Pengertian dan Perbedaan Sistem Analog dan Digital

Bismillahirrohmanirrohim
Pengertian dan perbedaan sistem analog digital


Banyak yang belum memahami tentang pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital meskipun sudah familiar penggunaannya. 

Hal ini sangatlah wajar karena terkadang sudah terlalu biasa memanfaatkan jadi tidak perlu mencari informasi detail. 

Padahal sangat penting mengetahui dasar pengertian masing-masing serta perbedaannya dengan lebih mendalam lagi. 

Saat ini manusia berada dimana semua hal menggunakan sistem digital yang sebenarnya sudah menggantikan sistem lama. Jauh sebelum adanya digital, sistem analog sudah terlebih dahulu ada dikembangkan pada jamannya. 

Namun ternyata sistem digital jauh lebih ramai digunakan serta diminati dalam berbagai bidang kehidupan ini. 

Apakah Sobat sudah memahami betul pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital yang sesungguhnya? 
Lantas kenapa digital jauh lebih berkembang pesat dibandingkan dengan analog padahal lebih dulu ada? 

Hal inilah yang akan dibahas secara tuntas di bawah ini agar Sobat lebih mudah memahami secara detail. 

Sebelum membahas lebih jauh tidak ada salahnya Sobat memahami sekilas tentang pengertian sistem, sinyal maupun data. 

Sistem merupakan kumpulan dari banyak hal saling terhubung serta berkaitan. Sedangkan sinyal nilai mewakili variabel fisik maupun data adalah informasi berupa angka atau lambang bersumber dari pengamatan. 

Pengertian Sistem Analog

Pengertian sistem analog

Untuk membahas pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital lebih detail mari kita pahami satu per satu. Pengertian dari analog sendiri merupakan sistem pengolahan sinyal dimana datanya dikelola secara berkelanjutan. 

Jadi ada range antara pengolahan data maupun sinyal yang masing-masing memiliki peran penting. Membahas sekilas tentang teknologi analog yang ternyata berkembang jauh sebelum adanya teknologi digital. 

Teknologi yang digunakan masih manual atau belum secanggih saat ini serta belum bekerja secara otomatis. Sehingga hanya menggunakan alat sederhana dengan memakai program yang masih sangat terbatas hanya beberapa hal saja. 

Mengulas informasi tentang pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital sangatlah menarik karena sangat besar pengaruhnya. Perkembangan teknologi tidak akan sampai sekarang ini sebelum adanya sistem analog pada jaman dulu. 

Bahkan masih digunakan pada beberapa hal karena dianggap sangat membantu mengolah data yang berkelanjutan. Karena menggunakan sistem kontinyu atau berkelanjutan jangka panjang maka ada beberapa kelemahan yang harus diketahui. 

Dalam pengolahan datanya bisa dibilang cukup rumit karena harus mengatur antara frekuensi dengan amplitudo. Selain itu selama prosesnya sangat rentan terhadap gangguan sehingga harus sering dilakukan pengecekan serta pengawasan.

Meskipun hanya mampu mengolah sedikit data ternyata di jaman serba canggih ini tetap dirasakan manfaatnya. Namun dari segi kemungkinan eror cukup besar karena terdapat range dalam pengiriman sinyal datanya. 

Serta dari segi perawatan bisa dibilang cukup rumit dan mahal sehingga sudah mulai ditinggalkan penggunaannya. 

Pengertian Sistem Digital

Pengertian sistem Digital

Sebagai dasar memahami pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital tentu Sobat harus mempelajari keduanya. Sistem digital yaitu pengolahan sinyal dimana datanya diolah secara diskrit.

Agar mudah dipahami maksudnya nilainya bergerak naik lalu turun secara cepat karena menggunakan sistem yang lebih canggih atau modern. Sistem yang digunakan dari piksel-piksel sinyal tidak disusun secara berkelanjutan karena memakai cara digital. 

Perlu diketahui sistem ini hanya mengola 2 bit saja yaitu 0 dengan 1 jadi tidak ada range. Hal inilah yang membuat kemungkinan eror sangatlah kecil karena hanya ada 2 bit saja. Teknologi digital tidak lagi menggunakan sistem manual sehingga dapat mengoperasionalkannya lebih secara otomatis.

Teknologi ini tidak juga memakai tenaga manusia namun lebih memanfaatkan komputerisasi yang lebih canggih. Secara dasar sebagai penghitung cepat yang menangkap sinyal atau berbagai bentuk informasi ke dalam perhitungan numerik. 

Memahami pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital ketahui juga pengaruhnya dalam dunia komunikasi. Terbukti teknologi digital memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan komunikasi menggunakan spektrum elektromagnetik. 

Merupakan gabungan dari: 
  1. 1. Frekuensi magnetik
  2. Gelombang radio
  3. Sinar X 
  4. infrared
  5. Gelombang mikro serta lainnya 

Perbedaan Antara Sistem Analog dan Digital 

Perbedaan system analog digital dari jaringan

Setelah memahami tentang pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital secara dasar dari masing-masing. Akan lebih mudah memahami perbedaan lebih mendetail dari segi rangkaian maupun kualitas serta efisiensinya. 

Maka dari itu simak beberapa poin berikut ini agar tidak kesulitan dalam membedakan antara keduanya.

1. Rangkaian sistem analog 

Sebenarnya rangkaian pada sistem analog dapat menggunakan IC namun tingkat kerumitannya sangat tinggi. Hal inilah yang membuat biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal dibandingkan dengan digital. 

Tidak heran jika akhirnya analog harus tergeser dengan sistem digital seiring semakin canggihnya perkembangan teknologi saat ini. 
Perbedaan system analog digital alat guna


2. Rangkaian sistem digital 

Rangkaian digital dapat dibuat dengan menggunakan chips terpadu sehingga sangat mudah untuk dioperasikan. Selain itu rangkaian ini memiliki tingkat kejelian yang sangat tinggi sehingga hasilnya selalu dijamin akurat. 

Kekurangan dalam rangkaian ini yaitu dunia nyata yang sesungguhnya dapat digambarkan sebagai sistem analog. 

3. Kualitas output daya 

Memahami pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital juga harus mengetahui tentang kualitas output daya. Dapat dikatakan digital kualitasnya lebih bagus serta sangat minim terjadinya eror atau gangguan. 

Sementara analog adanya eror bisa terjadi bahkan sangat besar sehingga kualitas outputnya tidak sebagus digital. 

4. Efisiensi rangkaian 

Perbedaan lainnya jika dilihat dari segi efisiensi rangkaian dapat dikatakan lebih baik sistem digital. Teknologi digital mampu mengolah data secara tepat meskipun banyak informasi masuk sekaligus. Sedangkan analog hanya bisa pada sedikit data saja namun dapat digunakan secara berkelanjutan sehingga cocok untuk informasi tertentu. 

Contoh Penggunaan Sistem Digital dan Analog 

Akan lebih mudah memahami pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital jika menggunakan perumpamaan. 

....Misalnya sistem pada perubahan siang menjadi malam sangat cocok untuk contoh yang analog. 

Perubahan terjadi berkelanjutan dari tengah malam menuju subuh, pagi, kemudian puncaknya panas siang hari lalu berputar terus. Misalnya jika perubahan siang berganti malam secara digital maka dapat terjadi dengan sangat cepat dari terang langsung gelap. 

Lebih mudah lagi analog seperti resleting yang harus dinaikkan dan diturunkan untuk bisa mencapai tujuannya. Sementara digital seperti kancing yang dapat secara instan terbuka lalu tertutup. 

Contoh Penerapan Sistem Analog 

Contoh penerapan sistem analog

Dalam contoh sehari – hari peralatan yang menggunakan sistem analog yaitu remote TV, speedometer pada sepeda, pengukur tekanan. 

Dalam jaringan komunikasi telepon juga masih menggunakan sistem ini dan juga radio analog. Mungkin Sobat juga pernah melihat komputer analog dimana hasil outputnya berupa grafik tanpa harus dikonversikan. 

Contoh Penerapan sistem Digital

Contoh penerapan sistem digital

Menemukan contoh alat dengan sistem teknologi digital
tidaklah sulit karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan. Contoh peralatan yang Sobat temukan menggunakan sistem digital dalam kehidupan sehari-hari juga sangat banyak. 

Seperti jam digital, kamera digital, penunjuk suhu digital, kalkulator, komputer dan HP. 

Sistem yang ada di dunia terus mengalami perkembangan yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia. 

Tidak heran jika saat ini semua terasa lebih canggih dan cepat bahkan dapat dikatakan serba instan. Dengan memahami pengertian dan perbedaan sistem analog dan digital Sobat semakin mudah menemukan contohnya.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan Sistem Analog dan Digital"