang saling mengikat dimana ketika ada sebuah kejadian di jajaran rantai ini, semua yang terikat pada ikatan ini akan mengetahuinya...

emm,,,,
Sebetulnya sih, Teknologi blockchain terdengar sangat oke-oke aja yah..

Banyak orang menganggap blockchain sebagai inovasi terpenting setelah internet, dengan potensi untuk mengubah cara kita berinteraksi dan melakukan bisnis di era digital saat ini. 

Sebab Teknologi blockchain dapat memberikan transparansi dan keamanan yang lebih baik dalam pengiriman uang, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kejahatan seperti pencucian uang dan penipuan

Meskipun demikian, 

Blockchain ini menjadi disruptor nyata bagi lembaga-lembaga transaksi. Ya disruptor BANK, dan lembaga keuangan, perusahaan audit dan konsultan, dan juga pemerintahan.

3. internet of things

Internet OF Things adalah sebuah jaringan perangkat elektronik yang saling terhubung dan saling bertukar informasi tanpa adanya interaksi manusia. 
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


salah satu pengaplikasian teknologi ini ada di Smart Home system. Dimana pengguna dapat mengontrol perangkat di rumah seperti AC, Lampu, kamera CCTV dengan sebuah Smartphone. Sehingga kita bisa seenaknya mengatur perangkat-perangkat ini dari HP saja. mantap

Selain digunakan untuk Rumah, beberapa pengembangan teknologi IoT ini dapat kita temukan di Smart Agriculture untuk memantau lingkungan pertanian berupa suhu, kelembaban dan pH tanah. 

Kemudian Smart City. Penggunaan teknologi IoT ini dapat memonitor dan mengelola berbagai aspek kota seperti transportasi, parkir, pengelolaan limbah dan lain-lain.

Sayangnya, dengan penerapan IoT pada kehidupan kita ini juga memiliki beberapa sisi buruk. Seperti :
Privasi menjadi lebih tidak terjaga. Sebab dalam programnya, IoT ini mengumpulkan data yang sangat banyak dan detail mengenai pengguna, seperti lokasi, perilaku dan kebiasaan. 

Karena IoT ini terhubung ke Internet, membuat keamanan sebuah sistem misalnya di rumah menjadi rentan terhadap serangan Hacker.

4. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Kedua teknologi ini, sama-sama mengubah realitas. 

Ngerikan. 

jadi, Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melihat objet dunia nyata dihadapannya dengan adanya tambahan informasi lain secara langsung. Teknologi ini menggabungkan dunia nyata dan elemen visual seperti gambar, video, vektor, dan lainnya yang digabungkan langsung dengan object nyata.
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Pokemon go lah contohnya.

Sementara VR adalah teknologi yang memungkina seseorang untuk mengalami dan berinteraksi dengan lingkungan buatan yang diciptakan menggunakan teknologi komputer dan sensor. 

Teknologi AR dan VR ini sudah banyak ditemukan di Dalam bidang hiburan seperti game. namun selain untuk game teknologi ini bisa juga dimanfaatkan untuk :

bidang Medis, kita dapat memvisualisasikan praktek operasi, dibidang militer dapat praktek simlulasi perang, sehingga tidak perlu ada bahan percobaan nyata.

Atau dalam bidang desain misalnya, dengan hadirnya teknologi AR dan VR ini, desainer dapat membuat prototipe dan visualisasi produk dengan mudah dan biaya ringan.

Sayangnya dalam memanfaatkan teknologi ini, kita harus mempertimbangkan kesehatan ,sebab penggunanya dapat mengalami motion sickness atau ketidaknyamanan fisik lainnya. serta gangguan kesehatan jangka panjang seperti penglihatan dan sakit kepala.

5. ROBOTIKA

Kalo ini sudah jelas-jelas membuat banyak pengguran. Sebab secara definisi sendiri, Robotika adalah sebuah teknologi yang dirancang untuk melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Jika AI menggantikan tugas manusia berdasarkan Kecerdasannya, Teknologi Robot ini menggatikan manusia dari segi Fisiknya.

Ya, untuk teknologi satu ini kita sendiri sudah mengenalnya sejak lama yah, misalnya dipabrik-pabrik. pekerjaan menjadi lebih rapih karena menggunakan robot-robot ini. 

------------------------------
---------

tentu saja banyak pro kontra akan kehadiran teknologi-teknologi baru ini, 

Karena sudah pasti dengan hadirnya teknologi baru, akan merugikan pemilik dan pengguna yang sudah lama menikmati teknologi lama.... 

Misalnya, saya yang notabene sebagai content Writer di salah satu perusahaan di Bandung mungkin saja sudah tidak dibutuhkan karena hadirnya AI seperti ChatGPT atau Jasper yang bisa menulis dengan sangat bagus layaknya manusia biasa.

Atau profesi saya lainnya yaitu sebagai tukang sevice yang mungkin saja terancam dengan adanya IoT yang dapat memonitoring keadaan semua perangkan elektonika di rumah.

Apakah saya harus ketar-ketir karena hadirnya teknologi ini ?

Tentu saja...

Akan tetapi sejarah akan terulang... Ya, saya teringat dimasa dimana pada saat itu kehadiran ojek online benar-benar membuat gempar industri transportasi tanah air. 

Demo, Protes, hingga aksi kekerasan pernah terjadi di waktu itu.
5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !


Kenapa, sebab dengan hadirnya Ojek online, itu benar-benar merusak pasar tranportasi tanah air. Dan tentu saja orang-orang yang sudah nyaman dengan kehidupan tranportasi lama merasa akan dirugikan dengan hadirnya sebuah distrupsi ini.

Namun, semakin kesini justru yang menang bukanlah orang yang menolak perkembangan, yang menang adalah yang pertama kali masuk dan memanfaatkan kehadiran Ide teknologi tersebut. Hingga semua orang sadar bahwa dengan hadirnya ojek online ini jauh lebih mempermudah aktivitas mereka. 

Dan banyak kisah-kisah lainnya...

Mungkin saja dengan hadirnya teknologi seperti AI, VR dan juga Blockchain akan benar-benar merusak pasar dan merugikan banyak pihak. 

Tugas kita bukanlah melawan pergantian teknologi ini, namun tugas kita adalah bagaimana menjadi orang pertama yang bisa memanfaatkan teknologi ini sebaik mungkin, demi keuntungan dan kebermanfaat yang lebih banyak lagi tentunya.

Ingat sob, kita hidup di era dimana perubahan terkhusus di bidang teknologi terjadi begitu cepat. Terkadang apa yang kita pelajari dan bahkan belum dipahami saat ini, di kemudian hari sudah tidak berlaku lagi.

Orang yang bertahan dan berkembang adalah orang-orang yang mampu beradaptasi, tidak berhenti untuk terus belajar dan melakukan yang terbaik semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dirinya sendiri.

Lebih lengkapnya di sini :

Posting Komentar untuk "5 Teknologi Masa Depan Yang Segera Menggantikan Anda !"