16 Jenis Kabel Listrik Meliputi Kegunaan Harga & Spesifikasi Lengkap

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap

Bismillahirrohmanirrohim

Salam Teknisi, mungkin saja kabel listrik adalah hal pertama yang sobat pikirkan dan simpulkan tentang listrik. Ibarat peribahasa, Listrik dan kabel listrik seakan sebuah pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Bagaimana tidak, kabel hanya memiliki satu fungsi. Yaitu sebagai penghatar listrik.

Ada fungsi lain sih dari kabel listrik, untuk menjemur pakaian. 

macam jenis kabel listrik rumah dan instalasi

Dengan adanya kabel listrik kita dapat menggunakan energi listrik dalam kehidupan. Dengan adanya kabel listrik kita dapat dengan aman mengaplikasikan energi listrik menjadi apapun, menyalurkannya kemanapun dan kapanpun.

Terdapat dua jenis zat pada satu kabel listrik. Yaitu Konduktor dan isolator. Meskipun ada beberapa jenis kabel yang tidak dilengkapi dengan Isolasi karena kepentingan tertentu.

  • Konduktor adalah bagian kabel yang terdapat didalam kabel, biasanya berbahan tembaga atau alumunium. Bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik.
  • Isolator adalah bagian kabel yang terdapat disisi paling luar. Biasanya berbahan Thermoplastik atau thermosetting. Bagian ini berfungsi untuk membungkus bagian konduktor agar terhindar dari kontak langsung lingkungan, khususnya manusia.

Baca selangkapnya : konduktor, semi konduktor dan Isolator

Dan harus sobat ketahui, para teknisi listrik tidak sembarangan menggunakan kabel kemanapun dan kapanpun. Dalam kondisi dan fungsi tertentu kabel dibedakan menjadi beberapa jenis dan tentu sobat harus mengetahuinya....

Kenapa?

Karena untuk menghindari terjadinya kesalahan pemasangan kabel yang tidak sesuai dengan fungsi dan kondisi yang dibutuhkan, yang mengakibatkan penyaluran listrik tidak optimal serta mengakibatkan kecelakaan.

Untuk itu, saya yakin. Pembahasan ini sangatlah penting untuk dibahas dan diketahui oleh masyarakat luas, semua kalangan, khususnya sobat sebagai seorang teknisi Listrik yang menginginkan kualitas dalam pekerjaan dan juga kepuasan konsumen.

Mengetahui Kode Huruf Kabel Listrik (Nomenklatur)

membaca Kode nama pada kabel listrik

Sebetulnya, jenis dan fungsi kabel listrik dapat kita ketahui dari penamaan kabel itu sendiri. Karena nama pada kabel listrik bukanlah sembarang nama. Nama jenis kabel listrik ini memiliki arti. Misalnya : 

Kabel NYA, N = Kabel dengan konduktor tembaga, Y = Dilapisi isolasi berbahan PVC (polyvinyl chloride) dan A = Berinti tunggal.

HurufArti
Huruf pertama
NArtinya Kabel berinti tembaga (Copper)
AArtinya kabel berinti Alumunium
Huruf kedua
YIsolasi atau pembungkus kabel berbahan PVC
GBahan pembungkus (isolasi) kabel dari karet
Huruf ketiga
AKabel berinti tunggal
Mkabel berinti tunggal lebih dari 1 (multi)
kode lainnya
FKawat Fiber halus (serabut)
FPelindung dari Plat baja
HKabel serabut lentur
Rpelindung kawat baja bundar
Gblilitan dari plat bajar


Jenis-Jenis kabel listrik antaranya :

Setelah sobat mengetahui arti nama kode kabel diatas, tentu akan lebih mengenal jenis kabel listrik dibawah :

Kabel NYA

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYA

N > Kabel dengan Tembaga
Y > dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)
A > Jumlah inti Tunggal

Kabel yang merupakan bentuk paling simple dalam jenis-jenis kabel adalah kabe NYA. Jika sobat memperhatikan gambar, kabel NYA merupakan kabel berinti (konduktor) tunggal dan memiliki 1 lapis isolator PVC. Pada umumnya kabel NYA memiliki ukuran 1.5 mm2 dan 2,5 mm2

Peruntukan

Kabel jenis ini biasanya digunakan dalam instalasi rumah. Seperti untuk penerangan dan instalasi dalam tembok lainnya.

Kelebihan

  • Karena kabel ini berinti tunggal, cukup mudah untuk digunakan dan mudah menentukan jumlah kabel yang dibutuhkan untuk merangkaian suatu instalasi listrik.
  • Dengan spesifikasi kabel diatas, tentu harga yang ditawarkan akan cukup murah dengan kegunaan yang cukup baik.

Kelemahan

Karena kabel ini hanya memiliki 1 lapis isolasi maka kabel ini akan mudah cacat, tidak tahan air dan pergantian cuaca (panas dan dingin). Biasanya, untuk hasil pemasangan kabel yang lebih maksimal,  penggunaan harus dibarengi dengan Pipa PVC. Tentu hal ini akan menambah ongkos lagi.

Harga

Harga yang ditawarkan untuk 1 roll (100 m) kabel NYA ukuran 1,5 mm adalah sekitar Rp. 145.000, ukuran 2,5 sekitar Rp. 230.000, ukuran 4 sekitar Rp. 360.000.

Kabel NYM

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYM

N > Kabel dengan Tembaga
Y > Dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)
M > Jumlah inti Multi (lebih dari 1)

Kabel jenis ini sebetulnya kabel NYA yang diperbanyak misalnya 2, 3 sampai 4 konduktor yang dibungkus kembali dengan double isolasi. Untuk menentukan jumlah inti kabel pada kabel NYM, biasa pada keterangan kabel akan tertulis :

NYM 2 x 1.5 mm - NYM 3 x 1.5 mm - NYM 3 x 2.5 mm dan lain sebagainya.

Maksud dalam penomoran ini 2 berarti jumlah inti kabel 2 dengan 1.5 mm luas penampang kabel.

Kegunaan kabel NYM

Fungsinya  sama dengan kabel NYA yaitu untuk instalasi listrik rumah atau gedung dan system tenaga.

Kelebihan

Karena kabel NYM memiliki isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA. Selain itu, kabel ini juga mampu bertahan dalam kondisi kering dan basah dan cukup sulit cacat.

Kelemahan

Jika dilihat dari spesifikasi kabel yang begitu handal dan kuat, tentu akan sebanding dengan ongkos yang lebih mahal dari kabel NYA. Selain itu, karena jumlah kabel yang telah ditentukan misalnya 4 atau 3, dengan demikian sobat tidak dapat mengatur jumlah kabel yang diinginkan dalam satu instalasi. 

Misalnya sobat membutkan kabel untuk saklar dengan 2 inti, namun karena memiliki kabel nym dengan 3 inti, maka 1 inti kabel tidak akan berfungsi dan itu sangat tidak efisien.

Harga kabel NYM

Harga yang ditawarkan untuk 1 roll (50 m, setengah dari kabel NYA) untuk ukuran 1,5m dengan 3 konduktor didalamnya adalah sekitar 293.000, untuk ukuran 2,5 m  dengan 3 konduktor didalamnya sekitar Rp. 417.000, untuk ukuran 4 dengan 4 konduktor didalamnya sekitar Rp. 885.000.

Catatan : harga sewaktu-waktu dapat berubah...

Kabel NYY

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYY

N > Kabel dengan Tembaga
Y > Dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)
Y > Dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)

Kabel ini sebetulnya sama dengan kabel NYM. Perbedaanya, kabel NYY dibungkus lagi dengan Isolasi sehingga kualitas ketahanan isolasinya lebih kuat dibandingkan NYM atau NYA.

Kegunaan

Kabel ini digunakan untuk instalasi bawah tanah meskipun tetap harus diberi perlindungan khusus misalnya Pipa PVC, duct atau pipa besi. Serta untuk Instalasi luar ruangan.

Kelebihan Kabel NYY

Bisa digunakan dimana saja, karena terjamin aman baik untuk outdoor, apalagi untuk indoor. 

Kelemahan

Lebih mahal dari kabel NYM

Harga

Harga yang ditawarkan untuk 1 roll (50 m) kabel NYY ukuran 1,5 dengan 2 konduktor didalamnya adalah sekitar Rp. 322.000, ukuran 2,5 dengan 2 konduktor didalamnya sekitar Rp. 434.000, untuk ukuran 3m dengan 4 konduktor dildamanya sekitar Rp. 830.000

Baca juga : daftar harga mixer Philips

Kabel NYAF

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYAF

N > Kabel dengan Tembaga
Y > Dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)
A > Dengan jumlah inti tunggal
F > Tipe Inti serabut (kawat halus)

Jika sobat memperhatikan gambar diatas, terlihat sepintas kabel NYAF sama dengan kabel NYA. Memang secara kontruksi sama, memiliki 1 konduktor dan 1 lapis isolator. Perbedaannya adalah kabel ini memiliki konduktor seradut. Sementara kabel NYA kawat utuh.

Kegunaan

Kabel ini kebanyakan digunakan pada alat-alat elektrik dan panel power industri.

Kenapa menggunakan kabel jenis NYAF?

Kabel ini diperuntukan untuk penghubung setiap komponen listrik yang membutuhkan fleksibilitas sangat tinggi. Misalnya pada gambar dibawah ini :

penggunaan kabel NYAF pada panel

Gambar diatas memperlihatkan penggunaan kabel NYAF didalam rangkaian panel box. Akan sangat sulit dikerjakan bila tidak menggunakan kabel yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi.

Kelemahan

Karena kabel ini hanya memliki 1 lapis isolasi, maka kabel ini tidak cocok digunakan diluar ruangan dengan berbagai kondisi misalnya kering dan basah.

Harga

Harga yang ditawarkan untuk satu roll kabel NYAF A ukuran 1,5 m adalah Rp. 208.000, untuk ukuran 2,5 sekitar Rp. 364.800, untuk ukuran 10 m sekitar Rp. 1.444.000, sampai ukuran 240 m (tebal sekali) adalah sekitar Rp. 33.420.000  

Kabel NGA

N > Kabel dengan Tembaga
G > Dibungkus dengan bahan isolasi Karet
A > Dengan jumlah inti tunggal

Kabel NGA merupakan jenis kabel yang dibungkus dengan karet. dengan inti tunggal

Kelebihan kabel NGA

Memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi, tahan pemanasan inti kabel, serta tingkat isolasi listrik sangat baik. 

Kelemahan

Kabel berbahan dasar karet jarang ada yang bertahan lama. Oleh karenanya, pada beberapa jenis kabel NGA dibungkus lagi dengan isolasi kain untuk memperkuat kekokohannya.

Kegunaan

Kegunaan dari kabel karet bisa kita lihat di earphone, handsfree, headset, beberapa jenis mos dan jenis kabel yang bergerak setiap saat lainnya. 

catatan : Meskipun saya tidak dapat memastikan itu kabel NGA karena kabel-kabel yang dijadikan contoh diatas memiliki inti lebih dari 1 (tidak tinggal). 

Kabel NYMHYO

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYMHYO

Kabel NYMHYO memiliki kontruksi yang sama seperti kabel NYM, namun kabel NYMHYO memiliki konduktor serabut. Tujuan kabel jenis ini hampir sama dengan kabel NYAF, hanya saja, kabel jenis ini lebih dikhususkan untuk peralatan elektronik yang memerlukan fleksibilitas dan arus rendah.

Kegunaan

Kabel ini biasanya digunakan pada soundsystem, loudspeaker, kabel auto-video, dan rangkaian elektronika lain.

Kelemahan

Kabel ini mudah panas. Maka dari itu hindari penggunaan kabel ini untuk tegangan dan arus tinggi.

Harga

Harga dari kabel NYMHYO bermacam-macam tergantung dengan kualitas kabel itu sendiri. Biasanya, semakin baik kualitas, semakin mahal harga dari kabel ini.

Kabel NYMHY

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYMHY

N > Kabel dengan Tembaga
Y > Dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)
M > Dengan inti Multi (lebih dari 1)
H > Tipe Inti serabut (kawat halus)
Y > Dibungkus lagi dengan Polyvinyl chloride (PVC)

Secara kontruksi, Kabel ini memiliki konduktor tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC. Kabel NYMHY umumnya berwarna putih.

Kabel ini biasanya memiliki lebih dari 1 konduktor ada yang 2 dan 3 tergantung kualitas.

Kegunaan

Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk penghubung antara peralatan elektrik dan stop kontak rumah yang memerlukan kabel feksibel dan berubah arah kapanpun.

Kabel ini digunakan sebagai pnghubung mesin cuci, kulkas, dispenser, blender dan peralatan elektronik lain pada stop kontak rumah yang tentunya dengan situasi yang berbeda-beda.

harga Kabel

Kabel Listrik Supreme NYMHY 2×0,75 mm Rp 604,800, Kabel Listrik Supreme NYMHY 2×1,5 mm Rp 940,800, Kabel Listrik Supreme NYMHY 2×2,5 mm, Rp 1,478,400.

Baca juga : Sekilas tentang mesin ayakan pasir yang sering dijumpai diindustri pembangunan

Kabel NYYHY

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYYHY

Kabel NYYHY hampir sama dengan kabel NYMHY. Hanya saja, kabel ini memiliki kualitas konduktor dan isolator yang lebih baik, lebih kuat dan lebih aman. sebagaimana kabel NYY yang lebih bagus dari NYM.

kegunaan

Biasanya kabel NYYHY berwarna hitam dan digunakan sebagai penghubung alat elektrik yang memiliki daya besar pada stop kontak rumah.

Kabel ini biasa digunakan pada Bor, gerinda, gergaji listrik, profil, pompa air dan lain-lain.

Berikut list Harga NYYHY

  • 2 x 0,75 Rp. 448.000.00
  • 2 x 1,5 Rp. 768.000.00
  • 2 x 2,5 Rp. 1.040.000.00
  • 2 x 4 Rp. 1.236.000.00
  • 2 x 10 Rp. 3.280.000.00


Kabel NYFGbY / NYRGbY / NYBY

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYFGbY


N > Kabel dengan Tembaga
Y > Dibungkus dengan Polyvinyl chloride (PVC)
F > Ditambah pelindung Baja
Gb > lilitan plat baja Galvanis
Y > Dibungkus lagi dengan Polyvinyl chloride (PVC)

Kabel NYFGbY/NYRGbY dirancang khusus untuk Instalasi tetap dalam tanah yang ditanam langsung tanpa memerlukan perlindung tambahan seperti pipa besi. Pada kondisi normal kedalaman pemasangan dibawah tanah adalah 80 cm.

Kelebihan

Sebagaimana fungsinya, kabel ini memiliki kualitas dan daya tahan yang sangat tinggi bahkan bila digunakan untuk ditanam dibawah tanah.

Kelemahan

Dengan spesifikasi kabel yang sangat bagus, tentu harga yang ditawarkan akan tinggi juga.

Selain itu, Kabel ini masih tetap membutuhkan pelindung (pipa) jika ingin melewati jalan, dan kondisi-kondisi tanah yang tidak stabil.

Berikut list daftar harga kabel NYFGbY

  • 2 x 4 Rp. 2.015.000.00
  • 2 x 10 Rp. 4.275.000.00
  • 3 x 2.5 Rp. 1.885.000.00
  • 4 x 10 Rp. 6.600.000.00
  • 4 x 35 Rp 16.800.000.00
  • 4 x 70 Rp. 29.400.000.00
  • 4 x 95 Rp. 40.950.000.00

Kabel NYCY

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
NYCY

Kabel ini dirancang untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris dalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel dan alam terbuka. Kabel ini dapat disimpan dalam kondisi apapun. Kering, panas, dingin, dan basah, didalam ataupun diluar ruangan.

Kabel BC

Kabel BC, Jenis kabel listrik

BC adalahsingkantan dari Bare Copper. Kabel BC memiliki sistem konduktansi yang unik dan agak berbeda dengan kabel lain, dimana konduktornya terdiri dari full tembaga yang disatukan sehingga menghasilkan kontruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus.

Kegunaan

Kabel BC lebih banyak digunakan untuk pentanahan atau ground. Pada gedung atau bangunan tinggi, kabel ini sangat baik untuk digunakan sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir.

Kabel ini memiliki ukuran tegangan maks = 6 sampai 55 mm / 500V

Kabel AAAC

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
AAAC

AAAC atau All Aluminium Alloy Conductor. Kabel ini terbuat dari alumunium magnesium-silicon campuran logam, keterhantaran elekris tinggi yang berisi magnesium silicide, untuk memberikan sifat yang lebih baik.

Kabel ini terbuat dari paduan alumunium 6201. AAAC mempunyai suatu anti karat dan kekuatan yang baik, sehinga daya hantarnya lebih baik.

Kabel ini baik digunakan sebagai penghantar dan penangkal petir

Baca juga : sistem pentanahan

Kabel ACSR

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
ACSR

ACSR adalah singkaran dari Aluminium Conductor Steel-Reinforced. Kabel jenis ACSR adalah salah satu jenis kabel yang banyak digunakan untuk saluran transmisi tegangan tinggi. Kabel ini sangat berbahaya dan tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

Kenapa?

Karena kabel ini tidak memiliki pelindung (isolasi) yang melapisinya. Dengan kata lain, kabel ini tidak memakai pelindung. 

"Alasan kuat yang menyebabkan kabel ACSR tidak berisolasi adalah untuk menghindari isolasi yang panas dan meleleh diakibatkan oleh tegangan ektra tinggi yang mengalir dalam kabel tersebut."

Kabel ini terdiri dari bahan alumunium dengan inti kawat baja. Jenis kabel listrik tipe ACSR sangat cocok untuk digunakan pada saluran-saluran udara tingkat tinggi (SUTT) PLN, yang membutuhkan kuat tarik yang lebih tinggi.

Ini fotonya :

sutet

Kabel ACAR

Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap
ACAR

ACAR adalah singkatan dari Aluminium Conduktor Alloy Reinforced. Sebetulnya, secara kontruksi dan kegunaan, kabel ini sama persis dengan kabel ACSR. Namun, kabel ACAR sengaja dirancang dengan kualitas lebih baik untuk menyalurkan listrik yang lebih besar dan dengan tarikan yang lebih kuat.

Kabel NFA2X / NFA2X-T

Kabel NFA2X untuk jenis kabel listrik

Kabel NFA2X merupakan kabel listrik yang berbahan konduktor alumunium yang dibungkus dengan isolasi tipe XLPE (Cross Linked Polyethylene). Hampir sama dengan kabel NFA2X, kabel NFA2X-T merupakan kabel berbahan konduktor Alumunium yang berisilasi XLPE.

Bedanya, kabel NFA2X-T memiliki bagian tengah Ground.Netral. 

Fungsi kabel NFA2X / NFA2X-T 

Salah satu fungsi dari kabel ini adalah untuk area ruangan terbuka dan bawah tanah.

Baca juga : 19 Macam Alat Ukur Yang Digunakan Teknisi

Kabel UTP

Jenis kabel untuk LAN UTP

UTP atau Unshielded Twisted Pair adalah kabel yang berinti tembaga dan berisolasi plastik serta tahan api. Kabel ini umunya memiliki 4 pasang kabel berbelit. 

Kegunaan

Umumnya, kabel ini digunakan di bagian dalam komputer, dan juga untuk kabel LAN. Namun, untuk saat ini kabel UTP sudah mulai banyak digantikan oleh kabel Fiber Optik karena kecepatan transfer data yang sangat tinggi.

Kenapa Harus menggunakan jenis kabel listrik yang sesuai kebutuhan ?

Setiap kabel memiliki kelebihannya masing-masing. sebut saja kabel NYA atau NYM yang memiliki kelebihan kualitas bahan sangat kuat dan tangguh serta awet. 

Namun meskipun demikian kabel ini tidak akan cocok digunakan untuk alat elekronik karena kabel tipe inti tunggul ini sangat keras dan kaku. 

begitu juga dengan instalasi listrik rumah, yang membutuhkan kabel kaku dan kuat untuk kestabilan arus, maka jenis kabel NYA dan NYM tetap menjadi yang terbaik digunakan.

Begitu juga bila anda membutuhkan jenis kabel yang di gunakan di area outdoor. Maka pilihkan jenis kabel yang memiliki isolasi double, tahan panas, tahan air, dan tidak mudah putus. 

Tetapi jangan pula menggunakan kabel tangguh seperti NYFGbY ini di dalam ruangan, meskipun tidak salah juga, mengingat harganya yang cukup mahal sementara dalam ruangan tidak terlalu perlu kabel dengan ketahanan perubahan cuaca, rasanya tidak efisien bila menggunakan kabel untuk outdoor.

Demikian pembahasan mengenai Jenis-jenis Kabel Instalasi listrik Meliputi Kegunaan harga dan spesifikasi lengkap semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat.

10 komentar untuk "16 Jenis Kabel Listrik Meliputi Kegunaan Harga & Spesifikasi Lengkap"

Comment Author Avatar
Sumpah keren ni situsya...salam satu hobi suhu....ane cari refrnsi untuk menulis...Boleh share link ngk bang?
Comment Author Avatar
https://teknikmaintenance09.blogspot.com/
Comment Author Avatar
Dengan hormat,
Kami Dari PT.BINTANG SAMUDERA ASIA memperkenalkan diri sebagai Perusahaan International Freight Forwarders yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan. Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang di perlukan.

Project kerjasama unggulan kami seperti berikut :
• Import via Laut & Udara (dari semua negara)
• Export via Laut & Udara (ke semua negara)
• LCL / FCL
• Door to Door Delivery (semua negara)
• Port to Port (semua negara)
• Direct Flight
• Import Lisence for Undername (Legalitas untuk Consignee)
• Pengiriman Domestik Intersulair (antar pulau)
• Transportasi via Darat
• Customs Clearance Import & Export
• Import Lisence for Undername (Legalitas untuk Consignee)
• Import via Laut & Udara
• LCL / FCL, Break-Bulk & Personal Effect
• Door to Door Delivery (semua negara)
• Direct Flight (semua negara)
• Pengiriman Domestik (antar pulau)
• Transportasi via Darat
• Transfer PIB / PEB (EDI System)
• Pergudangan & Distribusi Logistik

Jasa Import (LCL & FCL) Murah & Cepat – Pelayanan kami (International):
1. Pengiriman borongan All In / Door To Door Service, FCL/ LCL, By Sea & Air
2. Custom Import
3. Bill Of Lading, Ocean Freight
4. Loading Container di pabrik, Pick Up Barang.
5. Warehousing, Trucking.

Kami berharap bisa memenuhi kebutuhan customer dan mampu membangun kerja sama dengan baik.

Salam Hormat.

Romi Feriadi

PT.BINTANG SAMUDERA ASIA
Graha Proton Jl.Jatinegara Barat No. 195, Balimester Jakarta Timur
Phone      :021 8192 442
Fax          :021 2298 5667
Hp/Wa     :0852 7089 6962
Email       :romiferiadi093@gmail.com 
Website   :www.bisalogistik.com 
Comment Author Avatar
Mohon info dan saran, saya berencana akan mengganti kabel penghubung antara KWH meter (Listrik 2200VA) ke PHB (MCB grup) melalui taman depan. . Memerlukan kabel sepanjang kuranglebih 12 meter dan sudah membeli kabel NYYHY 3x2.5mm. Apakah bisa saya pakai kabel ini, mengingat di blog ini disarankan memakai kabel berinti tunggal / bukan serabut.
1. Apakah masih bisa saya memakai kabel tersebut?
Comment Author Avatar
Bisa gan, Yang penting ukuran luas penampang atau diameter kabelnya sesuai kapasitas ya, untuk bentuk kabel baik tunggal atau serabut sebetulnya kondisional dilapangan untuk kemudahan saja.

Diskusikan pertanyaan sobat disini