Skema Jalur Listrik Blender Dari Berbagai Merk | Miyako - Philips

Bismillahirrohmanirrohim

Sudah lama saya tidak menulis di Blog ini, Meskipun kelihatannya Saya sering update artikel terbaru, namun itu merupakan tulisan-tulisan orang lain yang di publish di kelistrikanku.com. Admin sendiri sudah sangat jarang menulis akhir-akhir ini.

Namun karena pembahasan kali ini cukup menarik dan seru bila di bagikan pada teman-teman, terlebih dari pada admin nganggur ya kan... hehe... Mending nulis, Betul Gak ?

Dalam memperbaiki blender listrik, salah satu faktor yang paling penting di pahami terlebih dahulu adalah mengetahui jalur kelistrikannya. 

Sebab dengan mengetahui jalur kelistrikan blender, kita bisa lebih mudah mengetahui letak kerusakan pada blender tersebut.

Selengkapnya : Cara memperbaiki Blender Rusak

Namun, skema kelistrikan blender itu bermacam-macam dan berbeda-beda tiap brandnya. 

Setidaknya ada dua brand yang saya ketahui skemanya. yaitu Merk Miyako dan Philips. Bukan berarti yang lainnya tidak tahu, namun karena jarang melakukan refarasi brand lain sehingga tidak berani mengklaim bagaimana skemanya.

Meskipun demikian. Untuk dasar jalur listrik blender ataupun jalur listrik motor listrik Universal lain, semuanya sama. Yaitu seperti di bawah ini :

Rangkaian jalur Listrik Blender 

Skema Jalur Listrik Blender Dari Berbagai Merk | Miyako - Philips

Gambar diatas merupakan gambar mesin dinamo blender paling umum dengan rangkaian dasarnya. Terdapat beberapa bagian pada Dinamo blender yaitu :

  1. Karbon : Merupakan bagian batang hitam yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari kumparan stator ke bagian kumparan Rotor yang berputar.
  2. Lamel Komutator : Merupakan bagian penghubung antara karbon dengan kumparan pada rotor. bagian ini yang sering kita diagnosis kerusakan dengan adanya percikan api.
  3. Kumparan Rotor : Adalah bagian lilitan dinamo yang berada di poros dinamo. Bagian ini merupakan bagian yang berputar, sering juga disebut angker.
  4. Kumparan Stator : Merupakan lilitan dinamo yang berada di samping dengan kondisi diam.

Lalu Bagaimana dengan rangkaian Listrik untuk saklar blender ?

Untuk metode penerapan saklar pada blender ada berbagai macam cara, sebab saklar sendiri beragam, ada yang memiliki 1 speed, 2 speed, 3 speed hingga ada bagian pulse.

Untuk rangkaian blender dengan 1 speed atau saklar tersebut hanya untuk on off blender, rangkaian listriknya seperti ini :

Skema Jalur Listrik Blender Dari Berbagai Merk | Miyako - Philips

Rangkaian blender dengan satu saklar ini biasanya terdapat pada blender merk miyako. Dimana cara kerjanya cukup mudah, yaitu arus listrik dari sumber listrik sebelum menuju mesin dinamo, harus melalui saklar ON OFF.

Untuk Rangkaian dengan banyak tombol speed, skemanya kira-kira seperti ini :

Skema Jalur Listrik Blender Dari Berbagai Merk | Miyako - Philips

Skema rangkaian listrik ini merupakan skema kelistrikan blender Philips. Dimana skema blender ini memiliki banyak tombol speed dan saklar safety.

Cara kerja rangkaian :

Listrik yang mengalir pada dinamo blender pertama-tama harus melewati Switch Lock atau saklar kunci yang berada di bagian penghubung antara bagian mesin blender dan bagian gelas blender.

Fungsinya agar blender tidak dapat bekerja bila belum gelas blender tidak terpasang dengan benar.

Bila gelas blender sudah terpasang dengan benar, listrik dari switch lock menuju ke bagian saklar speed.

Baca juga : Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar

Listrik akan dialirkan pada dinamo blender sesuai dengan tombol speed yang kita tekan. Sedangkan tombol Pulse bekerja hanya saat ditekan saja dan langsung berada di speed 3 atau speed tercepat.

Listrik dari saklar speed menuju ke kumparan stator, kemudian dari stator menuju ke karbon => lamel komutator => kumparan rotor. 

Demikian ulasan singkat kali ini mengenai skema kelistrikan blender. Semoga bisa membantu Sobat memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Bila sobat suka, jangan lupa Share artikel kali ini.

Posting Komentar untuk "Skema Jalur Listrik Blender Dari Berbagai Merk | Miyako - Philips"