Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik

alat-alat yang wajib dimiliki teknisi listrik untuk melakukan kerja lapangan
Bismillahirrohmanirrohim

melakukan pekerjaan seorang teknisi tidak cukup hanya memiliki pengetahuan dan pengamannya saja, Dalam prakteknya, kita harus dilengkapi dengan berbagai alat yang dibutuhkan serta mematuhi aturan K3 yaitu Kesehatan keselamatan kerja. Tanpa memiliki peralatan dan pengaman yang memadai, kita dilarang untuk melakukan praktek kerja apalagi tanpa di dampingi oleh tenga profesional.
Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik
sumber : Grup FB Komunitas Teknisi Listrik Indonesia Satu  ( KTL1 )

Saya terinspirasi membuat Tulisan ini setelah membaca postingan dari salah satu member Komunitas Teknisi listrik Indonesia satu (KTL 1) salah satu grup facebook tempat berkumpulnya para teknisi senior dan juga pemula untuk berbagai ilmu dan pengalaman.

pada postingan itu TS bertanya tentang alat apa saja yang kurang dalam melakukan pekerjaan teknisi listrik dan banyak sekali komentar berilmu yang terdapat disana dan sayang sekali jika postingan tersebut nantinya hanyut dan terbuang begitu saja,... hehe

alat-alat yang akan saya bagikan ini tentu sangat beragam, ada jenis alat yang sudah umum digunakan sampai alat dimana hanya teknisi listrik yang tahu fungsinya. Ok, tanpa berlama-lama lagi, berikut ini daftar alat yang wajib dimiliki teknisi listrik :

Alat yang Wajib dimiliki teknisi listrik

Ada beberapa jenis alat yang sudah dikenal dan umum digunakan yaitu :

Obeng Min (-) dan Plus (+)
entah itu menjadi teknisi listrik atau menjadi teknisi lainnya, penggunaan obeng sangatlah penting. bahkan setiap orang biasanya memiliki obeng dirumahnya sebagai alat bantu pembongkaran barang. Obeng merupakan alat yang berfungsi untuk membuka baud min dan plus pada sebuah benda.

Lengkapi Obeng (-) dan Plus (+) berbagai ukuran karena tidak semua baud bisa dibuka dengan obeng yang sama.

Keluarga Tang
Tang memiliki banyak fungsi dan fungsi-fungsinya ini beragam sesuai dengan jenis tang tersebut. setidaknya ada 3 jenis Tang yang paling umum digunakan yaitu Tang pemotong, Tang Lancip dan Tang kombinasi.

Tang Pemotong berfungsi untuk memotong.... (ya iyalah) memotong kabel khususnya. sementara tang Lancip biasa digunakan sebagai pengikat kabel atau pembulat kabel tapi juga bisa digunakan untuk memotong kabel. Dan tang kombinasi adalah jenis tang serta bisa, termasuk dalam membuka baud.

Selain itu ada juga jenis tang yang tidak umum namun sangat bermafaat khususnya bagi teknisi listrik yaitu tang pengupas kabel, Tang press, Tang pembulat dan Tang jepit.

Kunci Pas Ring
Kunci pas berfungsi untuk melepaskan Baud. Tidak sedikit komponen kelistrikan yang dilengkapi dengan baud seperti pada panel rangkaian listrik, sehingga kepemilikan kunci pas sangat diperlukan.

Dalam prakteknya memang bisa melepaskan baud dengan menggunakan Tang atau Kunci inggris, namun penggunaan alat yang tidak sesuai justru akan membuat komponen rusak dan teknisi lebih banyak mengelyarkan tenaga.
Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik
sumber : Grup FB Komunitas Teknisi Listrik Indonesia Satu  ( KTL1 )

Pisau
Pasti sobat sudah tahu lah dengan fungsi dari ala satu ini

Palu
Pada beberapa praktek lapangan kebutuhan pemukulan pada komponen sering dibutuhkan. Selain dari pada itu palu juga berfungsi untuk menancabkan baud dan paku pada tembok, khususnya bagi Instalasi listrik rumah.
Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik
sumber : Grup FB Komunitas Teknisi Listrik Indonesia Satu  ( KTL1 )

Isolasi
Isolasi ini dikenal juga dengan nama Lakban, alat ini biasanya digunakan untuk merekatkan, akan tetapi untuk teknisi listrik, Isolasi atau lakban digunakan sebagai penutup penghantar listrik (kabel).

baca selengkapnya : Konduktor, Semi konduktor dan Isolator

Diatas adalah peralatan kerja yang pada umumnya orang memilikinya. sehingga jika sobat tidak memilikinya, namun menjadi teknisi listrik tentu itu tindakan yang sangat ceroboh sekali.

Alat untuk teknisi listrik yang jarang orang memilikinya

Jika diatas adalah alat umum, dibawah ini adalah alat-alat yang biasanya hanya dimiliki teknisi listrik namun perannya sangat penting dalam praktek kerja lapangan

Tespen
Tespen adalah jenis salah satu alat yang berfungsi untuk mengcek bagian komponen kelistrikan apakah memiliki tegangan listrik atau tidak. Jika komponen listrik tersebut memiliki tegangan listrik maka tespen akan menyala. baca selengkapnya : cara menggunakan Tespen

Tanpa Tespen kita sulit memprediksikan arus listrik yang mengalir pada komponen listrik.

selain tespen, ada jenis-jenis Voltage detector tester atau pendeteksi tegangan yang biasanya digunakan oleh teknisi seperti Duspol dan jenis Voltage detector. baca selengkapnya : Mengenal jenis Voltage detector tester


AVO meter
AVO meter dikenal juga dengan sebutan Multitester dan multimeter. Berfungsi untuk mengukur Arus tegangan dan Tahanan pada komponen listrik. terdapat dua jenis AVO meter yaitu Avometer digital dan avometer Analog, selengkapnya : Apa itu AVO meter 

Peran avo meter ini sangat penting apalagi bagi sobat yang berniat menjadi tukang Refarasi alat elektronik rumah tangga.

Solder
Solder adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan dua penghantar dengan menggunakan Timah. Solder ini perannya sangat besar sekali apalagi bagi teknisi perbaikan alat elektronik, karena tanpa solder sobat tidak dapat menyambungkan komponen kecil-kecil pada sirkuit elektonika.

Jangan lupa juga Timahnya ya sob....

Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik
sumber : Grup FB Komunitas Teknisi Listrik Indonesia Satu  ( KTL1 )
Obeng Set
Pada obeng set, meskipun ukurannya kecil-kecil dan tidak dapat diandalkan untuk membuka baud ukuran besar, namun seketika akan ada jenis baud langka yang hanya bisa di buka oleh obeng tertentu. dengan adanya Obeng Set yang dilengkapi dengan banyak macam obeng yang sangat bermanfaat dan lengkap yang bisa membuka baud tersebut.

Selain keempat alat listrik diatas, ada juga alat lain yang sebetulnya tidak terlalu wajib akan tetapi berfungsi dikala waktu tertentu saja yaitu :

Kunci L
Kadang kala ada saja komponen peralatan listrik yang dilengkapi dengan baud L sehingga peran dari kunci L sangat diperlukan

Tang Amper
fungsinya sama dengan AVOmeter yaitu mengukur arus tegangan dan tahanan  listrik, hanya saja tang amper memiliki alat bantu lain seperti Tang dan sangat berfungsi untuk mengukur arus (amper) listrik.

Tang Press /Tang crimping
tang press adalah tang yang berfungsi untuk press kabel skun atau disebut juga kaki kabel. ada banyak sekali jenis tang Press yang disesuaikan dengan jenis kabel skunnya, Fungsinya yaitu merekatkan atau menghubungkan kabel dan skun kabel.

Pahat
Pahat atau tatah berfungsi untuk membuat lubang atau mengukir. sangat cocok bagi sobat teknisi Instalasi rumah. karena kerjanya lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan Obeng.

Bor
Bor sangat membantu sobat nanti ketika mau membuat lubang pada dinding dan membatu memasang komponen dengan cepat karena bor bisa juga digunakan untuk memutar Baud.

Gerinda
Gerinda ini sangat cocok digunakan bagi tukang refarasi alat listrik ukuran besar. biasanya digunakan untuk memotong dan menghaluskan bahan-bahan

Gergaji
sangat bermanfaat untuk memotong Pipa yang biasanya ada ketika melakukan pemasangan Instalasi listrik rumah.

Meteran
meteran ini cukup penting perannya apalagi ketika melakukan pemasangan Instalasi listrik rumah.

Selain alat penting diatas, Peranan alat ukur pada saat pengukuran juga sangat diperlukan. Seperti halnya Megger untuk mengukur Isolasi, dan Taco meter, untuk info lebih lengkap bisa baca : 15 macam alat ukur listrik paling sering dipakai teknisi

ToolBOX bisa dijadikan solusi peralatan lengkap

Toolbox adalah Box yang berisi berbagai alat penting yang sering digunakan teknisi, Dengan menggunakan Toolbox sobat tidak perlu pusing lagi memilih alat yang harus dipakai karena untuk Toolbox yang mahal biasanya sudah dilengkapi alat yang sangat lengkap.

Lengkapi juga peralatan Safety K3

Sarung Tangan dan Sepatu adalah safety wajib bagi teknisi listrik apalagi bagian pemasangan instalasi karena kita langsung berhubungan dengan arus listrik bagi yang sudah Pro. selain itu Helm, baju safety dan jenis pengaman lain tentu sangat penting untuk dimiliki.
Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik
sumber : Grup FB Komunitas Teknisi Listrik Indonesia Satu  ( KTL1 )

Demikian ulasan kali ini, mengenai alat-alat yang harus dimiliki oleh teknisi listrik sebelum terjun kelapangan, semoga dapat bermanfaat dan membantu mencarikan solusi permasalah-permasalahn anda.

1 Response to "Mau jadi teknisi? berikut 18 Alat yang wajib dimiliki teknisi Listrik"

  1. Gan,ada grup WA KTL gak ? saya pgn gabung grup tapi gapunya fb

    ReplyDelete

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL