Dinamo Mesin Cuci Baru vs Hasil Gulungan, Mana yang lebih baik?

Bismillahirrahmanirrahiem

Dinamo Mesin Cuci Baru vs Hasil Gulungan, Mana yang lebih baik?

Selamat datang di kelistrikanku.com, yang selalu membahas mengenai listrik service dan berbagai hal tentang teknologi lainnya.

Mungkin saat ini, Sobat sedang mencari solusi dari kerusakan pada mesin cuci di rumah, baik itu miliki pribadi, miliki orang tua, ataupun miliki orang lain yang bertanya pada sobat. tentang Opsi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerusakan mesin cuci tersebut.

Dan, ketika di lihat dengan teliti oleh sobat, dimana sobat sudah melakukan langkah diagnosis awal untuk mengetahui letak kerusakan mesin cuci tersebut. Apakah mati total, macet, hanya berdengung bocor dan lain sebagainya. 

Sebagaimana yang telah kita kupas tuntas disini : Cara memperbaiki Mesin Cuci yang mati total Ala teknisi

Dan disana sobat menemukan jika ternyata yang mengalami masalah adalah dinamo mesin cuci tersebut. 

Dan disini sobat mengalami dilema besar, akan dua pilihan antara :

Apakah lebih memilih Beli dinamo baru atau Lilit Ulang ?

Dinamo Mesin Cuci Baru vs Hasil Gulungan, Mana yang lebih baik?

Ouh ya, mungkin sobat yang baru mendalami tentang service menyervice mesin cuci akan sedikit kebingunan tentang 2 pilihan ini. 

Karena Teori umumnya : 

beli yang baru tentu lebih baik, namun untuk lebih irit mending gulung ulang

Nah teori umum ini tidak berlaku pada dinamo mesin cuci

Kenapa bang ?

Karena dinamo mesin cuci harga baru yang ditawarkan justru lebih murah dibandingkan dengan modal yang digunakan untuk melakukan gulung ulang.

Wah. kalo begitu mending beli baru aja atuh gitu mah

Selintas pilihan ini memang mudah.

Namun jika kita amati lagi, berdasarkan pengalaman pribadi kami dalam dunia refarasi peralatan elektronik rumah tangga seperti mesin cuci ini, Dinamo mesin cuci yang baru yang murah itu, biasanya lilitannya menggunakan Bahan dasar alumunium, sedangkan bila kita lilit ulang sudah pasti bahan yang digunakan adalah tembaga.

Hal ini juga ramai dibahas di grup grup gulung dinamo seperti ini :

Dinamo Mesin Cuci Baru vs Hasil Gulungan, Mana yang lebih baik?

Biar lebih mudah dipahami kita akan uraikan lebih mendalam :

Kelebihan Dinamo mesin cuci Baru

  • Kondisi baru
  • Harga murah (terjangkau)
Kelemahan Dinamo mesin cuci baru
  • Perlu ketelitian dalam memilih tipe dinamo, jangan sampai salah
  • rata-rata untuk dinamo dengan harga terjangkau, lilitannya adalah alumunium yang tidak lebih baik dari lilitan tembaga

Kelebihan Dinamo gulung ulang Mesin cuci
Dinamo Mesin Cuci Baru vs Hasil Gulungan, Mana yang lebih baik?

  • Bahan dasar tembaga yang membuatnya lebih awet
  • lebih bertenaga
  • Tidak perlu Khawatir sulit dipasang karena lilitan bekas aslinya
Kelemahan Dinamo gulung ulang mesin cuci
  • Terlihat tidak menarik
  • Biasanya berkarat
  • Kondisi bushing mungkin saja sudah tidak dalam peforma terbaiknya

Tips Memilih Dinamo Mesin cuci

Dari pada sobat bingungkah pilih mana antara Dinamo mesin cuci baru atau gulung ulang, dibawah ini akan saya coba beri beberap tips pada sobat :

1) Lihat kondisi dinamo original (bawaan) Bekasnya

Jika mesin cuci sobat, dinamo original bekasnya masih terlihat bagus, mulus dan aslinya berbahan tembaga, ada baiknya bisa di gulung ulang. Walaupun ongkosnya lebih mahal, namun biasanya bila diganti dengan gulung baru yang alumunium tenaga akan sedikit berkurang.

Sedangkan jika gulungan sudah banyak karat, Bagian bushingnya sudah rusak parah, lebih baik ganti yang baru sekalian.

Selain itu, bila kondisi dinamo mesin cuci originalnya itu berbahan alumunium, Ya mending beli baru yang alumunium juga, karena jika digulung ulang menggunakan tembaga, akan sangat boros tembaga, karena biasanya gulungan alumunium pada mesin cuci itu ukuran 0,35 mm, sedangkan gulungan original tembaga adalah 0,25 mm untuk pengering.

Dan 0,45 alumunium 0,35 mm tembaga untuk gulungan mesin pencuci.

2) Jenis mesin cuci

Bila sobat menggunakan mesin cuci 1 tabung, biasanya harga dinamonya itu lebih mahal dibandingkan yang dua tabung, karena terbuat dari bahan tembaga. sehingga memilih untuk digulung ulang akan jauh lebih murah (terjangkau).

Sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung, kembali pada poin pertama, yaitu lihat kondisi dinamo originalnya apakah berbahan tembaga dan masih bagus? atau berbagai alumunium.

3) Bila Memutuskan untuk menggulung ulang

Bila Sobat memutuskan untuk menggulang ulang dinamo, ada baiknya pilihlah tempat gulung dinamo terbaik dan sudah dipercaya. Salah satu cirinya adalah tempat tersebut memberikan jaminan garansi untuk hasil gulungannya.

4) Budget dan waktu

Bila sobat memiliki budget pas-pasan atau sobat ingin segera membereskan servisan mesin cucinya, maka pemilihan membeli dinamo mesin cuci baru adalah pilihan yang paling tepat.

Namun bila sobat ingin hasil yang lebih maksimal, dengan alasan dinamo mesin cuci bawaan sobat berbahan dasar tembaga, dan ingin kembali melapisinya dengan tembaga, dan siap sabar menunggu hasil luar biasa, maka menggulung ulang bisa saja pilih.

Baca juga : Tips Memilih Mesin Cuci yang Pas untuk kebutuhan anda

Lantas Saya pribadi memilih yang mana ?

Saya sendiri lebih suka digulung sendiri oleh tangan saya, kenapa ? karena disana ada rasa senang melihat hasil karya kita dapat digunakan. Selain itu, hasil gulungan pribadi biasanya jauh lebih awet dibandingkan dengan membeli baru yang alumunium.

Oke, sekian pembahasan kali ini mengenai perbandingan antara dinamo mesin cuci baru dan gulungan mana yang terbaik. Pilihan ada ditanganmu.

Mungkin sobat juga tertarik untuk membaca ini : Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung ? Ini 6 Penyebab Teknisnya

Posting Komentar untuk "Dinamo Mesin Cuci Baru vs Hasil Gulungan, Mana yang lebih baik?"