Kompor Gas Vs Kompor Listrik, Mana yang Lebih Bagus?

Bismillahirrohmanirrohim

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat kerap menghadirkan inovasi-inovasi terbaru pada setiap aspek. Ya, kompor listrik pun menjadi salah satu inovasi terbaru yang saat ini sedang digandrungi oleh sebagian masyarakat.

perbandingan kompor listrik dan kompor gas mana yang lebih baik

Namun, biasanya kompor induksi alias kompor listrik ini kebanyakan diaplikasikan pada hunian kalangan menengah ke atas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena harga kompor listrik memang jauh lebih mahal dibanding kompor gas. Lantas, mana yang lebih bagus diantara kompor gas dengan kompor listrik?

Bagi Sobat yang memutuskan ingin mengganti kompor gasnya menjadi kompor listrik, simak perbandingan kompor gas dan kompor listri dibawah ini :

Kompor Gas Vs Kompor Listrik

1. Perbandingan Dari Proses Pemasangan

perbandingan kompor listrik dan kompor gas dari pemasangannya

Berbicara soal kepraktisan, maka kompor listrik ini adalah jawabannya. Pasalnya, kita hanya tinggal menghubungkan kompor listrik tersebut ke stop kontak. Berbeda dengan proses pemasangan kompor gas yang tergolong cukup ribet.

Bagaimana tidak? ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan dalam pemasangan kompor gas. Pada tahap pertama, kamu harus menyiapkan kompor, selang regulator, hingga tabung gasnya. Setelah itu kamu baru bisa menghubungkannya, dan pastikan memasangnya dengan benar agar tidak ada kebocoran. 

2. Perbandingan Dari Segi Fitur

perbandingan kompor listrik dan kompor gas dari fitur kelengkapannya

Tak hanya unggul dari segi pemasangan, kompor listrik juga unggul dari segi fitur. Hal itu pun terbukti, yang mana kompor listrik telah dilengkapi dengan fitur tambahan berupa sensor overheat. Lalu, apa fungsi dari fitur overheat?

Perlu kalian ketahui, sensor overheat tersebut akan mematikan kompor secara otomatis ketika suhu panasnya sudah melebihi batas. Lain halnya dengan kompor gas, yang mana ia tidak memiliki fitur tambahan melainkan kenop kompor saja. 

Itu artinya, kita harus lebih hati-hati lagi dalam menjaga koneksi antara tabung gas dengan kompor secara manual untuk mencegah terjadinya kebocoran gas.  

3. Perbandingan Daya Tahan

kompor gas VS kompor listrik

Jika kompor listrik unggul dari segi pemasangan dan fitur, maka kompor gas lebih unggul dari daya tahan. Ya, kompor listrik mudah rusak saat mengalami benturan keras. Namun, hal itu tidak akan berlaku bagi kompor gas karena sudah terbukti tahan terhadap benturan keras dan tahan banting lho.

Pasalnya, permukaan kompor gas terbuat dari bahan logam sehingga daya tahannya jauh lebih kuat ketimbang kompor listrik. Tak hanya itu, kompor juga juga memiliki dudukan alat masak yang dapat membuat posisi wajan menjadi stabil. 

Berbeda dengan kompor listrik, dimana ia memiliki permukaan yang datar. Alhasil, kegiatan masak-memasak pun menjadi kurang nyaman ketika menggunakan wajan yang bentuknya tidak rata. Kendati demikian, bentuk permukaan pada kompor listrik ini memiliki kelebihan tersendiri lho. 

Dengan bentuk kompor yang datar, maka kamu bisa mendapatkan area tambahan untuk menempatkan bahan makanan lainnya. 

4. Perbandingan Harga

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa harga kompor listrik lebih mahal ketimbang kompor gas. Itu sebabnya, mengapa kompor listrik kebanyakan digunakan pada hunian kalangan menengah ke atas. 

Meski menawarkan harga yang lebih mahal, namun biaya tambahan pada kompor listrik ini terbilang rendah. Bahkan yang lebih menariknya lagi, ternyata penggunaan kompor listrik juga bisa menghemat biaya listrik bulanan

5. Perbandingan Desain

kompor gas VS kompor listrik

Beralih ke sektor desain, yang mana kompor listrik tentunya lebih unggul dari kompor gas. Ya, jelas demikian, sebab kompor listrik memang dirancang khusus untuk perumahan elite sehingga tampilan desainnya tampak lebih modis dan elegan. 

Kendati demikian, saat ini juga sudah banyak produk-produk kompor gas yang tampilan desainnya tidak kalah dengan kompor listrik lho. Akan tetapi, kamu harus mempertimbangkan lagi mengenai tempat peletakkan tabung gas elpijinya. Apabila penempatannya tidak tepat, justru hal tersebut akan membuat tampilan kompor gas menjadi tidak sedap dipandang. 

6. Perbandingan Penyaluran Energi Panas

Menurut informasi yang didapat, kompor listrik dinilai lebih efisien dalam menyalurkan energi panas ketimbang kompor gas. Dengan begitu, maka energy panas yang dihasilkannya akan langsung terpusat pada bahanan makanan.

Alhasil, proses memasak dengan menggunakan kompor listrik pun menjadi lebih cepat serta energy yang terbuangnya juga menjadi lebih sedikit. Sebagai contoh, dengan menggunakan kompor listrik kamu hanya perlu waktu sekitar 3 menit saja untuk memasak 1 liter air. 

baca juga : Mengupas rahasia Oven Microwave dan belajar bagaimana bekerjanya

7. Perbandingan Sistem Panel Kontrol

perbandingan kompor listrik dan kompor gas daya kendali

Dinilai dari system panel control, umumnya kompor gas menggunakan tombol putar manual yang mampu bekerja secara mekanis. Lain halnya dengan kompor listrik, dimana ia memliki sistem panel kontrol yang lebih banyak. Ya, seperti tombol on-off, tombol pengaturan suhu api, pengaturan waktu memasak, dan lain sebagainya. 

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan kompor gas, tentu saja mereka akan kebingungan dalam mengoperasikan beragam sistem panel kontrol yang trdapat pada kompor listrik. Itu sebabnya, mengapa hingga sampai saat ini kompor gas masih banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat.

8. Proses Perbaikan Dalam Kerusakan

perbandingan kompor listrik dan kompor gas dari perbaikannya

Kompor gas memiliki sistem yang benar-benar mudah diperbaiki bila mengalami kerusakan. Semisal bila kompor gas tidak mau mengalirkan gas, kita hanya tinggal perbaiki jalur pemipaannya. Bila tidak ada api, kita tinggal perbaiki bagian magnetnya.

Bagaimana dengan kompor listrik ?

Tergantung jenis dari kompor listrik itu, ada yang mudah di perbaiki ada juga yang cukup sulit. Terkhusus kompor listrik terbaru, itu terbilang cukup sulit di perbaiki sebab banyak komponen-komponen yang rumit yang hanya bisa di atasi oleh ahlinya.

9. Resiko

Hingga saat ini masih banyak orang yang tidak berani memasang tabung gas. Kompor listrik memiliki resiko yang lebih minim, sebab bila mana terjadi gangguan, tidak akan mengakibatkan suatu hal yang benar-benar besar seperti kompor gas.

Kompor listrik ini bisa menjadi solusi bagi sobat yang ingin kompor yang lebih aman.

Kesimpulan

Kompor listrik mungkin saja akan menjadi kompor masa depan, dimana sumber daya alam berupa gas saat ini sudah tidak dapat di perbaharui dan terus berkurang jumlahnya. Sementara energi listrik merupakan energi yang tidak habis-habis di dunia. Meskipun kita perlu daya usaha untuk membangkitkannya. (baca : pembangkit listrik sederhana

Hingga saat ini kompor listrik terus mengalami pengembanga, tentu agar bisa diterima oleh masyarakat luas dengan efisiensi lebih baik lagi seperti harga lebih terjangkau, konsumsi listrik lebih hemat serta distribusi barang yang lebih masif.

Saat ini ada juga produk kompor gas dan kompor listrik yang disatukan. Sehingga kita bisa mengaturnya sesuai keinginan mana yang bisa digunakan.

kombinasi kompor listrik dan gas


Bonus.....

Tips Membersihkan Kompor Litstrik

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa kompor listrik mempunyai permukaan yang cenderung rata. Tentu saja bentuk permukaan yang rata tersebut dapat memudahkan kita dalam membersihkan kompor listrik. 

Mengenai caranya, kamu pun hanya tinggal mengelapnya menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi air. Setelah kegiatan masak-memasaknya beres, silahkan lap permukaan kompornya secara menyeluruh. Apabila terdapat kotoran atau noda yang membandel, sebaikya gunakan campuran air dengan cuka. 

Kemudian semprotkan larutan cukanya pada noda membandel tadi, lalu gosok secara perlahan dengan menggunakan kain sampai bersih. Jika kotorannya masih tetap membandel, kamu bisa menambahkan baking soda ke atas larutan cuka yang disemprotkan.  

Lalu rendamlah kain kedalam air mendidih, letakkan di atas kompor yang sudah ditaburi dengan baking soda, dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Tahap terakhir, silahkan gosok permukaan kompornya menggunakan kain tadi sampai benar-benar bersih. 

Baca juga : Apa itu Rice Cooker dan Cara kerjanya, mengupas rahasia dari penanak nasi

Tips Membersihkan Kompor Gas
Tips membersihkan kompor gas

Sebenarnya kompor gas mempunyai beragam elemen yang harus dibersihkan secara terpisah. Ya, seperti frot panel, tombol pemutar untuk menyalakan api, dudukan besi untuk memasak, serta burner head (tempat keluarnya api dari gas).

Tentu saja elemen-elemen tersebut cukup rawan terkena tumpahan noda makanan maupun cairan. Terlebih untuk burner head, dimana ia merupakan yang paling rawan terkena tumpahan noda makanan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk senantiasa membersihkan kompor gas setiap kali selesai digunakan. 

Sebelum membersihkan kompor gas, sebaiknya tunggu dulu sampai komponen besinya dingin. Jika sudah dingin, barulah kamu bisa menggosok bagiannya satu per satu dengan menggunakan kain yang telah dibasahi air. 

Apabila bagian dudukan besinya terlihat sangat kotor, silahkan rendam di dalam air sabun selama 3 – 5 menit, kemudian cuci dan bilas sampai bersih. Dengan begitu, maka kotoran yang membandel sekalipun akan langsung lenyap seketika. 

Posting Komentar untuk "Kompor Gas Vs Kompor Listrik, Mana yang Lebih Bagus?"