Tak Banyak Yang Tahu, Ini Jenis Forklift Dan Fungsinya

Bismillahirrohmanirrohim

Bagi yang berprofesi di gudang retail berskala besar, tentu saja mereka sudah tidak asing lagi dengan istilah Forklift. Ya, jelas demikian, sebab kendaraan yang satu ini kerap digunakan untuk mempermudah pengangkatan atau pemindahan barang logistik dalam jumlah banyak dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Mengenal jenis Forklift dan Fungsi

Tak hanya untuk bidang pergudangan saja, Forklift juga sering digunakan pada bidang konstruksi untuk mengangkut material-material yang memiliki bobot berat dan berukuran panjang. Pada dasarnya, Forklift ini termasuk kedalam jenis truk. Hal itu bukan tanpa sebab, karena Forklift sangat ideal digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan kelas berat. 

Seperti kendaraan roda empat pada umumnya, yang mana Forklift juga mengalami inovasi-inovasi menarik dari masa ke masanya. Bagaimana tidak? sebab saat ini sudah tersedia beragam jenis Forklift yang menarik untuk diketahui.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas beberapa jenis Forklift beserta fungsinya.

baca juga : 3 Standar Ukuran Kontainer

Jenis-Jenis Forklift

1. Warehouse Forklift
Jenis Forklift warehouse
Sumber : creativemarket.com

Menurut informasi yang didapat, Warehouse Forklift ini merupakan jenis truk yang paling umum digunakan untuk kebutuhan pergudangan. Itu sebabnya, mengapa Warehouse Forklift sering disebut dengan istilah Forklift Gudang. 

Adapun mengenai ciri khas dari Warehouse Forklift, yakni bentuknya yang menyerupai kereta golf berwarna orange abu dan dilengkapi dengan garpu kembar memanjang di bagian depannya. Beralih ke fungsinya, Warehouse Forklift ini sangat ideal digunakan dalam memuat dan menurunkan palet maupun material secara seimbang. 

Warehouse Forklift mampu mengangkat beban berat hingga mencapai 2 ton. Namun, ada juga sebagian merk Warehouse Forklift yang hanya diperuntukan untuk mengangkat bobot sebesar 1 ton saja. Terdapat beberapa tipe Warehouse Forklift yang paling populer, diantaranya adalah Hyster 36-38T, Komatsu 20 BX50 Hyster, dan Toyota 3-Wheel Eletric Forklift.

2. Forklift Side Loader
Forklift side loader

Sebenarnya Forklift Side Loader ini masih termasuk dari salah satu tipe forklift gudang tadi. Pada umumnya, Forklift Side Loader digunakan untuk menunjang pengerjaan servis baja hingga fasilitas manufaktur yang memiliki barang berbobot berat dan tebal. 

Dalam mengoperasikannya, maka sang operator Forklift Side Loader akan berdiri di bagian kompartemen menyamping, sedangkan si pemuat samping akan mengeluarkan barang dari bagian sisinya. 

Mengingat cara pengoperasiannya ke arah samping, tentu saja hal ini akan memudahkan operator dalam mengendarai maupun membongkar barang tanpa harus berbelok arah. Sehingga tak heran jika Forklift Side Loader sangat ideal digunakan untuk menavigasi area-area sempit, serta mengatasi muatan yang berukuran panjang seperti pipa atau kayu.

Adapun mengenai beberapa brand Forklift Side Loader terbaik yang direkomendasikan, seperti Toyota, Yale, Hyundai, dan Raymond Corporation.  

3. Counterbalance Forklift
Counterbalance Forklift
Sumber : https://currentapk.com/types-of-forklift/

Dari segi fungsinya, Counterbalance Forklift ini bisa dibilang sebagai penyeimbang. Pasalnya, ia memiliki garpu di bagian depan dan belakang yang bertugas untuk mengimbangi berat beban. Ya, hal itu dikarenakan bagian lengannya yang cukup pendek, sehingga kemampuannya akan langsung bertumpu pada beban. 

Forklift ini tersedia kedalam dua varian tipe berbeda, yaitu Counterbalance Forklift yang mempunyai tiga roda dan Forklift penyeimbang Stand-up. Untuk Counterbalance Forklift dengan roda tiga, biasanya dipergunakan untuk mempermudah operator untuk memutar dan bermanuver dalam lingkaran. Sedangkan Forklift Stand-up dapat memudahkan operator untuk menaikan maupun menurunkan di antara beban. 

4. Telehandler
Telehandler Forklift
Sumber : https://currentapk.com/types-of-forklift/

Di negara Indonesia, Telehandler ini lebih populer dengan nama forklift teleskopik atau forklift jangkauan. Hal itu buan tanpa alasan, karena Telehandler merupakan gabungan dari jenis mobil derek dan forklift. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jenis forklift yang satu ini sudah dilengkapi dengan boom serta lengan yang bisa diperpanjang. Lengan tersebut juga terdapat garpu kembar yang biasa digunakan untuk memindahkan palet dari tanah. 

Telehandler jenis standar bisa mengangkat beban sampai 5.500 pon dari ketinggian hingga mencapai 19 kaki di udara. Tak hanya itu, bahkan ia sangat ideal digunakan untuk menjangkau area-area yang sempit maupun area yang sulit. 

5. Industrial Forklift

Sesuai dengan namanya, yang mana Industrial Forklift ini memang dirancang khusus untuk menunjang kebutuhan industry berskala besar. Meski tidak memiliki kemampuan yang dapat menjangkau area sulit, namun Industrial Forklift ini dapat mengangkat muatan lebih tinggi ketimbang jenis-jenis forklift diatas tadi lho. 

Industrial Forklift tersedia dengan lift yang maksimalnya mencapai 30.000 lbs. Sehingga tak heran jika jenis Industrial Forklift ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan pergudangan. Adapun mengenai beberapa produsen Industrial Forklift yang paling populer dipasaran, yakni NACCO Industries, Mitsubishi, Toyota, dan lain sebagainya. 

6. Rough Terrain Forklift
Rough terrain Forklift
Sumber : https://currentapk.com/types-of-forklift/

Jika Sobat lagi mencari tipe forklift yang dapat menaklukan medan sulit, maka Rough Terrain Forklift ini merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian? Pasalnya, Rough Terrain Forklift tampil dengan ban pneumatic yang terbukti sangat kokoh sehingga dapat mempermudah dalam menavigasi pada jalanan ekstrim. 

Bukan hanya itu, ia juga menggunakan ban berukuran besar dan memiliki ulir. Nah, karena ban tersebutlah yang membuat Rough Terrain Forklift lebih stabil dan seimbang ketika mengangkut material di medan yang tidak rata. 

Tak hanya digunakan untuk kebutuhan outdoor, jenis forklift yang satu ini juga cocok digunakan untuk kebutuhan indoor hingga konstruksi. Dari sekian banyaknya produsen Rough Terrain Forklift yang ada, tipe JCB 950 dan CASE 588H ini merupakan pilihan terbaik. Ya, kedua tipe Rough Terrain Forklift tersebut memiliki kemampuan mengangkat beban mulai dari 6.000 lbs hingga 8.000 lbs. 

7. Pallet Jack
pallet jak forklift

Pallet Jack atau yang biasa disebut dengan istilah truk pompa ini hanya dipergunakan untuk mengangkat muatan yang tidak terlalu berat dan berukuran kecil saja. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia memiliki bagian telapak yang berukuran kecil. 

Dikarenakan ukurannya yang jauh lebih ramping, sehingga tak heran jika Pallet Jack sering diandalkan untuk memindahkan barang dari area-area yang sangat sempit. Pallet Jack ini tersedia kedalam dua varian berbeda, yakni Pallet Jack manual dan Pallet Jack electric. 

Agar lebih mudah dalam mengoperasikannya, sebaiknya gunakan Pallet Jack yang tipe electric. Adapun mengenai jenis Pallet Jack yang paling populernya, seperti Mighty Lift 20 x 36 inch Pallet Truck dan Electric Pallet Truck. 

8. Reach Fork Truck
Reach Fork Truck

Jenis forklift berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Reach Fork Truck. Pada umumnya, jenis forklift ini biasa digunakan untuk pemindahan barang di dalam ruangan. Ia memiliki garpu yang bisa diperluas sehingga dapat menjangkau ke rak gudang yang berukuran tinggi. 

Tak cuma itu, terdapat juga kompartemen terbuka yang dapat memungkinkan operator untuk mendapatkan visibilitas yang lebih besar. Akan tetapi, Reach Fork Truck ini tidak cocok digunakan untuk pengerjaan outdoor. 

Baca juga : harga mesin pemecah batu

Jenis Transmisi Yang Digunakan Forklift
Jenis transmisi Forklift
Sumber : https://currentapk.com/types-of-forklift/

1. Forklift transmisi manual

pengoerasian forklift manua hampir sama dengan mobil manual yaitu pedal gear, kopling dan rem tidak ada tuas maju mundur pada forklift manual. Forklift manual memiliki pegangan lorong dan tuas untuk menaikan dan menurunkan serta lowering yang dapat dimiringkan.

2. Forklift transmisi Otomatis

Adalah jenis Forklift yang sangat mudah digunakan bila dibandingkan forklift manual. perbedaan keduanya terletak pada tuas handlenya. Forklift otomatis hanya memiliki 3 bagian tuas pegangan yaitu lift naik turun, maju mundur, dan tilting mast. 

Pedal bawah forklift otomatis digunakan sebagai rem ketika mengoperasikan forklift ini, sobat hanya menggerakan road handle ke depan atau ke belakang, lalu injak pedal gas atau rem untuk mengendalikannya mirip sekali dengan mobil matic.

baca juga : Jenis-jenis valve dan Fungsinya 

Bagian-bagian pada Forklift
bagian-bagian pada truk mini forklift

Dengan mengetahui bagian pada forklift ini kita dapat mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada forklift tersebut dan segera mengatasinya. 

Berikut ini bagian pada Forklitf

1. Garpu

garpu adalah bagian utama pada truk mini ini dan merupakan pembeda dengan kendaraan lainnya. garpu ini memiliki fungsi untuk mengangkut dan mengangkat barang. Garpu ini umumnya terbuat dari 2 besi berbentuk panjang lurus.

Panjang garpu standar adalah 1070mm akan tetapi bisa di perpanjang sesuai dengan kebutuhan.

2. mast/Tiang

Selain garpu, tiang merupakan bagian terpenting lain dari Forklift. Tiang pada Truk mini ini berfungsi sebagai penyangga. Tiang terdiri dari dua besi tebal dengan komponen hidrolik untuk menggerakannya.

3. Slide

Slide pada froklift digunakan untuk menghubungkan garpu ke tiang forklift. Slide ini berfungsi sebagai penyangga keamanan untuk benda-benda yang terletak di atas taing pengangkat.

4. Atap Pelindung/Kanopi

Kanopi atau atap pelindung yang terletak diatas kelapa operator berfungsi untuk mencegah kecelakaan kerja, dimana benda bisa sewaktu-waktu jatuh dari ketinggian. Overhead Guard ini bisa melindunginya.

5. Counterweight

Counterweight merupakan bagian yang berfungsi sebagai penyeimbang beban yang angkat. Penyeimbang ini terletak di bagian belakang Forklift. Dengan adanya Counterweight ini keseimbangan dari forklift dapat lebih terjaga

Selebihnya, komponen yang ada pada Forklift ini hampir sama dengan kendaraan umum seperti pedal gas, strik, ban, mesin penggerak dan lain-lain.

Nah, seperti itulah beberapa jenis forklift yang tersedia dipasaran, sehingga bisa Sobat jadikan sebagai bahan referensi. 

Posting Komentar untuk "Tak Banyak Yang Tahu, Ini Jenis Forklift Dan Fungsinya"