Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Bismillahirrohmanirrohim

Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Kode remot tentu saja sudah bukan lagi hal asing bagi mereka yang pernah mengganti remot televisi bawaannya. Hal itu bukan tanpa sebab, karena dengan memasukkan kode remot tv pada remot yang baru, maka remotnya sudah bisa difungsikan. 

Dalam pergantian remot tv tersebut, umumnya harus diganti oleh remot yang bersifat multifungsi. Kabar baiknya, remot tv multifungsi ini bisa kita jumpai dengan mudah di toko-toko peralatan elektronik maupun di marketplace. Harga yang ditawarkannya cukup bervariasi, yakni mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 150 ribuan. 

Akan tetapi, untuk kode remotnya mempunyai perbedaan yang berdasarkan merk. Jadi, mana mungkin kode remot tv Toshiba bisa sama dengan kode remot tv Polytron maupun merk-merk lainnya. Meski kodenya hanya terdiri dari 3 digit angka, namun salah memasukkan satu angka saja akan membuat remotnya tidak bisa berfungsi lho!

Lalu, berapakah kode remot tv Toshiba? Nah, untuk Sobat yang ingin tahu kode remot tv Toshiba dengan lengkap, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Baca juga : Kode Remot TV POLYTRON Tabung/LED/LCD & Cara Resetnya

Daftar Kode Remot TV Toshiba
Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Sebenarnya tv Toshiba mempunyai dua jenis tv yang berbeda, yakni jenis tv tabung dan tv LED (LCD). Pastinya pada setiap jenis tv tersebut memiliki kode tv yang berbeda-beda juga. Maka dari itu, penting bagi Sobat untuk mengetahui kode remot tv Toshiba yang berdasarkan jenis tv-nya. 

# Kode Remot TV Toshiba (Jenis TV Tabung)

027

053

128

089

090

014

016

# Kode Remot TV Toshiba (Jenis TV LED & LCD)

Lain halnya dengan tv Toshiba jenis LED & LCD, dimana ia hanya menyediakan dua kode saja seperti berkut:

089

128

Baca juga : Saluran TV SCTV Menghilang? Berikut List Frekuensi & Cara Meng-inputnya

Cara Setting Remot TV Toshiba

Kode remot tv Toshiba menyediakan dua cara setting atau pengaturannya, yaitu dengan cara otomatis dan manual. Adapun mengenai langkah-langkah yang bisa Sobat lakukan seperti di bawah ini.

Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Cara Otomatis:

Untuk langkah pertama, Sobat harus menyalakan dulu tv Toshiba 

Apabila sudah menyala, silahkan arahkan remotnya ke tv Toshiba milikmu

Selanjutnya tekan dan tahan tombol “SET” hingga lampu indicator pada remotnya menyala

Ketika lampu indikatornya sudah menyala, silahkan tekan tombol “volume +” secara berulang hingga volume pada tv-nya meningkat dengan otomatis

Jika sudah demikian, lanjutkan dengan menekan (jangan dilepas) tombol “volume –“ secara berulang hingga volume pada tv-nya menurun dengan sendirinya

Pada langkah berikutnya, Sobat pun hanya tinggal menekan dan menahan tombol “SET” lagi hingga lampu indicator remotnya mati. 

Cara Manual:

Pastikan tv Toshiba milikmu dalam keadaan ON, lalu tekan dan tahan tombol “SET” pada remot hingga lampu indikatornya menyala

Setelah lampu indicator menyala, seperti biasa arahkan remotnya kemudian masukkan tiga digit angka kode yang sesuai dengan jenis tv Toshiba milikmu

Jika kode remot tv Toshiba sudah dimasukkan, nanti lampu indicator tersebut akan mati dengan sendirinya

SeSobatinya lampu indicator remot tv masih menyala, bisa jadi Sobat salah memasukkan kode angka. Oleh karena itu, Sobat harus memasukkan lagi kode angkanya sampai lampu indicator benar-benar padam

Untuk tahap yang terakhir, silahkan cek tombol remot dan pastikan semua tombolnya berfungsi dengan baik. 

Baca juga : 

Cara Mudah Dalam Merawat Remot TV Agar Awet

Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Tak berbeda jauh dengan barang-barang elektronik lainnya, dimana remot tv juga membutuhkan perawatan tertentu agar tetap awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Namun sayang, ternyata masih banyak masyarakat yang kerap mengabaikan kondisi remot tv-nya. Setidaknya ada beberapa cara mudah yang dapat Sobat lakukan dalam merawat remot tv agar tetap awet seperti berikut:

1. Jangan Sering Terbentur Dengan Benda Keras

Cara pertama yang harus dilakukan dalam merawat remot tv, yakni usahakan untuk tidak sering membiarkannya terbentur dengan benda-benda keras. Ya, seperti dinding, lantai, dan benda keras lainnnya. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena benturan yang terlalu keras akan membuat keretakan pada bagian casing hingga merusak pcb dan solderan didalam remotnya. Bagi Sobat yang memiliki anak kecil, sebaiknya jauhkan remot tv dari jangkauan si kecil karena takut nantinya dilempar-lempar lho!

2. Hindari Area yang Basah dan Lembab

Selain benturan dengan benda keras, ternyata area yang basah dan lembab juga menjadi salah satu faktor yang bisa merusak remot tv. Maka dari itu, disarankan bagi Sobat untuk selalu menyimpan remot tv di area yang kering. 

Pasalnya, remot tv yang sering disimpan di area lembab akan mengalami kerusakan di bagian jalur tombol. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, kondisi lembab bisa menimbulkan kotoran berupa lendir yang akan menempel di bagian pcb remotnya. Terlebih jika terkena air, yang dijamin remot tv milikmu tidak akan berumur panjang. 

3. Jangan Menekan Tombolnya Terlalu Kencang

Tak sedikit para pengguna yang kerap menekan tombol remot tv dengan sangat kencang. Padahal, kebiasaan yang satu ini bisa membuat remot tv cepat rusak lho!

Pada dasarnya ada beragam faktor yang membuat seseorang menekan tombol remot tv dengan kencang. Ya, umumnya masalah tersebut dikarenakan ada kotoran yang menyelip disela-sela tombol remotnya. 

Selain itu, ada kemungkinan juga daya baterainya sudah melemah sehingga tombol remot tv menjadi tidak berfungsi dengan maksimal. 

4. Membersihkan Bagian PCB

Tips berikutnya yang bisa Sobat lakukan dalam merawat remot tv agar awet, yakni dengan membersihkan bagian pcb-nya. Cara membersihkannya pun cukup mudah, yang mana Sobat hanya perlu mengusap-usap bagian atas pcb serta jalur-jalur tombolnya dengan pelan. 

Baca juga : Kode Remot TV TCL Dan Teknik Unik Dalam Menggunakannya

Berbagai Faktor yang Membuat Remot TV Tidak Berfungsi

Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba

Setelah Sobat berhasil memasukkan kode angkanya dengan benar, namun remot tv masih tidak berfungsi, maka ada kemungkinan hal itu disebabkan oleh berbagai faktor seperti di bawah ini.

1. Daya Baterai yang Melemah

Faktor pertama yang bisa membuat remot tv tidak berfungsi, yakni karena daya baterai yang melemah. Dalam mengatasi masalah ini, Sobat pun hanya tinggal menggantinya dengan baterai remot yang baru. Usahakan untuk memilih baterai dengan merk ternama, karena kualitas dan daya tahan yang dimilikinya sudah teruji lho.

2. Terdapat Kotoran Dibagian Besi Penghubung Baterai

Masalah yang satu ini umumnya terjadi pada remot tv yang usianya cukup lama. Cara mengatasinya sangatlah mudah, yang mana Sobat hanya perlu membuka bagian belakang remot, lalu bersihkan setiap selah-selahnya dengan menggunakan kapas. 

3. Salah Memasukkan Kode Angka

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa salah memasukkan kode angka akan membuat remot tv menjadi tidak berfungsi. Maka dari itu,Sobat harus lebih teliti lagi saat hendak memasukkan kode angka remot tv-nya. 

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai kelengkapan daftar kode remot tv Toshiba, sehingga bisa membantumu Ketika akan melakukan pengaturan. 

Posting Komentar untuk "Berikut Kode Remot TV Toshiba Tabung, LCD, Dramatic-V & Bomba"