Mengenal Fungsi & Cara Kerja SET TOP BOX (Solusi TV Digital)

Bismillahirrahmanirrahiem

Akhir-akhir ini dunia pertelevisian di hebohkan oleh program migrasi siaran TV analog ke siaran TV digital, hal tersebut sudah tejadi di sebagian tempat, yang menyebabkan hilangnya siaran TV analog khususnya bagi pengguna TV tabung yang dominan belum dilengkapi dengan rangkaian penerima siaran digital. 

Mengenal Fungsi & Cara Kerja SET TOP BOX (Solusi TV Digital)

Berbeda dengan TV modern keluaran baru yang sebagian sudah dilengkapi dengan rangkaian penerimaan siaran digital. 

Dan pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas TV keluaran baru yang sudah dapat menerima siaran digital secara langsung namun lebih ke TV tabung, led, dan lcd keluaran lama agar dapat menerima siaran TV digital, mengapa? 

Karena seperti yang kita tahu untuk mengganti TV bukanlah suatu yang mudah bagi sebagian orang, dan solusinya adalah menggunakan STB atau Set Top Box agar TV keluaran lama tersebut dapat menerima siaran digital, agar dapat lebih di fahami mengenai STB ini berikut di bawah adalah informasinya.

Baca juga : Saluran TV SCTV Menghilang? Berikut List Frekuensi & Cara Meng-inputnya

Fungsi Set Top Box (STB)

Pertama Kita harus mengetahui dan mengenal apa itu Set Top Box? 

Set Top Box disingkat STB adalah suatu perangkat yang berperan untuk menerima siaran TV jenis Digital, dan untuk mengatasi proses migrasi siaran TV analog ke digital STB ini sangat di perlukan khususnya bagi televisi lama yang belum mendukung siaran digital. 

Fungsi STB ini sudah jelas untuk menerima siaran digital atau bisa juga di sebut sebagai receiver TV digital, dengan kata lain perangkat ini menerima siaran TV digital dan di proses sehingga output keluarannya menjadin sinyal analog dan dapat di terima oleh TV analog atau TV yang belum dilengkapi dengan sistem siaran digital. 

Mengenal Fungsi & Cara Kerja SET TOP BOX (Solusi TV Digital)

Selain itu set top box juga dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti siaran yang bisa di sesuaikan dengan usia dan juga adanya informasi seputar kebencanaan, dengan adanya fitur penyesuaian usia para orang tua dapat menyesuaikan tontonan yang baik bagi anak-anaknya. 

Set top box ada beberapa jenis sesuai dengan siaran yang di terima, Contohnya seperti Set Top Box DVB-C dengan metode penyiaran via kabel, DVB-S menerima penyiaran via satelit, DVB-IPTV( menerima penyiaran via internet protokol TV) dan untuk TV digital bisa menggunakan Set Top Box DVB-T2 dengan media penyiaran via antenna.

Jika kita sudah mengetahui apa itu STB? dan apa fungsinya? Alangkah baiknya jika kita mengetahui bagian bagian dari STB itu sendiri, hal ini dimaksudkan agar memudahkan dalam pemasangnya, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah bagian-bagian STB

Baca juga : Kode Remot TV POLYTRON Tabung/LED/LCD & Cara Resetnya

Bagian-Bagian Pada STB

STB terdiri dari beberapa bagian apakah itu perangkat pendukung atau bagian dari stb itu sendiri, untuk dapat menikmati siaran TV digital memakai stb ini tidak cukup dibeli dan didiamkan saja harus ada pemasangannya maka dari itu kita harus kenali dulu bagian-bagiannya khususnya di bagian Port / Panel Belakang STB ini, karena untuk antena dan pemrograman biasanya tercantum pada buku manual dan pengoprasianya tidak terlalu kompleks.

Pertama saya ingin mengajak anda lebih dulu mengenal port yang terdapat pada panel belakang set top box, karena menurut saya beberapa orang mungkin agak kebingungan di bagian ini, bagaimana tidak, panel belakang stb memiliki lubang port lebih dari satu sesuai dengan fungsinya masing-masing, dan saya ambil salah satu contoh panel belakang stb seperti gambar di bawah ini.

Sumber: luby.co.id

Bisa kita lihat pada bagian panel belakang ini memiliki beberapa port yang berbeda-beda agar anda bisa memahami fungsi masing-masing port ini anda bisa simak penjelasanya di bawah ini.

Kabel Antenna (RF IN)

Disini ada Port untuk Kabel antenna atau dikenal dengan kode RF in, port ini berfungsi untuk menerima siaran digital yang ditangkap oleh antenna sehingga dapat di proses oleh stb dan dapat di teruskan ke sebuah TV untuk di tayangkan.

Port RF Out ( RF LOOP THROUGH)

Dalam gambar di atas port ini sama untuk kabel antenna, hanya saja fungsinya berbeda jika port yang pertama berfungsi sebagai sinyal in atau input maka port ini berfungsi sebagai sinyal out, port ini dapat di gunakan jika antena penangkap siaran TV digital di pakai untuk 2 buah stb, dengan pemasangan RF OUT (RF LOOP THROUGH) STB 1 di pasangkan ke RF IN STB 2

Port Coaxial

Port ini berfungsi untuk sinyal output digital berupa audio seperti halnya port yang terdapat pada home theater yang dilengkapi dengan penerimaan sinyal audio digital, jika port ini akan digunakan langsung ke sebuah amplifier di perlukan sebuah converter audio digital to analog karena amplifier hanya dapat menerima sinyal audio jenis analog, untuk kualitas audio dari coaxial ini tidak dapat di pungkiri memiliki kualitas yang lebih jernih di banding penggunaan kabel rca yang cenderung mengalami noise atau dengung jika ada gangguan elektomagnetik disekitarnya.

Port HDMI

Port selanjutnya ada Port HDM, port ini berfungsi untuk menyalurkan sinyal audio video dari STB ke Televisi yang sudah mendukung sistem HDMI contohnya seperti TV LED yang dimana Teknologi HDMI ini memiliki keunggulan dalam transfer audio video yang cukup baik.

Port AV (Audio Video)

Berikutnya ada port Audio Video yang akan digunakan untuk menghubungkan STB ke TV analog atau TV keluran lama menggunakan kabel RCA dan di pasang pada port AV TV sehingga dalam pemakaiannya TV tersebut harus dalam mode AV.

Setelah kita mengetahui bagian-bagian pada STB ini selanjutnya kita juga harus tahu bagaimana kerjanya, hal tersebut bertujuan agar memudahkan kita jika terjadi sesuatu pada stb tersebut.

Cara Kerja STB

Mengenal Fungsi & Cara Kerja SET TOP BOX (Solusi TV Digital)

Siaran TV digital memiliki kualitas gambar jernih dan audio yang bersih sangat berbeda dengan siaran TV analog cenderung ada semut dan suara kasar jika posisi antenna tidak bagus, mungkin itu adalah perbedaan signifikan antara siaran analog dan digital dan STB ini memiliki fungsi untuk memproses siaran digital agar bisa dinikmati oleh pengguna TV analog seperti berikut.

Siaran digital akan di pancarkan oleh stasiun pusat dan di terima oleh antena sebagai media receiver jika siaran ini jenis analog maka bisa langsung pasang kabel antenna ke port antenna TV analog tersebut tapi karena ini jenis siaran digital maka akan di terima oleh Set Top Box terlebih dahulu dan di proses oleh sistem yang ada pada STB setelah itu barulah hasil output dapat dihasilkan dan di salurkan ke televisi menggunakan kabel port yang digunakan apakah itu kabel HDMI untuk port HDMI atau Kabel RCA untuk port AV.

Baca juga : Kode Remot TV TCL Dan Teknik Unik Dalam Menggunakannya

Oke sobat semuanya bagaimana , apakah pembahasan di atas sudah cukup memberi gambaran mengenai Set Top Box atau STB ? 

Saya harap bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari informasi mengenai perangkat ini, mengingat siaran TV analog perlahan sudah mulai hilang. Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi & Cara Kerja SET TOP BOX (Solusi TV Digital)"