Mengenal Fungsi Pasta Solder Dan Cara Menggunakannya

Apa Fungsi Pasta solder dan bagaimana cara menggunakannya

Bismillahirrohmanirrohim

Saat melakukan aktifitas perbaikan alat elekronik, kita tidak mungkin tidak melakukan aktifitas yang bernama menyolder.

Sebab, hampir semua komponen elekronika dihubungkan dengan cara di solder. 

Namun kadang kala proses solder menyolder di PCB tidak berjalan lancar, kadang Timah sebagai alat penempel komponen tidak menempel dengan baik pada solderan.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut ?

Mungkin sobat kekurangan sebuah Pasta Solder. 

Apa itu Pasta Solder
Apa Fungsi Pasta solder dan bagaimana cara menggunakannya

Pasta solder sering juga disebut Solder Grease, krim solder atau soldering paste. Adalah sejenis senyawa yang berfungsi untuk mempermudah dan membuat solderan dapat menempel dengan baik. Sebab pasta solder ini dapat mengurangi oksidasi yang bisa menyebabkan korosi pada timah saat aktifitas menyolder. 

Perlu sobat ketahui, pasta solder ini sebetulnya sudah terdapat pada timah. Bisa dibuktikan dengan munculnya minyak pada timah saat proses penyolderan dilakukan. Akan tetapi pada beberapra produk timah, hanya dibekali dengan pasta solder yang sangat sedikit sehingga kita tetap membutuhkan pasta solder tambahan.

Baca juga : Persamaan Transistor BC547 Konfigurasi PIN Dan Kegunaannya


Fungsi Pasta Solder

1. Memudahkan Timah Menempel saat proses penyolderan

Salah satu fungsi utama dan tujuan awal sobat dalam membeli pasta solder tentu saja adalah untuk mempermudah timah menempel saat proses penyolderan berlangsung. Dengan adanya pasta solder, timah akan menempel dengan mudah pada permukaan saat dipanaskan. 

Fungsi pasta solder

2. Menghindari Oksidasi

Lapisan oksidasi dapat menyebabkan korosi timah, akibatnya sambungan antara komponen dan timah tidak awet serta menjadikan sambungan buruk antara papan sirkuit PCB dengan komponen-komponen elektonika. Solder paste atau pasta solder ini terbuat dari senyawa yang memiliki fungsi meminimalisir terjadinya lapisan oksidasi. 

Nah, pasta solder ini berfungsi untuk mencegah hal itu terjadi, sehingga sambungan antara komponen dan PCB menjadi sempurna dan kinerja aliran listrik akan lebih baik.

3. Hasil solderan tidak meleber

Dengan menggunakan pasta solder, sambungan antara komponen dan area komponen di PCB akan pas tidak akan melebar ke area komponen lain dan menghindari terjadinya korsleting. Misalnya pada saat menghubungkan jalur kabel Flexible yang kecil dan rapat itu. 

Dengan menggunakan pasta solder, komponen akan tersambung dengan baik, dan timah tidak pecah-pecah.

4. Membuat mata solder lebih awet

Tak hanya membuat proses solder menjadi lebih baik, dengan menggunakan pasta solder akan membuat mata solder terhindar dari korosi sehingga menjadikan mata solder lebih awet.

Jenis-jenis Flux Solder

  • Intermediate Flux Merupakan jenis flux yang memiliki tingkat koreosif yang lebih rendah. Dan dapat di di hilangkan menggunakan air
  • Korosif Flux Merupakan flux yang terbuat dari garam anorganik serta asam inorganik. Dapat digunakan untuk menghilangkan oksidasi kuat semisal stainlees Steel. 
  • Non Korosif Flux merupakan jenis flux yang terbuat dari bahan utama rosin dan solventnya ialah IPA (75%). Dengan adanya pemanasan akan membuat flux menjadi cair.
  • Low Residue Flux
  • Water based Flux
  • Rosin Acticated (RA)
  • Rosin Midly Activated (RMA) 


Cara Menggunakan Pasta Solder
Cara menggunakan Flux pasta solder

  1. Pertama, Silahkan oleskan pasta solder ke permukaan Sirkuit PCB yang akan di sambungkan dengan komponen.
  2. Lelehkan pasta solder dengan cara di oleskan mata solder ke area yang sudah di oleskan pasta solder
  3. Dengan demikian, Pasta solder yang panas dan leleh tersebut akan mengalir ke ruangan antara Bagian PCB dan kaki komponen.
  4. Setelah itu, silahkan lakukan proses penyolderan dengan menghubungkan kaki-kaki komponen dan bagian Sirkuit PCB dengan menggunakan Timah.
  5. Dengan menggunakan Pasta solder, proses penghubungan antara komponen akan jauh lebih mudah, hasilnya lebih baik dan rapih.
  6. Silahkan coba dan latihan sendiri. 

Ciri-ciri sebuah Flux Solder bagus

- Tidak menimbulkan asap terlalu banyak
- Tidak terlalu encer dam cepat kering
- Tidak mengandung Timbal

Produk pasta solder yang bagus

- Amtech
- Lotfett
- Kingbo

Faktor penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Pasta solder

  • Sebaiknya hindari terkena kulit, bila sudah terkena, silahkan bilas dengan air mengalir.
  • Tidak boleh menghirup asap pasta solder sebab kurang baik untuk kesehatan.
  • Pasta solder harus disimpan pada kondisi yang tepat yaitu pada wadah tertutup dan kedap udara

-------- ------ --------

Tips Agar Proses Solder Lebih baik

Bila sobat benar-benar ingin menjadi seorang teknisi profesional, sebaiknya sobat benar-benar mahir dalam proses solder menyolder dan berani berinvestasi lebih besar untuk alat-alat terbaik.

Gunakan solder dengan kualitas baik

Tips menyolder yang baik

Sobat sebaiknya tidak perlu mengirit demi mendapatkan alat solder dengan kualitas yang baik. Sobat bisa menggunakan Gordak 936A, sebab memiliki selektor switch yang dapat mengatur panas. Solder berkualitas rendah justru bisa menyebabkan sobat kesulitan pada saat proses solder-menyolder.

Gunakan timah yang baik

Sebaiknya gunakan timah berukuran 0,3. Timah dengan ukuran ini bisa mempermudah sobat dalam proses belajar menyolder. Meskipun ini opsional, sebab sobat sebetulnya bisa menggunakan timah dengan ukuran berapa saja, asalkna kualitasnya bagus.

Gunakan Pasta timah

Pasta timah ini benar-benar sangat mempermudah proses penyolderan.

Sirkuit PCB harus bersih

Timah kadang ogah menempel pada area yang berbedu atau kotor karena minyak. Sebaiknya bersihkan area PCB agar mempermudah proses penyolderan.

Terus mencoba

menjadi mahir pada bidang tertentu tidak akan bisa diperoleh hanya dengan alat-alat yang digunakan merupakan alat terbaik. Akan tetapi skill personal sobat juga harus di asah.


Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Pasta Solder Dan Cara Menggunakannya"