Seberapa Penting Sih Penyedot Udara Dapur (Cooker Hood)

bismillahirrahmanirrahim 

Seberapa penting penyedot udara dapur Cooker hood

Bisa dipastikan bahwa semua hunian yang ada di dunia ini sudah dilengkapi dengan sebuah ruangan bernama dapur. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena ruangan yang satu ini memang dikhususkan untuk menunjang kegiatan masak-memasak. 

Namun, dalam menunjang kegiatan memasak itu tak hanya mencakup seputar peralatan dapurnya saja. Dengan kata lain, ada beberapa elemen lainnya yang juga memiliki peranan penting dalam urusan memasak di dapur. 

Ya, salah satunya berupa penyedot udara dapur alias cooker hood. 

Lalu, seberapa pentingkah penggunaan penyedot udara di dapur? Nah, sebelum membahas seputar manfaatnya, lebih baik kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan cooker hood tersebut. 

Baca juga : Kompor Gas Vs Kompor Listrik, Mana yang Lebih Bagus?

Pengertian Cooker Hood

Istilah Cooker Hood di masyarakat Indonesia lebih dikenal dengan sebutan penyedot asap dapur atau cerobong asap dapur. Sesuai namanya, elemen yang satu ini bekerja dengan cara menyedot asap di dapur kemudian akan dibuang ke luar ruangan. 

Dengan begitu, ruangan dapur tidak akan terasa pengap, kotor dan bau karena asapnya sudah terbuang. Kendati demikian, ada pula cerobong yang berperan sebagai penghisap asap kotor untuk diproses sampai menjadi bersih.

Setelah menjadi bersih, maka asap tersebut akan disalurkan lagi ke dalam ruangan dapur. Adapun mengenai beragam jenis Cooker Hood yang akan dibahas seperti di bawah ini:

Chimney Style

Jenis Cooker Hood 1

Dilihat dari bentuknya, jenis Chimmey Style ini memang tampak seperti cerobong yang menempel ke bagian dinding. Tak hanya itu, Chimmey Style juga sudah dilengkapi dengan pipa bertekstur elastis yang posisinya mengarah ke luar ruangan sebagai saluran pembuangan udara kotor. 

Island

Jenis Cooker Hood 2 Island

Sebenarnya cooker hood jenis Island ini memiliki bentuk yang sama dengan jenis chimmey style tadi. Namun, yang membedakannya terdapat pada cara pemasangan. Ya, apabila chimmey style dipasang menempel ke dinding, maka cooker hood Island ini akan dipasang dengan cara digantung di tengah ruangan dapur. 

Jika Sobat ingin menggunakan Island, maka pastikan dulu bahwa langit-langit dapur memiliki ukuran tinggi dan kokoh untuk menahan bebannya. 

Visor 

Jenis Cooker Hood 3 Visor

Selanjutnya ada cooker hood jenis Visor yang umumnya dipasang dengan cara ditancap langsung ke bagian dinding luar. Namun, saat ini cooker hood dengan ukuran lebar 60 cm sudah jarang dijumpai dipasaran. 

Full Integrated

Jenis penyedot Udara dapur Full Integrated

Jenis cooker hood yang satu ini memang dirancang khusus menyatu dengan kitchen set dan biasanya akan disembunyikan di bagian belakang panel maupun pintu kitchen set. Jadi Full Integrated akan terlihat saat digunakan, kemudian akan tersembunyi ketika sedang tidak digunakan. 

Semi Integrated

Jenis penyedot Udara dapur Semi Integrated

Jenis cooker hood berikutnya yang akan dibahas, yaitu bernama Semi Integrated. Seperti halnya full integrated, yang mana Semi Integrated juga dipasang menyatu di bagian bawah kitchen set. Namun, ia akan ditempatkan tepat di atas kompornya. 

baca juga : Mau Kulkas 1 Pintu Tanpa Bunga Es Dan Hemat Listrik Terbaik ?

5 Manfaat Menggunakan Cooker Hood

1. Untuk Mengurangi Hawa Panas Didalam Dapur

Manfaat pertama dari penggunaan Cooker Hood, yakni untuk mengurangi hawa panas di dalam dapur. Sebab semakin lama durasi memasaknya, maka akan semakin panas pula suhu di dalam ruangan dapur. Pasalnya, hawa panas tersebut berasal dari uap masakan dan api kompor yang menyala. 

Dengan menggunakan Cooker Hood, tentu saja hawa panasnya akan ikut terhisap bersama asap yang ada diruangan dapur. Sehingga Sobat akan lebih focus lagi memasak karena suhu didalam dapurnya tidak terasa panas. 

Meski suhunya tidak sedingin ketika menggunakan air conditioner (AC), namun penggunaan Cooker Hood ini sudah cukup untuk membuat ruangan dapurmu menjadi nyaman. 

Manfaat penyedot Udara dapur (cooker Hood)

2. Untuk Menjaga Kebersihan Udara di Dapur

Tak hanya mampu mengurangi hawa panas, ternyata penggunaan Cooker Hood juga memiliki peranan penting dalam menjaga kebersihan udara di dapur lho. Ya, hal tersebut dikarenakan cara kerja Cooker Hood yang akan menyedot udara kotor di dalam dapur. 

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa udara kotor yang sering terhisap dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, terlebih untuk system pernafasan. Oleh karena itu, penggunaan Cooker Hood ini sangatlah penting guna memelihara kebersihan udara di dapur. 

Bukan hanya itu, bahkan penggunaan Cooker Hood juga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri, kuman, hingga mengurangi kadar karbon monoksida di dalam dapur. 

3. Membuat Dapur Menjadi Lebih Nyaman

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi bahwa penggunaan Cooker Hood berfungsi untuk memelihara kebersihan udara di dapur. 

Jika udaranya senantiasa bersih, secara otomatis ruangan dapur akan tampak lebih nyaman sehingga Sobat semakin enjoy dalam melakukan aktivitas masak memasak. Secara tidak langsung, penggunaan Cooker Hood juga ikut andil dalam menjaga kesehatan semua penghuni rumah. 

4. Dapat Memberikan Sistem Pencayahaan yang Maksimal

Sebenarnya hampir semua produk Cooker Hood sudah dilengkapi dengan system pencayahayaan berupa lampu yang berfungsi untuk memberikan penerangan. Dengan adanya lampu tersebut, tentu saja akan sangat membantu dalam menujang aktivitas selama di dapur. 

Selain itu, Sobat juga tidak perlu menyalakan lampu yang ada di ruangan dapur karena system pencahayaannya sudah disediakan oleh Cooker Hood. Alhasil, hal tersebut akan membuat konsumsi listrik menjadi lebih hemat. 

5. Dapat Mempercantik Tampilan Dapur

Manfaat berikutnya dari penggunaan Cooker Hood yang harus Sobat ketahui, yakni dapat mempercantik tampilan dapur. Itu artinya, keberadaan Cooker Hood bisa meningkatkan nilai jual sebuah property Dengan begitu, Sobat bisa meninggikan harga jual rumah berkat kehadiran Cooker Hood tersebut. 

baca juga : Apa Itu Rice Cooker? Yuk Bongkar Untuk Mengupas Rahasia Penanak Nasi

Tips Memilih Cooker Hood yang Tepat

Tips Memilih Cooker Hood yang Tepat

Sebenarnya cara memilih cooker hood dapur yang tepat itu terbilang cukup mudah. Dalam hal ini, Sobat hanya tinggal memilih cooker hood yang mempunyai fitur lengkap. Ya, semakin lengkap fitur yang dimilikinya, tentu saja akan semakin memudahkanmu dalam mengoperasikannya. 

Lantas, fitur seperti apa sajakah yang tersedia pada cooker hood? Adapun mengenai berbagai fitur penting pada cooker hood yang harus Sobat ketahui seperti berikut:

Control Panel

Cooker hood yang sudah dilengkapi dengan Control Panel di bagian depannya memang sangat mudah untuk dioperasikan. Oleh karena itu, Sobat harus memilih cooker hood yang bagian depannya terdapat Control Panel. 

Grease Filters

Sesuai dengan namanya, Grease Filters ini berperan sebagai filter untuk menyaring partikel lemak yang sewaktu-waktu bisa naik ketika memasak. Namun, Grease Filters ini harus sering dibersihkan agar tidak ada benda asing yang bisa menyumbat alat hisapnya. 

Fitur Lampu

Meski kebanyakan produk cooker hood sudah dilengkapi dengan Fitur Lampu, namun ada juga sebagian merk cooker hood yang tak memiliki fitur tersebut. 

Power Setting

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana Power Setting ini digunakan untuk menyetting atau mengatur kecepatan serta daya hisap cooker hood

Nah, seperti itulah beberapa fitur penting yang ada pada cooker hood. Jadi, Sobat jangan memilih cooker hood yang tidak memiliki fitur-fitur seperti diatas tadi ya!

Posting Komentar untuk "Seberapa Penting Sih Penyedot Udara Dapur (Cooker Hood)"