Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
Bismillahirrohmanirrohim 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kipas angin. Tepatnya kita akan membahas mengenai kipas angin dan bagian-bagian didalam kipas angin.
sistem rangkaian kelistrikan dan bagian-bagian di dalam kipas angin
Kenapa harus mengenal?

"Ada beberapa alasan yang membuat sobat harus mengenal bagian-bagian dalam kipas angin"

Alasan paling penting 
  • Pertama yaitu :Untuk mempermudah sobat mereparasi kipas angin 
  • berikutnya adalah mempermudah saya untuk menjelaskan perbaikan kipas angin 
Contoh :
Saya menjelaskan tentang mengganti bearing dan bushing kipas angin untuk mengatasi kipas angin yang macet. 
Jika sobat tidak mengenal yang namanya bearing dan bushing bagaimana toh sobat mempraktekannya bukan.
Maka dari itu, dengan membaca kontruksi kipas angin, mengela komponen apa aja sih yang ada di kipas angin ini semoga dapat membantu sobat dalam merefarasi sendiri kipas angin.
baca juga : pompa air rusak? tuntaskan dengan 14 tips perbaikan pompa air sampai berfungsi kembali part I 

Definisi kipas angin


Kipas angin adalah alat yang digunakan sebagai penghasil angin. Fungsi umum kipas angin adalah untuk mendinginkan udara, meyegarkan udara, ventilasi (exhaust fan), dan pengering (umumnya memakai komponen tambahan penghasil panas).

Kipas angin secara umum dibedakan menjadi kipas angin tradisional dan kipas angin tenaga listrik. Kipas angin tradisional biasanya menggunakan tenaga tangan untuk mengehembuskan angin, kalau orang sunda mah nyebutna hihid...

Sementara kipas angin listrik tentunya menggunakan energi listrik sebagai energi penggerak dan menghasilkan hembusan pada kipas angin.

"dan kita akan membahas yang kipas angin listrik ini OK"

Banyak sekali alat yang harus menggunakan kipas angin.

Misalnya sebuah unit personal computer yang diharuskan memiliki kipas angin didalamnya untuk mendinginkan bagian-bagian penting salah satunya CPU Biasanya kipas angin yang paling banyak digunakan adalah tipe kipas angin yang besar, ukurannya cukup besar dan memiliki 3 kecepatan (speed).

Dan kipas angin ini pula yang akan kita bahas bagaimana cara memperbaikinya sama-sama. 

Perhatikan gambar : 
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya
kipas angin
Gambar kipas angin inilah yang akan kita bahas. Karena kipas tipe ini memiliki Fasilitas yang lengkap dan bisa diaplikasikan keberbagai kipas angin lain sejenisnya.

Pada umumnya pada sebuah kipas angin terdapat 3 bagian utama dan yang menjadi 3 bagian penting persi kelistrikanku(dot)com yaitu :
  • Bagian body 
  • Bagian kelistrikan 
  • Bagian mesin 
Note : ini menurut kelistrikanku.com ya, gak tahu menurut yang lain, tetapi kontek yang akan kita bahas pasti sama... Tujuan di buat seperti ini adalah untuk mempermudah mempelajarinya aja sob...

A. bagian body kipas angin


bagian body dapat digambarkan seperti pada gambar :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

gambarnya jelek...hehe
  1. bagian sangkar ini merupakan tempat dimana angin dihasilkan dari baling-baling. Baling-baling tersebut dihalangi oleh sangkar baling baling sehingga membuat baling-baling lebih aman dari konak langsung pada benda lain, misalnya idung sobat 
  2. bagin wadah mesin ini merupakan bagian yang paling penting dan juga paling mahal sekaligus sebagai jantungnya kipas angin. Bagian ini tempat beradanya sebuah mesin motor listrik (dinamo) kipas angin. Selain untuk dinamo, pada bagian ini juga terdapat sebuah gearbox tempat pengatur kipas angin dapat menengok atau tidak. 
  3. bagian leher ini banyak fungsinya, setidaknya ada 3 fungsi utama dari leher yaitu : untuk menahan kipas angin agar tegak dan menempel pada body, membuat kipas angi dapat menengok dan membagikan udara menjadi lebih merata, dan mengatur arah kipas angin secara horizontal, keatas dan kebawah. Yah, fungsi leher kipas angin ini hampir sama dengan fungsi leher dari manusia ..... bagian ini sangat sering rusak, jadi perhatikan...
  4. bagian ini, pada umumnya sebagai tempat kilistrikan berada, dari mulai masuknya arus dari sumber dan kemudian diatur oleh kontrol kipas angin, bagian berupa saklar tekan, saklar tarik, timer, saklar berupa modul (sirkuit PHB), telur cicak dan lainnya. 
  5. bagian paling bawah ini merupakan bagian paling berat karena pada bagian ini kipas angin dapat bediri tegak. Pada beberapa merk kipas angin, bagian ini dapat diatur tinggi rendahnya sebuah kipas angin. 
baca : panduan lengkap memperbaiki segala kerusakan kipas angin part II B

B. Bagian kelistrikan kipas angin


Pada bagian kelistrikan, tentunya kita tidak akan membahas bentuk melainkan sebuah rangkaian kelistrikan yang dapat membuat sebuah kipas dapat bekerja sesuai dengan keinginan. Selain itu bagian ini sangat penting karena namanya mirip dengan domain blog ini kelistrikan-kelistrikanku....... (maksud loh)

Lihat gambar :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

1. Sumber dari stop kontak 

Ini adalah kelistrikan utama, kabel ini yang menghubungkan antara kipas angin dan sumber listrik, misalnya PLN atau genset

2. Saklar speed

Saklar speed atau selektor speed atau juga saklar kecepatan adalah tempat dimana sobat bis memiliki kecepatan pada kipas angin dan sekaligus menghentikan kipas tersebut biasanya kipas angin memiliki 4 tombol saklar dengan fungsinya masing-masing yaitu :
  • 0 untuk berhenti atau menghentikan kipas angin. Bisa juga disebut off 
  • 1 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang biasa saja 
  • 2 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang lumayan kencang 
  • 3 menghidupkan kipas angin dengan kecepatan yang cepat 
Pada umumnya, warna dari keempat kabel tersebut berbeda beda, tergantung merk dari kipas angin yang sedang sobat refarasi tersebut. Maka dari itu, jangan asal sambungkan kabel pada kipas angin karena dapat mengakibatkan kipas angin terbakar.

Misalkan menyambungkan kabel biru yang seharusnya mengarah langsung pada kipas angin disambungkan pada bagian saklar. Itu berbahaya.

Lebih baik periksa kondisi dan posisi kabel yang sesuai dengan Avo meter alat ukur yang dapat mengukur hambatan dan paling penting untuk di miliki seorang teknisi

3. Kapasitor 1.5 micro farad

Kapasitor memiliki fungsinya sendiri yang terpisah dari kabel antara saklar dan motor listrik jadi cukup mudah memahaminya
Baca : 3 cara cek kapasitor termudah sehingga terlihat baik atau sudah rusak
Sebetulnya tidak semua jenis kipas angin memiliki ukuran 1,5 micro farad, ada juga yang 1,2 - 2, dan 1 tergantung ukuran dan merk kipas angin tersebut

4. Motor listrik (dinamo)

Motor listrik bisa dibilang juga dinamo atau mesinnya pada kipas angin.

Kabel yang terhubung dari saklar, kapasitor dan sumber akan menumpuk disini. Biasanya motor listrik pada kipas angin akan mengeluarkan 6 keluaran kabel, ada juga yang 5 dan 3 tergantung jenis dan fungsi dari kipas angin tersebut.

Namun, yang paling banyak adalah kipas angin yang memiliki 6 keluaran kabel, 3 untuk kontrol kecepatan, 1 untuk netral atau listrik langsung dan 2 untuk kapasitor.

Bagaimana dengan kelistrikan pada motor listrik? Apalagi sobat masih bingung dengan 6 keluaran kabel yang terdapat pada kipas angin tersebut.

....Saya akan coba lebih mejelaskan dengan gambar Rangkaian dibawah ini :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

Dalam sebuah dinamo atau motor listrik pada kipas angin pada umumnya, dinamonya dilengkapi dengan 4 kumparan masing-masing kumparan memiliki 2 ujung dan berartinya 8 keluaran.

1 kumparan utama dengan lilitan paling banyak, 3 kumparan speed sisinya disatukan dan memiliki volume yang hampir sama dengan lilitan utama.

Pada gambar Rangkaian dijelaskan

Speed 1 menyatukan antara kumparan utama masukan 1 dan kumparan masukan a1
Speed 2 menyatukan antara kumparan masukan a2 dengan kumparan keluaran b1
Speed 3 menyatukan antara kumparan masukan a3 dengan kumparan keluaran b2

Tersisa 2 keluaran yaitu kumparan utama keluaran 2 dan kumparan keluaran b3 yang nantinya akan menjadi sambungan kapasitor dan sambungan langsung pada sumber listrik.

Jadi kipas angin bisa memiliki 5 kabel dan 6 kabel karena pada kabel langsung pada sumber dan kapasitor ada yang dipisahkan didalam mesin ada juga yang dipisahkan diluar.
mempelajari jalur Rangkaian kelistrikan pada dinamo kipas angin ini juga sangat penting untuk di pahami jika sobat berniat mau menggulung ulang dinamo kipas angin. dan ini merupakan bagian paling dasar yang harus sobat pahami.
Bagaimana dengan kipas angin 3 kabel? 

kipas angin yang memiliki 3 kabel keluaran sangat mudah, biasanya memiliki warna hitam, putih dan merah dimana fungsinya
  1. hitam : untuk listrik langsung dari sumber, bisa juga disebut kabel netral 
  2. putih : untuk sambungan pada listrik langsung dan kapasitor jadi dijumper 
  3. merah : untuk sambungan pada kapasitor saja 
lebih mudah bukan....

C Bagian mesin (dinamo) kipas angin


Pada bagian mesin akan terlihat banyak sekali komponen yang tidak dikenal.

Perhatikan gambar :
Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya

1 bagian bushing (bos).
Ini berfungsi sebagai penyeimbang dan kontak langsung dari angker atau rotor (bagian berputar) dan stator (bagian yang diam). Ada juga sebagai kipas angin yang menggunakan laher. Dan biasa kipas angin yang menggunakan laher memiliki kekuatan yang lebih awet.
Baca agar lebih jelas : penghasil putaran, stator dan rotor pada motor listrik
2 bagian angker atau rotor
Rotor adalah alat rotasi. Dengan kata lain bagian ini yang berputar. Bagian depan rotor difungsikan untuk baling-baling, ditengah untuk penghasil putaran karena motor listrik dan bagian belakang untuk gigi (gear) pada gearbox

3 bagian kumparan
Bagian ini termasuk pada bagian motor listrik (dinamo). Bagian ini adalah bagian paling penting pada kipas angin. Kumparan akan mengubah arus listrik yang masuk menjadi energi magnet dan kemudian memutarkan rotor.

4 keren.
Bagian ini termasuk pada bagian motor listrik dan berfungsi sebagai tempat kumparan disimpan

5 baud. 
Baud pada kipas angin berjumlah 4 dan baud ini biasanya dipasangkan dengan mur di sisi lainnya. Fungsinya tentu untuk mengencangkan mesin

6 bagian gearbox
dalam bahasa indonesia disebuta wadah gigi. Disini tempat gigi-gigi berada untuk menurunkan kecepatan putaran pada rotor dan mengarahkan putaran tersebut pada bagian leher

7 bagian gigi.
Gigi gigi ini adalah alat untuk mengunyah makanan.

Eh maksudnya untuk menurunkan kecepatan sebagaimana telah dijelaskan diatas.

Itu adalah kontruksi mesin kipas angin dengan jenis mesin paling umum yaitu jenis motor listrik 1 fasa kapasitor atau Induksi.

Ada juga beberapa kipas angin yang menggunakan sistem mesin motor listrik shaded pole yang relatif lebih kecil namun lebih awat, kuat dan irit.

Agar lebih jelas, bisa dibaca : mengenal 3 jenis motor listrik 1 fasa dan pemanfaatannya

Untuk sistem kerja dari kipas angin shaded Pole sebetulnya lebih sederhana karena lilitan kipas angin hanya ditumpuk. Namun biasanya menghasilkan putaran yang relatif lemah meskipun bisa digunakan berhari-hari

contoh penggunaan kipas angin shaded Pole adalah di kulkas Nofrost.

simak aja selengkapnya : Perbedaan kulkas nofrost dan defrost cuma bagian ini aja !

itulah penjelasan apa adanya tentang kontruksi kipas angin, sistem kelistrikan, dan bagian mesin didalamnya. Penjelasan diatas adalah penjelasan berdasarkan pengalaman saya pribadi setelah membongkar kipas angin.

Demikian pembahasan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan membantu masalah sobat. mohon maaf bila banyak kesalahan apalagi masalah gambar yang sangat jelek, maklum lah modal paint doang...

jika di rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman sobat ya...

35 comments for "Kontruksi Kipas angin, sistem kelistrikan dan bagian-bagian didalamnya"

  1. thx infonya ya gan, bermanfaat banget nih...

    ReplyDelete
  2. Wah aku anak TAV tapi gak pernah diajatkan kipas angin.

    ReplyDelete
  3. makasih gan jadi makin tau ane :D

    ReplyDelete
  4. Penjelasanya lengkap banget, makasih infonya min :)

    ReplyDelete
  5. kalo kipas angin yang besar untuk masjid gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir semua kipas angin sama saja, meskipun ada juga yg beda

      Delete
  6. Top markotop.. Super mantap gan

    ReplyDelete
  7. Bang,... Mohon info,itu dibagian kelistrikan kipas,wayar b1 dan b2 menyentuh wayar no 2 atau tidak ya... Soalnya digambar wayar byk yg bersinggungan,tp tdk ada keterangan lengket apa tidak bg... Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yg terhubung selain pada speed dan kabel...

      Delete
  8. Klo urutane kbel yg lm ada kuning..tp yg bru ada biru...apa urutan masangnya sama dgn yg lma..kuning d gnti biru gt ya boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting speednya sob samakan, bukan warna kabelnya

      Delete
  9. Boss..td saya beli mesin kipas tp yg lama ada kbel kuning..trs yg baru ada kbel biru ..apa sama urutan masangnya kyk yg lam..cm kbel kuning dvtempati kbel biru gt y boss...thank..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya gunakan AVO meter untuk pengecekan

      Delete
  10. makasi infonya. tanya dong.. kmaren saya beli kipas angin gantung mrek kdk trus ada tiga colokan listrik yang ada di motornya....apa pake kabel yg hanya 2 jalur.. trus gimana caranya klu bisa. makasi lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung di coba saja bu, misalnya kabel A dengan B apakah berpuar dengan arah yg diinginkan atau tdk, jika tidak silahkan hubungkan colokan listrik dengan kabel A dan C atau B C hingga ditemukan putaran kipas yg sesuai

      Delete
  11. Mas, kabel-kabel keluaran dinamo apakah boleh atau tidak boleh saling bersentuhan? Saya oprak-oprek kipas angin Sekai. Posisi thermo fuse ada di dalam satu gulungan dengan ujung-ujung kabel keluaran. Saya lihat yang terisolasi hanya bagian ujuang-ujung kabel keluaran, sedangkan badan kabel keluaran menempel. Saya coba cek dengan tespen saat saklar off di body dinamo tidak ada arus. Namun saat saklar on, ada arus di body dinamo. Mohon pencerahannya. Terima kasih yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejatinya, barang masih ori kabel dengan kabel ataupun kabel dengan Body mesin, tidak boleh saling menyentuh.. harus ada isolasi yg membatasinya

      Delete
  12. Complete dan sangat membantu,thank you

    ReplyDelete
  13. Pak, untuk kipas angin 3 kabel, kabel hitam dari motor listrik kita sambung dengan kabel yang ada arus (tes pen nyala/positif ) atau kabel yang tidak ada arus (tes pen mati /negatif ) dari kabel stecker

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penyambungan kabel kipas angin 3 kabel, mirip dengan kabel Pompa air, yaitu Hitam listrik langsung, Putih listrik kapasitor, dan merah kapasitor

      Delete
  14. Bang mau nanya kipas angin saya mati kemudian sy bongkar tapi ko muternya ga searah jarum jam dan akibatnya anginnya ada dibelakang kipas bukan didepan....thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pemasangan bagian dinamo mesinnya terbalik sob, sobat tinggal baikan saja

      Delete
  15. Bos kita punya kipas angin gantung bekas yg sudah lama sirip sama body masih pakai besi yg ada trafonya, 5 speed mau tak pakai tapi bingung nyambung kabelnya ada 4 kabel , 1kabel terpisah yg 3 nyambung ke gulungan gulungan kawat, mana yambung ke listriknya gimana ya., terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti aja, ghambar diatas, kurang lebih sma kok

      Delete
  16. Gan, gimana menentukan atau mengukur kawat gulungan yg terlepas/putus dari kabel. Gulungan kipas angin saya yg 3 speed, krn karatan dan putus ketika saya bongkar. Ada 2 kawat yg terlilit jadi 1. Sedangkan ada 5 lagi yg tersendiri. Tlg solusinya gan. Thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seharusnya ada dua kawat yg terlilit jadi satu sob.. sebagaimana skema yg saya buat diatas, tinggal sobat ukur saja kabel satu dengan lainnya yg bisa menghasilkan tahanan yg pas dengan skema diatas misalnya pengukuran tertahan pada 410 ohm, itu berarti untuk speed 1 dan seterusnya... selamat pusing pusing ria sob... hehe

      Delete
  17. bro ini di kumparan cara bedain bagian bagiannya gimana? sama cari ujung tembaganya dimana ya? bisa pake kabel tambahan kah? tadi nyoba malah meledug

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... emang saya juga sering kesulitan jika harus nyambung-nyambung lilitan bekas, karena butuh kesabaran ekstra tinggi untuk menentukan pasangan lilitan yg sesuai...
      sobat bisa baca komen saya sebelumnya...

      saya pribadi lebih suka di lilit ulang saja biar jelas.. dan gak meledug...

      Delete
  18. kalaued rangkaian di langsungkan itu boleh tidk ya maksutnya tdk ada tombol on off dan speed nya?

    ReplyDelete
  19. Bos pingin tanya saya habis ganti mesin smua fungsi berjalan ..cuman pas d colokin langsung nyala tanpa on/off

    ReplyDelete
  20. Min, ane punya kipas ekhaust satu arah bisa ga dibuat bolak balik..??
    Thanks min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa...harus pakai 3 fase..netral nya Jagan dipakai

      Delete
  21. Maaf gan...saya mau nanya... diagram kelistrikan kipas...klo power on speed satu di pencet nyala (ada alur listrik) apa tombol speed yg lain nya ikut ada alur juga ?

    ReplyDelete

Post a comment