Featured post

KONDANG SERVICE Tempat service paling lengkap terpercaya

Trik | Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar

Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar
Bismillahirrohmanirrohim

Blender adalah alat elektronik rumah tangga khususnya dapur yang cukup penting perannya, apalagi bagi sobat yang sudah terbiasa menggunakan blender untuk menghaluskan berbagai bumbu dapur, tentu akan malas bila halus menguleknya secara manual kembali. Dengan adanya Blender, aktifitas dapur kita khususnya ibu rumah tangga akan menjadi semakin cepat dan tidak melelahkan.

Namun, bagaimana jika suatu ketika blender dirumah sobat rusak dan tidak mau berputar. Salah satu kerusakan yang biasanya sering terjadi adalah ketika mesin berputar namun pisan pada bagian blender tersebut tidak mau berputar. Ditambahkan kecepatan blenderpun sia-sia. Apa yang harus dilakukan ?

Trik | Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar
Foto saya lagi nyervis... hehe
Kerusakan ini diakibatkan oleh Gigi blender yang sudah aus alias sudah Rusak sehingga harus diganti dengan yang baru. Biasanya orang-orang mungkin juga sobat teknisi yang sedang menyimak ini sudah tahu kerusakannya terletak pada gigi blender, karena memang terlihat secara Fisik. baik pada gigi blender bagian atas atau bagian bawah.

Meskipun sudah mengetahui kerusakannya ada disana (gigi blender yang aus) tetapi sobat tidak tahu bagaimana cara membongkar gigi blender tersebut karena ketika kita mau membukanya mesin blender malah ikut berputar.... hmmm

Penyebab Gigi Blender cepat Aus

Sebelumnya mari kita Telaah terlebih dahulu kenapa sih gigi blender ini Aus atau rusak.

Gigi blender yang cepat aus atau rusak biasanya diakibatkan oleh pemakaian yang kurang apik, dimana Mesin blender tersebut bekerja sedangkan bagian gelas blender tidak terhubung secara sempurna (rapat) sehingga mengakibatkan kaitan antara gear bawang (maksudnya bawah) dan gear atas tidak sempurna dan menyebabkan aus.

Itu juga yang menjadikan faktor kenapa Gigi blender merk Philips Jarang rusak, karena pada blender Philips antara bagian mesin dan bagian gelas blender ada pengunci yang membuat gigi atas dan gigi bawah pada blender merk Philips ini terhubung secara presisi bekerja secara sempurna.

Oleh sebab itu setelah melakukan perbaikan ini sebaiknya sobat perhatikan juga bagaimana mempekerjakan blender ini agar awet.
Selain faktor pemakaian, yang menyebabkan blender ini terkhusus Gigi blender yang mudah aus adalah kualitas dari blender ini  yang sangat jelek. oleh sebab itu untuk menghindari hal tersebut ada baiknya sobat membaca : Tips memilih blender yang berkualitas
Ok, mari lanjutkan...

Untuk sobat yang masih awam dan baru pertama kali melihat Kerusakan seperti ini pasti pusing dan benar-benar blank dan tidak tahu harus melakukan apa, padahal bagi sobat teknisi yang sudah mengetahui triknya cara membuka serta memasang gigi bleder yang aus ini dirasa sudah tidak ada apa-apanya, alias cetek. Mari buktikan....

Melepas gigi blender bagian atas

Untuk melepas gigi Blender bagian atas atau dikenal juga dengan karet blender yang berwarna hitam itu loh.... Sobat hanya perlu menggunakan cara biasa saja, tidak ada Trik khusus. yaitu dengan Menahan Pisau blender dengan Lap dan Tangan, dan putarkan bagian karet / gigi blender ke arah membuka menggunakan Tang Kombinasi.
Trik | Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar

Arah membuka gigi bagian atas adalah berlawanan dengan arah putaran blender
Mudah bukan....

Membuka Gigi Blender bagian Mesin

Nah, Untuk membuka gigi blender yang terhubung dengan mesin sebetulnya ada 2 cara. Cara pertama atau kitaa namain saja cara ini dengan sebutan cara biasa, adalah dengan Membuka bagian mesin tersebut. Untuk melakukan cara ini, simak pembahasan berikut :
  1. Buka bagian koper mesin bagian bawah dengan melepaskan baud
  2. kemudian tahan bagian Rotor mesin dengan menggunakan lap dan tangan (hati-hati)
  3. Putarkan bagian gigi blender mesin ke arah membuka. 
  4. arah membuka gigi blender bagian bawah adalah mengikuti arah putaran mesin
Hanya saja ada kelemahan jika sobat menggunakan cara ini, kelemahan pertama adalah dalam proses refarasinya sobat akan memakan waktu yang lebih banyak dan kelemahan kedua adalah Resiko kerusakan pada bagian Rotor mesin yang mungkin saja terjadi ketika sobat memegannya dan membuat salah satu penghantar pada bagian rotor tersebut Putus.

ini lebih repot....

Untuk mengatasi masalah kelemahan itu, ada satu cara lagi yang bisa sobat lakukan.Sebetulnya ini adalah trik dan Rahasia perusahaan... hehe Tapi demi kelengkapan konten dan memuaskan hati para pembaca setia blog ini, saya akan berikan tipsnya.

Kelebihan tips ini adalah tidak perlu membuka bagian koper mesin serta lebih cepat dilakukan.

berikut caranya :
  1. Siapkan Obeng Min dan Palu
  2. Letakan bagian obeng min ke bagian gigi blender arah membuka
  3. arah membuka adalah arah putaran blender
  4. Pukul obeng Min tersebut menggunakan Palu dengan cepat.
Trik | Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar
bagaimana apakah sobat bisa melakukannya...?

Bagi sobat yang masih bingung bagaimana cara membuka Gigi Blender yang cepat, sobat bisa melihat Video dari channel kelistrikanku TV ini.

Silahkan sobat praktekan apa yang telah sobat lihat di Video tersebut di jamin berhasil

Untuk Cara memasang Gigi Blender baru saya kira tidak perlu dibahas tuntas karena sobat pasti sudah mengetahuinya. ya Tinggal putarkan aja seperti sobat memasukan emur ke dalam baud.

Itulah cara membuka dan memasang gigi blender yang aus tidak mau berpuar dengan cepat.

Selain Gigi yang sudah aus, kerusakan-kerusakan pada blender ada banyak macamnya, salah satu dan yang sering juga terjadi adalah blender yang Bocor. kerusakan seperti ini biasanya diakibatkan oleh bushing pada blender yang sudah aus dan perlu di ganti.

dan kerusakan yang paling parah adalah ketika blender tersebut mati total atau Mesin blender sudah rusak dan cara memperbaiki blender semacam ini sangat sulit, bahkan para tukang refarasipun kadang gagal dalam melakukan rewinding motor listrik pada mesin Blender.

untuk info lengkapnya, sobat bisa langsung membaca : cara terlengkap memperbaiki blender dijamin berfungsi kembali

Bagi sobat yang gak mau pusing dengan service menyervis blender, sobat bisa menyerahkannya pada kami KONDANG SERVICE yang ada di Daerah Garut utara tepatnya di Kp. Kondang Jl. Kersamanah Cibatu.
Demikian artikel kali ini mengenai cara membuka dan memasang gigi blender yang aus dengan gelaja blender tidak mau berputar padahal mesin hidup, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta membantu masalah yang sobat alami.

Jika sobat suka dengan konten ini,, silahkan berbagi, karena berbagi itu indah....

0 Response to "Trik | Cara Membuka dan Memasang Gigi Blender yang Aus Tidak mau berputar "

Post a Comment

Paling Populer

terima update Blogku dengan EMAIL